KOMUNITAS
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
Proposal Usaha dan Komponennya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6180c9d8ce63a22fe36f1049/proposal-usaha-dan-komponennya

Proposal Usaha dan Komponennya

Proposal Usaha dan Komponennyanikojulius.com
Komponen Proposal Bisnis

Kehidupan manusia dipenuhi oleh kegiatan. Dari lahir hingga meninggal manusia terus beraktivitas. Apapun yang dilakukan manusia adalah kegiatan, bahkan jika hanya membolak-balik majalah sambil menikmati secangkir teh. Selain itu manusia juga melakukan kegiatan-kegiatan yang ragamnya tidak terhitung seperti berolah raga, bermain, beribadah dan lain-lain.

Kegiatan manusia tidak hanya memiliki jenis yang banyak namun dampaknya juga tak sedikit. Hal yang pasti muncul di setiap aktivitas manusia adalah dampaknya. Beberapa hal yang dilakukan manusia berdampak baik pada sesamanya namun selebihnya tidak. Sebagian hal yang dilakukan manusia bisa berakibat buruk pada banyak pihak termasuk pelakunya sendiri. Salah satu kegiatan manusia yang berdampak tak baik bagi dirinya dan orang sekitarnya adalah berkendara secara kebut-kebutan. Orang yang berkendara dengan kecepatan tinggi di jalanan umum dapat membahayakan keselamatan bahkan menghilangkan nyawa orang lain.

Contoh bisnis
Salah satu aktivitas yang membawa dampak baik dalam kehidupan manusia adalah berbisnis. Jika berjalan mulus bisnis merupakan suatu kegiatan yang bisa mensejahterakan kehidupan manusia. Berbisnis secara tidak langsung bisa membuat orang melakukan investasi jangka panjang. Di samping itu, bisnis juga bisa dikembangkan jika punya prospek bagus. Setiap tempat punya peluang bisnis yang tak sama. Sebagai contoh, bisnis es boba tidak terlalu diminati di daerah dingin. Selain itu, bisnis minuman boba identik dengan kalangan muda. Penyuka minuman boba didominasi oleh anak-anak dan remaja. Jadi selain mesti mencari daerah yang panas bisnis es boba juga berpotensi bagus di tempat yang banyak anak-anak dan remajanya.

Contoh sederhana potensi bisnis minuman boba menunjukkan bahwa perencanaan bisnis sangat penting. Jika tidak dikaji dari awal, sebuah bisnis bisa hancur dengan cepat. Hal tersebut bisa saja terjadi karena bisnis memiliki resiko yang sangat besar. Sebuah bisnis yang telah didirikan akan mengalami masa sulit selama 1 hingga 3 tahun pertamanya. Selain beresiko besar dan pengembangannya yang tidak mudah pandemi covid-19 memperburuk potensi bisnis. Situasi pandemi ini membuat 85,42 persen dari seluruh UMKM bertahan hanya setahun. Jadi tidak ada salahnya kalau sebuah bisnis dimulai dengan perencanaan yang detil. Perencanaan bisnis dapat mencegah kerugian yang diakibatkan jika sebuah bisnis tutup. Hal tersebut disebabkan oleh perencanaan bisnis yang juga berfungsi sebagai simulasi bisnis tanpa harus memulainya. Dalam perencanaannya kemungkinan-kemungkinan yang akan ditemui dalam bisnis akan dipelajari. Sebuah kemungkinan akan dimaksimalkan jika berpengaruh baik pada bisnis. sebaliknya kemungkinan buruk akan dihindari. Perencanaan bisnis bisa berbentuk proposal bisnis.

Proposal bisnis
Proposal bisnis berguna untuk mengajukan rencana sebuah usaha. Proposal tersebut diajukan oleh setiap orang yang butuh dana buat mengembangkan bisnisnya. Sebuah proposal bisnis dibuat dengan struktur baku seperti proposal pada umumnya. Dalam proposal bisnis terdapat beberapa poin penting yang harus dicantumkan. Poin-poin tersebut terdiri dari nama perusahaan, jenis usaha, informasi kontak perushaan seperti email, akun media sosial dan lain-lain. Orang yang mengajukan proposal usaha membubuhi dokumen tersebut dengan rancangan usaha secara lengkap, rincian dana usaha, sasaran usaha, proses produksi serta rencana pembagian keuntungan dengan investor.

Manfaat proposal bisnis
Sebuah proposal bisnis bisa bermanfaat dalam pembandingan rencana bisnis dengan kenyataan. Manfaat tersebut dapat menunjukkan gambaran bisnis tak cuma dalam bentuk rancangan namun juga realita. Manfaat lain proposal bisnis juga berupa bantuan untuk menguji strategi yang disusun. Yang paling penting dari manfaat proposal usaha adalah pendalaman terkait potensi pasar sebuah usaha. Selain itu proposal juga memberi ruang bagi pelaku usaha untuk berpikir kritis dan objektif hingga bisa mengukur peluang keberhasilan usahanya. Terkait finansial, proposal usaha bermanfaat dalam perincian sumber pemasukan dan pengeluaran usaha secara transparan. Sedangkan untuk sang pelaku usaha, proposal dapat menunjukkan kemampuan manajerialnya serta kewajibannya sebagai pemimpin.

