CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Ini Dia Resep Semur Bakal Telur, Kuy Cobain Masak!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61774a33bba7bc5ee808229f/ini-dia-resep-semur-bakal-telur-kuy-cobain-masak

Ini Dia Resep Semur Bakal Telur, Kuy Cobain Masak!

Ini Dia Resep Semur Bakal Telur, Kuy Cobain Masak!


Assalamu'alaikum wr.wb

Apa kabar Agan Sista di manapun berada, semoga kabar hari ini tetap sehat dan semangat.
Jumpa kembali dengan Thread saya seputar kulineran.

Masak apa ya hari ini?
Masak bakal telur, lho ada bakal telur, bakal telur apaan sih?
Bakal telur adalah telur yang belum jadi, jadi masih bentuknya kuningnya saja, belum ada putihnya. Bakal telur ini biasanya terdapat pada penjual ayam potong tapi bukan ayam yang horn itu Gan Sis, melainkan ayam petelur. Kalau di tempat saya biasanya menyebutnya ayam merah. Kenapa ayam merah mungkin karena bulunya merah.

Ayam merah ini biasanya dipotong karena sudah tidak produktif lagi untuk bertelur, makanya dipotong. Ayam merah biasanya kalau dipotong, di dalamnya masih terdapat bakal calon telur, kadang ada yang sudah jadi telur juga tapi belum sempat dikeluarkan oleh ayamnya keburu dipotong. Biasanya orang-orang menyebutnya dengan na endog-endogan. Alias telur-teluran padahal ini telur beneran lho bukan telur bohongan, cuma ini belum ada cangkangnya. Untuk ayamnya sendiri memasaknya cukup lama, karena dagingnya bisa alot kalau dimasak bentara , berbeda dengan ayam horn atau ayam broiler yang ayamnya empuk walaupun masaknya sebentar.

Kali ini saya akan memasak bakal calon telur menjadi semur yang tentunya enak dong, kalau biasanya bakal calon telur ini dibuat sate dimakan dengan bubur ayam kali ini saya ingin memasak semur.

Spoiler for Bakal Calon telur:


Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat semur bakal calon telur adalah sebagai berikut:

Bahan-bahan:

1. Bakal Calon telur 400 gram
2. Bawang merah 6 siung (iris tipis-tipis)
3. Kemiri 3 butir
4. Bawang putih 3 siung
5. Cabe rawit 5 buah ini sih sesuai tingkat kepedasan, yang nggak suk pedas bisa dikurangi
6. Cabe merah keriting 8 buah ini juga untuk yang nggak suka cabe bisa dikurangi
7. Merica bubuk satu sendok teh
8. Ketumbar seperempat sendok teh
9. Garam, gula merah, kecap secukupnya
10. Minyak untuk menumis
11. Air secukupnya
12. Serei
13. Daun salam dan daun jeruk wangi beberapa lembar.
14. Lengkuas.
15. Gula pasir secukupnya.

Cara memasak Semur bakal telur adalah sebagai berikut:

Pertama-tama cuci bersih bakal telur, rebus sampai matang tambahkan daun salam dan daun jeruk wangi pada saat merebus bakal calon telur, biar tidak bau amis, angkat tiriskan.
Kedua buat bumbu halus
Ketiga iris tipis-tipis bawang merah
Keempat panaskan minyak, masukan bumbunya tambahkan lengkuas dan serai geprek, tambahkan juga daun salam dan dau jeruk wangi. Tumus hingga harum, tambahkan sedikit air, masukan bakal telur, tambahkan gula merah, gula pasir, dan kecap, aduk-aduk tes rasa siap deh untuk dihilangkan dengan nasi hangat, wow mantap, jadi lapar. Mudah banget cara memasak nya nggak ribet lagi.

Ini Dia Resep Semur Bakal Telur, Kuy Cobain Masak!


Okey deh agan sista semuanya, sampai di sini Thread dari saya, semoga bermanfaat, bagi yang cobain mau masak silakan memasak sampai jumpa di Thread selanjutnya, tetap bahagia bersama keluarga dan orang-orang tercinta, bye ... bye ....

Ini Dia Resep Semur Bakal Telur, Kuy Cobain Masak!


Opini pribadi
Sumber gambar dok.pri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 20 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh trifatoyah
Halaman 1 dari 2
Reserved
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ngejleb dan 4 lainnya memberi reputasi
Masak bakal telur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ngejleb dan 5 lainnya memberi reputasi
Belum pernah makan ini. Waktu itu kk ipar masak tp aku ga boleh makan karena waktu itu lagi hamil.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ngejleb dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 308 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 308 balasan
Oh Uritan maksudnyaemoticon-Cool

Jaman ane kecil, ane sering diajak bokap makan bubur ayam favoritnya.. dan biasanya ada sate uritan ini selain sate hati/rempela ama usus.. endes sih.. sekarang kang bubur langanan itu dah tutup, padahal bisa menjadi obat rindu kalo lg kangen sama almarhum bokapemoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wo.shi.mei.nv dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh orca82
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Pakek jengkol Bun?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wo.shi.mei.nv dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kirimin dong semur telur nya ke Jakarta...Bunda Oya emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
togoggodot dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 172 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 172 balasan
belom pernah nyobainn, pengen nyobain ah nanti
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wo.shi.mei.nv dan 3 lainnya memberi reputasi
pake telur puyuh maknyoss sisemoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wo.shi.mei.nv dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:

Selamat mencoba
Quote:


Telur puyuh juga biasa masak. Tapi seringnya buat anak-anak, kolesterol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wo.shi.mei.nv dan 2 lainnya memberi reputasi
Wah mantap, apalagi kalo ada resep telur dadar krispi emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wo.shi.mei.nv dan 3 lainnya memberi reputasi
ini sama nggak sih,, dengan BRUTU??? 🤔
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ngejleb dan 5 lainnya memberi reputasi
Quote:

Enak tuh telur dadar krispy
Quote:


Ya bedalah, Brutu itu kan ayam Gan
profile-picture
profile-picture
wo.shi.mei.nv dan kakekane.cell memberi reputasi
Quote:


tapi saya sukanya berutu yg bnyk telurnya mbak emoticon-Genit
profile-picture
profile-picture
wo.shi.mei.nv dan black.robo memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Enak banget ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wo.shi.mei.nv dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Bukannya lebih mahal telur kayak gitu yak, soalnya jarang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wo.shi.mei.nv dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
pengen nyoba masak emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wo.shi.mei.nv dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalo misalnya dimasak pake bumbu balado enak nggak ya?emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wo.shi.mei.nv dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kolestol nya jahat beud... Jeroan
profile-picture
profile-picture
wo.shi.mei.nv dan trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Dikota malang carinya susah, udh keliling pasar traditional gak pernah nemu orang jual...
profile-picture
profile-picture
wo.shi.mei.nv dan trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
bagian ayam yang jadi kesukaan ane juga nih sis.. kalau di tempat ane namanya uritan.. ini mau dimasak apapun tetap enak.. seringnya sih di sop atau dirica.. disemur pasti enak juga..
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan wo.shi.mei.nv memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di