CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
"what about..." whataboutisme tehnik bersilat lidah?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/617a64cca5b39f770706f0da/quotwhat-aboutquot-whataboutisme-tehnik-bersilat-lidah

"what about..." whataboutisme tehnik bersilat lidah?

Gan n Sis pernahkan mendengar istilah whataboutism? berasal dari kata What dan About, ketika seseorang mengajukan kritik kemudian disanggah dengan diawali "whatabout... (beserta contoh yang dilakukan lawan walaupun tidak relevan)", hingga pembahasan keluar dari akar masalah sebenarnya.
"what about..." whataboutisme tehnik bersilat lidah?
Whataboutism adalah jenis logical fallacy yang terjadi ketika seseorang mencoba mengalihkan fokus dari masalah saat ini dengan membuat tuduhan balik, mensetarakan kasus lain meskipun tidak relevan sebagai pembanding atas tuduhan atau kritikan yang dilontarkan lawan.

Ini adalah bentuk spesifik dari tu quoque fallacy,
Quote:


Whataboutism adalah teknik umum untuk membenarkan atau meremehkan kesalahan dan kesalahan seseorang. Kemungkinan, karena kita manusia cenderung membandingkan-bandingkan diri kita dengan orang lain di lingkungan kita.
"what about..." whataboutisme tehnik bersilat lidah?
Tehnik bersilat lidah ala whataboutism berkembang di era perang dingin, tehnik retorika yang kerap dipakai Uni Soviet terhadap tundingan negara barat terutama seterunya Amerika Serikat.
"what about..." whataboutisme tehnik bersilat lidah?
Whataboutism memang sering dipakai sebagai tameng oleh para politisi atau rezim pemerintah yang anti kritik untuk membela diri dan menghindar dari tanggung jawab.

Whataboutism juga biasa dipakai oleh para politisi untuk menjaga agar ia tidak kehilangan dukungan dari pendukungnya. Para simpatisan dari tokoh atau kelompok tertentu, buzzer misalnya, menggunakan whataboutism untuk membela junjungannya dan menyerang simpatisan pihak lawan.

Contoh-contoh whataboutism dapat dengan mudah Gan n' Sis temui dilingkungan pergaulan, sosial media juga di kaskus tentunya demi membela membabi buta junjungan masing-masing.
"what about..." whataboutisme tehnik bersilat lidah?
Quote:


Membelokkan atau mengalihkan satu topik ke topik lain yang menyesatkan dan tidak relevan hanya akan mengaburkan fakta dan mengabaikan kebenaran. Alih-alih berupaya meraih simpati untuk berempati, whataboutism membuat seseorang dengan gampang menyepelekan sesuatu. Gas dulu, bener salah urusan belakangan
if shit happens, then it wasn't ours.
emoticon-No Hope
"what about..." whataboutisme tehnik bersilat lidah?
dirangkum dari berbagai sumber, diantaranya :

https://fallacyinlogic.com/whataboutism/
https://digstraksi.com/mengenal-what...i-jadi-ambyar/
https://www.dictionary.com/e/whataboutisms/
profile-picture
profile-picture
profile-picture
asamboigan dan 26 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh gembelngehe
Halaman 1 dari 2
banyak yang gak sadar dirinya adalah penganut whataboutism ini.

Ane baru tahu ada istilah ini mod. Tapi jujur suka kesel kalo lawan debat suka ngelebar2in masalah.

BUkan apa-apa sih, kalo melebar, rasanya ya kapan kelarnya ini persoalan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
doelstac dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Masih sodaraan dengan ad hominem dan sodara2 yg lainnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Pembicaraan yang sangat berat biar yg diatas ane aja yg nanggung beratnya
profile-picture
profile-picture
zeze6986 dan gembelngehe memberi reputasi
Waaaa mod tulisan kece badai...


Tapi mod gue baru tau istilah ini loh ...nice share mod...be like gue mod
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pulaukapok dan 3 lainnya memberi reputasi
macem kelompok mayoritas di negara ini ya
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan gembelngehe memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
BodoAmatism emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
artqman dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
hal itu, apa bs jg disebut sebagai ilmu pengalihan isu, agan TS...... emoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
zeze6986 dan gembelngehe memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
About is berat, OmOd.
emoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zeze6986 dan 2 lainnya memberi reputasi
Membandingkan dua hal yg salah tidak akan menjadikan hal tersebut benar ya akhi emoticon-Maaf Agan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
orang2 begitu bahaya kalo punya panggung gan, kalo kata guru ane "kalopun mereka kalah (argumen), mereka bisa menyelamatkan diri"
profile-picture
profile-picture
profile-picture
artqman dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Teknik bersilat lidah untuk sang penjilat 😝
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
Si nganis kah?
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jaman sekarang ada lagi yang lebih canggih...sampai 7 juta orang bisa terhipnotis sekaligus

Namanya wan-abudisme..
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan gembelngehe memberi reputasi
French Kiss juga bisa silat lidah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
71disini dan 2 lainnya memberi reputasi
Biasa orang munafik yang silat lidah macam ini
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan gembelngehe memberi reputasi
Apa yg dijelaskan TS uda biasa terjadi dikaskus bahkan smpe detik ini.
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan gembelngehe memberi reputasi
Di perdebatan netizen terkait politik ato political correctness biasanya sering muncul.
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan gembelngehe memberi reputasi
Whataboutism itu counter argument paling efektif karena semua manusia itu munafik.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 3 lainnya memberi reputasi
Sering terjadi biasanya yang sering pake begini orang yang minim literasi eheheh
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan gembelngehe memberi reputasi
itulah kenapa ane kalo main game RPG selalu ngabisin poin di Speech. emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan gembelngehe memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di