CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Story / ... / Stories from the Heart /
Mbah Darlan Menangis Mengingat Bung Karno Dan Jendral Ahmad Yani
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/619bb2399a080a2ed1235502/mbah-darlan-menangis-mengingat-bung-karno-dan-jendral-ahmad-yani

Mbah Darlan Menangis Mengenang Bung Karno Dan Jendral Ahmad Yani

Namanya Mbah Darlan usianya saat ane temui sekitar 90 tahun lebih, Beliau adalah veteran ALRI yang pernah dinas di Cirebon

Mbah Darlan Menangis Mengingat Bung Karno Dan Jendral Ahmad Yani

Beberapa bulan yang lalu ane memang sedang mencari para sesepuh dan orang orang yang tua yang masih bisa diajak berkomunikasi untuk bercerita sejarah, dalam hal ini setelah 2 tahun mencari akhirnya ane menemukan Mbah Darlan untuk digali cerita sejarah apapun itu

Bulan februari tahun 2021 ane mengunjungi Mbah Darlan di kediamannya di daerah Banjaranyar - Balapulang - Jawa tengah

Pagi itu jam setengah 8 pagi ane sudah sampai di kediaman Mbah Darlan, disambut oleh salah satu cucunya, ane memberi hormat dan cium tangan Veteran ini

Mbah Darlan Menangis Mengingat Bung Karno Dan Jendral Ahmad Yani

Secangkir teh hangat dan roti disuguhkan untuk menemani wawancara ane bersama Mbah Darlan, dibantu cucu nya Mbah Darlan menjawab pertanyaan ane seputar sejarah yang pernah dilalui mbah darlan

PERCAKAPAN DENGAN MBAH DARLAN


πŸ‘¦Ane : Dimanakah Mbah Darlan terakhir bertugas?

πŸ‘΄Mbah Darlan : Saya terakhir bertugas di Cirebon, atasan saya namanya Pak Yunus, Tapi Pak Yunus sudah meninggal, tapi lupa tahun berapa, Yang saya ingat , ketika Pak Yunus meninggal saya disuruh ke kediamannya, sampai disana saya memberi penghormatan terakhir kepada beliau

πŸ‘¦ : Peristiwa penting apa yang Mbah Darlan alami selama menjadi Angkatan Laut??


πŸ‘΄ : Banyak tapi saya paling ingat pas Agresi Militer, kaki saya nginjak granat, tapi saya masih bisa jalan bahkan berlari , waktu itu saya dalam perjalanan ke Banjaranyar - Balapulang, bersama teman teman sesama Angkatan Laut saya naik kereta, satu kereta itu isinya tentara

πŸ‘¦ : Bisa diceritakan mbah?


πŸ‘΄ : Waktu itu Di balapulang saya turun bersama ke 10 teman teman saya yang berasal dari Kampung yang sama, tapi tiba tiba diperjalanan menuju rumah, tepatnya di alas jati Balapulang, sudah dijaga tentara belanda

Kami tetap maju bersama sama, dengan perasaan kalo terjadi apa apa dengan kita, kita akan melawan, setelah sampai pos pemeriksaan, ternyata belanda itu malah bilang... "Hey apa kamu dari Republik? Ini daerah berbahaya, kalian harus segera pergi dari daerah ini.. ayo lekas pergi menjauh dari tempat ini, daerah ini akan di bom dari atas... ayo lekas lekas!!


πŸ‘¦ : Berarti tentara belanda itu malah membantu Mbah darlan dan teman teman?

πŸ‘΄ : Betul, saya masih ingat wajahnya, wajahnya berminyak kemerahan, badannya tinggi, senjatanya laras panjang, dia dan dua temannya membantu kami agar menjauh dari wilayah ini, benar kata tentara belanda itu, tidak lama kami lari pesawat terbang diatas kami bersepuluh melepaskan bom dan senjatanya dari atas, kami berlarian ntah kemana, yang penting kami tidak terkena brondongan peluru, saya sempat melihat salah satu teman saya tewas tertembak, sisanya gak tau, yang saya tau hanya kami bertiga yang selamat dari 10 orang


Spoiler for Cucu Mbah Darlan Sedang Menyampaikan Pertanyaan:


πŸ‘¦ : Tokoh tokoh besar siapa yang pernah Mbah Darlan temui pada saat itu?

