CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Sports / ... / Sundul Bola /
Fakta-Fakta Qatar Sang Tuan Rumah Piala Dunia 2022
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a1e1573c68df0dd962d1a0/fakta-fakta-qatar-sang-tuan-rumah-piala-dunia-2022

Fakta-Fakta Qatar Sang Tuan Rumah Piala Dunia 2022

Fakta-Fakta Qatar Sang Tuan Rumah Piala Dunia 2022
Potret Qatar Dari Udara

Setelah Piala Dunia 2002 yang diselenggarakan di Korea Selatan dan Jepang, benua Asia akhirnya kembali terpilih untuk menyelenggarakan hajatan terbesar sepak bola dunia, Piala Dunia 2022. Qatar akan menjadi lokasi penyelenggaraan Piala Dunia 2022 yang akan digelar dengan jadwal yang berbeda dibanding biasanya guna menyesuaikan dengan iklim di kawasan tersebut.

Di thread ini, bersama-sama kita akan menyimak fakta-fakta Qatar sang tuan rumah Piala Dunia 2022. Selamat menyimak gan, sis, dan semoga bermanfaat.

1. Qatar terletak di wilayah semenanjung Jazirah Arab di kawasan Timur Tengah. Qatar berbatasan langsung dengan Arab Saudi di sebelah selatan serta Teluk Persia di sebelah barat, utara, dan timur.

2. Kekhalifahan Turki Utsmani menguasai wilayah Qatar selama abad ke-19. Kekalahan Turki Utsmani di Perang Dunia Pertama membuat kekuasaan atas Qatar berpindah ke Inggris.

Fakta-Fakta Qatar Sang Tuan Rumah Piala Dunia 2022
Bendera Qatar

3. Secara resmi, Qatar mengumumkan kemerdekaannya dari Inggris pada 1 September 1971. Namun, kemerdekaan negara kecil nan kaya raya tersebut baru diakui secara internasional pada 3 September 1971.

Fakta-Fakta Qatar Sang Tuan Rumah Piala Dunia 2022
Lambang Negara Qatar

4. Qatar menganut sistem pemerintahan Monarki Absolut dimana raja adalah penguasa tertinggi sekaligus penentu kebijakan mutlak. Qatar saat ini dipimpin oleh seorang Emir bernama Tamim bin Hamad al-Tsani, sementara jabatan Perdana Menteri diduduki oleh Khalid bin Khalifa bin Abdul Aziz Al Thani.

Fakta-Fakta Qatar Sang Tuan Rumah Piala Dunia 2022
Emir Qatar, Tamim bin Hamad al-Tsani

5. Qatar memiliki tujuh baladiyah atau wilayah administratif yaitu Al Daayen, Al Khor, Al Rayyan, Al Wakrah, Doha, Madinat Ash Shamal, dan Umm Salal.

6. Qatar beribukota di Doha yang juga merupakan kota terbesar di negara tersebut.

Fakta-Fakta Qatar Sang Tuan Rumah Piala Dunia 2022
Foto Udara Doha, Ibukota Qatar

7. Berdasarkan data tahun 2020, Qatar dihuni oleh sekitar 2,7 juta jiwa, dimana hanya sekitar 20 persen yang merupakan penduduk asli Qatar, sisanya adalah warga pendatang yang bekerja disana.

8. Pada tahun 2021 ini, Qatar memiliki PDB per kapita sebesar USD 93.508 yang membuatnya menjadi negara terkaya dunia keempat.

9. Sebelum menjadi negara kaya raya, dahulu kala, perekonomian Qatar bergantung pada industri perikanan dan mutiara. Munculnya mutiara yang dibudidayakan di Jepang pada era 1920-1930an membuat industri mutiara jatuh dan mempengaruhi ekonomi Qatar. Penemuan cadangan minyak bumi serta gas alam di Dukhan pada 1940 telah mengubah kondisi ekonomi Qatar dan hingga beberapa tahun kedepan, Qatar masih akan mengandalkan ekspor minyak bumi dan gas alam sebagai pemasukan utama negara.

