CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
BBM Sintetik atau Mobil Listrik ?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/619899578f208072e667b742/bbm-sintetik-atau-mobil-listrik

BBM Sintetik atau Mobil Listrik ?

BBM Sintetik atau Mobil Listrik ?
Sumber : https://www.dw.com/en/can-clean-synt...eed/a-40135876  

Memasuki era elekrifikasi dan ramah lingkungan, kita sudah disuguhi beberapa produk-produk yang berlandaskan tenaga listrik untuk mengurangi emisi bagi bumi yang kita tinggali. Konferensi United Nations untuk perubahan iklim per 2021 salah satunya akan membahas Synfuel (Synthetic fuel) atau bbm sintetik sebagai salah satu solusi yang dapat dikembangkan untuk mejadi sarana mengurangi emisi gas buang yang ada didunia. 

Untuk menciptakan Synfuel dibutuhkan alat yang dapat mengubah bahan-bahan yang berada di alam untuk menghasilkan rantai hydrocarbon layaknya bbm dari minyak bumi menjadi Synfuel. Pada dasarnya Synfuel bisa diambil dari molekul-molekul air dan karbon-karbon yang ada diudara dan diracik sedemikian rupa dan menjadi Synfuel, berbeda dengan bbm dari minyak bumi yang harus mengambil dari dalam bumi berupa minyak mentah dan melalui proses penyulingan sehingga menghasilkan beberapa produk-produk dari rangkaian tersebut.

Pada dasarnya Synfuel bekerja layaknya bbm biasa yg akhir produknya adalah emisi gas buang berupa CO2, N2, CO, NO dll. tetapi sumber nya yang berbeda dimana kita tidak menambah jumlah gas emisi tapi membuat siklus dari Synfuel dengan mengambil bukan dari minyak bumi tetapi berasal dari air dan udara.

BBM Sintetik atau Mobil Listrik ?
Sumber : https://www.carmagazine.co.uk/car-ne...-how-it-works/  

Selain itu masih banyak kalangan yang menginginkan mobil combustion engine untuk tetap ada dibandingkan mengukuti perubahan ramah lingkungan dengan menggunakan mobil listrik. Kenikmatan berkendara dan suara yang dihasilkan oleh combustion engine adalah salah satu alasan favorit untuk mempertahankan combustion engine pada mobil-mobil. 

Bukan hanya itu, perusahaan-perusahaan minyak dan beberapa industry pelumas akan kena imbasnya dengan keberadaan mobil-mobil listrik yang hanya cukup melalui charging station untuk mengisi baterai nya. Dilema ini pun akan membawa pada kehidupan ekonomi yang baru tentang keberadaan perusahaan-perusahaan tersebut, maka dari itu dibutuhkan nya solusi seperti Synfuel agar pemain-pemain lama pada dunia perminyakan tetap exist ditengah paradigma mobil listrik saat ini.

Dalam penerapan Synfuel ini, masih banyak kendala yang harus dipikirkan contohnya harga per liter yang harus ditanggung oleh konsumen, distribusi stock ke berbagai negara, teknologi yang harus ditemukan untuk mempermudah proses untuk mendapatkan Synfuel dll.


BBM Sintetik atau Mobil Listrik ?
Sumber : https://www.wheelsjoint.com/what-wil...nthetic-fuels/  

Menjaga keseimbangan emisi menjadi salah satu faktor penting Synfuel bisa wujudkan yang bisa menjadi solusi bagi pecinta combustion engine agar mesin-mesin ini tetap exist, Salah satu negara dan pabrikan yang getol dalam melakukan research Synfuel adalah German dengan pabrikan BMW dan Porsche nya, yang beberapa tahun ke belakang tetap melakukan penelitian untuk solusi ramah lingkungan ini.

Disamping perubahan jaman ke mobil listrik dengan zero-emissions, para pabrikan-pabrikan yang terkenal dengan mesin-mesin nya yang bertenaga seperti BMW dan Porsche tentunya mencari jalan keluar untuk sustainability mereka.

Jadi mana menurutmu yang lebih baik, Penggunaan Synfuel atau atau langsung order E-car ?

Thank You !!! emoticon-Angkat Beer emoticon-Angkat Beer emoticon-Angkat Beer

Sumber tambahan :
https://www.drive.com.au/news/synthe...f-petrol-cars/  
https://www.motorauthority.com/news/...bustion-engine 
https://www.autoexpress.co.uk/tips-a...uels-explained
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aditya0892aldy dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh curry30ua
ah jangan gitu dong tr si ngarap gabisa main cewek lagi krn minyaknya galaku
profile-picture
curry30ua memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalau lihat cara kerja mobil listrik dan part yang dibutuhkan ,lama chargenya dibanding jarak tempuh ,saya tetap mending kendaraan Listrik ,pengen sebenarnya ,cuma lagi nungu mungkin tahun depan kali aja ada inovasi baru ,khususnya kecepatan charge dan jarak tempuhemoticon-thumbsup
profile-picture
curry30ua memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Selama infrastruktur perlistrikan negara Kembang Desa masih "katrok", ane masih percaya pake kendaraan berbbm "kotor"...😂
Lagian, negara sesubur, semilir dan sepanas ini, masih bisa lah pake BBM ramah lingkungan... Emang dasarnya masih riset aja sih...
Gag kebayang kalo negara ini full pake electrik vehicle... Lah listrik rumah aja sering byar-pet-byar-pet kok... Mau pake full panel listrik buat rumah, ane di kasih surat donk sama PLN...😂😂
profile-picture
curry30ua memberi reputasi


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di