CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Good Bye Gaji Tetap! Benarkah PNS Akan KIAMAT?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/619f0e18d84fbc06be1ddd42/good-bye-gaji-tetap-benarkah-pns-akan-kiamat

Good Bye Gaji Tetap! Benarkah PNS Akan KIAMAT?

Pegawai negeri sipil atau yang sering disingkat dan disebut PNS merupakan bagian dari Aparatur Sipil Negara yang telah diangkat secara tetap untuk bekerja mengabdi kepada negara dan melayani masyarakat. Namanya juga bekerja apalagi pekerja tetap pastilah akan diberi imbalan, upah atau gaji, masak ya bekerja tidak digaji.

Quote:

Nah, dengan gaji yang diberikan secara tetap oleh negara kepada PNS inilah yang membuat banyak orang tergiur untuk mengikuti seleksi menjadi PNS. Namun semakin majunya perkembangan zaman membuat teknologi semakin canggih dan merambah keseluruh bidang atau lini, tak luput dunia pekerjaan dan pemerintahan. Seperti pekerjaan PNS misalnya, tak heran jika nantinya pekerjaan para pegawai yang ada di indonesia diganti dengan sebuah sistem atau teknologi yang memudahkan pekerjaan dan menghemat waktu sehingga para pekerja seperti PNS tidak diperlukan lagi.

Namun apakah benar jika nanti teknologi sudah mampu menggantikan tugas pegawai, lalu kemudian PNS akan hilang atau bahasa kasarnya 'PNS kiamat'?
Ternyata tak semudah itu ferguso? sehebat apapun teknologi pastinya nanti tetap akan ada PNS walaupun kemungkinan tinggal satu orang, wkwk 'the last man PNS'  dong. Mungkin memang ada kemungkinan besar teknologi akan menguasai penuh dunia kerja, tapi apakah tidak ada orang yang akan menekan tombol power? mencolok aliran listrik? mengawasi teknologi canggih tersebut tetap berjalan? tentu tetap ada dong.

Kemudian bagaimana dengan isu atau berita yang beredar tentang PNS yang akan dimusnahkan? sebenarnya berita ini berawal dari pernyataan Kepala BKN Bapak Bima Haria dalam Webinar Adaptasi Kebiasaan Baru di Lembaga Internasional beberapa waktu lalu "Dengan adanya inovasi teknologi, sepuluh tahun lagi mungkin tidak ada PNS. Mungkin semuanya PPPK, karena tidak diperlukan lagi PNS ke depan."

Melalui pernyataan beliau tersebut dan kalau dipikirkan memang betul adanya, tidak menutup kemungkinan dengan kesempurnaan teknologi membuat segala yang dikerjakan dengan tenaga manusia mampu diganti dan ditiru secara baik oleh teknologi. Apalagi melihat seperti sekarang bahwa jumlah PNS dinegeri ini sudah cukup membludak, ditambah dengan segala kebijakan pemerintah sekarang yang sudah mengedepankan asas efektif dan efisiensi. Dengan teknologi tentunya waktu dalam menyelesaikan pekerjaan semakin efisien karena lebih cepat, kemudian dengan adanya teknologi anggaran untuk menggaji PNS bisa digeser kepemeliharaan teknologi tersebut.

Namun menurut si.jonii sih, PNS tidak akan musnah begitu saja. Walaupun melihat data PNS yang setiap tahun semakin menurun seperti data yang dilansir oleh CNBC Indonesia bahwa jumlah PNS tahun 2015 sebanyak 
4.593.604 dan menurun ditahun 2021 sebanyak 4.081.824. Nah dengan melihat data tersebut saja kita bisa sedikit menyimpulkan bahwa dalam kurun waktu 6 tahun jumlah PNS hanya menurun kurang dari 500 ribu PNS, jadi untuk menghilangkan begitu saja butuh waktu yang cukup lama.

