CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sangat Tragis! Nasib Daun Pembungkus Makanan di Zaman Sekarang
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/619c424149bf5a270937e7f9/sangat-tragis-nasib-daun-pembungkus-makanan-di-zaman-sekarang

Sangat Tragis! Nasib Daun Pembungkus Makanan di Zaman Sekarang

Sangat Tragis! Nasib Daun Pembungkus Makanan di Zaman Sekarang
Foto: Daun Pisang/Google


Zaman sekarang, sudah banyak pembungkus makanan dengan bahan yang tak alami. Oleh karena itu, mungkin saja pembungkus tak alami itu malah menjadi sumber penyakit. Nah, hal semacam itu pun harus bisa dipahami. Sebab, bisa juga termasuk hal yang amat penting untuk kehidupan.

Kemudian, pembungkus tak alami itu malah menjadi salah satu pilihan yang simpel di zaman sekarang. Ya, bisa terbuat dari plastik, styrofoam atau bahan lainnya, semua itu pun harus bisa hati-hati kalau mau/sedang menggunakannya.

Memang, tak bisa dielakkan lagi bahwa zaman pun semakin berkembang lalu maju. Oleh karena itu, pembungkus makanan pun banyak macamnya. Namun, harus bisa diingat bahwa suatu hal yang tadinya dianggap sepele itu bisa menciptakan sumber penyakit. Nah, hal semacam itu pun harus bisa dianggap serius dan dipahami agar hidup senantiasa sehat.

Quote:


Sangat Tragis! Nasib Daun Pembungkus Makanan di Zaman Sekarang
Foto: Styrofoam dan Plastik/Google


Jika, melihat dari pasar bahwa pembungkus plastik atau styrofoam masih menjadi salah satu primadona di zaman sekarang. Ya, bisa dilihat bahwa hampir semua makanan di zaman ini dibungkus menggunakan plastik atau styrofoam. Memang, semua itu sangat simpel. Namun, semua itu kalau dipilih terus-menerus akan bisa mengakibatkan polusi udara ataupun lainnya.

Nah, hal semacam itu pun harus bisa dipikirkan! Namun, pertanyaan yang sangat menarik pun muncul seperti ini, apakah harus kembali lagi ke zaman daun? Memang, hal semacam itu pun akan terasa sulit di zaman sekarang. Kenapa bisa sulit? Sebab, pamor daun sebagai pembungkus makanan pun sudah bisa dikatakan tenggelam atau langka untuk ditemui di zaman ini.

Daun pun di era sekarang seperti sudah ketinggalan zaman. Oleh karena itu, daun pun bisa dikatakan hanya dipakai untuk pembungkus makanan tradisional saja. Namun, hal semacam itu pun bisa menambah cita rasa. Kemudian, bisa menciptakan perbedaan dengan pembungkus yang menggunakan plastik ataupun styrofoam, contoh kecilnya saja adalah tempe yang memakai pembungkus daun pisang akan lebih enak jika dibandingkan dengan tempe yang dibungkus plastik. Nah, hal semacam itu pun bisa menjadi suatu perbedaan yang amat jelas.

Sangat Tragis! Nasib Daun Pembungkus Makanan di Zaman Sekarang
Foto: Styrofoam dan Plastik/Google


Oleh karena itu, daun yang dulu sebagai pengganti kertas atau kertas alami untuk pembungkus makanan pun sudah kalah di zaman ini. Namun, harus bisa disadari juga bahwa masih ada sebagian orang yang masih menjaga ciri khas makanan atau dagangannya. Ya, itu dengan menggunakan pembungkus daun atau alas atau alat makannya dari daun. Nah, hal semacam itu pun bisa menjadi suatu kebiasaan untuk menjaga cita rasa makanan dari awal berdirinya sampai sekarang.

