CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Benarkah Air Di Bumi Berasal Dari Benda Di Luar Angkasa? Mari Diskusikan!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/619b069f26f6a13cca786662/benarkah-air-di-bumi-berasal-dari-benda-di-luar-angkasa-mari-diskusikan

Benarkah Air Di Bumi Berasal Dari Benda Di Luar Angkasa? Mari Diskusikan!

Kita tentunya tahu bahwa 70% permukaan bumi adalah air sedangkan sisanya adalah daratan sehingga bumi disebut sebagai planet biru, air juga menjadi sumber kehidupan bagi makhluk hidup terutama kita manusia yang membutuhkan air dalam kehidupan sehari-hari. Tapi pernahkah kamu bertanya dari mana asal mula air di bumi, apakah air di bumi sudah ada sejak bumi terbentuk atau malah air di bumi berasal dari luar bumi, berikut penjelasannya.
Quote:
sumber

Banyak ilmuwan masih memperdebatkan dari mana air di bumi berasal sehingga mereka memiliki pendapat atau teori masing-masing tentang hal tersebut, ilmuwan berpendapat bahwa air yang ada di bumi sekarang ini sudah ada sejak bumi terbentuk, tapi ini lagi-lagi menjadi perdebatan karena bumi pada awalnya sangat panas sehingga hanya akan berakhir menjadi uap yang kemudian ilmuwan kembali berpendapat bahwa air yang menjadi uap atau yang ada di atmosfer kembali ke bumi saat bumi mulai mendingin.

Ada juga ilmuwan yang berpendapat bahwa asal mula air bumi berasal dari komet, tapi ini di sawah karena air pada Komet adalah air berat yang komposisinya terdiri dari hidrogen yang pola isotopnya terdapat detrium yang mana ini berbeda dengan air yang ada di bumi, meskipun komet bukan penyebab dari adanya air di bumi tapi komet bisa jadi pemicu dari awal mula adanya kehidupan atau samudra dibumi.

Studi baru menunjukkan bahwa air di bumi berasal dari asteroid-asteroid yang dulunya menghantam bumi, tentunya bukan sembarang asteroid melainkan  Carbonaceous chondrites yang merupakan subkelas motoroid tertua di tata surya, asteroid jenis ini memiliki tingkat isotop yang mirip dengan air yang ada di bumi.

Jadi ilmuwan menyimpulkan air yang ada di bumi berasal dari asteroid ini, sekaligus membuktikan air di bumi tidak berasal dari komet yang memiliki hidrogen berat, menurut studi baru juga menunjukkan yaitu mayoritas air yang ada di bumi ternyata sudah ada sebelum bumi terbentuk dan apakah itu sudah terbentuk di lingkaran terdalam sistem tata surya muda. Dalam jumlah besar ataupun air di bumi berawal dari awan molecular diruang antar bintang yang kemudian membentuk matahari dan planet.

Quote:
sumber

Jadi jika ada yang bertanya Dari manakah air di bumi berasal? jawab Air di bumi berasal dari asteroid pertama Carbonaceous chondrites. Ada apa dengan asteroid tersebut? karena komposisi air di asteroid tersebut sama dengan yang ada di bumi. Jadi begitulah gansis, semoga dapat dipahami dan apabila ada pendapat silakan dikolom komentar, semoga bermanfaat dan sampai jumpaa..

Referensi : 1 & 2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
asamboigan dan 18 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Si.jonii
Halaman 1 dari 3
Ane colek Gan @c4punk1950... deh... Beleau pasti tauk nih jawabannya...
emoticon-Matabelo
Benarkah Air Di Bumi Berasal Dari Benda Di Luar Angkasa? Mari Diskusikan!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
badbironk dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 24 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 24 balasan
waduh berat nih.. gw belom lahir soalnya pas bumi terbentuk
profile-picture
suhartojaya memberi reputasi
air laut gak berkurang malah bertambah setiap tahun..
berarti fix air laut berkembang biak dengan cara membelah diri emoticon-Ngakak
profile-picture
anu.ku.l memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Pusing2. Bumi dan air di ciptakan oleh Allah swt, dah gitu aja dibuat mumet
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 28 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 28 balasan
Jumlah aer di bumi ini akan selalu tetap jumlahnya. hanya, berpindah dari tempat ke tempat. ..
bumi sendiri dari mana kalo bukan dari luar angkasa? emoticon-Big Grin
profile-picture
junac00l memberi reputasi
Kalo ane sih percaya kalo air di bumi ini emang berasal dari luar angkasa

Ane baca di alquran
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 13 balasan
wowemoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
Waduh blm nyampe ilmu gw, beda jurusan emoticon-Hammer2
Asteroid boongan itu gan

Bumi punya kubah invisible yg gak mungkin bisa ditembus
baik dari luar maupun dari dalam.

jadi semua itu cuma teori2 ilmuwan nasa yg dibiayai elit global
jangan percaya gan..

Spoiler for :
profile-picture
sheema.israel memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:


Quote:

profile-picture
diki174 memberi reputasi
mungkin aja (1400c & 20000+ atm) SiO x LH2 = H2O + SiH4

tinggal bijimane caranye tu H2O "naek mencover" permukaan bumi, gak usah ada kiriman paket-angkasa ntah berapa galon akua agar 70% emoticon-Hammer (S)
Pernah liat di acara gitu, kalo orang India percaya sungai gangga itu air nya dari luar angkasa gitu.
Dari pendinginan matahari hingga terjadi proses kondensasi. Begitu saja tak tahu.
dikasih sama alien gan airnya emoticon-Leh Uga
Post ini telah dihapus
Air di bumi berasal dari pengguna elemen air emoticon-Ngakak
Menurut ane, air itu berasal dari pipa di sebelah meteran PDAM ...
emoticon-Cool
profile-picture
laksanardie memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Emang asalnya dari asteroid, karena di National Geographic channel pernah dibahas gan. Bahkan asteroid terbesar Ceres punya kandungan air lebih banyak daripada di bumiemoticon-Matabelo
profile-picture
awixcool memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di