KOMUNITAS
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
5 Contoh Nasihat Seksis GanSis, Nomor 2 Bisa Jadi Cikal Bakal Pelecehan Seksual
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6193a1c29187f27bf73c1212/5-contoh-nasihat-seksis-gansis-nomor-2-bisa-jadi-cikal-bakal-pelecehan-seksual

5 Contoh Nasihat Seksis GanSis, Nomor 2 Bisa Jadi Cikal Bakal Pelecehan Seksual

5 Contoh Nasihat Seksis GanSis, Nomor 2 Bisa Jadi Cikal Bakal Pelecehan Seksual

Agan dan Sista sebagai seorang anak, mungkin sudah kenyang banget dengan nasihat dari orang tua. Sejak kecil dinasihati. Bahkan setelah menikah dan punya anak, nasihat dari orang tua tak kunjung putus.
 
Nasihat dari orang tua sebenarnya berfaedah, dengan catatan nasihat itu  menenangkan. Namun sebagian orang tua memberikan nasihat yang malah bikin stres sampai depresi. Satu di antara sebabnya karena nasihat itu memuat kalimat seksisme.
 
Laki Lebih Baik dan Utama Dibandingkan Perempuan
 
Seksisme merupakan prasangka jenis kelamin tertentu lebih baik daripada jenis kelamin lainnya. Biasanya perempuan yang jadi korban. Laki-laki dianggap lebih baik, lebih utama daripada kaum perempuan. Hal ini terlihat dari sekadar ucapan sampai perilaku diskriminasi.
 
Masyarakat kita, sadar atau tidak, sering sekali bersikap seksisme. Dari hal yang remeh temeh semisal anak perempuan mengalah saja dengan anak laki, anak perempuan boleh nakal tapi anak perempuan jangan, bahkan sampai skala kebijakan negara yang mengecilkan hak perempuan.
 
Persoalan seksisme juga kerap muncul sebagai bahan candaan. Perempuan menjadi objeknya. Lelucon soal kehebatan wanita membawa gunung kembar misalnya. Terkesan menyanjung wanita, tetapi sebenarnya seksis!
 5 Contoh Nasihat Seksis GanSis, Nomor 2 Bisa Jadi Cikal Bakal Pelecehan Seksual

Nasihat Orang Tua yang Seksis

Orang tua tanpa sadar juga menanamkan seksisme kepada anak-anaknya. Melalui nasihat. Tujuan orang tua sebenarnya baik. Ingin memberikan motivasi dan penguatan kepada anak-anaknya. Sebab itulah yang dulu mereka dapatkan dari ayah ibunya alias kakek nenek kita.
 
Berikut ini beberapa contoh nasihat dari orang tua yang seksisme itu.
 
1. Anak laki jangan cengeng biar anak perempuan saja yang begitu
 5 Contoh Nasihat Seksis GanSis, Nomor 2 Bisa Jadi Cikal Bakal Pelecehan Seksual

Padahal anak laki atau perempuan boleh saja menangis untuk menyalurkan emosi negatifnya. Apalagi jika anaknya bukan tipikal yang dikit-dikit nangis, tapi dia memang perlu menangis. Untuk mengungkapkan kekesalan, kesedihan atau semacamnya. Bukan ditahan-tahan yang akhirnya malah bikin luka batin.
 
2. Anak laki emang gitu, anak perempuan terima saja
 5 Contoh Nasihat Seksis GanSis, Nomor 2 Bisa Jadi Cikal Bakal Pelecehan Seksual

Wow! Nasihat ini akan menjadi dasar bagi laki-laki melakukan pelecehan terhadap perempuan. Sementara itu perempuan yang menjadi korban diam saja atau tidak melaporkan. Sejak kecil sudah ditanamkan bahwa laki emang gitu, terima saja perlakuannya. Jadilah pelecehan terhadap perempuan dianggap biasa padahal bikin perempuan menderita.
 
3. Anak laki ngapain ke dapur, nggak usah repot-repot
 5 Contoh Nasihat Seksis GanSis, Nomor 2 Bisa Jadi Cikal Bakal Pelecehan Seksual

Nasihat ini akan membuat anak laki menjadi sosok lelaki dewasa yang tidak cakap di dapur. Mengandalkan istri atau ART. Padahal urusan dapur semisal masak-memasak, laki atau perempuan tetap saja wajib bisa. Lihat saja ajang Master Chef Indonesia. Juri dan pesertanya dominan laki-laki kok! Begitu juga dengan chef dan koki di restoran dan hotel, kebanyakan laki-laki!
 
