CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Gereja: Pemerintah Masih Ambil Jalan Kekerasan Atasi Konflik Papua
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a184191d6c906a5b17e7c0/gereja-pemerintah-masih-ambil-jalan-kekerasan-atasi-konflik-papua

Gereja: Pemerintah Masih Ambil Jalan Kekerasan Atasi Konflik Papua

Gereja: Pemerintah Masih Ambil Jalan Kekerasan Atasi Konflik Papua
CNN Indonesia
Jumat, 26 Nov 2021 15:20 WIB



Gereja: Pemerintah Masih Ambil Jalan Kekerasan Atasi Konflik Papua
Warga melakukan aksi dengan pengawalan prajurut TNI di Bundaran Timika Indah, Mimika, Papua, Rabu (21/8/2019). (ANTARA FOTO/Jeremias Rahadat)

Jakarta, CNN Indonesia -- Dewan Gereja Papua menyebut pemerintah Indonesia masih memilih jalan kekerasan dalam menangani konflik bersenjata di Papua.

Salah satu anggota Dewan Gereja Papua, Pendeta Benny Giay mengatakan kesimpulan tersebut bertolak dari pengalaman penanganan konflik di tanah Papua di masa lalu dan kondisi dalam beberapa waktu terakhir, termasuk konflik yang terjadi di enam kabupaten di Papua.

"Bertolak dari pengalaman masa lalu dan fakta-fakta terbaru ini, kami menyimpulkan bahwa pemerintah Indonesia masih memilih jalan kekerasan dalam menghadapi konflik Papua," kata Benny dalam Seruan Moral Dewan Gereja Papua yang CNNIndonesia.com terima, Jumat (26/11).

Benny menyebut akibat konflik bersenjata yang terjadi selama bertahun-tahun setidaknya 60 ribu penduduk Papua mengungsi ke hutan atau ke kabupaten tetangga.

Benny dan tiga pendeta lainnya memandang peristiwa tersebut sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari politik rasisme sistemik. Mereka menduga terdapat kelompok buzzer yang dimainkan oleh intelijen Indonesia dan kelompok pendukung pemerintah.

Buzzer tersebut, kata Benny, terus menyebarkan hoaks maupun berita dengan muatan opini yang bertentangan mengenai Papua. Keduanya dilandasi sentimen rasis terhadap rakyat Papua.

Dewan Gereja Papua lantas meminta Dewan hak Asasi Manusia (HAM) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terjun ke Papua secara langsung guna melihat kondisi masyarakat Papua.

"(Dewan Gereja Papua) meminta kepada Dewan HAM PBB datang berkunjung ke Tanah Papua untuk melihat secara langsung situasi penderitaan panjang orang Papua selama 58 tahun," tutur Benny.

Mereka juga menyebut saat ini sudah waktunya pemerintah Indonesia menghentikan kebijakan rasisme sistemik.

Benny dan ketiga pendeta lainnya juga menuntut Presiden Joko Widodo konsisten merealisasikan pernyataan yang ia lontarkan pada 30 September 2019 lalu, yakni berdialog dengan kelompok pro referendum United Liberations Movement for West Papua.

"Dimediasi pihak ketiga sebagaimana yang pernah terjadi antara Pemerintah RI dengan GAM (Gerakan Aceh Merdeka) pada 15 Agustus 2005," ujar Benny.

Sebelumnya, Dewan Gereja Papua menyebut setidaknya 60 ribu penduduk Papua mengungsi ke hutan maupun kabupaten tetangga akibat konflik bersenjata antara TNI-Polri dengan kelompok Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB).

Konflik terjadi di enam kabupaten yaitu Intan Jaya, Pegunungan Bintang, Nduga, Yahukimo, Maybrat, dan Puncak Papua.

"Sekitar 60.000 orang lebih umat Tuhan telah mengungsi," kata Benny.

Deputi V Kantor Staf Presiden (KSP) Jaleswari Pramodhawardani menyatakan pemerintah mengelola situasi keamanan di Papua dan Papua Barat sesuai peraturan perundang-undangan.

Hal itu dia sampaikan saat menanggapi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang laporan intimidasi dan kekerasan terhadap para aktivis hak asasi manusia (HAM) di Papua.

"Pemerintah tegas bahwa pengelolaan situasi keamanan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat dilakukan dalam kerangka penegakan hukum yang terukur dan sesuai dengan ketentuan hukum nasional Indonesia," ujar Jaleswari lewat pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Rabu (29/9).

Baca artikel CNN Indonesia "Gereja: Pemerintah Masih Ambil Jalan Kekerasan Atasi Konflik Papua" selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/nasiona...-konflik-papua.

