CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Tarif PCR Akan jadi Rp 300 Ribu, Menkes: Jika Turun Masuk 10 Persen Termurah di Dunia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6177eeb585062924616b592c/tarif-pcr-akan-jadi-rp-300-ribu-menkes-jika-turun-masuk-10-persen-termurah-di-dunia

Tarif PCR Akan jadi Rp 300 Ribu, Menkes: Jika Turun Masuk 10 Persen Termurah di Dunia

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengklaim jika harga tes PCR di Indonesia bisa turun ke Rp 300 ribu, maka tarif tersebut bakal masuk ke dalam 10 persen termurah dibanding harga PCR di bandara-bandara di dunia.

Sebelum diturunkan saja, kata Budi, tarif PCR Indonesia yang tahun lalu hingga Juli 2021 sebesar Rp 900 ribu, sudah masuk 25 persen termurah ketimbang harga tes di bandara - bandara di dunia.

"Jadi kalau diturunkan ke 300 ribu itu mungkin masuk 10 persen kuartal yang paling murah dibanding harga PCR airport di dunia," ujar Budi dalam konferensi pers virtual, Selasa, 26 Oktober 2021.

Menurut Budi, negara dengan tarif paling murah di dunia adalah India, dengan harga tes PCR sekitar Rp 160 ribu. "India memang negara paling murah untuk semuanya, selain Cina."

Kunci murahnya harga PCR di India, tutur dia, adalah lantaran mereka memiliki produksi di dalam negeri dan economic of scale lantaran penduduknya yang mencapai hampir 2 miliar jiwa. Dengan demikian, harga tersebut bisa tercapai.

"Tapi sebagai informasi, harga PCR yang ditentukan presiden sudah masuk 10 persen paling murah dibanding harga tes PCR di seluruh dunia," ujar Budi.

<!--more-->

Sebelumnya, Rencana penurunan harga tes PCR itu sejurus dengan niat pemerintah memperluas penerapan hasil tes tersebut sebagai syarat perjalanan. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan ketentuan itu akan berlaku untuk mengantisipasi lonjakan penularan pada periode libur Natal dan Tahun Baru.

Berdasarkan hasil survei Balitbang Kemenhub, diperkirakan sekitar 19,9 juta orang akan melakukan perjalanan pada periode libur Natal dan Tahun Baru atau Nataru. Adapun di Jabodetabek diperkirakan 4,45 juta orang melakukan perjalanan.

Untuk itu, Luhut mengatakan situasi tersebut perlu diimbangi dengan pengaturan protokol kesehatan yang ketat. Persoalan itu pun dibahas oleh Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas bersama jajarannya, kemarin.

Luhut mengatakan Presiden Jokowi telah memberi arahan agar jajarannya segera mengambil langkah dan kebijakan. Dengan demikian, harapannya tak ada peningkatan kasus akibat libur Nataru.

Ia menegaskan bahwa pemerintah belajar dari banyak negara yang melakukan relaksasi aktivitas masyarakat dan protokol kesehatan, kemudian kasusnya meningkat pesat. Padahal, tingkat vaksinasi di negara-negara tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan Indonesia. Misalnya saja di Inggris, Belanda, Singapura dan beberapa negara Eropa lainnya.

Untuk itu, Luhut mengatakan bahwa kewajiban penggunaan PCR sebagai syarat perjalanan utamanya bertujuan untuk menyeimbangkan relaksasi pada aktivitas masyarakat, terutama sektor pariwisata.

