CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Cara Paling Aman Menggunakan 'Engine Break' Di Mobil Matic (Tips 1 Jarang Orang Tahu)
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a047eaca6abe2aaf15dbea/cara-paling-aman-menggunakan-engine-break-di-mobil-matic-tips-1-jarang-orang-tahu

Cara Paling Aman 'Engine Brake' Di Mobil Matic (Tips 1 dan 4 Jarang Orang Tahu)

Cara Paling Aman Menggunakan 'Engine Break' Di Mobil Matic (Tips 1 Jarang Orang Tahu)

[ HT# 860 ]

Indonesia, negeri kita tercinta ini dikenal dengan kontur jalan yang beragam; lurus, berkelok, menanjak dan menurun. Ketika mobil bertemu dengan jalan menurun maka rem lebih banyak bekerja untuk memperlambat laju mobil sesuai situasi dan kondisi jalan.

Mengerem dibolehkan tapi bukan cara yang paling tepat karena resiko gagal memperlambat kendaraan amat besar. Turunan yang panjang, bobot kendaraan yang berat ditambah pengereman terus menerus membuat kerja rem jadi extra keras, bahkan sialnya rem tidak lagi mampu bekerja sebagaimana mustinya. Akhirnya bisa terjadi yang namanya rem 'blong' atau rem tidak berfungsi.

Peringatan bagi driver pemula, teknik yang disebut 'engine brake' harus dikuasai dan dipahami benar. Saya dulu juga tidak mengenal apa itu engine brake karena waktu di kursus stir mobil saya tidak diajarkan teknik ini?

Penjelasan engine brake secara awam adalah mobil berjalan pelan sesuai dengan putaran mesin digigi terendah, umumnya gigi 1 atau 2 tanpa bantuan REM! Ingat ya, tanpa ada bantuan rem, kalaupun ada rem hanya dilakukan sekali-kali saja.

Efek engine brake yang dirasakan tentu mobil jadi menurun pelan dan suara mesin terdengar sedikit agak kasar, tapi ini gejala normal. Kerja rem jadi lebih ringan, lebih awet, dan tentu saja penyebab rem 'blong' bisa dicegah.

Agar engine brake bekerja di mobil manual biasanya tinggal kita turunkan gigi 1 atau 2 dan ketika permukaan jalan sudah datar maka transmisi tinggal kita pindah ke 3 atau menyesuaikan keadaan jalan saja.

Lalu bagaimana cara engine break yang benar kalau mobil yang kita bawa adalah jenis matic? Yang bilang matic tidak ada engine brake adalah statemen yang salah, pastinya para insinyur otomotif sudah memikirkan benar agar mesin matic juga bisa bekerja layaknya engine brake di mobil manual dan pastinya aman.


Tips Pertama

Sebaiknya mengenal medan jalan. Tapi jika kita masih asing melewati jalan dimaksud maka cara paling aman dan tidak beresiko adalah dengan menurunkan kecepatan mobil sebelum mendekati turunan.

Cara ini bisa dilakukan sambil menyalakan lampu Hazard, tujuannya agar kendaraan dibelakang tahu kita akan pelan dan mempersilahkan mendahului.


Cara Paling Aman Menggunakan 'Engine Break' Di Mobil Matic (Tips 1 Jarang Orang Tahu)

Menurut saya idealnya sih 300-200 meter sebelum bertemu turunan dimaksud mobil sudah harus jalan santai di 30-20Km per jam .

Cara ini jarang dilakukan, terutama bagi pemula. Dengan memperlambat laju mobil sebelum turunan maka ketika sudah berada dititik awal turunan teknik engine brake jadi lebih mudah dilakukan dengan santai dan bisa fokus ke situasi depan jalan.


Tips Kedua

Cara menggunakan engine brake di mobil matic tinggal pindahkan transmisi dari D ke gigi 2 atau L, atau B (tipe hybrid) tergantung tipe maticnya disaat mobil dikecepatan rendah.

Agar perpindahan terasa halus (tidak drop) lakukan perpindahan transmisi saat mobil sudah berjalan rendah tidak lebih dari 30Km per jam.


Ketika mobil meluncur cepat di jalan turunan jangan langsung memindahkan transmisi ke gigi 2 atau L karena oli belum tersebar merata kesetiap komponen mesin, dan bisa-bisa komponen mesin maticnya akan rontok.

Jika dalam keadaan terpaksa pun sebaiknya dibantu dengan rem tipis sekali-kali saja hingga berada di 30Km atau dibawahnya barulah tahap engine brake bisa dilakukan.

Cara Paling Aman Menggunakan 'Engine Break' Di Mobil Matic (Tips 1 Jarang Orang Tahu)


Tips Ketiga

Ketika mobil berada dijalan menurun yang seperti 'tiada akhir' dan curam maka penggunaan rem bisa saja dilakukan. Rem disini hanya dilakukan tips-tipis saja gunanya untuk memperingan kerja mesin.

Bantu dengan rem tipis-tipis sekali-kali saja di kemiringan atau sudut kemiringan jalan yang terlihat curam. Menggunakan rem secara bijak disini tidak diharamkan karena disaat engine brake bekerja mesin berada diposisi full maksimal sekaligus menahan beban. Akibatnya mesin juga bisa panas karena tekanan oli transmisi yang dihasilkan terlalu besar untuk menahan beban dan kelebihan torsi.


