CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Fakta yang Kamu Harus Segera Tahu Tentang Tidur Sambil 'Ngiler'
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/619ed474bf80ff5d2d30c240/fakta-yang-kamu-harus-segera-tahu-tentang-tidur-sambil-ngiler

Fakta yang Kamu Harus Segera Tahu Tentang Tidur Sambil 'Ngiler'

Fakta yang Kamu Harus Segera Tahu Tentang Tidur Sambil 'Ngiler'

[ HT# 859 ]

Pernah lihat teman, saudara atau justeru kita sendiri mengalami ketika bangun tidur tiba-tiba ada cairan 'segaris' keluar dari mulut? Kalau diketahui orang lain rasanya bikin malu dan berkesan jorok ya. Tapi mau gimana lagi karena air liur keluar diluar kendali saat kita tidur, kan?

Menurut sumber yang saya baca, tidur lalu mengeluarkan air liur ternyata bisa dialami oleh siapapun. Meski bukanlah sebuah penyakit berat tapi ternyata lebih kepada 'tanda' beban psikologis tengah dialami oleh kita, seperti mungkin sedang stress.

Kalau dulu sewaktu kecil saya mengira orang tidur sambil keluar air liur karena kebanyakan minum ternyata bukan itu penyebabnya, hehe. Ya, saya akui kesimpulan liar itu tidak berdasarkan riset dan data, namanya juga anak-anak. Proses keluarnya air liur saat kita tidur di dunia medis disebut dengan Sialorrhea dan Hypersalivation.

Nah, sekarang saatnya saya meluruskan fakta dan sebabnya dibalik kenapa air liur aka ngiler bisa keluar saat orang tidur. Fakta pertama, adalah air liur (Saliva) ternyata selama kita hidup terus berproduksi dan tersedia bahkan disaat kita sedang tertidur pulas.

Fakta kedua, gerbang utama kenapa air liur keluar karena saat tidur mulut tidak rapat, cenderung terbuka, ini menyebabkan air liur mudah keluar. Alasan mulut terbuka karena tubuh saat itu sedang membutuhkan oksigen lebih banyak dari biasanya.

Fakta yang Kamu Harus Segera Tahu Tentang Tidur Sambil 'Ngiler'

Sebab manusia butuh oksigen lebih banyak (bermafas dari mulut) bisa disebabkan tanpa sadar posisi tidur kita saat itu sedang kurang nyaman, kelelahan akibat stress kerja atau depresi (Night Terror), kegemukan, posisi tidur yang miring atau tengkurap, jam istirahat yang tidak teratur menjadi sebab musabab kenapa kita tidur jadi mengeluarkan air liur alias 'ngiler' tadi.

Fakta ketiga, adalah karena mungkin tanpa sadar kita memiliki penyakit gangguan sulit tidur (Sleep Apnea) yang menyebabkan napas terhenti sejenak ini disebabkan karena adanya penyumbatan pada saluran napas. Saat ini terjadi maka tanpa sadar kita membuka mulut untuk tetap bisa bernafas, efek lain kadang dibarengi dengan mendengkur (ngorok).

Fakta yang Kamu Harus Segera Tahu Tentang Tidur Sambil 'Ngiler'

Fakta keempat, dikarenakan efek samping dari obat-obatan yang kita konsumsi, biasanya obat yang berhubungan dengan anti depresi, obat yang berhubungan dengan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir, serta perubahan perilaku dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan suatu penyakit yang berhubungan dengan melemahnya otot-otot manusia.

Sedang fakta terakhir adalah karena kita sedang mengalami alergi atau infeksi tertentu. Air liur yang keluar dari mulut pertanda reaksi tubuh sedang mengeluarkan racun, jika sedang infeksi seperti mengalami gangguan pernafasan (Flu atau Sinusitis) dan radang tenggorokan bisa menyebabkan kenapa kita 'ngiler' saat tidur.


Fakta yang Kamu Harus Segera Tahu Tentang Tidur Sambil 'Ngiler'

Sebuah opini
Ref. https://hellosehat.com/pola-tidur/ti...-ngiler/?amp=1
Img. Gugel

Fakta yang Kamu Harus Segera Tahu Tentang Tidur Sambil 'Ngiler'
Fakta yang Kamu Harus Segera Tahu Tentang Tidur Sambil 'Ngiler'
Copyright © 2016 - 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
profile-picture
profile-picture
profile-picture
HeAVen_DoG dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh iskrim
Halaman 1 dari 2
Fakta yang Kamu Harus Segera Tahu Tentang Tidur Sambil 'Ngiler'

Akhirnya Ane jd tauk kebiasaan GanKrim kalok lagi tidur...
emoticon-Malu
Fakta yang Kamu Harus Segera Tahu Tentang Tidur Sambil 'Ngiler'
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Barusan ditegor pas telfonan ane ngiler, emg ngiler ada suaranya ya emoticon-Bingung
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
dilap bre. netes
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
yap kalo sedang stres atau pilek biasanya otomatis mulut terbuka dan akhirnya keluar iler
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kalao yg ane lihat sih kebanyakan orang normal lebih karena 2 faktor ini:

- susunan gini condong mendorong keluar, bikin susah tutup mulut rapi.
- posisi tidur gak terlentang, bikin bibir lebih gampang terbuka dan lemas.
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan iskrim memberi reputasi
ane mah suka ngiler klo lagi ngobrol malahan, terutama klo sambil liat belahan emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan iskrim memberi reputasi
untung ane ga ngileremoticon-Cool
bantal kering niemoticon-Big Grin
Bikin basah gan


Bantalnya




Rider Kick! emoticon-Cool
Bawah ane kalau ngiler di perut
ini unik lagi gannn emoticon-Big Grin

https://bit.ly/3xnaI96
sekarang udah jarang ngiler ane tapi sering berasa kaya ngiler waktu dicek bantalnya kering. ane gak senengnya jadi kebangung sendiri kalo udah ngiler semacam reflek
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
dan ternyata ngiler itu bauknya minta ampyun.....emoticon-Wow
Nice infoo gann
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Post ini telah dihapus
Post ini telah dihapus
Post ini telah dihapus
Ohh ini toh alesannya orang2 ada yg bikin Pulau emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
iskrim dan rubah007 memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Ngiler, oh ngiler di pagi hari..emoticon-Leh Uga
profile-picture
iskrim memberi reputasi
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Halaman 1 dari 2


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di