CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Begini Situasi 8 Aksi Protes Terbesar Yang Pernah Tercatat Dalam Sejarah Dunia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6177c73cbac83a3a7a6d6260/begini-situasi-8-aksi-protes-terbesar-yang-pernah-tercatat-dalam-sejarah-dunia

Begini Situasi 8 Aksi Protes Terbesar Yang Pernah Tercatat Dalam Sejarah Dunia

Kalau kalian masih berdebat mengenai besarnya aksi 212 atau reuninya maka jangan salah, pernah lho dalam sejarah beberapa aksi protes terjadi dengan massa dan pengaruh yang signifikan berikut daftarnya. 212 juga termasuk di dalamnya kok..

1. Protes Perang Afghanistan
Quote:
sumber
Pada oktober 2001 amerika memerangi afghanistan dengan mengirim 140 ribu tentara asing ke wilayah tersebut, perang ini membunuh banyak orang dan menghabiskan banyak dana mereka sendiri, kecaman pun datang dari penjuru dunia bukan hanya oleh penduduk amerika sendiri namun seluruh dunia ikut mengutuk tindakan tersebut, bukan hanya dari aktivis ham tapi semua kalangan ikut meresponnya. Protes ini mungkin sama dengan protes terhadap perang vietnam yang juga diprakarsai oleh amerika serikat di tahun 1960-an.


2. Protes Perang Vietnam
Quote:
sumber
Antara tahun 1960-an hingga 1970-an adalah masa-masa perang dan politik sehingga muncul istilah era bunga. Bunga dan jargon telah menjadi warna tersendiri di fase ini, Kecaman terhadap perang banyak diangkat dalam seni dan sastra termasuk lagu-lagu, seperti lagu-lagu dari penyanyi era bunga Bob Dylan, John Lennon, Janis joplin dan sebagainya. Pemerintahan mengenai perang yang ada di vietnam pemicu kemarahan public, secara global orang-orang memprotes perang tersebut, terkhususnya negara-negara eropa setidaknya hampir semua gerakan sosial merespon isu kemanusiaan yang ada di Vietnam, bermunculanlah surat kabar, selebaran protes pawai dan long march damai, tidak seperti aksi protes yang punya titik kumpul dan jumlah massa yang jelas, gerakan anti perang di masa bunga terjadi sporadik di mana-mana menjadi pemberontakan kontra budaya yang terbesar hingga sekarang. Gerakkan anti perang pun muncul seperti bunga di musim semi.


3. Women Strike For Peace
Quote:
sumber
Aksi protes yang juga merespon juga perang datang dari kelompok perempuan di amerika serikat, sekitar 50 ribuan perempuan melakukan long march berkeliling ke 60 negara bagian amerika serikat di tahun 1961. Aksi protes ini lebih spesifik menentang uji senjata nuklir amerika serikat, ada juga 1500 perempuan yang berkumpul di alun-alun monument washington, untuk itu mereka rata-rata mengantisipasi efek dari uji senjata berbahaya ini termasuk efek yang akan ditimbulkan kepada perkembangan anak dan ibu hamil, aksi protes selama ini diwarnai dengan varian aksi longmarch, pendudukan gedung dan pembukaan dapur umum untuk para massa aksi. Sebuah gerakan yang masih membawa nuansa bunga di tahun 1960-an, kelompok informal ini bahkan berhasil mendorong John F Kennedy untuk menandatangani perjanjian larangan uji senjata nuklir bersama Uni Soviet, 2 tahun setelah protes besar.


4. Revolusi Tenang
Quote:
sumber
Cekoslavia berpisah pada tahun 1993 menjadi dua negara yakni Slovakia dan Ceko, pemisahan ini disebabkan oleh banyak hal termasuk di antaranya karena pergolakan dari 2 etnis berbeda yang ada di ceko dan Slovakia, aksi protes besar terjadi antara bulan November dan bulan Desember tahun 1989. Revolusi tenang ini juga dikenal dengan sebutan Velvet Revolution yang menjadi masa transisi kekuasaan tanpa kekerasan, hampir seluruh mahasiswa turun kejalan menentang pemerintahan satu partai. Diikuti oleh banyak cendekiawan tua, dalam waktu sebulan gerakan masif ini mengubah banyak hal salah satu warisan nya ya itu tadi ceko dan slovakia.


5. Salt Satyagraha
Quote:
sumber
Salt Satyagraha atau pawai Gandhi menjadi bagian dari gerakan kemerdekaan india, aksi besar dimulai pada tanggal 12 Maret 1930 sekitar ratusan ribu orang india turun ke jalan melakukan pawai selama 24 hari, awalnya pawai hanya diikuti oleh 80 orang termasuk gandhi. Selama melakukan pawai massa india semakin bertambah dengan jumlah yang datang dari sepanjang jalan, massa pawai bersama Mahatma Gandhi memproduksi garam tanpa membayar pajak ini dilakukan sebagai protes terhadap kebijakan kolonialisme inggris di negara tersebut. Nah aksi perlawanan pajak garam ini berlangsung selama setahun dan lebih dari 80 ribu orang india termasuk mahatma gandhi dipenjarakan, pawai ini disoroti secara internasional hingga berefek pada terjadinya banyak rentetan usaha pelepasan india dari tangan inggris.