10. Untuk mengenang pencaharian utama sebagian besar warga Qatar di masa lalu yang merupakan pencari mutiara, negara tersebut membangun sebuah pulau buatan di pesisir pantai Doha yang diberi nama The Pearl (Mutiara). Di atas The Pearl terdapat banyak bangunan mewah untuk menarik turis asing.

Fakta-Fakta Qatar Sang Tuan Rumah Piala Dunia 2022
The Pearl

11. Qatar menggratiskan biaya pendidikan hingga perguruan tinggi bagi warganya, pemerintah juga menyediakan beasiswa bagi penduduknya yang ingin belajar di luar negeri.

12. Qatar membebaskan penduduknya dari pungutan pajak penghasilan.

13. Sebagai antisipasi habisnya cadangan minyak bumi dan gas alam yang dimiliki, pemerintah Qatar terus berfokus mengembangkan industri pariwisata di negara tersebut, salah satunya dengan mengadakan beragam event internasional seperti Piala Dunia 2022.

14. Qatar Airways merupakan salah satu maskapai penerbangan terbesar di dunia yang dimiliki oleh pemerintah Qatar.

15. Selama beberapa tahun terakhir, Qatar juga menjadi penyelenggara ajang MotoGP. MotoGP Qatar menjadi satu-satunya balapan MotoGP yang digelar pada malam hari.

16. Piala Dunia 2022 di Qatar akan diadakan pada 21 November – 18 Desember 2022, berubah dari jadwal normal yang biasanya pada bulan Juni. Pergeseran jadwal tersebut menyesuaikan dengan kondisi iklim di Qatar. Guna mendukung penyelenggaraan Piala Dunia 2022, pemerintah juga telah merenovasi serta membangun delapan stadion dengan konsep modern dan ramah lingkungan. Berkat terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022, Qatar untuk pertama kali juga akan tampil di ajang tersebut.

17. Al Jazeera merupakan perusahaan media besar di Qatar dan Timur Tengah yang didukung oleh Emir Qatar. Al Jazeera mulai beroperasi pada 1996 dan awalnya merupakan stasiun TV. Kini, Al Jazeera juga mengoperasikan situs berita berbahasa Arab dan Inggris.

18. Ooredoo Group (dahulu Qatar Telecom) adalah perusahaan penyedia layanan komunikasi yang dmiliki oleh pemerintah dan merupakan salah perusahaan publik terbesar di negara tersebut. QTel awalnya memonopoli industri komunikasi di Qatar, sebelum akhirnya Emir Qatar, Hamad bin Khalifa Al Thani menghapuskan monopoli tersebut melalui sebuah undang-undang pada tahun 2006. Ooredoo Group memiliki 65% saham di perusahaan telekomunikasi Indosat Ooredoo.

Fakta-Fakta Qatar Sang Tuan Rumah Piala Dunia 2022
Logo Indosat Ooredoo

19. 5 kota yang telah dipilih untuk menyelenggarakan pertandingan Piala Dunia 2022 yaitu Al Khor, Al Rayyan, Al Wakrah, Doha, dan Lusail.

20. Qatar merupakan negara terkecil yang menjadi tuan rumah Piala Dunia dengan luas wilayah sekitar 11.500 kilometer persegi.

Itulah fakta-fakta Qatar sang tuan rumah Piala Dunia 2022 yang berhasil ane kumpulkan dari berbagai sumber. Jika ada fakta-fakta lain yang menarik, silakan tambahkan di komentar. Semoga bermanfaat dan semoga Piala Dunia 2022 di Qatar tetap dapat berlangsung semeriah penyelenggaraan sebelumnya.


Spoiler for Rujukan:


Spoiler for Foto:
Diubah oleh peteradis
Post ini telah dihapus
Post ini telah dihapus


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di