Quote:


Memang, kalau membicarakan daun sebagai pendukung sebuah makanan pun tak akan habisnya. Oleh karena itu, tulisan ini hanya gambaran nasib daun pembungkus saja di zaman ini. Kenapa bisa seperti itu? Ya, karena perkembangan zaman tak bisa dihentikan lagi jadi orang-orang lebih memilih yang simpel, salah satunya plastik. Nah, hal tersebut pun harus dijadikan suatu kewaspadaan agar bisa memilah mana yang baik dan buruk untuk digunakan membungkus makanan.[]


Cangkir Kopi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cheria021 dan 27 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Yang paling keliru tuh kalo bikin lontong pake plastik. Udah anyep, ga ada wangi2 nya, lembek pula. Beda jauh dg lontong daun pisang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 17 balasan
lebih bagus bawa piring sendiri emoticon-Leh Uga
profile-picture
pein666 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
pernah dapet snack box dari katering, isinya ada lemper, pastel, dkk

abis ngebuka bungkusan daun pisang ehh didalem si ketan nya dibungkus plastik juga

emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusrezapratam4 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
susah gan cari daun pisang, apalagi diperkotaan, ditambah lagi tidak tahan lama, 3 hari disimpan udah kering.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
sekarang susah cari daun pisang.
di daerah ane buat bungkusnya kebanyakan pake kertas minyak atao lainnya, sedang daun pisangnya dipake buat bungkus makanan macem lemper, lontong, ato makanan yg dimasak pake daun pisang sekalian

kalo ada pedagang, daun pisangnya buat bungkus aja (tidak penambah aroma), dia bakalan gak dikasih daun pisang lagi katanya.
profile-picture
kevrontong memberi reputasi
Diubah oleh songosongo
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ngomong pembungkus makanan dari daun jadi inget lengko, makanan kesukaan ane di kampung dulu. Kalo gak salah inget, dulu seribu dapet banyak tuh sebungkus. emoticon-Matabelo
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
padahal lebih bagus pake daun loh buat bungkus makanan
tapi sekarang pada pake plastic
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Dulu paling seneng kalo goreng tempe yang dibungkusnya pake daun pisang.
Sekarang jarang banget yg jual tempe dibungkus daun pisang, kebanyakan dibungkus plastik emoticon-Mewek
profile-picture
songosongo memberi reputasi
Di t4 Ane enih masih banyak yg jualan nasi kuning yg dibungkus pakek daon pisang...
emoticon-Angel
Sangat Tragis! Nasib Daun Pembungkus Makanan di Zaman Sekarang
Post ini telah dihapus
Kebayang nasi bakar, otak-otak, pepes pake bungkus plastik emoticon-Leh Uga
diacara kondangan juga sekarang jarang ada kue yg bungkus daun pisang
Plastic sangat berguna dan simple untuk membungkus makanan dan barang lainya, Murahdan awet.

























Air di slokan, Kanal pada mampet yang menyebabkan banjir semakin parah
Sampah-sampah berserakan dimana-mana meyebabkan pencemaran lingkungan dan bau tak sedap
Semua itu gara-gara Plastic
Kalo di kampung ane yang jual Tempe bungkusnya pake daun jati
daun bungkus papua masih lestari hingga kini
Sangat Tragis! Nasib Daun Pembungkus Makanan di Zaman Sekarang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kucingmenangis. dan 2 lainnya memberi reputasi
daun pisang sekarang mahal gan
Daun pisang, daun jamblang, paling top kalo buat bungkus nasi.
klo dibandingin sama kertas /foam /plastik ..,y jelas daun ,lebih ramah lingkungan + menambah aroma authentic ke makanan ...
asal ada lahan ,tanam pisang jg mudah dan pasti tumbuh di iklim tropis ...

klo bhas praktis ..,memang kertas /foam /plastik yg lebih dipilih dan ga basi /rusak sperti daun ...
cm ,akhir ni [pandemi] cukup mresahkan jg ,drumah gegara sering pesen makan onlen sampah kemasan foam jd banyak jg ...

Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Halaman 1 dari 4


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di