CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kaiten Si Torpedo Untuk Bom Bunuh Diri Jepang, Untuk Melawan Musuhnya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61776581b33f183ce57956e6/kaiten-si-torpedo-untuk-bom-bunuh-diri-jepang-untuk-melawan-musuhnya

Kaiten Si Torpedo Untuk Bom Bunuh Diri Milik Jepang Untuk Melawan Musuhnya

Kaiten Si Torpedo Untuk Bom Bunuh Diri Jepang, Untuk Melawan Musuhnya
Foto torpedo Kaiten | id.wikipedia.org


Kaiten adalah sebuah torpedo yang dikendalikan secara manual, dalam artian torpedo ini sengaja dirancang untuk misi bunuh diri (kamikaze) yang digunakan Jepang untuk meledakkan targetnya secara akurat.

Sebelum perang dunia kedua tentara Jepang sudah mempersiapkan diri untuk melakukan bom bunuh diri jika terjadi pertempuran di wilayah lautannya dan torpedo ini juga digunakan saat Jepang tersudut saat perang di lautan.

Alasannya tentara Jepang menggunakan istilah Kaiten bisa ditarik secara perspektif budaya yang memiliki arti kematian secara terhormat dan mereka yang bunuh diri menggunakan torpedo Kaiten maka akan berstatus sebagai pahlawan yang gugur.

Kaiten Si Torpedo Untuk Bom Bunuh Diri Jepang, Untuk Melawan Musuhnya
Foto torpedo Kaiten | wikiwand.com


Terpedo Kaiten tersebut sudah dirancang oleh kekaisaran Jepang jauh sebelum perang dunia kedua terjadi, Jepang memang sudah mempersiapkan diri dari awal jika lawan mereka adalah negara adikuasa, mengingat peluang mereka menang sangat kecil saat melawan Amerika Serikat.

Jendral perang Jepang mengatakan, lebih baik mati bunuh diri daripada mati ditangan musuh, oleh karena itu, ia sudah mempersiapkan sebuah torpedo yang diberi nama Kaiten. Rencana ini akan berjalan saat pasukan Jepang berada dalam lingkungan musuh, dalam artian saat terjadi kontak senjata maka torpedo ini akan di tembakkan ke kapal induk musuh.

Jendral mengatakan, bila misi bunuh diri memiliki keuntungan karena sangat akurat dibandingkan menggunakan perhitungan jarak dari radar. Jepang juga sebenarnya memiliki pesawat tempur bunuh diri atau dapat disebut dengan istilah "Kamikaze". Misalnya, seorang pengebom bunuh diri menggunakan pesawat tempur yang sudah berisi bahan peledak, kemudian menabrakkan pesawatnya ke target lawan baik itu markas musuh maupun objek vital.

Kaiten Si Torpedo Untuk Bom Bunuh Diri Jepang, Untuk Melawan Musuhnya
Foto torpedo Kaiten | williammaloney.com


Pada awal pengembangan Kaiten, para perancang torpedo sebenarnya sudah membuatkan fitur untuk melarikan diri bagi pilot sebelum torpedo mencapai sasaran. Karena dinilai hal tersebut sia-sia dan kurang akurat, sehingga pilot dianjurkan untuk melakukan bunuh diri

Torpedo kaiten di adopsi dari torpedo tipe 93, yang dianggap paling canggih saat perang dunia kedua, torpedo Kaiten ini memiliki panjang sekitar 15 meter, dan memiliki sebuah periskop, palka untuk keluar masuk, dan juga kontrol kemudi.

Kaiten ini memiliki berat 10 ton dan yang memiliki bahan peledak seberat 1.550 kg. Kaiten mampu melaju dengan kecepatan mencapai 55 km/jam dan bisa menyelam hingga 80 meter. Menurut catatan sejarah, jika Jepang memiliki 300 Kaiten dan sudah menggunakannya sekitar 100 unit termasuk diantaranya saat perang dunia kedua.

Kaiten akan diluncurkan dari kapal selam atau dari kapal induk di permukaan luat, namun sejauh ini Jepang hanya meluncurkannya dari kapal selam saja.




