CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengapa Tes Perawan Tidak Masuk Akal, Sehingga Harus Dihilangkan?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a037aee3e3f0106f01b7f0/mengapa-tes-perawan-tidak-masuk-akal-sehingga-harus-dihilangkan

Mengapa Tes Perawan Tidak Masuk Akal, Sehingga Harus Dihilangkan?

Belakangan ini Angkatan Darat Indonesia menggumumkan penghentian penerapan tes keperawanan dalam proses rekrutmen mereka, beberapa dari kalian mungkin akan bernafas lega dan bergembira dan sebagian lagi mungkin sedang bertanya apa alasannya?

Quote:
Jawaban singkatnya tes keperawanan tidak memiliki validitas ilmiah, melanggar HAM dan justru membawa dampak buruk terhadap para perempuan yang menjalaninya baik secara fisik maupun mental, untuk jawabannya kalian harus simak sampai habis ya.

Sebelum kita menelaah mengapa tes keperawanan bermasalah? kita perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana sebenarnya tes ini dilaksanakan. Tes keperawanan atau tes dua jari ini dilakukan dengan cara memasukkan dua jari ke dalam vagina untuk mengecek apakah selaput dara masih utuh, selaput darah atau hymen merupakan selaput tipis yang terdapat pada lubang vagina dan sepanjang yang kita ketahui selaput ini tidak memiliki fungsi yang jelas. Logika dibalik tes keperawanan adalah jika seseorang belum pernah berhubungan seksual sebelumnya berarti selaput daranya pasti masih utuh masuk akal kan? iya tapi ada satu masalah, pernyataan tersebut 100% salah. Keberadaan selaput dara tidak dapat menentukan apakah seseorang pernah berhubungan seks sebelumnya atau tidak,

Hal tersebut dikarenakan tiga hal, pertama seorang perempuan dapat terlahir tanpa selaput dara, kedua selaput dara dapat robek akibat hal selain hubungan seks, ketiga darah dapat tetap utuh meskipun seorang perempuan sudah pernah berhubungan seksual. Tidak semua perempuan memiliki selaput dara yang sama seperti selaput dara yang menutupi lubang vagina secara total atau selaput dara yang tidak ada sama sekali sejak lahir juga dapat terjadi dan seks bukanlah satu-satunya penyebab selaput darah pecah.

Mengangkat beban, berenang, bersepeda, menggunakan tampon dan lainnya semua dapat menyebabkan selaput darah pecah dan terkadang bahkan tanpa disadari. Selebihnya selaput dara tidak bersifat seperti pembungkus plastik yang bisa jebol justru lebih mirip ikat rambut yang fleksibel sehingga terkadang dapat juga terjadi selaput darah tidak pecah walaupun sudah berhubungan seks. Jadi, sebenarnya konsep perawan itu bukan suatu aspek biologis yang bisa kita ukur atau ditentukan secara pasti, tidak ada penanda jelas pada tubuh seorang perempuan yang bisa dijadikan indikasi keperawanannya sama seperti laki-laki. Keperawanan itu secara medis tidak ada, konsep keperawanan tidak lebih dari suatu label yang diciptakan dan dibentuk oleh nilai-nilai masyarakat bukan sains.

Selain tidak memiliki validitas ilmiah sama sekali, tes keperawanan juga ditemukan dapat menyebabkan dampak buruk terhadap kesehatan fisik dan mental bagi orang yang menjalaninya, proses tes ini menyakitkan dan traumatis serta dapat meningkatkan resiko infeksi apabila dilakukan dengan tidak higienis, perempuan yang menjalani tes ini juga mengalami tekanan psikologis yang sangat besar yang kemudian berdampak pada depresi, kecemasan dan bahkan di beberapa kasus bisa menyebabkan bunuh diri. Belum lagi dampak sosial yang dialami apabila hasil tesnya tidak perawan, pengucilan dari keluarga serta komunitas sekitar lazim terjadi dan ini semua akibat hasil tes yang bahkan tidak valid.

Quote:

Jadi, mengingat semua itu Mengapa tes keperawanan baru sekarang mulai dihilangkan? jawabannya adalah karena banyak orang masih menilai kehormatan perempuan hanya dari riwayat seksualnya tanpa melihat sifat-sifat yang justru membuat seseorang menjadi terhormat seperti kepintaran, kebaikan, keberanian dan ambisinya. Tes keperawanan adalah tindakan melanggar privasi yang hanya menyebabkan penderitaan bagi yang menjalaninya, tes yang bahkan tidak didasari ilmu medis yang jelas, praktek yang sudah sebaiknya kita tinggalkan karena nilai diri seseorang tidak bisa kita nilai hanya dengan dua jari.

Bagaimana menurut gansis sekalian? mari kita diskusikan dikolom komentar. Semoga bermanfaat dan sampai jumpaa..

