KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Introvert Dilahirkan atau Karena Pengalaman?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a04aa95d7f6861d300232c/introvert-dilahirkan-atau-karena-pengalaman

Introvert Dilahirkan atau Karena Pengalaman?

Halo Introvert!

Hari ini kita bahasan kita lumayan berat nih, semoga para introvert bisa memahami nya ya. Terkadang ga semua hal yang ada dalam diri kita itu faktor genetik loh! tapi faktor lingkungan pun sangat sangat mempengaruhi kepribadian kita.

So, kita harus pintar dalam memilih lingkungan yang baik untuk kesehatan mental kita ya introvert! Jangan lupa share kalau kamu lebih cenderung karena faktor genetik atau pengalaman?

Introvert Dilahirkan atau Karena Pengalaman?

Introvert Dilahirkan atau Karena Pengalaman?

Otak manusia memiliki gabungan senyawa kimia bernama neurotransmitter lebih dari 60 campuran yang menentukan otak bekerja.

Ada sebagian besar neurotransmitter yang berbeda antara satu orang dengan yang lainnya yang berdampak pada perbedaan kepribadian yaitu introvert atau extrovert dari masing masing orang. Hal tersebut merupakan gen yang sudah dibawakan sejak lahir

Salah satu neurotransmitter yang memiliki peran penting adalah dopamin. Dopamin salah satunya membuat seseorang mencari energi dari luar.

Introvert Dilahirkan atau Karena Pengalaman?

Seorang introvert memiliki pengaruh dopamin yang sedikit dibandingkan ekstrovert sehingga la tidak merasa perlu untuk mencari energi dari luar untuk merecharge dirinya. Dan lagi lagi banyak sedikitnya dopamin adalah bawaan genetik atau sejak lahir.

Namun, tidak hanya faktor genetik faktor lingkungan pun membawa pengaruh besar dalam bagi seorang introvert seperti perlakuan orang tua, perlakuan teman, dan pengalaman masa kecil.

Seorang introvert memiliki fleksibilitas tertentu dalam merespon sosial. Apabila pengalaman semasa kecil seseorang positif maka besar kemungkinan fleksibilitas seseorang tersebut dalam merespon lingkungan lebih tinggi sedangkan jika memiliki pengalaman sosial negatif akan berlaku sebaliknya.

Jadi, faktanya adalah betul bahwa faktor genetik sangat mempengaruhi kepribadian seseorang tetapi faktor lingkungan pun turut andil dalam mempengaruhi kepribadian seseorang kedepannya walaupun pengaruhnya bisa saja berlawanan dengan kepribadian alami dari seseorang tersebut.


~SEMOGA BERMANFAAT~

emoticon-Wagelaseh

Penulis: Bombombeechanne
Pic: Google
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mashbrow dan 21 lainnya memberi reputasi
Bukan pemalu, hanya saja ga peduli dengan perbincangan dilingkungan yang ga penting (Gosib, dan pembicaraan ga jelas).
Mending baca Novel atau Nonton Film/Series..
profile-picture
profile-picture
laksanardie dan seojoon memberi reputasi
Kalo saya lebih ke Introvert tp sekarang mulai belajar untuk bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan
profile-picture
profile-picture
seojoon dan onee643 memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Penjelasan amat singkat gitu doang dapet HT? Apa sekarang HT bisa dibeli pake uang ya?emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
bombombeechanne dan diy46 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Astaga ngerasa HT sekarang kentang beud
profile-picture
profile-picture
sultanmasikeren dan rubah007 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Wah info baru nih, ane baru tahu kalo introvert udah bawaan lahir. Trus ane ngulik lebih jauh tentang apa aja yang perlu diketahui tentang introvert, nah ketemu nih artikel ini.

Di artikel ini dikasih tau nih apa aja yang perlu diketahui tentang orang introvert, kayak gini:

dia suka menyimpan perasaannya sendiri.
pendiam kalo masuk ke lingkungan baru.
banyak mikir sebelum bertindak.
sering ngamatin orang-orang sama situasi di sekitarnya.
cuma bisa akrab dan rewel sama orang yang udah dikenal baik.

Nih gan, kalo mau baca lebih lengkapnya langsung ke sini aja ya
profile-picture
laksanardie memberi reputasi
Setiap orang punya keunikannya masing-masing gan, termasuk orang berkepribadian introvert. Ane kadang sedih liat orang introvert suka dicap gak bisa bergaul, padahal introvert juga sama istimewanya dengan orang ekstrovert.