"Secara bertahap penggunaan tes PCR akan juga diterapkan pada transportasi lainnya antar kota dan provinsi selama dalam mengantisipasi periode Nataru," ujar Luhut, Senin, 25 Oktober 2021.

https://www.google.com/amp/s/bisnis....murah-di-dunia


Berikut ini adalah daftar harga tes PCR di 69 bandara di seluruh dunia yang diteliti Skytrax yang dipublikasikan tanggal 16th April 2021 di website: https://skytraxratings.com/the-varyi...ound-the-world
(tarif tes swab PCR telah dikonversi ke dalam USD atau dolar Amerika per 15 April 2021):

1. Kansai 404 USD

2. Helsinski 317 USD

3. Stockolm 295 USD

4. Tokyo Narita 275 USD

5. SanFransisco 261 USD

6. Nagayo Centrair 256 USD

7. New York JFK 179 USD

8. Kopenhagen 168 USD

9. Zurich 162 USD

10. Amsterdam 154 USD

11. Munich 152 USD

12. Chicago O'Hare 145 USD

13. Luksemburg 142 USD

14. Oslo 142 USD

15. Warsawa 136 USD

16. East Midlands 135 USD

17. London City 135 USD

18. London Luton 135 USD

19. Manchester 135 USD

20. London Stansted 135 USD

21. Los Angeles 125 USD

22. Singapura 120 USD

23. Dublin 118 USD

24. Wina 118 USD

25. Birmingham 110 USD

26. Edinburgh 110 USD

27. Glasgow 110 USD

28. Ft Lauderdale 106 USD

29. Vilnius 95 USD

30. Roma Fiumicino 83 USD

31. Praha 83 USD

32. Berlin 82 USD

33. Koln 82 USD

34. Dusseldorf 82 USD

35. Frankfurt 82 USD

36. Hamburg 82 USD

37. London Gatwick 82 USD

38. Brussel 80 USD

39. Bogota 77 USD

40. Athena 71 USD

41. Seoul Incheon 71 USD

42. Malaga 69 USD

43. Madrid 69 USD

44. Palma Mallorca 69 USD

45. Hongkong 64 USD

46. Denpasar Bali 61 USD

47. Sao Paulo 61 USD

48. Jakarta Indonesia 54 USD

49. Muskat 50 USD

50. Riga 44 USD

51. Cape Town 42 USD

52. Johannesburg 42 USD

53. Dubai 41 USD

54. Kyiv Zhuliany 40 USD

55. Kyiv Boryspil 40 USD

56. Almaty 36 USD

57. Istanbul 33 USD

58. DME Moskow 30 USD

59. Hurghada 30 USD

60. Sharm El Sheikh 30 USD

61. Rostov-on-Don 26 USD

62. Koltsovo 24 USD

63. SVO Moskow 23 USD

64. Kuromochu 22 USD

65. Nursultan 20 USD

66. Tokyo Haneda 17 USD

67. Minsk 15 USD

68. Delhi 11 USD

69. Mumbai 8 USD


https://www.google.com/amp/s/bisnis....donesia-berapa

AIRPORT PCR TEST PRICES
Tarif PCR Akan jadi Rp 300 Ribu, Menkes: Jika Turun Masuk 10 Persen Termurah di Dunia


RAPID ANTIGEN TEST PRICES
Tarif PCR Akan jadi Rp 300 Ribu, Menkes: Jika Turun Masuk 10 Persen Termurah di Dunia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ferist123 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh joko.win
Halaman 1 dari 2
Jadi bancakan semua. Aplikasi peduli juga error terus.

Tarif PCR Akan jadi Rp 300 Ribu, Menkes: Jika Turun Masuk 10 Persen Termurah di Dunia
profile-picture
profile-picture
baikapuk dan crot113 memberi reputasi
Diubah oleh aki.di.tio
Bisnis menggiurkan
cerita dari seseorang kalo doi invest 5M utk bisnis PCR…..
doi lompat kegirangan waktu denger peraturan pesawat wajib pcr..

bgitu denger pcr di turunin jd 300rb…doi tetep seneng….”ya ok lah” katanya…

bener2 bisnis cuan….

di atas penderitaan orang..

emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
whyjtilpg dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Anjayyy emoticon-Ngakak
udah vaksin masih harus pcr?

aku rapopo…

emoticon-Frown
Demo donk mana tuh partai oposisi ,dpr diam aje setan emang pd main zona nyaman yg penting duit ngalir
profile-picture
gagal.jadi.nabi memberi reputasi
Yg apes yah distributor penimbun yg plng akhir/belakangan, sama spt masker kemarin,cuma bedanya,masker cepat jatuh krn masyarakatnya kreatif dgn menciptakan masker sendiri,dan penimbun yg belakangan akhirnya hrs obral, beda dgn PCR dimana alat tsb tdk bs diciptakan terkecuali bahan2 pembuatan alat tsb bs dibuat disini sesuai standard WHO.

