CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Balas-balasan Mahfud vs Tifatul di Twitter soal 'Fatwa MUI Tak Wajib Diikuti
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a05bec29ac9c261726a36c/balas-balasan-mahfud-vs-tifatul-di-twitter-soal-fatwa-mui-tak-wajib-diikuti

Balas-balasan Mahfud vs Tifatul di Twitter soal 'Fatwa MUI Tak Wajib Diikuti

Balas-balasan Mahfud vs Tifatul di Twitter soal 'Fatwa MUI Tak Wajib Diikuti

Jakarta - Menko Polhukam Mahfud Md saling berbalas cuitan dengan Anggota DPR RI dari Fraksi PKS Tifatul Sembiring soal fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI). Ini berawal dari pertanyaan seorang pengguna Twitter ke Mahfud soal apakah Fatwa MUI boleh tak diikuti.

Dilihat detikcom, Jumat (26/11/2021), saling balas cuitan ini berawal dari pertanyaan akun Twitter @kh_notodiputro ke Mahfud Md soal fatwa MUI.

Dia bertanya soal Mahfud yang disebutnya pernah mengatakan kalau suatu fatwa tidak harus diikuti karena merupakan pendepat. Akun @kh_notodiputro bertanya ke Mahfud apakah ucapannya itu benar atau tidak. Mahfud kemudian menjawab.

"Tidak salah, Prof Khairil. Sejak dulu sampai dengan sekarang fatwa MUI atau fatwa siapa pun tak harus diikuti. Jangankan fatwa MUI, fatwa MA yang lembaga peradilan negara saja tak harus diikuti. Yang mengikat kalau dari MA adalah vonisnya, bukan fatwanya. Tapi kalau pihak-pihak sepakat memakai fatwa ya dibolehkan," ujar Mahfud dalam akun Twitter-nya @mohmahfudmd.

"Kalau dalam hukum Islam, fatwa hanya pendapat hukum berdasar istinbath dari Qur'an dan atau Sunnah. Setiap orang punya pendapat yang sering saling berbeda. Maka lahirlah berbagai pendapat dalam aliran-aliran fikih seperti Hanafi, Syafii, Maliki, Hambali. Kita tak harus ikut Maliki tapi boleh kalau mau," sambungnya.


Setelah itu, ada pengguna akun Twitter lain yang mempertanyakan mengapa ada sertifikasi halal. Mahfud pun menjawab kalau sertifikasi halal itu bukan fatwa MUI.

"Tanyanya. Sertifikasi itu bukan fatwa, tapi penanda barang yang halal menurut MUI yang kewenangannya untuk menandai diberikan oleh UU. Kalau orang Islam tak memilih barang yang halal menurut MUI itu tidak ada sanksinya. Orang Islam makan daging babi saja tidak ada sanksi hukumnya. Ya, dosa saja," ucap Mahfud.

Nah, ucapan Mahfud ini kemudian dikomentari oleh Tifatul Sembiring. Dia mengatakan kalau sesuatu sudah difatwakan oleh ulama, maka harus diamalkan.

"Fas aluu ahladz dzikri inkuntum laa ta'lamuun. Tanyakan pada ulama, jika engkau tak mengerti. Nah kalau sudah difatwakan, ya amalkan dong. Kalau nggak, ngapain nanya? Wamaama'nafatwa," tulisnya dalam akun @tifsembiring.

Mahfud lalu membalas pendapat Tifatul. Dia mengatakan fatwa itu macam-macam dan berbeda-beda sehingga bisa dipilih mana yang diikuti.

"Loh fatwanya kan macam-macam dan beda-beda. Misal, soal ucapan Natal, Bunga Bank, Memilih Pimpinan antara fatwa MUI, NU, Muhammadiyah sering beda-beda. Jadi boleh ikut atau tak ikut yang mana saja. Itu maksudnya," ucap Mahfud.

