CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
6 Dampak Buruk Kesehatan Jika Berlama-lama di Depan Laptop
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6198a55e3c58cb641407d0a1/6-dampak-buruk-kesehatan-jika-berlama-lama-di-depan-laptop

6 Dampak Buruk Kesehatan Jika Berlama-lama di Depan Laptop

6 Dampak Buruk Kesehatan Jika Berlama-lama di Depan Laptop
Foto ilustrasi di depan laptop | hellosehat.com


Setelah dengar tadi ada perdebatan antara bapak-bapak di warung kopi (warkop) tentang anaknya yang kuliah di depan laptop mulu. Bapak yang mengeluh ini nama samarannya (Harus) dan kawan ngobrolnya di depannya (Heran), pak Heran berkata, bisa-bisa anak kuliah zaman sekarang banyak yang penyakitan dan rabun karena terlalu fokus di depan laptop.

Namun, tiba-tiba ada bapak-bapak lagi yang menyaut percakapan kedua bapak tersebut (Hampa) yang mengatakan "masa depan laptop bisa penyakitan? Anak saya saja yang masih kecil dirumah hampir nonstop main game di laptop sampai-sampi malas keluar

Kemudian bapak Heran pun kembali merespon perkataan pak Hampa, secara medis juga sudah dikatakan dapat mempengaruhi kesehatan terutama kesehatan mata karena radiasi.

Tak mau kalah argumen, pak Hampa kembali menyangkal jawaban pak Heran "itu akal-akalan saja, buktinya anak saya sehat-sehat saja hingga sekarang! Saya juga sering main HP tidak ada keluhan kesehatan, apa bedanya dengan orang yang suka nonton TV?.

Karena malas meladeni pak Hampa, kemudian pak Harus dan Heran memilih untuk diam dan tak mau mengubris omongan pak Hampa lagi.

Setelah mendengar perdebatan tersebut saya pun kepikiran untuk mencari informasi tentang dampak buruk berada di depan laptop atau komputer, meskipun secara jelas saya sudah tau sebenarnya apa dampak buruknya jika terpapar radiasi laptop, smartphone dan gadget lainnya.

Setelah saya berselancar di internet, sayapun menemukan tulisan yang cukup menarik dari situs berita "dibeberapa situs berita lokal kita", dimana penulisnya mengulas tentang dampak jangka panjang jika berada di depan laptop secara teratur menerus.

Disitus beberapa situs lainnya juga mengatakan, jika kondisi fisik seseorang berbeda-beda ada yang tahan terhadap radiasi kecil yang dihasilkan gadget dan ada yang tidak tahan jika berkepanjangan.

Berikut 7 dampak buruk kesehatan kita jika berlama-lamaan di depan laptop atau gadget lainnya.


1. Ligamen Yang Lemah

6 Dampak Buruk Kesehatan Jika Berlama-lama di Depan Laptop
Foto ilustrasi ligamen lemah | hellosehat.com


Saat menggunakan komputer tentunya tubuh kita akan mengalami kekurangan pergerakan, jika hal ini terjadi tentunya akan membuat lemah ligamen.

Jadi sebaiknya upayakan satu jam sekali beraktifitas baik itu jalan kaki sebentar dari dapur ke depan rumah atau pintar-pintar Anda lah menggerakkan tubuh.


2. Penglihatan Dapat Berkurang (mata minus)
6 Dampak Buruk Kesehatan Jika Berlama-lama di Depan Laptop
Foto ilustrasi di depan laptop | tiktak.id


Disamping bisa mempengaruhi ligamen, radiasi dari laptop juga dapat mempengaruhi penglihatan karena mata lelah dan dapat menyebabkan mata menjadi kering lambat laun bisa menjadi rabun.


3. Dapat Menurunkan Kesegaran Kulit

6 Dampak Buruk Kesehatan Jika Berlama-lama di Depan Laptop
Foto ilustrasi badan kurang bugar | mymilk.com


Orang yang sering menggunakan laptop biasanya memiliki kulit agak gelap, keriput, mirip kulit orang yang begadang. Hal itu disebabkan karena faktor gelombang elektromagnetik dari komputer yang memiliki kemampuan untuk menyerang getah bening, sehingga menghambat proses pembuangan limbah dari jaringan tubuh.


4. Menyebabkan Perut Buncit

6 Dampak Buruk Kesehatan Jika Berlama-lama di Depan Laptop
Foto ilustrasi buncit karena ngemil sambil main laptop | health.grid.id


Kalau bisa jadi buncit kemungkinan besar bisa terjadi karena kurangnya pergerakan tubuh, makanan yang masuk kedalam tubuh juga bisa tidak normal saat proses pembakarannya karena selalu berpikir terus-menerus.