Utk saat ini,yah distibutor alkes lg menikmati untung krn pemerintah "memaksa" penumpang pesawat utk test PCR yg dulunya bs lewat dgn test Rapid Antigen. Sdh pasti terlepas benar atau tidaknya rumor adanya permainan, masyarakat uda terlanjur skeptis pd pejabat pemerintah yg terkait sampai² Presiden turun tangan.
profile-picture
profile-picture
gagal.jadi.nabi dan crot113 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Klean itu besar kepala emoticon-Cool harus nya klean yg bayari tiap org di pcr 10rb, soal nya nge ganggu aktifitas. emoticon-Cape d... kok malah nagih 300rb
Diubah oleh mibmobz
Disenggol hotman cs soal harga di india.
Rame2 ngejelekin india dibilang ini lah itulah kualitasnya dan bilang harga di nkri wajar.
Giliran presiden nyuruh nurunin, rame2 bilang harga pcr di nkri termasuk paling murah se dunia
emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga

Dan ingat ini masih akanemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk

Realisasinya di lapangan emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
gagal.jadi.nabi dan janurhijau memberi reputasi
Diubah oleh kelayan
Setelah ini kalau kasus melonjak pakde Joko bisa2 di protes karena menurunkan harga PCR emoticon-Cape d...
emoticon-Bingung
Coba compare sama pendapatan perkapita
TS kena banned...
profile-picture
profile-picture
ferist123 dan mubafirs memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
emoticon-Ngakak
Kok udah jadi anak band
Masi bisa diakalin..
Pcr 300 ribu hasilnya baru keluar besok..
Pcr 850 ribu hasilnya bisa keluar skrg.. kira2 yg lokasi test jauh dr rumah dan mau naek pesawat ambil yg mana?
profile-picture
gagal.jadi.nabi memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengklaim jika harga tes PCR di Indonesia bisa turun ke Rp 300 ribu, maka tarif tersebut bakal masuk ke dalam 10 persen termurah dibanding harga PCR di bandara-bandara di dunia.

Sebelum diturunkan saja, kata Budi, tarif PCR Indonesia yang tahun lalu hingga Juli 2021 sebesar Rp 900 ribu, sudah masuk 25 persen termurah ketimbang harga tes di bandara - bandara di dunia.

"Jadi kalau diturunkan ke 300 ribu itu mungkin masuk 10 persen kuartal yang paling murah dibanding harga PCR airport di dunia," ujar Budi dalam konferensi pers virtual, Selasa, 26 Oktober 2021.

Terus kenapa kalau paling murah? Hasilnya diragukan? emoticon-Big Grin
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
udah 2 kali vaksin, tapi masih harus test?

awowowowowowk emoticon-Big Grin


profile-picture
gagal.jadi.nabi memberi reputasi
Struktur biaya PCR itu tidak mungkin bisa turun dalam hitungan hari / minggu, hanya karena ucapan seorang jokowi,

Jadi kalau ternyata bisa, artinya selama ini harga PCR yang ditetapkan pemerintah sangatlah mahal dan patut dicurigai banyak pejabat dan nakes yang berbisnis di tengah penderitaan rakyat
profile-picture
gagal.jadi.nabi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
India bisa murah banget gitu
profile-picture
gagal.jadi.nabi memberi reputasi
Bisnis semakin berkembang emoticon-Cool
Halaman 1 dari 2


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di