Menyiapkan proposal bisnis
Cara menyiapkan proposal usaha cukup sederhana. Anda hanya butuh menjelaskan usaha yang anda jalani, produk yang dijual, dimana anda menjual produk tersebut, seperti apa target pasar produk anda dan lain-lain. Hal pertama yang dibuat dalam proposal usaha adalah uraian mengenai usaha. Dalam poin tersebut anda harus memberitahu latar belakang memilih usaha tersebut, apa kelebihan usahanya, dan potensi permasalahan yang akan dihadapi serta penyelesaian masalahnya. Untuk penjelasan produk, anda bisa menjelaskan ukuran produk serta jenis-jenisnya. Tak hanya itu, hal berkaitan dengan produk seperti kegunaan, keistimewaan dan kuantitas produk juga perlu dijelaskan. Selain ragam ukuran, jenis, fungsi dan kelebihannya uraian tentang kebutuhan konsumen akan produk, persaingan usaha, sumber daya penunjang produksi dan daya beli konsumen juga akan dibahas pada poin tersebut.

Lokasi usaha
Jarak lokasi usaha dengan konsumen adalah penentu laris atau tidaknya sebuah usaha. Konsumen akan lebih memilih usaha yang mudah dijangkau daripada yang jauh. Walau mengharuskan konsumen merogoh kocek lebih dalam pun lokasi yang dekat akan jadi idola. Keterjangkauan lokasi perusahaan akan menjadi faktor penentu cepat atau tidaknya perkembangan perusahaan tersebut. Hubungan lokasi usaha dengan konsumen disebut dengan forward linkage. Namun hal yang harus diperhatikan terkait lokasi usaha tak selalu yang terhubung langsung dengan konsumen. Pertimbangan lokasi yang juga tidak kalah penting adalah backward linkage. Jika forward linkage adalah hubungan lokasi usaha dengan konsumen atau end user, backward linkage adalah keterkaitan lokasi usaha dengan sumber bahan baku produk. Backward linkage yang ideal akan melancarkan produksi.

Pasar
Penentuan pasar untuk sebuah usaha meliputi segmentasi pasar, strategi, target usaha, dan kebijakan harga. Semuanya harus jelas. Jika tidak maka target awal usaha juga akan tak terlihat. Selain itu pasar pada proposal usaha juga terdiri dari jenis pasar yang akan dijadikan tempat bersaing. Jenis-jenis pasar tersebut terdiri dari pasar monopoli, pasar persaingan sempurna, oligopoli, monopsoni, dan monopolistis. Wirausaha bisa menentukan tempat persaingan usahanya dari produk yang ditawarkannya.

Wirausaha menjalani persaingan usaha yang tak mudah. Perjalanannya untuk menjalankan usaha harus dibarengi penentuan posisinya dalam kompetisi. Ada empat posisi dalam persaingan usaha yakni pemimpin pasar, penantang pasar, pengikut dan peluang pasar. Wirausaha harus menentukan posisi yang bakal ditempati oleh usahanya. Selain posisi, wirausaha juga bakal menjelaskan strateginya dalam memenagkan persaingan.

Laporan keuangan
Laporan tentang keuangan juga bakal dicantumkan secara rinci dalam proposal usaha. Wirausaha bakal memberi laporan laba rugi. Selain itu, estimasi biaya dan pendapatan juga bakal ditulis. Wirausaha yang perusahaannya sudah berjalan juga akan menjelaskan catatan keuangan tahun sebelumnya. Pencatatan terkait keuangan tersebut bisa digunakan untuk persiapan pengelolaan keuangan dan dapat mencegah potensi masalah yang bakal muncul di kemudian hari.

manajemen perusahaan
Manajemen perusahaan harus dicantumkan juga dalam proposal bisnis. Beberapa keterangan penting seperti kepemilikan, struktur modal, peranan organisasi dan status badan hukum perusahaan adalah bagian manajemen. Penjelasan mengenai bentuk perusahaan juga harus dimasukkan. Bentuk perusahaan bisa berupa perorangan, CV, firma dan perseroan terbatas atau badan usaha lainnya.

personalia
Personalia adalah penghubung antara perusahaan dengan karyawan. Komponen tersebut mengelola aktivitas perusahaan yang ada kaitannya sama administratif. Tak hanya bertanggung jawab dalam aktivitas administratif tapi personalia juga berfungsi untuk mengatur hubungan industrial karyawan dengan perusahaan. Pada poin personalia anda dapat mencantumkan struktur personalia perusahaan secara lengkap.

lampiran
Lampiran di bagian proposal bisnis terdiri dari dokumen perusahaan yang berkaitan dengan hukum. Fungsi lampiran adalah untuk memperjelas status gedung atau tanah yang ditempati perusahaan. Lampiran terdiri dari dokumen penting yang beragam. Dokumen-dokumen tersebut bisa berupa sertifikat tanah, SIUP, dokumen pendirian perusahaan dan lain-lain.

Referensi
Jurnal.id
Katadata.co.id
Jurnal.id
koinworks.com
kumparan.com
profile-picture
say.business memberi reputasi
Diubah oleh GutSchreiben


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di