KOMUNITAS
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Dosa-dosa Guru yang Selalu Dikenang Murid Sepanjang Masa, Kok Masih Ingat Saja
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a0fed58f11f336c44cf44f/dosa-dosa-guru-yang-selalu-dikenang-murid-sepanjang-masa-kok-masih-ingat-saja

Dosa-dosa Guru yang Selalu Dikenang Murid Sepanjang Masa, Kok Masih Ingat Saja

Dosa-dosa Guru yang Selalu Dikenang Murid Sepanjang Masa, Kok Masih Ingat Saja

Apabila Agan dan Sista diminta mengingat guru-guru di sekolah dulu, besar kemungkinan ingatnya guru-guru yang pernah melakukan dosa kepada kita, kan, ya? Memang sih terkadang pemicunya kelakuan kita juga. Misal nggak bikin PR. Tapi kelawatan juga kalau nggak bikin PR sampai menghina dan bawa-bawa nama ortu segala. Di depan banyak murid lagi.
 
Cenderung Ingat Hal Negatif
 
Kalau dipikir-pikir, kenapa kita cenderung ingat hal-hal negatif dari guru kita, ya. Meski ada juga guru-guru yang baik hati, namun guru yang kejam, killer gitu lebih nancep dalam memori kita. Betul, kan?
 
Penelitian Elizabetth Kensinger dan koleganya dalam jurnal Association for Psychological Science mengungkapnya. Kita cenderung mengingat pengalaman negatif lebih detil daripada pengalaman positif. Hal ini bukan tanpa tujuan. Satu hikmahnya agar kita tidak mengalami kejadian buruk yang sama di kemudian hari. Maka dari itulah pengalaman buruk lebih mudah tersimpan dalam memori jangka panjang kita.
 
Termasuk pengalaman dengan guru. Kita lebih mudah mengingat dosa-dosa guru yang pernah mereka lakukan terhadap kita. Apa sajakah dosa itu. Berikut daftarnya.
 
1. Kekerasan fisik
 
Guru yang pernah memukul, menjambak, mencubit dan melakukan berbagai kekerasan fisik lainnya pastilah masih kita ingat meskipun sudah berlalu puluhan tahun. Sebagian perilaku itu merupakan upaya mendidik. Sayangnya, sebagian kita jadi trauma dengan perbuatan guru tersebut.
 
2. Kekerasan verbal
 
Pernah di maki-maki oleh guru, bahkan adu mulut? Sebagian murid zaman old cuma bisa diam sambil menangis saat mendapatkan kekerasan verbal itu. Mungkin si guru butuh pelampiasan. Sayangnya melampiaskan pada murid yang kebetulan apes melakukan kesalahan. Namun ada juga murid yang sial, nggak salah tapi tetap dimaki-maki.
 
3. Nasihat yang menusuk hati
 
“Kamu itu ya, sudah miskin, jelek, goblok, lagi. Mau jadi apa kamu nanti? Ubahlah kelakuan kamu kalau mau jadi orang.” Pernah dapat nasihat tapi menusuk hati gitu? Sebagian kita menjadikannya sebagai motivasi, namun ada juga yang jadi dendam dengan sang guru yang begitu.
 Dosa-dosa Guru yang Selalu Dikenang Murid Sepanjang Masa, Kok Masih Ingat Saja

4. Kebiasaan buruk
 
Guru juga manusia. Ada saja guru yang punya kebiasaan buruk. Merokok di depan kelas mungkin masih bisa diterimalah. Tapi guru yang suka jelalatan dengan murid cantik, bahkan menjamahnya sudah nggak bisa diterima itu. Sebagian murid pernah mendapat pelecehan seksual dari gurunya, dan hal itu nggak akan bisa dilupakan.
 
5. Gibahin murid dengan sesama guru
 
Bukan cuma murid yang suka gibah alias membicarakan kejelekan orang di belakangnya. Guru juga ada yang suka gibahin murid dengan sesama guru. Agan dan Sista pernah nggak sengaja memergoki mereka bergibah? Masih terkenang aja kan dengan gibahan itu?
 
