CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Terkuak, Inilah Biang Kerok Netizen Indonesia Mendapat Predikat Tidak Sopan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/619bb1be456eae3e6316b160/terkuak-inilah-biang-kerok-netizen-indonesia-mendapat-predikat-tidak-sopan

Terkuak, Inilah Biang Kerok Netizen Indonesia Mendapat Predikat Tidak Sopan

Terkuak, Inilah Biang Kerok Netizen Indonesia Mendapat Predikat Tidak Sopan

Agan dan Sista sudah tahu, ya, netizen Indonesia mendapat predikat sebagai netizen yang paling tidak sopan. Predikat yang kurang bagus itu tertuang dalam laporan tahunan Microsoft 2020 Digital Civility Index (DCI). Satu dari sekian hasilnya adalah tingkat kesopanan pengguna internet. Netizen Indonesia mendapatkan poin indikator paling tidak sopan se-Asia.
 
Kok Bisa, Ya
 
Ketidaksopanan itu tercermin dari perilaku saat berinteraksi secara online yang meliputi hoax dan penipuan, ujaran kebencian, dan diskriminasi. Harus kita akui, mudah sekali menemukan 3 hal tersebut dalam konten media sosial Indonesia.
 
Agan dan Sista tentu bertanya-tanya, kok bisa, ya? Padahal menurut pelajaran Pendidikan Moral Pancasila (PMP) dan PPKn (Pendidikan Kewarganegaraan), bangsa Indonesia itu kan ramah tamah, santun, suka menolong, dan gotong royong. Mengapa jadi paling tidak sopan di kawasan Asia.
 
Apakah karena pelajaran-pelajaran semacam PMP dan PPKn sudah tiada sehingga tiada lagi cara  untuk mendidik moral anak bangsa?  
 Terkuak, Inilah Biang Kerok Netizen Indonesia Mendapat Predikat Tidak Sopan

Dugaan Abah Ihsan
 
Abah Ihsan, seorang praktisi parenting menduga ketidaksopanan netizen itu karena pemakai ponsel pintar adalah anak-anak. Dugaan Abah Ihsan tersebut berdasarkan komentar konten videonya di Youtube yang berjudul Usia berapa anak boleh punya smartphone sendiri? Beberapa netizen berkomentar bahwa mereka adalah anak-anak usia 7 – 10 tahun, namun telah memiliki ponsel sendiri.
 
Data BPS juga mengungkapkan bahwa pengguna internet berusia 5 – 12 tahun pada tahun 2020 sekitar 9,55%, usia 13-15 berjumlah 7,42% sedangkan usia 16-18 tahun berjumlah 8,83%. Kemungkinan besar mereka memiliki akun media sosial juga dan sering berkomentar di berbagai konten.
 Terkuak, Inilah Biang Kerok Netizen Indonesia Mendapat Predikat Tidak Sopan
Terkuak, Inilah Biang Kerok Netizen Indonesia Mendapat Predikat Tidak Sopan

Anak-anak yang belum matang secara emosional, berkomentar asal bunyi saja. Mengacu pada teori perkembangan kognitif Jean Piaget, anak-anak usia 7-11 tahun berada dalam tahap operasional konkrit. Mereka mulai dapat berpikir logis, namun belum bisa memecahkan masalah yang bersifat abstrak. Tidak mengherankan apabila mereka berkomentar, asal ketik saja tanpa pikir panjang lagi.
 Terkuak, Inilah Biang Kerok Netizen Indonesia Mendapat Predikat Tidak Sopan

Supaya netizen Indonesia tidak terus-terusan dianggap tidak sopan, sudah sepatutnya kita mengedukasi netizen terutama anak-anak. Orang tua harus mendampingi anak-anaknya dalam menggunakan ponsel. Kalau tidak, ya gitu deh. Bisa tambah kacau predikat netizen Indonesia di dunia maya.



Sumber 123
Foto banner dari Freepik.com 



emoticon-Shakehand2




BOLEH BACA JUGA



profile-picture
profile-picture
profile-picture
Fey1985 dan 22 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Post ini telah dihapus
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tapi soal bokep dan senggama eh agama.... paling terdepanTerkuak, Inilah Biang Kerok Netizen Indonesia Mendapat Predikat Tidak Sopan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Wkwk ternyata bocil emoticon-Ngakak emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
salahin bocil? yang sering komen ga sopan itu justru bapak2 yang pake foto sama anak istri di dp wa nya, kang sebar hoax jg kerjaannya emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
BlueJupieZ dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Sebenernya dari jaman non hp udah keliatan kok kalo aslinya bocah2 tuh banyak yg kelakuan nya engga cocok dg pelajaran ppkn.
Jaman sekolah dulu, perasaan gw udah lumayan dapet sekolah yg masuknya cukup sulit. Tetep aja di sekolah ada tukang bully, preman sekolah yg hobi minum, berandal yg rajin tawur.
emoticon-Hammer2
Apalagi sekarang semua orang punya akses untuk melepaskan perasaan yg terpendam.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Luxyn dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
ditambah dengan manusia-manusia mabuk agama tapi dengan pemahaman dangkal dan wawasan sempit. merasa diirnya dan kelompoknya yang paling benar. sehingga merasa berhak menghakimi orang lain yang tak sejalan dan beda pemikiran dengan mereka.

emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
corobikang dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
bocah mending kasih console aja daripada hp. buat hiburan tapi malah buka aneh² karena ane dulu juga gitu waktu jaman kenal warnet
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
yang diedukasi hrsnya orang tuanya sih gan,,,

anak kecil kok malah dkasi hp,,

anak kecil klo dkasi hp ya mau2 aja,,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ogahruwet dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Nungguin orang2 sadar diri bijak di media sosial, sampai tahun2 depan mana bisa sadar, keburu hancur emoticon-Ngakak di awasi tidak bisa. Cocoknya Indonesia nggak dikasih akses ke media sosial emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ogahruwet dan 2 lainnya memberi reputasi
Iya, Ini pasti kelakuan para Buzer bocil kamvret

emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan bang.toyip memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
bocil2 daerah pemukiman padat penduduk ga kalah tingkahnya sama remaja belasan taun yang lagi puber. bahasa binatang dan perkimpoian udah lebih fasih dibanding bahasa manusia. boro2 pendidikan. sama orangtua sendiri aja ga ada hormat2nya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Orang dewasa jg asal njeplak kalo komen ya akhi emoticon-Maaf Agan
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
coba lihat komentar ulasan di game. dari komentarnya ane yakin itu para bocil bocil yang berkomentar.
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan bang.toyip memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Heleh, yang udah gede juga bahasanya bungsat bangsit kontal kintul. Sama ajaaa..
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
Warga Indon gede bacot doang di medsos emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anakdalang dan 3 lainnya memberi reputasi
ortunya jg ga jauh jauh dari buahnya

ortu bgst
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan bang.toyip memberi reputasi
Bocil ma emak2 dilawan.. kaga ada abisnye bre

Dah mending buka michat aja dah emoticon-Traveller
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
Karena hp dijual murah.. coba dijual 10juta aja, yg miskin pendidikan rendah bakal susah akses hp
Pasti mayan berkurang dah itu yg bar2
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan bnoorraini memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
gelar lapak, di trit calon hate
emoticon-Traveller
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di