Tips Keempat

Berbeda ketika jalan menanjak mobil harus diposisikan agak ke kanan, disaat menurun sebaiknya posisikan mobil agak dikiri tapi bukan terlalu kepinggir, ya. Karena kalau terlalu kepinggir bisa-bisa buntut mobil terperosok atau menyenggol kendaraan lain.

Tujuannya adalah mengurangi gaya gravitasi pada mobil, dengan memposisikan mobil agak kekiri maka efeknya mobil tidak terlalu meluncur turun tapi lebih bisa diantisipasi gerakannya dan mencegah mobil berhadapan langsung dari arah berlawan yang akibatnya merugikan orang lain
(maksudnya gak ajak2 sial, gitu deh).

Semoga dimanapun kita berada selalu mendapat perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin. Sebelum berangkat jangan lupa untuk selalu berdoa, kondisikan mobil dengan fit, dan badan dalam keadaan bugar.
Semoga bermanfaat.


Cara Paling Aman Menggunakan 'Engine Break' Di Mobil Matic (Tips 1 Jarang Orang Tahu)

Sebuah opini | Ref. tkp1, tkp2
Img. Gugel

Cara Paling Aman Menggunakan 'Engine Break' Di Mobil Matic (Tips 1 Jarang Orang Tahu)
Cara Paling Aman Menggunakan 'Engine Break' Di Mobil Matic (Tips 1 Jarang Orang Tahu)
Copyright © 2016 - 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rif0117 dan 37 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh iskrim
Halaman 1 dari 3
Gaskeuuunnlah...
emoticon-Ngacir2
profile-picture
jlamp memberi reputasi
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Lihat 24 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 24 balasan
Cara Paling Aman Menggunakan 'Engine Break' Di Mobil Matic (Tips 1 Jarang Orang Tahu)

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Terima kasih infonya, sangat bermanfaat emoticon-Jempol
Post ini telah dihapus
lah.. kga ada engine break yg aman bre emoticon-Wakaka
nah pas banget ini iskrim, thanks banget infonya emoticon-Shakehand2
bener tips dari TS

tips nomor 1 itu inti nya jangan dadakan. mau manual mau matic ya sama. kalau mendadak engine break, bisa traction loss atau tabrakan dari belakang. kunci nya dari jauh kita sudah deakselerasi, baru pindah gigi.

tips nomor 4 juga jarang dilakukan, yaitu secara serempak menghindari area pinggiran terutama jurang. mau jalur naik maupun turun, mesti serempak. dan jangan ada kenceng2 ngepot cornering tai anjing gobIok kontoI yang makan jalan terlalu maruk. ini jalan lempeng aja udah susah, mau sok ngebut dengan alasan buru2, capek, darurat. basi gobIok. semua juga butuh lalu lintas, semua sama2 bayar. anak mobil juga sama ni bodoh nya kadang2, terutama yg anak kuliah naik mobil jadul sok modif. siapa sih yang ketipu seolah2 mobil lu kece. civic & starlet tua lo itu gak ada apa2nya, gausah tengil. lipet spion aja manual mau sok ngepot lu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
transmisi matic makin kesini makin canggih, misal cvt yg tadinya terkenal lemot sekarang mulai terasa tarikannya di mobil2 seri terbaru. innova reborn ane nyaris ga berasa engine breaknya saat jalan rata, dibanding mobil ade ane kia sonet baru beli biar jalan rata klo lepas gas terasa efek engine breaknya. inovasi jalan terus, cm yg masi pakai serian lama tips di trit ini berguna
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 3 lainnya memberi reputasi
ngomongin enjin brek gada yg ngalahin manual...

brak brek brak brek pew pew pew jelegur jelegur gt kyk F1...
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
postingan bermanfaat ini, disimpen dulu buat nanti kalau udah punya mobil
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
broken engine..bahaya...
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Break? Brake?
Klo gw biasanya di posisi S
profile-picture
profile-picture
jlamp dan vegasigitp memberi reputasi
Post ini telah dihapus
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
makanya ane tajkut pakai matic mending kopling ajah
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
thread bagus gan....
profile-picture
profile-picture
Mbah_Bejo dan iskrim memberi reputasi
Mobil gue dulu pernah gak mau hidup habis naik tanjakan di sekitar bukit magelang.
Udah mau sore gelap deket hutan.
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Nice info banget ini, ane sering pake ini di speda motor yg manual buat rem cepat berhenti sangat membantu, dan anti slip pastinya,, kalau mobil jarang pakai si karena tinggal angkat gas aja biasanya udah lambat mobilnya kecuali sering di gigi tinggi ya memang harus rem
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Dulu pake jazz manual biasa bngt engine brake, dari 5 turun ke 4, 4 turun ke 3, setalah ganti HRV matic emang full ngandelin rem aja, tp kalo hrs di bawah 30kpj utk pake engine brake rasanya hampir ga ada gunanya ya, krna mobil udah pelan bngt
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aripmaulana dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:

Sebabnya apa gan? emoticon-EEK!

Quote:


Betul gan, kaki2 emang harus disekolahin sih emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
BM1235EK dan jlamp memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di