Referensi : 123 & 4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
terranova345 dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Si.jonii
Halaman 1 dari 3
Oke deh Dek Jonii... Ane mo tes dolo...
emoticon-Ngacir2
Mengapa Tes Perawan Tidak Masuk Akal, Sehingga Harus Dihilangkan?
profile-picture
jiresh memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
profile-picture
jamban.bocor memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
walaupun ane belum pernah menjalani tes keperawanan tapi ane bisa membayangkan bagaimana perasaan wanita yang akan atau sudah menjalani tes ini, nggak nyaman, risih dan beberapa alasan yang dijelaskan TS.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mantelbulu dan 2 lainnya memberi reputasi
Ga usah test2an ..mending sini ikut abang kerja dikota yuk..
profile-picture
surya21dharma memberi reputasi
Tes perawan pasti dilakukan oleh dokter ahli dan di tempat steril. jadi tulisan TS yg bilang infeksi dan tdk hiegenis itu hasil ngimpi TS.
dia pikir yg ngetes perawan adalah prajurit tni dan dilakukan di barak... geblek...

Sedangkan efek psikologis juga ga mendasar. Secara dilakukan oleh ahli.

Meniadakan tes keperawan hanya akan menjadi preseden buruk klo ga perawan adalah hal biasa.

Apa jadi nya tni yg terhormat justru mempromosikan ilang perawan tidak apa2.

ga heran sex bebas menjadi hal biasa...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
novieria1111080 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh red.mind
Lihat 25 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 25 balasan
test perawan cukup liat celana dalamnya aja.
kalo masih ada tulisan "jangan diterima apabila segel rusak" berarti 100% masih perawan emoticon-Peace
tes ini apakah cuma buat cewe? kalau cowo ngetesnya gimana sih? kalau cuma cewe yang dites kan kesannya cewe yang diterima cuma yang perawan, cowo yang udah nggak perjaka bebas dan lanjut aja.
Lihat 31 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 31 balasan
Tapi test buat jadi istri wajib si

Misal lu jomblo culun nolep virgin

Kejebak nikah sama chicken salome cape juga
Tes keperawanan untuk instansi mungkin bisa saja kurang relevan. Apalagi tidak ada hubungannya dengan pekerjaannya.


TAPI kalo secara personal, apalagi bagi cowo yg akan menikahi si cewe. Tentu keperawanan ini menjadi hal yg relevan dan krusial.


Orang dengan pembenaran dan menghibur diri saja yg bilang "menilai wanita dari selaput dara". Statement yg sangat goblok.

Lagian yg menilai wanita dari selaput dara juga siapa, itu kan kelakuan mereka sendiri yg seks bebas, sok open minded, bahkan dapet perawan katanya rejeki anak soleh.


Sah-sah saja bagi cowo yg baik punya kriteria cewe baik2 juga, cowo yg punya prinsip virginitas itu penting ingin juga ketemu pasangan dgn prinsip yg sama.

Kok gitu malah dicaci maki otak selangkangan gak open minded sok suci segala macam. Doktrin sesat memang bahaya.


Oh ya satu lagi, ini di indo bos, ada tata krama, budaya, adat istiadat. Kalo ente bandingkan dgn budaya luar free seks consent, kenapa gak ente sekalian panggil org tua ente atau guru ente lgsg namanya saja, gak perlu pak, buk, om, tante, sama kan kayak di luar negeri.

Itulah tata krama, budaya, Norma, adat istiadat di indo sini. Paham.



profile-picture
haeriyoko memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
itu kan terkesan diskriminasi.
knp laki2 tdk ada tes keperjakaan???

klo perawan ilang bisa ketauan dari selaput daranya
klo perjaka ilang, emang tau dari mananya?
profile-picture
mantelbulu memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Karena blm tentu jg ada korelasi dg attitude maupun kemampuan dlm berprestasi sebetulnya. Karena sudah tdk perawan juga bisa disebabkan oleh hal yg tdk disengaja seperti yg TS sudah jelaskan.
Wah baru tau ane ada yg lahir tanpa selaput darah, ane kek ny juga gak ada, soalnya ane cowok emoticon-Leh Uga
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jangan diterima bila segel rusak emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
rubah007 dan jamban.bocor memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Hmm jadi pengin jadi penguji test keperawanan
Diubah oleh anti.suap
karena kebentur agama...
karena kebentur adat setempat...
karena pulau J dan kota J itu sarangnya cwe gak bener
karena menurut orang dlu yang enak itu yang perawan
karena....

mao ngetik gitu aja kok susah emoticon-Bingung
Asin rasanya emoticon-Smilie
profile-picture
jamban.bocor memberi reputasi
cara testnya gmana yah??? ane mau liat donk.......
Tes perjaka seharusnya juga ada
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
emoticon-Jempol
setuju sih gan kalau dihilangkan disamping dari alesan tadi kayaknya untuk sekarang memang sudah gak relevan lagi yaa... apalagi sekarang yang namanya cewek main sepeda semakin menjamurr.. bisa jadi karena sadel sepeda yg menjadi penyebab hilangnya keperawanan...
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Belum lagi kalau korban pemerkosaan gimana coba. Kasian banget, udah diperkosa, eh masa depannya suram, gak bisa masuk pekerjaan tertentu hanya karena pernah diperkosa.
Halaman 1 dari 3


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di