KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
Khas Indonesia! Ini Makanan dan Minuman yang Cocok Dinikmati di Musim Hujan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/619e0ca2dcf1227d9558363e/khas-indonesia-ini-makanan-dan-minuman-yang-cocok-dinikmati-di-musim-hujan

Khas Indonesia! Ini Makanan dan Minuman yang Cocok Dinikmati di Musim Hujan

Hujan-hujan gini, memang paling mantap makan atau minum yang anget-anget nih. Nah, mumpung masih musim hujan, ane mau rekomendasiin makanan yang cocok tapi juga bernutrisi untuk agan n sista nih.

Beberapa sajian yang bisa kamu coba adalah:

1. Bajigur
Bajigur adalah minuman hangat yang terdiri dari santan, gula aren, jahe, kayu manis, dan daun pandan. Minuman hangat khas Jawa Barat ini mulai populer di tahun 1990-an setelah sebelumnya hanya dikenal di kalangan petani. Awalnya bajigur yang dikonsumsi petani hanya berupa air rebusan gula aren. Untuk menambah rasa, kemudian ditambahkan beberapa bahan seperti santan dan jahe. Saat ini bajigur sudah cukup mudah didapatkan di rumah makan atau di pusat perbelanjaan dengan bentuk minuman sachet untuk mempermudah konsumsinya. 
Selain nikmat, bajigur juga memiliki manfaat buat kesehatan. Menurut Halodoc, kandungan jahe yang ada pada bajigur bermanfaat untuk mencegah risiko kanker berkat sifat antioksidannya dan bisa memperkuat sistem imun karena mengandung vitamin C.

2. Wedang ronde

Minuman hangat khas Jawa Tengah dan Yogyakarta ini sebetulnya berasal dari Tiongkok yang bernama “tangyuan”. Awalnya tangyuan hanya berupa makanan dari tepung beras yang dibentuk bulat dan dihidangkan dengan air yang diberi gula. Makanan ini dipopulerkan oleh komunitas orang-orang Tiongkok yang bermukim di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Namun, karena menyesuaikan dengan selera warga lokal, akhirnya tangyuan diberi tambahan jahe untuk memperkaya rasa.
Nama “ronde” sendiri berasal dari orang-orang Belanda yang waktu itu menyebut makanan ini sebagai “rondje” yang artinya bulat dalam bahasa Belanda. Pengaruh bahasa inilah yang kemudian membuat tangyuan lebih dikenal dengan wedang (minuman hangat) ronde sampai sekarang. Wedang ronde saat ini sudah mengalami cukup banyak perubahan karena sudah ditambahkan beberapa bahan, seperti kacang tanah dan kadang juga ditambahkan kolang-kaling serta potongan roti tawar.
Kandungan jahe yang ada pada wedang ronde juga membuat minuman ini terasa menyegarkan untuk diminum di musim hujan dan tentunya kamu juga bisa menikmati manfaat kesehatan dari jahenya. Kalau kamu menikmati wedang ronde yang ditambahkan kolang-kaling, berarti kamu juga bisa menjaga kesehatan tulang karena kolang-kaling juga mengandung kalsium yang bisa menjaga tulang dari risiko osteoporosis (kondisi berkurangnya kepadatan tulang).

.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
Masih banyak makanan dan minuman yang ane saranin nih, langsung klik link disini aja.
Jangan lupa follow IG kami di @_goodlifeid_ untuk update info menarik lainnya.
2. Wedang ronde


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di