Download Apps CNN Indonesia sekarang https://app.cnnindonesia.com/


profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
coba yang ngomong ustad langsung dikejer densus
dicap radikal,dicap teroris
profile-picture
profile-picture
salabint dan skull18 memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
Harusnya Indo minta bantuan di PBB

Minta bantuan basmi opm

Jadikan papua area DOM
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ngomong tuh sama KKB, bangsadh!!
Mereka bukan mau peningkatan kesejahteraan, tapi mau merdeka!!
Kadrun muslim belain teroris, kadrun kristen belain KKB.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
HAM HEM HOM congor njembut! Kgk ad HAM2an buat ni grombolan. HAM gk berlaku buat orng2 yg gk ngehargain hak orang lain. Kmaren smpe bakar2 kios segala smpe penduduk sna ngungsi k kota sebelah gk malu ap triak2 HAM?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Gereja gereja (mayoritas katolik) emang banyak yang ngehe.. mereka berkomplot dengan Globalis dan George Soros untuk melemahakan negara demi ambisi utopis mereka.

mereka sama dengan islamist transnasionalis yang bekerjasama dengan Arab Kapitalis dan leftis Amerika untuk melemahkan institusi kenegaraan..


itulah kenapa Kadrun dan SJW Katolik bisa bekerjasama.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan prabas memberi reputasi
Diubah oleh kardus2020
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Itu monyet-monyet OPM diajarin dulu perang itu seperti apa. Masak non-kombatan seperti perawat dan guru dihajar semua. Kayak gitu minta ga dikerasin 🗿
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Pendeta abal2 di sana jg ngajak makar.
emoticon-Big Grin
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Kalo KKB pake cara jalan kasih ya?
Tembakin rakyat sipil itu ajaran kasih?
Sampah aja loe pada, goblok absolut

Itu gereja di audit aja keuangan nya
Mayoritas duitnya berasal dr australia dan amerika
Para pemberontak berkedok pendeta

Ke luar negeri terutama australia dgn alasan mengikuti pendidikan teologi dan urusan gereja tp disana berpolitik
Di kasi duit byk spy membiayai KKB di papua serta dilatih melawan pemerintah yg sah

Mana nih intelejen pemerintah
BAIS di operasikan dong, kumpul bukti dr para pendeta dan pentolan2 gereja yg ke luar negeri dgn alasan mengikuti pendidikan teologi dan urusan gereja

Tdk perlu muter2 cari di hutan
Smua bajingan pemberontak ada di kota dan tdk tersentuh bahkan tdk prnh di curigai

Yg dihutan hanya martir, supply kebutuhan mrk di hutan semua dr pentolan2 gereja yg ada di kota

Selama ini para bajingan KKB tdk tersentuh, bahkan mereka sering di undang utk berbagai acara seremonial serta bs duduk dan makan bersama kapolda dan pangdam tanpa di curigai sama sekali

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
banana.bandit dan 4 lainnya memberi reputasi
Dewan Gereja ada main.. Benny gay cocot nya shrsny dilebarin lg pk granat..
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan pulaukapok memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Opm teroris kristen yg ga pernah ditindak tegas ama TNI

Braninya ama fpi yg senjatanya cuman bambu
Ketololan yg hakiki
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Gereja ada kepentingan apa ya di papua? emoticon-Embarrassment
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
bukannya akhir-akhir ini yang suka bikin keributan OPM sendiri

rame buat menarik perhatian PBB

emoticon-Ngakak
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
dan kalian guna nya apa?
cuma hidup dari perpuluhan jemaat?
lebih lintah darat kalian
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
pak pendeta, di mana-mana teroris itu melibatkan senjata. penanganannya ya mesti jaga-jaga dengan senjata juga. kalo dia melawan mau tidak mau ya tembak mati, karena dia sudah membahayakan nyawa. inilah hukum dunia, pak pendeta. Anda mestinya paham itu. bagus kalau bisa diusahakan damai, tapi kita nggak bisa paksakan. biasanya teroris gitu bandel dan semaunya sendiri.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Itu dewan gereja yg ngomong suruh maju untuk mediasi deh
eh tapi itu orang pro kemana dulu? kalo pro referendum sih dah lah just another drama emoticon-Hammer
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
konflik papua gila sih ini terlalu panjang emoticon-Cape d...
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Harusnya pakai pendekatan telepati ya? emoticon-Peluk
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
dia ngomong seakan2 opm itu suci g pernah makek kekerasan
emoticon-Gila
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
monyet-monyet keparat layak di bumi hanguskanemoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di