4. Anak perempuan nggak perlu sekolah tinggi-tinggi, nanti ujung-ujungnya ke dapur juga
 5 Contoh Nasihat Seksis GanSis, Nomor 2 Bisa Jadi Cikal Bakal Pelecehan Seksual

Sebagian orang tua masih menganggap pendidikan tinggi kurang penting bagi anak perempuan. Nasihatnya ya begitu. Padahal ada perbedaan besar antara perempuan yang berpendidikan tinggi dan rendah saat kembali ke dapur dan mengurus rumah tangga secara keseluruhan. Tidak akan sia-sia pendidikan tinggi meski si perempuan lebih memilih mengurus rumah tangga daripada berkarir di luar rumah.
 
5. Laki-laki tugas utamanya mencari uang untuk menghidupi keluarga
 5 Contoh Nasihat Seksis GanSis, Nomor 2 Bisa Jadi Cikal Bakal Pelecehan Seksual

Padahal soal karir, laki dan perempuan sama saja. Ada beberapa pekerjaan yang lebih tepat jika ditangani perempuan juga, misalnya saja perawat dan dokter kandungan. Membebankan nafkah kepada laki-laki saja juga bisa bikin stres apabila sang laki memiliki keterbatasan sehingga tidak bisa mencari nafkah secara optimal. Keberhargaan dirinya terasa rendah karena tidak punya pendapatan yang layak.
 
Mari kita ubah
 
Setiap orang punya keunikan dan kelebihan tersendiri. Perbedaan jenis kelamin bukan berarti beda juga perlakuannya. Laki dan perempuan dapat bekerja sama dengan kelebihan dan kekurangannya. Saling melengkapi satu sama lain.
 5 Contoh Nasihat Seksis GanSis, Nomor 2 Bisa Jadi Cikal Bakal Pelecehan Seksual

Begitu juga dengan peran dalam rumah tangga, fleksibel aja. Ayah bisa masak, begitu juga dengan ibu. Mari sama-sama kita kikis seksisme mulai dari lingkaran terdekat kita. Satu caranya dengan tidak lagi memberikan nasihat yang bermuatan seksisme ya GanSis.



Sumber 123
Foto dari Freepik





profile-picture
knightadde memberi reputasi
Ane hobi masak dan bikin rusuh di dapur...
emoticon-Cool
5 Contoh Nasihat Seksis GanSis, Nomor 2 Bisa Jadi Cikal Bakal Pelecehan Seksual
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
5 Contoh Nasihat Seksis GanSis, Nomor 2 Bisa Jadi Cikal Bakal Pelecehan Seksual
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Setuju dg ts.
Jaman udah berubah, Pakem lawas yg udah engga sejalan dg era sekarang, lebih baik ditinggalkan.
emoticon-2 Jempol

Dulu emak ngelarang gw mainan beras (biasa, bocah kalo liat beras bawaan nya pengen ngaduk2 mulu), yahh gede nya jadi kang angkut2 beras.
emoticon-Ngakak
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
ngapain ke dapur gak berlaku buat keluarga ane. anaknya 3 laki semua jadi harus ada yang bantu emak, paling nggak bantu habisin makanan
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
memang susah nasihat toxic begituan, di sekitar ane aja masih ada yang berprinsip begitu, anak lelaki gak boleh nangis lah, gak boleh masak lah, atau yang perempuan 'percuma kuliah tinggi2 akhirnya jadi ibu rumah tangga juga'
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kekurangan perempuan ? hanya kurang sebagian kromosom, makanya masih butuh cow

kalau nanti ada teknologi produksi full kromosom, mungkin aja cew gak butuh cow, sianak (cew juga) gak butuh bapack

kasarnya justru mahohombreng paling gak guna, cew only bisa melakukan semuanya. emoticon-Ngacir
emansipasi sekarang usumnya gan
Emansipasi itu jgn kebablasan...

Dari fisiknya aja cow & cew itu berbeda, jadi ga semua hal bisa disamaratakan


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di