6. Seattle 1999
Quote:
sumber
Aksi protes besar selanjutnya adalah gerakan anti globalisasi yang terjadi di Seattle tahun 1999, gerakan ini merespon pertemuan WTO di Amerika, gerakan ini adalah respon kritis terhadap kekuasaan korporasi multinasional atau perdagangan bebas dikenal juga sebagai pengembangan neoliberalisme, kompleksitas gerakan ini bisa dilihat dari pertentangan penggunaan jargon anti globalisasi serta masa yang berpartisipasi datang dari banyak kepentingan dan kelompok, setidaknya masa heterogen ini berjumlah ribuan hingga jutaan. Sebagian besar pengunjuk rasa menutup akses pada delegasi pertemuan WTO, ada juga yang menuntut pembatalan upacara pembukaan, penghancuran properti tanpa melukai warga sipil lainnya, penutupan toko dan pabrik. Setidaknya ratusan pemrotes ditangkap dan disiksa, suasana pun semakin kacau dan kepolisian pun membubarkan aksi dengan membabi buta ditembak ke segala arah dengan peluru dan gas air mata. Aksi protes besar ini pun inspirasi hingga pernah diangkat dalam sebuah film yang berjudul beatle in seattle. Film yang dianggap bercerita dari sudut pandang pemerintah dan kepolisian.


7. Paris 68
Quote:
sumber
Gerakkan budaya yang hampir sama terjadi di Paris, sebuah gerakan pembongkaran budaya lama yang melumpuhkan Paris atau Perancis selama seminggu. Awal ledakan terjadi di bulan Mei tahun 1968 dimulai dari pemogokan mahasiswa dan pelajar di paris yang menentang pemerintahan otoriter saat itu, kemudian diikuti protes sosial puluhan juta pekerja pabrik lanjut berkumandangnya protes dari para seniman dan akademisi, pawai pawai meriah diadakan, pertunjukan teater jalanan, long march damai dilaksanakan, diskusi dan debat terjadi di ruang rapat parlemen, pabrik, kampus dan sekolah. Walaupun begitu ada juga aksi yang diwarnai kekerasan, pemberontakan budaya paris berpengaruh hingga saat ini seperti terciptanya banyak jargon kebudayaan dan sosial “dilarang-larang larilah kawan dunia lama mengejarmu, di bawah batu jalanan ada pantai, kehidupan tidak ada di sini dan sebagainya”. Bukan hanya jargon terkenal seperti itu, ilmu pengetahuan saat ini juga dipengaruhi oleh ilmu cultural studi yang banyak mengambil contoh Paris 68.


8. 212
Quote:
sumber
Aksi 212 yang pertama diadakan pada tanggal 2 Desember 2016 di Jakarta Indonesia termasuk dalam aksi yang besar, pengaruhnya mungkin tidak semenggelora aksi-aksi didaftar sebelumnya ya, tapi massa yang hadir pun sangat banyak. Aksi damai ini dirangkaikan dengan doa dan salat jumat bersama, presiden pun hadir bersama dengan massa aksi tersebut. Agenda ini diadakan lagi untuk mengenang aksi 212 tadi dalam acara bertajuk reuni 212, reuni ini sekaligus menjadi momen protes terhadap tindakan blunder ahok kala itu, klaim dari penyelenggara menyebutkan masa mencapai 7,5 juta orang. Reuni 212 kembali digelar tanggal 2 Desember 2018, para alumni 212 bertemu kembali di Monas dengan jumlah diperkirakan sampai 11 juta orang.

Nah itulah 8 aksi protes terbesar di dunia yang pernah tercatat dalam sejarah versi Si.jonii, apabila ada yang kurang silahkan ditambahkan dikolom komentar. Semoga menambah wawasan kita dan sampai jumpaa..
profile-picture
profile-picture
cuanrecehh dan kreator.9.ES memberi reputasi
Diubah oleh Si.jonii
Nomer 8 yang paling greget yak...
emoticon-Matabelo
Begini Situasi 8 Aksi Protes Terbesar Yang Pernah Tercatat Dalam Sejarah Dunia
profile-picture
profile-picture
345love dan Si.jonii memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Post ini telah dihapus
Klaim hal hyperbola emang ga jauh2 dari kelompok ini ck ck ck
profile-picture
riodgarp memberi reputasi
protes demo mei 98 dan protes BlackLivesMatter tuh
profile-picture
profile-picture
jazzcoustic dan matcha.tea.1402 memberi reputasi

Quote:


Quote:

Banyak sih, tapi kok sering denger yg klaim 7 juta ya. Nggak sampai segitu kali emoticon-Ngakak (S)
Quote:

Nah yang ini kelihatannya lebih besar dari no.8
1989 Tiananmen Square protests and massacre
Yg di monas memang juaranya se jagat raya emoticon-Matabelo
profile-picture
habibpalsu14756 memberi reputasi
Ternyata dari jaman dahulu sudah ada yang namanya aksi protes....
seperti itu kirain jaman now doang
Zaman sebelum masehi ada?Begini Situasi 8 Aksi Protes Terbesar Yang Pernah Tercatat Dalam Sejarah Dunia
profile-picture
jazzcoustic memberi reputasi
ngeri juga ada yg dari indo
No.8 protes paling konyol dan paling ga perlu yah


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di