Otak dan usus sejatinya saling kerjasama dalam memproses protein dalam tubuh, Jika otak tidak di rilekskan maka pembakaran di tubuh bisa tidak teratur dan justru malah terjadi penimbunan lemak di perut.


5. Mempengaruhi Tidur

6 Dampak Buruk Kesehatan Jika Berlama-lama di Depan Laptop
Foto ilustrasi insomnia | klikdokter.com


Jika otak sering digunakan untuk berpikir keras saat bekerja di depan laptop, maka otak akan merespon da mengingat terus. Hal inilah yang dapat menyebabkan tidak bisa tidur nyenyak dan bisa menyebabkan pusing.


6. Pegal di Bahu dan Punggung

6 Dampak Buruk Kesehatan Jika Berlama-lama di Depan Laptop
Foto ilustrasi bahu dan punggung pegal | cnnindonesia.com


Rata-rata orang yang bekerja berlama-lama di depan laptop, tentunya akan duduk terus menerus. Banyak duduk pastinya akan membuat lemah pada persendian.

Hal ini yang membuat punggung dan tulang pinggang pun menjadi tegang karena duduk terus-terusan, ditambah posisi tangan yang sering mengantung membuat bahu terasa pegal.

Demikianlah 6 dampak buruk bagi kesehatan jika berlama-lama di depan laptop, semoga tulisan ini dapat bermanfaat pembaca.



6 Dampak Buruk Kesehatan Jika Berlama-lama di Depan Laptop
Penulis: Sambelterasi052
Referensi: 1. republika.co.id - 7 Bahaya Kesehatan Bila Terlalu Lama di Depan Komputer

2. mojok.co - Efek Terlalu Sering berada di Depan Komputer bagi Kesehatan
Gabung Yuk di Komunitas: Toba Ethos
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aditmaukemana dan 13 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Sambelterasi052
Halaman 1 dari 2
Kalau berlama-lama di depan istri tetangga yang wajahnya cantik dan mudah kira-kira bahaya gak sama suaminya? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
Subaru18 dan eghy memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Nah inii diaa
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Depan laptop lama-lama yang bikin kesel tuh kalo timbul bosen malah beralih jadi buka situs yang banyak x-nya, nonton tangan kanan pegang tenga olahraga tuh sudah, jangan lupa siapkan tissue
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pegal di punggung tuh sering menimpa orang yg banyak berkutat di depan komputer
profile-picture
aizawa.hikari memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Setiap hari pasti ada didepan laptop......itu kayak udah pasti......tuntutan pekerjaan.
Kalau emg nyari duitnya dari mantengin laptop tiap hari gimana dong ?
emoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik
Ane udah biasa bre emoticon-Cool
gelombang elektromagnetik menyerang sistem kelenjar getah bening? ane gak yakin ah emoticon-Malu
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
pegel pantat juga bre
makanya ane ngindari banget pakai laptop
blm tentu seminggu sekali nyalain laptop
hari2 ane paling di depan PC, sekitar 11-12 jam lah total. aman kan, brey? emoticon-Cool
profile-picture
lexia memberi reputasi
ane sudah mengalami semua emoticon-Ngakak
Susah ereksi
lah gw wfh kerjaanya dikamar depan laptop gimana donk
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Paling gk suka nih lama2 depan laptop, heran sih sama orang2 yang lama2 depan laptop ngerjain gambar teknik 3D dan main game. Kalo kutanya mata mereka masih normal aja, aku yang jaga kesehatan mines & silinder masih nambah.
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
waduh bener semua lagi itu ganemoticon-Mewek
yg ane alamin yg rata rata depan komputer 8 jam/hari,,

pegel bahu kanan,
leher cepet pegel,
pergelangan tangan kanan kesemutan
mata berair kadang kering juga,
jam tidur semberaut,

kalau liat sosmed, bisa manteng lebih dari 8 jam-an. access nettflix sama disney bisa manteng anteng,
tapi kalau liat dan ngerjain assignment, 1 jam udah udah ada tanda tanda yg ane sebutin di atas emoticon-Traveller


profile-picture
mas.mujur memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
efek fisik masih tergolong minor, yang mayor itu dampak psikis daring
Cocok nih untuk pekerja korporat, perenggangan aja kalau udah terlalu lama duduknya ya emoticon-Smilie

______________________________________
mampir ke Hot Thread ane gan emoticon-Ngacir

Spoiler for Mengenal Brainwave Software:


Yang diatas cuma beberapa brainwavenya, kalau agan mau fullnya boleh main ke thread ane saja

Semoga bermanfaat untuk semuanya

emoticon-Paw
Diubah oleh greasemonkey09
yg udah ane rasain sih
leher n pundak ane sering pegel2 nih
apa ganti ke pc aja ya drpd nunduk mulu
susah duduk tegak kalo depan laptop emoticon-Hammer (S)
Halaman 1 dari 2


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di