Cuitan Mahfud itu kemudian dijawab lagi oleh Tifatul. Dia mengatakan orang yang bertanya tentang sesuatu kepada ulama harus mengikuti fatwa yang dikeluarkan ulama untuk menjawab pertanyaan itu.

"Maaf Prof, fatwa itu dikeluarkan ulama kan jika ada yang bertanya tentang suatu masalah agama. Lalu dijawab, tentu yang bertanya harus ikuti itu. Setuju, pendapat ulama itu beda-beda. Silakan minta fatwa kepada ulama yang diyakini. Lalu ikuti. Sesuai perintah Al-Qur'an. Wallahu Alam bisshowwab," ujar Tifatul.

Mahfud kemudian membalas lagi ucapan Tifatul tersebut. Mahfud mengaku setuju dengan pendapat Tifatul soal fatwa mesti diikuti, namun bukan secara yuridis.

"Setuju, Ustaz Tif. Secara etis (bukan secara yuridis) jika minta fatwa mestinya fatwanya diikuti. Tapi itu etis saja, tidak harus. Selain itu banyak fatwa MUI, NU, Muhammadiyah, dan lain-lain yang dikeluarkan bukan karena ditanya tapi hanya merespons kontroversi di publik. Misal soal Porkas dan memilih pemimpin," ujar Mahfud.

"Prof Atho' Mudzhar dulu menulis disertasi (sudah dibukukan) tentang fatwa MUI. Setelah Nabi wafat, para sahabat Nabi dulu jika dimintai fatwa saling tunjuk untuk menjawab. A menunjuk B terus ke C, D, terus menghindar dan saling tunjuk hingga akhirnya kembali ke A lagi. Banyak pesan dari ibrah ini," sambung Mahfud.

Cuitan ini dibalas lagi oleh Tifatul. Politikus PKS ini mengaku membiasakan diri patuh terhadap ulama.

"Muwaffaq Prof. Poin saya lebih kepada membiasakan nunut ulama. Mohon maaf, semoga berkenan. Semoga Allah karuniai kesehatan, Prof," cuitnya.

Mahfud pun mengaku berkenan dengan pendapat Tifatul tersebut. Dia mengatakan perdebatan antara dirinya dengan Tifatul memberi pemahaman ke masyarakat. Mahfud menutup perdebatan soal fatwa MUI ini dengan pantun.

"Saya berkenan dan suka, Ustaz Tif. Diskusi kita memberi pemahaman kepada masyarakat tapi tidak dengan cara menggurui. Cari parkiran muter-muter, tomat dimakan bersama sate, tukar pikiran lewat Twitter, Umat paham tanpa merasa didikte. Wajah dengan air mata bahagia, tertawa berguling di lantai, pantun saya benarkah Salami alaik," tulis Mahfud dengan emoji tertawa dan tangan terlipat.

https://news.detik.com/berita/d-5828...-wajib-diikuti

Quote:


Pertanyaan ane cuma satu ke ustadz tifatul.. emoticon-Malu (S)

ToketQueen itu seorang ulama kah?.. Kok malah ustadz ikuti??.. emoticon-Malu (S)

Balas-balasan Mahfud vs Tifatul di Twitter soal 'Fatwa MUI Tak Wajib Diikuti


emoticon-Ngacir

emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan 14 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh valkyr9
Halaman 1 dari 3
Cc pak tifatul

"Internet Cepat Buat Apa?"

