KOMUNITAS
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Introvert Dilahirkan atau Karena Pengalaman?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a04aa95d7f6861d300232c/introvert-dilahirkan-atau-karena-pengalaman

Introvert Dilahirkan atau Karena Pengalaman?

Halo Introvert!

Hari ini kita bahasan kita lumayan berat nih, semoga para introvert bisa memahami nya ya. Terkadang ga semua hal yang ada dalam diri kita itu faktor genetik loh! tapi faktor lingkungan pun sangat sangat mempengaruhi kepribadian kita.

So, kita harus pintar dalam memilih lingkungan yang baik untuk kesehatan mental kita ya introvert! Jangan lupa share kalau kamu lebih cenderung karena faktor genetik atau pengalaman?

Introvert Dilahirkan atau Karena Pengalaman?

Introvert Dilahirkan atau Karena Pengalaman?

Otak manusia memiliki gabungan senyawa kimia bernama neurotransmitter lebih dari 60 campuran yang menentukan otak bekerja.

Ada sebagian besar neurotransmitter yang berbeda antara satu orang dengan yang lainnya yang berdampak pada perbedaan kepribadian yaitu introvert atau extrovert dari masing masing orang. Hal tersebut merupakan gen yang sudah dibawakan sejak lahir

Salah satu neurotransmitter yang memiliki peran penting adalah dopamin. Dopamin salah satunya membuat seseorang mencari energi dari luar.

Introvert Dilahirkan atau Karena Pengalaman?

Seorang introvert memiliki pengaruh dopamin yang sedikit dibandingkan ekstrovert sehingga la tidak merasa perlu untuk mencari energi dari luar untuk merecharge dirinya. Dan lagi lagi banyak sedikitnya dopamin adalah bawaan genetik atau sejak lahir.

Namun, tidak hanya faktor genetik faktor lingkungan pun membawa pengaruh besar dalam bagi seorang introvert seperti perlakuan orang tua, perlakuan teman, dan pengalaman masa kecil.

Seorang introvert memiliki fleksibilitas tertentu dalam merespon sosial. Apabila pengalaman semasa kecil seseorang positif maka besar kemungkinan fleksibilitas seseorang tersebut dalam merespon lingkungan lebih tinggi sedangkan jika memiliki pengalaman sosial negatif akan berlaku sebaliknya.

Jadi, faktanya adalah betul bahwa faktor genetik sangat mempengaruhi kepribadian seseorang tetapi faktor lingkungan pun turut andil dalam mempengaruhi kepribadian seseorang kedepannya walaupun pengaruhnya bisa saja berlawanan dengan kepribadian alami dari seseorang tersebut.


~SEMOGA BERMANFAAT~

emoticon-Wagelaseh

Penulis: Bombombeechanne
Pic: Google
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mashbrow dan 21 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Faktor lingkungan juga si

Seharian kerja kadang sampe malem sampe rumah masih bawa kerjaan sampe tidur mimpi kerja juga

awal awal emang pengen nongkrong cuma ya pas nongkrong yg di bahas kerjaan juga jadi males



Me time

Keseringan memanjakan diri ke enakan akhir nya nyaman dan ga mau ada orang lain



Ruang sendiri

Terlepas dari itu semua orang terkadang butuh ruang sendiri sekedar untuk menenangkan atau self healing atau pun untuk berlari dari kenyataan walau untuk sebentar
Diubah oleh grrypryg
Ane dulu waktu belom sekolah masih seneng maen sama kakak ane
ane juga gak terlalu inget orang2nya sekarang.

nah ketika masuk sekolah mulai tuh rasa minder ada
karena ane dari lahir gak kayak kebanyakan orang
ane bertemen juga paling temen2 sekolah doang.
waktu sd-smp masih seneng maen sana sini

tapi begitu masuk sma ane udah gak terlalu sering main
temen sekolah juga jauh2 rumahnya paling beberapa kali
itu pun orangnya itu2 aja.

kuliah juga sama, bisa dibilang mahasiswa kupu-kupu

ane enjoy aja sih, masih ketemu sama beberapa temen
tapi sekarang udah pada punya keluarga dan udah pindah tempat tinggal, temen ane makin dikit

Wah info baru nih, ane baru tahu kalo introvert udah bawaan lahir. Trus ane ngulik lebih jauh tentang apa aja yang perlu diketahui tentang introvert, nah ketemu nih artikel ini.