Quote:

Nah, kesimpulannya untuk saat ini PNS tetap ada walaupun sudah sangat dirampingkan, seperti kata Kepala Biro Hukum, Humas dan Kerjasama BKN, Bapak Satya Pratama mengatakan : "profesi PNS tidak akan hilang sepenuhnya. Namun, memang ada pengurangan jumlahnya sehingga nanti nya perekrutan tidak akan dilakukan untuk banyak formasi."
"Tidak dihilangkan, tetap ada PNS. Namun jumlahnya tidak gemuk atau besar," Menurut beliau, penghapusan atau penghilangan PNS tidak begitu saja dapat dilakukan namun harus melalui proses yang cukup panjang dan pengkajian lebih lanjut. Semoga dapat bermanfaat dan sampai jumpa..

Referensi : Dari SINI
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jakompank dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Si.jonii
Halaman 1 dari 2
jadi slogannya 'ayo cepetan sekarang jadi PNS' atau 'urungkan niatmu jadi PNS dari sekarang'emoticon-Ngakak
Trit yg mantap, Dek Jonii...
emoticon-2 Jempol
Good Bye Gaji Tetap! Benarkah PNS Akan KIAMAT?
Siap omemoticon-2 Jempol
Indonesia mau melayani pasien puskesmas pake robot? masih jauh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldean1605 dan 3 lainnya memberi reputasi
bukan cuma pns, pegawai swasta yg kerjanya bisa diganti aplikasi, kyknya harus siap2.
Wktu om ke resto cepat saji, tempat ordernya diganti sama layar sentuh udah berjejer kyk mesin atm, tapi kasirnya cuma 1 untuk ambil orderan. Sebelumnya yg terima order petugas kasirnya ada banyak. belum teller bank yg udah diganti setor tunai. Belum kasir tol..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jakompank dan 2 lainnya memberi reputasi
Pegawai swasta senang mendengar berita ini
emoticon-Ngakak
profile-picture
Si.jonii memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
ya kalau bisa buka lapangan kerja kenapa gak. masalahnya kan sekarang lapangan kerja yang ga ada kalau di daerah emoticon-Leh Uga
profile-picture
Gailham memberi reputasi
Gak cuma PNS, pegawai swasta juga lambat laun akan berkurang karena tergantikan oleh kemajuan tehnologi.
Makanya jadi pengusaha aja, minimal jadi pedagang, biarpun kecil2an tetep aja jadi boss.
profile-picture
gomamon. memberi reputasi
ini sih mo negeri mo swasta ttp musti waspada dengan skynet
profile-picture
profile-picture
bradertangerang dan Gailham memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
sekarangpun udah mulai perampingan struktur PNS
emoticon-Wow
PNS musnah...??? mungkin butuh waktu yang lama deh om Joni... karena sekarang aja masih sangat diperlukan meskipun kerjanya sante²an...
jadi pns itu enak, nyantaiemoticon-Leh Uga
bebas pula, dulu ketangkep john pantau yg cabut lagi pada enak2an diluar
profile-picture
jakompank memberi reputasi
Dikurangi gan, kalau kebanyakan boros soalnya, tingkatkan kualitas bukan kuantitas.



Rider Kick! emoticon-Cool
profile-picture
ashrose memberi reputasi
Wah padahal pengen bgt jadi PNS
PNS jadi barang rongsokan
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Koq PNS hilang? Bukannya bakal g ada pensiunan???
Jadi uang pensiun dibayar dimuka semua, jadi g ada beban bayar pensiunan tiap tahun
Rasakan Sensasinya

tenang, selama masih ributin agama,,

gak bakal maju2 lah negara ini pokoknya,,

hidup pns! emoticon-Ultah
profile-picture
xandernathaniel memberi reputasi
sehebat2nya Teknologi masih bth bantuan manusia.Karena secara logika yang menciptakan Teknologi adalah manusia itu sendiri gan
Post ini telah dihapus
Halaman 1 dari 2


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di