Sampe sekarang blm bisa jawab emoticon-Ngaciremoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
freedomjustice dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
udah intinya, yang mau ikut silahkan yang gak ikut juga silahkan

ribet amat, khan pilihan pribadi masing2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
emoticon-Ngaciremoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan valkyr9 memberi reputasi
Diubah oleh hcuen
oh jadi fatwa tuh sekelas ama ocehan netijing?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SuaraLagita dan 6 lainnya memberi reputasi
yg bilang wajib sapa emoticon-Bingung


Balas-balasan Mahfud vs Tifatul di Twitter soal 'Fatwa MUI Tak Wajib Diikuti

{thread_title}


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh pro.subampet
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Balas-balasan Mahfud vs Tifatul di Twitter soal 'Fatwa MUI Tak Wajib Diikuti
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 4 lainnya memberi reputasi
debat sama prof mahfud ini emang ngeri ya, ilmunya luas, sama kek prof Al Quran Indonesia pertama si Gus Nadir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 4 lainnya memberi reputasi
Bener lah apa kata mahfud. Fatwa ulama beda2, terserah mana yg mau dikuti. Biasa aja. Madzab ada 4, terserah ente mau ikut yg mana. Mau campur2 ikutnya jg gak masalah.
profile-picture
valkyr9 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
"Tidak salah, Prof Khairil. Sejak dulu sampai dengan sekarang fatwa MUI atau fatwa siapa pun tak harus diikuti. Jangankan fatwa MUI, fatwa MA yang lembaga peradilan negara saja tak harus diikuti. Yang mengikat kalau dari MA adalah vonisnya, bukan fatwanya. Tapi kalau pihak-pihak sepakat memakai fatwa ya dibolehkan," ujar Mahfud dalam akun Twitter-nya @mohmahfudmd.


Ini pendapat Prof Mahfud sdh bener, krn

"Fas aluu ahladz dzikri inkuntum laa ta'lamuun. Tanyakan pada ulama, jika engkau tak mengerti. Nah kalau sudah difatwakan, ya amalkan dong. Kalau nggak, ngapain nanya? Wamaama'nafatwa," tulisnya dalam akun @tifsembiring.


ditentang PKS



emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SuaraLagita dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Fatwa wajib diikuti, kalau sudah berbentuk undang2...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
Orang Islam makan daging babi saja tidak ada sanksi hukumnya. Ya, dosa saja

Dosa pakai saja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan 2 lainnya memberi reputasi
sepertinya ke 2 tokoh tersebut bener kok,
pak mafud bilang semua fatwa tidak perlu diikuti

tapiiiiiiiiiiiiii
kl sesorang sudah bertanya tentang fatwa ya dia harus ikuti (pendapat tifatul)

dan pak mafud bilang juga sependapat karena etisnya sperti itu

btw ini kenapa pak mafud dr kemaren lengket mllulu ama geng sbelah ya
kemaren anies sekarang tifatul
profile-picture
profile-picture
valkyr9 dan extreme78 memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Na'am Prof
emoticon-Traveller
profile-picture
valkyr9 memberi reputasi
ribet, kek pada gabisa gunain akal pikir sendiri sendiri kudu ngributin ada fatwa ini itu..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh pakulidi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ini haram itu haram. Bikin negara g maju2..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
valkyr9 dan 2 lainnya memberi reputasi
Balas-balasan Mahfud vs Tifatul di Twitter soal 'Fatwa MUI Tak Wajib Diikuti

preet, kagak si mahfud kagak si tipatul, both of them are kura-kura dalam perahu, pretend to do not nyaho.

fatwa mui ada s&k,
if nguntungin (secara politik) dipatuhi
if no nguntungin, dibilang it's just an advice, sekedar nasehat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuko dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh cacarakan
Prof Mahfud, saran saja...ngga perlu digubris orang geblek macam tifatul ngeyel itu.

ngga level..

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan 2 lainnya memberi reputasi
Levelnya tifa kalah jauh sama mahfud....
profile-picture
valkyr9 memberi reputasi
Ngoahaahahhhaha emoticon-Ngakak

Balas-balasan Mahfud vs Tifatul di Twitter soal 'Fatwa MUI Tak Wajib Diikuti
profile-picture
profile-picture
profile-picture
voorvendetta dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh klentit.macan
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ane ntn aja dipojokan.. rumit bener kayaknya emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di