CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Bukan Stiker RFID, Inilah Stiker Baru yang Bikin Lebih Sakti Kendaraanmu, Ayo Pasang!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/619db5643374986aa35071a3/bukan-stiker-rfid-inilah-stiker-baru-yang-bikin-lebih-sakti-kendaraanmu-ayo-pasang

Bukan Stiker RFID, Inilah Stiker Baru yang Bikin Lebih Sakti Kendaraanmu, Ayo Pasang!

Bukan Stiker RFID, Inilah Stiker Baru yang Bikin Lebih Sakti Kendaraanmu, Ayo Pasang!

[ HT# 861 ]

Salah satu strategi pemerintah memungut pajak dari kendaraan barang mewah kini sedang dibuatkan formulasi baru. Oleh Korlantas Polri bersama dan Jasa Raharja dan Ditjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri berharap para pemilik kendaraan memiliki kesadaran tinggi untuk membayar pajak kendaraannya. "Pajak dari kita-untuk kita".

Kalau dulu pemilik kendaraan mewah masih bisa kucing-kucingan, sampai harus didatengi satu-satu kerumah oleh petugas pajak kini cara kerja mereka lebih praktis, cukup dengan melihat tanda stiker di kaca depan kendaraan.

Bukan Stiker RFID, Inilah Stiker Baru yang Bikin Lebih Sakti Kendaraanmu, Ayo Pasang!

Ya, intinya sih petugas pajak sekarang kerja juga maunya praktis karena sudah didukung oleh teknologi yang lebih memadai yang mereka sebut dengan inovasi digitalisasi pajak kendaraan (Road Tax). Dan tentu saja kita sebagai pemilik kendaraan motor termasuk mobil harus tetap menjalankan kewajibannya; membayar pajak sesuai dengan jenis dan tahun kendaraan dengan pelaksanaan yang sedikit berbeda.

Formulasi yang berbentuk stiker berhologram ini nantinya akan dengan mudah dipantau dari kejauhan oleh petugas atau melalui kamera yang membaca sinyal RFID (Radio Frequency Identification) dari stiker yang dilengkapi 18 QR code ini. Ketika kendaraan terdeteksi menungggak pajak kendaraan tidak lagi bisa mengelak karena di stiker ini memiliki informasi pemilik, jenis kendaraan, dan masa berlaku pajak kendaraan.

Bukan Stiker RFID, Inilah Stiker Baru yang Bikin Lebih Sakti Kendaraanmu, Ayo Pasang!

Stiker yang berhologram ini secara fisik memiliki ukuran sedang, sekitar seukuran kartu ATM dan ditempel pada kaca depan sebelah kiri atas/bawah ataupun sebelah kanan atas, memiliki logo Polri dan Jasa Raharja, No Polisi, jenis kendaraan, masa berlaku, barcode, dan warna siker ini akan berubah setiap tahunnya (yang menandakan status bayar pajak kendaraan).

Bukan Stiker RFID, Inilah Stiker Baru yang Bikin Lebih Sakti Kendaraanmu, Ayo Pasang!
Stiker RFID, nantinya akan berbeda dengan bentuk Stiker baru berhologram (dok.pri)

Ternyata bukan itu saja, pelanggaran lalulintas dijalan rupanya akan dengan mudah dipantau dan terlacak setelah penempelan stiker berhologram ini dikendaraan masing-masing. Kedepan peran petugas dijalan akan sedikit berkurang karena kamera pengintai yang letaknya di titik tertentu akan dengan mudah membaca (secara digital lewat sinyal stiker) profil kendaraan dan pengendara yang melanggar tersebut.


Nah, harapan positifnya sih selain kita jadi taat membayar pajak (tapi juga harus kita rasakan langsung manfaat pajak itu di lapangan) akan meminimalisir pelanggaran lalulintas. Semoga saja berjalan lancar dan kita ikut merasakan manfaatnya secara langsung dikeseharian kita. Aamiin ya rabbal alamin.



Bukan Stiker RFID, Inilah Stiker Baru yang Bikin Lebih Sakti Kendaraanmu, Ayo Pasang!

Sebuah opini, ref: tkp
Img. Gugel


Bukan Stiker RFID, Inilah Stiker Baru yang Bikin Lebih Sakti Kendaraanmu, Ayo Pasang!
Bukan Stiker RFID, Inilah Stiker Baru yang Bikin Lebih Sakti Kendaraanmu, Ayo Pasang!
Copyright © 2016 - 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mollyeva dan 25 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh iskrim
Halaman 1 dari 3
gasskeun, laaah emoticon-Leh Uga
profile-picture
k3nm4st3r memberi reputasi
Nah lho... Di mobil GanKrim bukannya ada stiker BTS ukuran gede yak???
emoticon-Bingung
Bukan Stiker RFID, Inilah Stiker Baru yang Bikin Lebih Sakti Kendaraanmu, Ayo Pasang!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rmeliana dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh adolfsbasthian
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
emoticon-Wow mulai kapan nih ? emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
k3nm4st3r dan bang.toyip memberi reputasi
"Formulasi yang berbentuk stiker berhologram ini nantinya akan dengan mudah dipantau dari kejauhan oleh petugas atau melalui kamera yang membaca sinyal RFID (Radio Frequency Identification) dari stiker yang dilengkapi 18 QR code ini. Ketika kendaraan terdeteksi menungggak pajak kendaraan tidak lagi bisa mengelak karena di stiker ini memiliki informasi pemilik, jenis kendaraan, dan masa berlaku pajak kendaraan."