Di artikel ini dikasih tau nih apa aja yang perlu diketahui tentang orang introvert, kayak gini:

dia suka menyimpan perasaannya sendiri.
pendiam kalo masuk ke lingkungan baru.
banyak mikir sebelum bertindak.
sering ngamatin orang-orang sama situasi di sekitarnya.
cuma bisa akrab dan rewel sama orang yang udah dikenal baik.

Nih gan, kalo mau baca lebih lengkapnya langsung ke sini aja ya
profile-picture
laksanardie memberi reputasi
Setiap orang punya keunikannya masing-masing gan, termasuk orang berkepribadian introvert. Ane kadang sedih liat orang introvert suka dicap gak bisa bergaul, padahal introvert juga sama istimewanya dengan orang ekstrovert.

Nah, dari yang ane baca di artikel Halodoc ini, ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang introvert nih gan, cekidot:

Akan menyimpan apa yang dirasakannya seorang diri.
Akan menarik diri dan pendiam jika mereka berada di lingkungan yang tidak mereka kenal baik.
Akan memikirkan segala hal sebelum bertindak. Seseorang dengan tipe ini akan sangat sadar diri.
Menjadi pengamat yang baik dengan mempelajari situasi sekitar.
Mudah bersosialisasi dan menunjukkan diri yang sebenarnya jika bersama dengan orang-orang yang sudah dikenalnya dengan baik.

Selain itu, ada nih beberapa ciri introvert dari artikel kompas yang ane baca, biar gampang ngenalin introvert gan, jadi agan-agan sekalian gak ribet kalo sosialisasi sama mereka. Betewe, moga bermanfaat info yang ane share gan, boleh lah cendolnya, jangan dibata gan.


profile-picture
laksanardie memberi reputasi
Diubah oleh anwarrhodesia
Sepertinya terbentuk dari lingkungan sekitar gan, karena ada anak temen ane waktu masih kecil dia terkesan seorang anak yang cerewet dan pemberani, namun setelah ayahnya meninggal dia berubah menjadi anak yang pendiam hingga sekarang.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
aku ngerasa sekarang introvert, padaahal dulu ngga, mungkin pengaruh karna lingkungan
profile-picture
golden.baik007 memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Bisa keduanya atau memang pilihanIntrovert Dilahirkan atau Karena Pengalaman?
profile-picture
black.03 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
menurut pengalamanku yang kualamin sendiri hingga jadi Covid19 ane lihat dari teman / dari diri saya sendiri sekarang dari pengalaman yang sudah2 dari nara sumber beda2 yaitu ada 2 jenis yaitu Faktor Genetik dan Faktor Lingkungan Pergaulan juga :

1.Faktor Genetik ini bisa karena penyakit bawaan sejak lahir berdasarkan analisa psikiater/Dokter Otak teman ayahku yaitu :
a. Bisa jadi dia itu Autis yang akan menuju gejala2 Skizoprenia yang pasti ujung2nya menuju Anti Sosial Karena Dopamin terlalu berlebih

b. Bisa jadi dia itu murni Autis menuju Psikopat / Otaknya Sableng gan akhirnya menjadi Kelompok Anti Sosial.ane bisa menuduh sembarangan elu lihat saja komunitas Ninja Club di Indonesia ini rata2 orangnya itu saya lihat dari pengalaman dan pengamatanku sendiri mayoritas Autis juga sisanya pasti Skizoprenia .lihat itu para2 kriminal/penjahat/preman di dalam penjara Nusakambangan adalah contoh bukti nyata orang psikopat juga karena faktor yang utama Ekonomi Keluarga yang kurang mapan dan cukup....tanyain sendiri para kriminal yang menjadi kelompok2 orang2 biadab psikopat pasti jawabannya mayoritas tp ingat tdk semua yang masuk penjara itu pasti autis yang paham teknologi.... ada juga yang murni mengidap penyakit psikopat gan....