Nah, dari yang ane baca di artikel Halodoc ini, ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang introvert nih gan, cekidot:

Akan menyimpan apa yang dirasakannya seorang diri.
Akan menarik diri dan pendiam jika mereka berada di lingkungan yang tidak mereka kenal baik.
Akan memikirkan segala hal sebelum bertindak. Seseorang dengan tipe ini akan sangat sadar diri.
Menjadi pengamat yang baik dengan mempelajari situasi sekitar.
Mudah bersosialisasi dan menunjukkan diri yang sebenarnya jika bersama dengan orang-orang yang sudah dikenalnya dengan baik.

Selain itu, ada nih beberapa ciri introvert dari artikel kompas yang ane baca, biar gampang ngenalin introvert gan, jadi agan-agan sekalian gak ribet kalo sosialisasi sama mereka. Betewe, moga bermanfaat info yang ane share gan, boleh lah cendolnya, jangan dibata gan.


profile-picture
laksanardie memberi reputasi
Diubah oleh anwarrhodesia
aku ngerasa sekarang introvert, padaahal dulu ngga, mungkin pengaruh karna lingkungan
profile-picture
golden.baik007 memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Bisa keduanya atau memang pilihanIntrovert Dilahirkan atau Karena Pengalaman?
profile-picture
black.03 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
menurut pengalamanku yang kualamin sendiri hingga jadi Covid19 ane lihat dari teman / dari diri saya sendiri sekarang dari pengalaman yang sudah2 dari nara sumber beda2 yaitu ada 2 jenis yaitu Faktor Genetik dan Faktor Lingkungan Pergaulan juga :

1.Faktor Genetik ini bisa karena penyakit bawaan sejak lahir berdasarkan analisa psikiater/Dokter Otak teman ayahku yaitu :
a. Bisa jadi dia itu Autis yang akan menuju gejala2 Skizoprenia yang pasti ujung2nya menuju Anti Sosial Karena Dopamin terlalu berlebih

b. Bisa jadi dia itu murni Autis menuju Psikopat / Otaknya Sableng gan akhirnya menjadi Kelompok Anti Sosial.ane bisa menuduh sembarangan elu lihat saja komunitas Ninja Club di Indonesia ini rata2 orangnya itu saya lihat dari pengalaman dan pengamatanku sendiri mayoritas Autis juga sisanya pasti Skizoprenia .lihat itu para2 kriminal/penjahat/preman di dalam penjara Nusakambangan adalah contoh bukti nyata orang psikopat juga karena faktor yang utama Ekonomi Keluarga yang kurang mapan dan cukup....tanyain sendiri para kriminal yang menjadi kelompok2 orang2 biadab psikopat pasti jawabannya mayoritas tp ingat tdk semua yang masuk penjara itu pasti autis yang paham teknologi.... ada juga yang murni mengidap penyakit psikopat gan....


2.Faktor Lingkungan Pergaulan yaitu :

a.Dia Ditolak dari Lingkungan Pergaulannya yaitu dia dianggap aneh dllnya
b. Tertutup Karen dia minder mungkin Karena Dia Lahir dari Keluarga yang kekurangan Ekonomi ataupun miskin,mungkin kurang ganteng/cantik,kurang sexy barangkali,kurang kaya,kurang pintar,kurang smart/cerdas,kurang ada skill ditengah masyarakat dllnya masih bnyk gan.
c. Ada Masalah Stress/Depresi Baru .Karena tdk bisa menerima kenyataan dan keadaan pahit dari keluarganya yg barusan bangkrut secara ekonomi usahanya akhirnya jadi minder...
d. Mendapatkan Bully dari Tengah masyarakat ataupun Keluarganya .bisa jadi terutama cewek jadi korban pemerkosaan orang terdekatnya


sekian ane jelasin dari pengalaman2 pahit yang sudah kulalui lihat lingkungan sekitar ane baik teman pergaulan komunitas,tetangga bahkan teman Sekolah dulu sewaktu SMK gan thn 90 an dulu....ingat ini Real yah gan... " Salam Waras"
profile-picture
laksanardie memberi reputasi
gw setuju sih, lingkungan cukup berpengaruh,, namun kembali lagi jika dominan introvertnya ya suatu saat akan nyaman dengan itu.
profile-picture
onee643 memberi reputasi


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di