πŸ‘΄ : Banyak, tapi saya paling ingat pada saat bertemu dengan Bung Karno dan Pak Ahmad Yani

πŸ‘¦ : Apa mbah Darlan bisa menceritakannya, Bung Karno seperti apa orangnya? Pak Yani seperti apa


Saat ane bertanya tentang Bung Karno dan Pak Yani kepada Mbah Darlan, mbah darlan tiba tiba mengeluarkan Sapu tangan dari kantongnya
Mbah Darlan Menangis Mengingat Bung Karno Dan Jendral Ahmad Yani

Rupanya Mbah Darlan menangis, sambil terisak isak beliau bercerita :
"Bung Karno dan Pak Yani orangnya badannya sama sama Tinggi Besar, gagah dan ganteng, saya dulu pernah ditanya oleh Bung Karno tentang nama dan asal saya darimana, suara Bung Karno besar, lantang dan tegas

Sedangkan Pak Yani saya tidak pernah dekat dengan beliau, tapi saya cukup sering melihat beliau, Waktu Pak Yani di Tegal pada saat penumpasan DI/TII beliau masih muda, orangnya gagah banget

Setelah DI/TII berhasil ditumpas, kalo tidak salah beliau kembali ke Jakarta, sayang sekali orang baik seperti Bung Karno dan Pak Yani meninggal dalam keadaan tidak menyenangkan... mereka orang baik... saya suka sedih kalo mengingat mereka


Bincang bincang kami tidaklah semulus seperti apa yang sedang ane tulis ini, Mbah darlan sudah tua, kata pihak keluarga beliau sudah agak pikun, namun kalo ditanya seputar pekerjaan, atau apapun yang berhubungan dengan Indonesia, ingatan beliau masih sangat tajam

Sudah 4 jam kami bersama Mbah Darlan, di sela sela itu beliau terkadang mengguma menyanyikan Lagu Bahasa Jepang (meskipun tak mengerti bahasanya) tapi jelas saya tau Mbah Darlan saat itu sedang menyanyikan lagu Kebangsaan Negara Jepang, yaitu KIMIGAYO

mabh Darlan juga masih hapal betul lagu SORAK SORAI BENDERA ku, INDONESIA RAYA dan SEPASANG MATA BOLA

Ah kenangan Mbah Darlan begitu masih segar jika kita bertanya tentang pekerjaannya, ane merasa ane sudah cukup mendokumentasikan cerita sejarah ini, niatnya mau ane share di Youtube ane, biar masyarakat tau, sebelum pamit ane poto bareng Mbah Darlan
Mbah Darlan Menangis Mengingat Bung Karno Dan Jendral Ahmad Yani
Mbah Darlan Menangis Mengingat Bung Karno Dan Jendral Ahmad Yani
Mbah Darlan Menangis Mengingat Bung Karno Dan Jendral Ahmad Yani
Mbah Darlan Menangis Mengingat Bung Karno Dan Jendral Ahmad Yani

Beberapa komentar mulai bermunculan di kolom komentar youtube ane, semuanya positif bahkan ada yang menyarankan ane untuk cari Narasumber lain

Beberapa bulan gak main kerumah Mbah Darlan, tiba tiba cucu Mbah Darlan memberi kabar kepada ane via whataapps, kabar itu kabar duka

Pagi tadi Mbah Darlan tutup usia,ane syok mendengar kabar itu, ane coba kasih saran kepada cucunya mbah darlan untuk hubungi TNI AL TEGAL, katanya sudah dilaporkan dan akan segera ke rumah duka

Pagi itu ane bergegas ingin ke rumah duka, namun langit tak mendukung, hujan lebat gak brenti berjam jam, tapi ane suruh temen yang rumahnya deket dengan rumah duka untuk hadir di pemakaman mewakili ane

Prosesi pemakaman telah selesai, Mbah Darlan sudah tenang di alam sana, terkubur dalam kenangan akan cerita cerita hebat tentang sejarah bangsa dan negara kita INDONESIA

Baru ane tau, selama beberapa bulan ane gak main ke rumah mbah darlan, ternyata Pihak dari TNI AL TEGAL pernah berkunjung ke menemui Mbah Darlan pada bulan Juni 2021

Selamat Jalan Mbah Darlan, Selamat Jalan Jendral... terima kasih pernah hidup dalam kehidupan saya

Mbah Darlan Menangis Mengingat Bung Karno Dan Jendral Ahmad Yani


***payungpink***

profile-picture
profile-picture
profile-picture
nilwatikta1965 dan 66 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh payungpink
Halaman 1 dari 3
Aku tidak bisa berkata-kata, Al Fatihah untuk Mbah Darlan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ohayoominasan dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jadi inget kakek gw, klo liat umurnya mgkn seperjuangan juga, cuma bedanya klo kakek gw RPKAD, kopasus klo skrg.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
putune.simbah30 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
nice share, semoga anak keturunannya bisa mendapat perhatian dari pemerintah.