Penulis: Sambelterasi052
Referensi: 1. wikipedia.org - Kaiten
2. militaryfactory.com - Kaiten (Reverse Destiny) Midget Submarine / Manned Suicide Torpedo (1944)
Gabung Yuk di Komunitas: Toba Ethos
profile-picture
profile-picture
profile-picture
classic.arema dan 20 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Sambelterasi052
Halaman 1 dari 2
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rainever dan 3 lainnya memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh jlamp
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Italia juga punya... tapi lebih ke "pembawa ranjau"...
jadi kayak kapal selam mini berawak 2 buat bawa peledak ke kapal lawan, lalu kabur...

Maiale Italia
Kaiten Si Torpedo Untuk Bom Bunuh Diri Jepang, Untuk Melawan Musuhnya

jaman Trikora disebut² pasukan Kopaska mau hajar kapal induk Karel Doorman pake human torpedo juga, cuma batal terlaksana...cmiiw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kaiten Si Torpedo Untuk Bom Bunuh Diri Jepang, Untuk Melawan Musuhnya
Ilustrasi kaiten digendong Kapal Selam Jepang...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abhe406 dan 7 lainnya memberi reputasi
wah keren jepang....tinggal kapal perang kamikaze doang yg belum..... coba aja klo yamato bawa bom ribuan ton....kamikaze ke pearl harbor...lenyap tuh sekalian pulau2nya jugaemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan jlamp memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mantap gan, sejarah Perang Dunia II memang selalu menarik dibahas, apalagi tentang Jepang tempo dulu (IJA atau IJN)..
Banzai...
emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
Sambelterasi052 dan jlamp memberi reputasi
khusus submarines ya ini ?
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan Sambelterasi052 memberi reputasi
Salah satu saran terunik... "Sebaiknya bunuh diri".

Penasaran gimana muka yg dengerin saran itu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Lupa lagi pernah baca dibuku mana, tapi kasel mini Kaiten ini langsung digunakan untuk menghancurkan kapal perang Sekutu sebagai uji coba sekaligus menjadi penggunaan perdananya. Yang dimana dalam uji coba tersebut dikirim satu buah kaiten yang berisikan 2 orang untuk mencari dan melakukan serangan bunuh diri ke kapal perang Sekutu. Endingnya serangannya berhasil menewaskan 2 orang kru tersebut namun hanya merusak tidak menghancurkan kapal perang Sekutu.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan jlamp memberi reputasi
Diubah oleh comrade.frias
Jepang kalau urusan kamikaze gak ada tandingannya gans, sangat berani mengakiri hidup daripada diperbukan, kalau kita sebisa mungkin terus untuk bisa membalikkan keadaan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rezajulian dan 2 lainnya memberi reputasi
Kasihan orangnya
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Baca2 thread WW II
Bersyukur negara ini kalah.
Ya kejahatan perang pasti selalu ada.
Pengakuan dan pemberian kompensasi adalah salah satu obat meskipun tidak menyembuhkan semua luka.
But not with this J@p*n.
Lucu nya org sini suka banget ama produk2nya terutama JAV nya.
profile-picture
profile-picture
aquasunboy dan jlamp memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Hmm..... Drone bawah air yg manual ala peluru torpedo era WW 2........by japan fasisme.........serem......
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan jlamp memberi reputasi
unik juga... mantap.


btw, doakan terus yg terbaik untuk indonesia tercinta kita. Semoga kedepannya semuanya bisa jd lebih baik lagi, di segala bidang. Amin. Tuhan memberkati…
Diciptakan untuk bunuh diri emoticon-Turut Berduka
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Ngebayangin orang yang lagi pakai torpedo itu. Didalamnya kayanya sambil ngucurin air mata (karena waktu kematiannya udah bisa dilihat sendiri)
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan doc1989 memberi reputasi
ga heran enteng banget ngebunuhin rakyat negara jajahannya, tentara sendiri aja dikorbanin.... emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan doc1989 memberi reputasi
Semoga ga ada perang lagiemoticon-Cool
Mungkin mikirnya drpd mati ditangan musuh..

Kaiten mirip kapalselam mini ya
keqnya pernah nonton pelem nya.
Halaman 1 dari 2


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di