2.Faktor Lingkungan Pergaulan yaitu :

a.Dia Ditolak dari Lingkungan Pergaulannya yaitu dia dianggap aneh dllnya
b. Tertutup Karen dia minder mungkin Karena Dia Lahir dari Keluarga yang kekurangan Ekonomi ataupun miskin,mungkin kurang ganteng/cantik,kurang sexy barangkali,kurang kaya,kurang pintar,kurang smart/cerdas,kurang ada skill ditengah masyarakat dllnya masih bnyk gan.
c. Ada Masalah Stress/Depresi Baru .Karena tdk bisa menerima kenyataan dan keadaan pahit dari keluarganya yg barusan bangkrut secara ekonomi usahanya akhirnya jadi minder...
d. Mendapatkan Bully dari Tengah masyarakat ataupun Keluarganya .bisa jadi terutama cewek jadi korban pemerkosaan orang terdekatnya


sekian ane jelasin dari pengalaman2 pahit yang sudah kulalui lihat lingkungan sekitar ane baik teman pergaulan komunitas,tetangga bahkan teman Sekolah dulu sewaktu SMK gan thn 90 an dulu....ingat ini Real yah gan... " Salam Waras"
profile-picture
laksanardie memberi reputasi
ane kayaknya kombinasi keduanya
Org introvert kebanyakan pekerjaanny seniman.
dulu ekstrovert, namun semua berubah semenjak negara api menyerang emoticon-raining
nice share, ane cenderung introvert,klo lagi sendiri kek lagi dicharge healing sendiri..
intovert karena pengalaman
Post ini telah dihapus
yang introvert biasanya waktu kecil disuruh orang tuanya buat sering main ke luar.

yang ekstrovert biasanya waktu kecil diomelin orang tuanya karena sering keluyuran.
ane mah masa bodo, mau dinilai intro kek extro kek, yg penting ane ga ganggu orang lain, waktu ane lebih berharga buat ane sendiri drpd berurusan atau ngurusin org lain , masa bodok sanaah emoticon-Traveller
ane introver apa ekstrovert ya gan? gak suka kongkow2 rame2 tapi gak suka jalan sendirian juga.
‏‏‎‏‏‎
Diubah oleh Mie88888
Ada penelitian imluwan, terutama soal DISC vs MBTI. Tapi artikel OP bisa menerangkan dengan mudah.
ane introvert + pemalu bree..

dibilang genetik sih engga ya, malah ane tau bokap ane bnyk temennya, beliau supel dlm bergaul, klo reunian aja slalu dtg,, dan nyokap jg bnyk temennya jg smpe bikin komunitas..

ane jd introvert mngkin pnyebabnya perceraian dr mereka bree (ortu) dr umur 8thn ane jd anak broken home,, mngkin ortu ane jd jrg interaksi sm ane, dan ane jd takut klo mo ngomong sm mereka,, bingung saat itu mo gimana krena blm ngerti.. jd dirumah banyak diem aja sm bokap, plg cm dibeliin mainan, PS saat itu..

dan di sekolah krena tipikal ane yg pendiam ga jarang suka dibuli jg, suka diledekin, ane jd gampang nangisan, mngkn emosional ane trbentuk dr kejadian itu..

smpe skrg ane dewasa dan brkluarga jg msh sama, ga gtu jauh dr masa kecil ane dulu.. klo ada acara ane males dateng.. di kantor pun klo maksi nyari makan sendiri, klo pas nongkrong pun ga lama lgsg pamit cabut,, biar kata punya tim work tp ane cenderung independen kerjanya.. keseharian skrg lbh suka dirumah main sm anak2, tiap pulang gawe aja pngennya buru2 pulang ktemu mereka..
Diubah oleh awan.kegelapan
Halaman 1 dari 4


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di