6. Memberikan nilai berdasarkan emosi
 
Murid yang seharusnya dapat nilai bagus, dicari-cari kesalahannya sehingga dapat nilai jelek. Murid yang disukai, disayang, malah dapat nilai bagus. Gitu amat, ya. Namun itulah realita. Ada guru-guru yang begitu.
 
Dosa-dosa Guru yang Selalu Dikenang Murid Sepanjang Masa, Kok Masih Ingat Saja

7. Menjelek-jelekkan orang tua di depan murid lainnya
 
Orang tua nggak salah di bawa-bawa saat kita melakukan kesalahan. Terutama kalau guru kenal ortu dan punya dendam di masa lalu. Parahnya sang guru mengatakannya di depan murid lainnya. Sedih banget, kan?
 
8. Makan uang sogokan
 
Ini oknum sih. Nggak semua guru begitu. Namun ada guru-guru yang bisa disogok sehingga kasih bocoran soal ulangan atau mengubah nilai jelek jadi bagus. Semoga nggak ada lagi guru kayak gini.
 
9. Mencari penghasilan tambahan dari murid
 
Di sekolah guru jualan buku paket. Guru mendapat diskon cukup besar dari penerbit, buku tersebut diberikan kepada murid dengan harga normal. Bayarnya bisa nanti. Kalau nggak bayar, siap-siap aja dipanggil atau ditagih depan murid lainnya. Itu hanya satu dari banyak modus guru cari penghasilan tambahan dari muridnya.
 
Dosa-dosa Guru yang Selalu Dikenang Murid Sepanjang Masa, Kok Masih Ingat Saja

Thread ini bukan untuk menjelekkan guru. Hanya sebagai bahan evaluasi aja, mudah-mudahan nggak ada lagi guru-guru yang begitu. Bagaimana cara memudarkan kenangan buruk terhadap guru di atas, akan coba ane bahas di thread tersendiri, ya.
 
Silakan Agan dan Siita yang mau menambahkan daftar dosa guru di atas. Mudah-mudahan jadi intropeksi dan evaluasi bagi kita semua. Sebab tanpa guru, siapalah kita saat ini. Terima kasih bagi Agan dan Sista yang sudah menyimak thread ini.



Sumber
Pengalaman pribadi
Soal kenangan buruk dari sini
Foto dari Freepik, Grid.id, cianjur.ac.id, kompasiana.com


profile-picture
profile-picture
profile-picture
knightadde dan 21 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Kokonata
Halaman 1 dari 4
Terlepas dari pengalaman buruk atau baik dengan guru, ane tetap sungkem dengan guru emoticon-Embarrassment . Setelah dewasa barulah ane mencoba berdamai dan memahami kenapa guru-guru dulu kayak gitu. emoticon-Sorry
profile-picture
profile-picture
profile-picture
umbhelijo35 dan 3 lainnya memberi reputasi
Makanya anak skolah skrg byk yg bego dan kurangajar sama gurunya. Baru di jewer telinga udah ngadu ke ortu. Giliran gk naik sekolah nyalahin gurunya katanya guru ada sentimen. kebanyakan tiktokemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
BrickLesnar dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Yang galak dan suka main setrap/hukum emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
BrickLesnar dan volcom77 memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Yg gw inget betul,
Guru sd gw ada yg agak psycho, orang nya sih keliatan engga galak, ganteng & sering ketawa, tapi engga pernah ada toleransi, siswa telat langsung suruh keluar kelas, dapet nilai dibawah rata2 langsung digebuk pake penggaris papan tulis. Tiap hari pasti ada penggaris papan yg patah.