beasiswa utk para anak cucu veteran kemerdekaan kenapa engga.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
surya21dharma dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
dah jarang di generasi kayak alm mbah darlan, sing akeh mung cebong karo kampret rep tak uncal nganggo sandal jepit....tapi sayang nanti ilang satu

btw ane keliling dulu, melipir nyari target dagangan....
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jt087755033122 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Selalu merinding kalo ada pelaku sejarah perjuangan Indonesia nyeritain tentang kisah masa perjuangan
profile-picture
payungpink memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
pasti banyak sosok seperti mbah dahlan ini, tapi sangat sedikit yang bisa secara runtut bercerita tentang sejarah yang mereka alami,
selamat beristirahat mbah dahlan, suwargi langgeng kagem njenengan..
profile-picture
payungpink memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Turut Berduka

semoga almarhum tenang beristirahat selamanya di sana. diampunkan dosanya, diterima semua amal dan ibadahnya, dilapangkan kuburnya, serta diberi tempat yang sangat terbaik untuk beliau olehNya. Aaamiiin.

tanpa hasil jerih payahnya dulu kita tidak akan hidup tenang seperti sekarang.

emoticon-I Love Indonesia emoticon-2 Jempol
profile-picture
payungpink memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
bener2 seorang mbah darlan, selamat jalan mbahemoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka
profile-picture
payungpink memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kakek ane juga dulu tentara PETA, sering cerita saat zaman perang dulu....
pesan yg selalu dikasi tau kakek ane, jgn sampai terjadi perang lagi...
Tidak ada kemanusian di setiap perang...

Mbah Darlan Menangis Mengingat Bung Karno Dan Jendral Ahmad Yani

Mbah Darlan Menangis Mengingat Bung Karno Dan Jendral Ahmad YaniMbah Darlan Menangis Mengingat Bung Karno Dan Jendral Ahmad YaniMbah Darlan Menangis Mengingat Bung Karno Dan Jendral Ahmad Yani

Mbah Darlan Menangis Mengingat Bung Karno Dan Jendral Ahmad Yani Mbah Darlan Menangis Mengingat Bung Karno Dan Jendral Ahmad Yani Mbah Darlan Menangis Mengingat Bung Karno Dan Jendral Ahmad Yani

Mbah Darlan Menangis Mengingat Bung Karno Dan Jendral Ahmad Yani Mbah Darlan Menangis Mengingat Bung Karno Dan Jendral Ahmad Yani Mbah Darlan Menangis Mengingat Bung Karno Dan Jendral Ahmad Yani
profile-picture
payungpink memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
Alfatihah untuk alm mbah Dahlan..terima kasih Mbah atas semua jasa pengorbanan untuk kemerdekaan indonesia,
profile-picture
payungpink memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
RIP mbah darlan
profile-picture
payungpink memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
semoga mbah Darlan tenang di alam sana, pengabdiannya kepada negara, menjadikan catatan amal kebaikan semasa hidupnya... selamat jalan..
profile-picture
payungpink memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
jd inget alm. eyang ane, dia jg tentara AL. lom sempet tanya2 sejarah ke beliau.
profile-picture
payungpink memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
profile-picture
profile-picture
jenggalasunyi dan payungpink memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Semoga mba darlan meninggal dalam keadaan husnul khotimah
profile-picture
profile-picture
payungpink dan abdulkadir.z997 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Alfatihah untuk almarhum Mbah Darlan, semoga mendapat tempat yang layak di sisi-Nya.


Sedikit iri ama TS boleh ya?emoticon-Smilie Beruntung banget bisa berbincang langsung dengan sosok seperti almarhum Mbah Darlan ini. Dulu waktu kecil, ane juga paling suka dengerin cerita cerita dari para sepuh tentang kehidupan di masa masa zaman belanda, jepang, maupun masa masa pasca kemerdekaan.

Sekarang udah pada meninggal, ga bisa dengerin cerita ceritanya lagi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinandya dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Beberapa tahun lagi, para veteran ini tidak bisa lagi menceritakan kisah hidupnya bertemu Bung Karno dan A. Yani.
profile-picture
profile-picture
payungpink dan jenggalasunyi memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
They are crying
profile-picture
payungpink memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
keren,lanjutkan gan
profile-picture
payungpink memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3


×
Β© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di