Kalau stiker RFID sih nggak bisa dipantau lewat kamera, harus ditapping maksimal 30 cm. Kecuali kalau stikernya nyambung ke baterai, mungkin jarak scannya bisa jauh hingga meteran, kayak tag anti maling di toko baju.

Kalau QR code baru bisa discan kamera, karena sebenarnya itu cuma gambar. Tapi ngapain QR codenya sampai 18, satu aja cukup.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
matcha.tea.1402 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Posisi nempel stickernya dmn?
Body mobil udah mulus kinclong pake ditempelin sticker jd gmn gitu rasanya... Motor berlaku jg kah?

emoticon-Bingung (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
k3nm4st3r dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
.... siap2 maksi dan cari parkiran emoticon-Ngacir2
profile-picture
profile-picture
k3nm4st3r dan bang.toyip memberi reputasi
Saktimandraguna emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
k3nm4st3r dan bang.toyip memberi reputasi
Kalo kendaraannya dibawa keluar negeri gimana?
Bisa gitu dirjen pajak blusukan? Nagih dari Jakarta ke Madrid?
Kume lige!
profile-picture
profile-picture
melover48 dan k3nm4st3r memberi reputasi
Masyarakat membayar pajak 3 kali
Pajak PBB termasuk pajak parkir masuk ke kas pemda kota /kab
Pajak kendaraan ke kas provinsi
Pajak PPN PPH ke kas pusat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cruzrebirth dan 4 lainnya memberi reputasi
halahhh yang lebih canggih dan sakti itu duit, mau secanggih apapun teknologi, tergantung dari manusianya juga yang menjalankan.
Polisi juga kan manusia, butuh makan dan butuh duit...

emoticon-Wakaka
profile-picture
k3nm4st3r memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kalo stiker gambar apple terbilang maut juga ga ? emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
k3nm4st3r memberi reputasi
Beredar di kota besar dulu, kota kecil belakangan.
profile-picture
k3nm4st3r memberi reputasi
Taruh diplat nomor gitu biar bagus.
profile-picture
k3nm4st3r memberi reputasi
Coba bayar pajak tahunan dan 5 tahunan dipermudah itu lebih bagus.. setidaknya bisa urus dan perpanjang dimana saja tanpa harus ke daerah asal kendaraan..

emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Doraemon jawa dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
tambah canggih indonesia dibanding negara manapun. sudah bisa bikin hologram yang bisa mampu mengeluarkan sinyal Radio Frequency
setau saya hologram ya hologram (visual)
saya tahunya code RFID ya radio dengan ranging tertentu
bagus dah bangga berindonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Kl udah napsu ngumpulin pajak. Gw dan semua warga jakarta menuntut jalanan yang lebih mulus. Gak mau ada lobang dijalan sedikitpun.

Gw gak mau pajak dari kita untuk "dia". Kubur di jalan buat koruptor. Biar tiap hari dilindesin sama kendaraan warga.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Simsmudvine dan 7 lainnya memberi reputasi
Proyek baruemoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
k3nm4st3r dan bang.toyip memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Enakan cari tebengan sebisa mungkin.. paling juga modal sebat duabat..
emoticon-Malu (S) emoticon-Hammer (S)
profile-picture
k3nm4st3r memberi reputasi
Idenya bagus, semoga ga jadi proyek bancakan lagi kayak e-KTP. Rencananya bisa di scan bisa dll nyatanya tetep aja buat birokrasi tetep ribet
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cruzrebirth dan 2 lainnya memberi reputasi
menyelesaikan masalah dengan masalah. ga pernah belajar ya instansi-instansi ini.

kita itu mau kok bayar pajak. yang penting dipermudah. ga usah susah. kalau bayar pajak bisa semudah checkout di tokped/shopee, dengan sendirinya orang-orang akan bayar kok. lah ini, mau bayar pajak aja masih harus cuti setengah hari. belum kalau ngurusin hal-hal lain kayak balik nama atau perpanjang plat kaleng, itu udah pasti seharian ngurusnya. klo mutasi kendaraan, bakal bolak balik samsat malah.

masalahnya apa, eh yang diselesaikannya apa. gagal paham saya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cruzrebirth dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Halaman 1 dari 3


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di