Setelah hampir 20 taun lulus, temen gw ada yg jadi guru dan denger kabar kalo pak guru diatas sempat dilaporkan ke pihak berwajib karena kebiasaan itu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ririeiman dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
guru sma ane banyak yang gak suka ama ane padahal ane bukan golongan bandel. sering dijadikan bahan guyonan sama guru sih yang paling sakit, kalo gantian mah gak papa yang sering diserang cuman ane
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
6. Ada banyak di perguruan tinggi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
banyak guru yang malah ngasih tekanan psikologis ke muridnya.
tiap hari kena beban mental.
memang bener murid lo bego2 tapi ya itu kan tugas lo ngajarin. emoticon-No Hope
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
waktu SD ane pernah di jewer sama di tendang guru gara gara ane lompat dari meja satu ke meja yg lainnya. pulang sekolah saudara sepupu ane cerita sama bapak ane kalau ane habis di hukum. hukumanya nambah di keplak juga sama bapak ane. emoticon-Leh Uga
profile-picture
BrickLesnar memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
however guruku tetap gw anggap pahlawanku
profile-picture
profile-picture
BrickLesnar dan Kokonata memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
nomor 8 ga pernah mama ane kasih sogokan uang, paling kasih biskuit atau kue
profile-picture
BrickLesnar memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
kalo hukuman karena kesalahan ane sebagai murid sih masih bisa ane terima yah, ini ada guru sma ane yang yang jatuhin mental pas ane bilang mau masuk jurusan sastra langsung diledek, "kamu kan pendiam, emang bisa betah masuk sastra?"
profile-picture
profile-picture
BrickLesnar dan Kokonata memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
TS murid durhaka emoticon-Leh Uga
profile-picture
BrickLesnar memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Terlepas dari kelakuan buruk dari Guru ke kita pasti mereka menginginkan murid muridnya sukses di masa depan. Tanpa mereka kita tidak akan bisa menjadi orang yg berhasil seperti yang sekarang. Terima kasih guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa
profile-picture
BrickLesnar memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
gua naek kelas 3 SD g bisa baca, tapi dapet guru yang galak bambang. gua benci banget sama tuch guru
klo g bisa jawab telapak tangan di hajar penggaris.
suatu hari muridnya di suruh maju buat apalin kalimat yang ada di buku. yang anehnya gua langsung bisa baca.
anjritttttt saking takutnya.
4 bulan kemudian guru gua meninggal. anjrittt dosa gua banyak banget bro sm guru kelas 3 gua.
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
ts pernah di sodomi guru emoticon-Ngakak (S)
Apakah guru masih dianggap pahlawan tanpa tanda jasa??
profile-picture
BrickLesnar memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Temen gue pernah ditepok pantat nya bre pas di depan kelas mau ijin keluar.
Temen gue cowo, guru nya cowo
profile-picture
BrickLesnar memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
jamanku dulu thn 90 an ane pernah pindah Sekolah 1x kalau tdk salah masih ingat.
ane pernah menghajar guru Songong campur resek tsb gan alhasil ane pindah sekolah.omongannya nusuk ati bawa2 nama ortu ane.tdk byk ngomong gua hajar habis2an itu Guru tp ane lega keluar dari Sekolah Brengsek tsb gan pindah sekolah lainnya gan.. emoticon-Leh Uga
profile-picture
BrickLesnar memberi reputasi
Ane dulu smp pernah dipanggil guru konseling, waktu itu BB turun drastis, dipanggil dikira pke narkoba wkwkwk..

Yg paling ane inget, waktu kls 1 SMA, sebelum penjurusan ane mau masuk IPA, dan ada 1 guru cewe bilang intinya ane dan bbrp temen ane gabakal bisa masuk IPA..
Itu diremehin bgt wktu masi labil, skrg ane lulus kuliah jd org teknik mesin...
Pngen bgt rasanya ktawa2 di dpnnya, mngkin uda lupa beliau..

Dicubit di selangkangan,
Dicubit di pentil,
Digebuk pke kayu,
Rambut dipetal (istilah daerah ane),
Sering telat masuk skolah hukumannya hafalin surat pendek + artinya,
Waktu wisuda smp ketauan pacaran sama guru, malah di dukung wkwkwk..
Byk dehhhhhh
profile-picture
profile-picture
BrickLesnar dan Kokonata memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Dulu jaman smp ane sama temen ane pernah di gampar guru ipa gegara ngomongin dia pas dia lagi nerangin pelajaran emoticon-Ngakak
profile-picture
BrickLesnar memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 4


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di