CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Guru Besar Unair: Orang Hidup Miskin Bukan karena Malas Kerja
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6175067d3a845a40b00a2631/guru-besar-unair-orang-hidup-miskin-bukan-karena-malas-kerja

Guru Besar Unair: Orang Hidup Miskin Bukan karena Malas Kerja

KOMPAS.com - Siapa yang ingin hidup miskin? Tentu tak satu pun dari kita ingin hidup dalam kemiskinan.

Konon, jika kita malas bekerja, hidup akan jadi lebih sulit. Lantas bagaimana kemiskinan dan kemalasan saling berkaitan?

Dari kacamata Ilmu Sosiologi, ada dua pandangan mengenai sebab kemiskinan.

Pertama, kemiskinan dianggap bersumber dari hal-hal yang berkaitan dengan karakteristik psikologis kultural individu. Contohnya malas atau tidak punya etos wirausaha.

Kedua, kemiskinan muncul dari faktor-faktor struktural. Seperti kurangnya kesempatan dan kompetisi yang terlalu ketat atau tidak memiliki modal usaha.


Atas dasar hal itu, Guru Besar FISIP Unair, Bagong Suyanto angkat bicara.


Menurut dia, miskin dan malas tidak berhubungan. Sebab, kemiskinan terjadi karena faktor-faktor yang sifatnya struktural daripada kultural.

"Kita terbiasa menghakimi orang yang miskin sebagai orang yang malas atau tidak mau bekerja keras. Padahal, jika kita lihat pengemis di pinggir jalan, panas-panas, pakai pakaian badut menari-nari. Itu kan pekerjaan yang berat sebetulnya," ucap dia melansir laman Unair, Minggu (24/10/2021).

Jika dibandingkan, kata Bagong, pekerjaan di sektor informal bahkan lebih keras dari pada pekerjaan kelas menengah.

Namun, karena ketidakmampuan pendidikan ditambah minimnya akses jaringan memaksa kaum miskin untuk bertahan.

Lanjut dia menyatakan, sebuah penelitian yang dilakukan di Indonesia pada 2019, mengungkap anak-anak dari keluarga miskin, ketika dewasa akan tetap miskin.

Hal itu, sebut Bagong, menunjukkan mata rantai kemiskinan memang sulit diputus.

"Karena keluarga miskin tidak memiliki modal ekonomi yang cukup dan tidak sekolah dengan baik, ujung-ujungnya dia kembali miskin. Peluang mereka untuk naik kelas tidak bisa ditembus karena tidak punya modal sosial dan ekonomi yang cukup," ucap Pakar Sosiologi Unair ini.

Dekan FISIP Unair itu juga menyampaikan, selain faktor struktural yang tidak ramah, kebijakan pemerintah bersifat meritokrasi. Di mana belum berpihak untuk melindungi si miskin.

Berbeda dengan yang terjadi di Kota Bontang. Pemerintah daerah (Pemda) setempat melarang waralaba seperti Indomaret dan Alfamart masuk.

Hasilnya, usaha-usaha kecil dari masyarakat setempat tumbuh.

"Kebijakan meritokrasi itu intinya orang miskin diberi bantuan, soal bagaimana mereka bertahan hidup menghadapi struktur yang kompetitif terserah pada semangatnya orang miskin," jelas dia..

Dia menegaskan, kemunculan istilah miskin sendiri berkaitan erat dengan stratifikasi (pengelompokkan anggota masyarakat secara vertikal) dan kesadaran kelas.

"Kemiskinan terjadi ketika orang sadar akan kelasnya. Ini yang membuat isu kemiskinan dikaitkan dengan isu stratifikasi," tukasnya.

https://amp.kompas.com/edu/read/2021...na-malas-kerja

Karena hidup bukan matematika
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 6 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Benar ini. Miskin itu terjadi lebih karena faktor struktural. Ga ada orang yang ga mau kerja utk keluar dari jurang kemiskinannya
profile-picture
profile-picture
SAP123 dan Quadpixel memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
emoticon-Betty
Kenapa bisa miskin?
Karena terlalu banyak manusia di bumi tidak mungkin sumber daya alam bisa dibagi rata ke semua orang agar semua bisa menjadi kaya.
Terus harus bagaimana?
Ya sudah stop produksi manusia dan lestarikan sumber daya alam.
emoticon-Leh Uga
Diubah oleh ora.w4r45
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Lanjut dia menyatakan, sebuah penelitian yang dilakukan di Indonesia pada 2019, mengungkap anak-anak dari keluarga miskin, ketika dewasa akan tetap miskin.

Makanya kl negara nggak bisa menciptakan lapangan kerja , mestinya 1 ato 2 anak cukup aja, drpd kebanyakan lonjakan orang usia produktif tapi krn faktor ini jadi ada kemungkinan mengisi kriminalitas.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
b.omat dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Post ini telah dihapus
di bp ini juga banyak miskiner pemburu promo emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
b.omat dan buncitbubar memberi reputasi
Makannya kalo ud tau miskin jangan ngeue mulu
Salain tu bapaknya yg masih miskin tpi anaknya 4 ekor ++
profile-picture
profile-picture
profile-picture
maroonia dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
mari ternak anak
profile-picture
profile-picture
b.omat dan 37sanchi memberi reputasi
miskin kaya itu ndak terlalu penting, yang penting lu bisa nikmatin hidup ini apa kagak, banyak temen gw kaya tapi 24 jam isinya ngeluh walau bukan masalah duid emoticon-Big Grin

soal menikmati hidup belajarlah sama orang miskin emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
crclub dan peternakkadrun memberi reputasi
karena china komunis emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SAP123 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Kebanyakan umat tertentu rela miskin krn diajarkan bahwa di alam berikutnya dihisabnya cuma sedikit. Kl kaya dihisabnya lbh beresiko.

Krn ajaran itu ditelan mentah2, jadinya org tahan2in jadi miskin. Padahal mah kl dari sananya udh kaya, mana mau percaya sih ajaran kayak tadi
profile-picture
profile-picture
bujang13 dan angelpesek memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Ga masalah misqueen yg penting udh dapet kunci pintu surga
:takebeer:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
b.omat dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kemiskinan adalah sistem untuk menjalankan dunia

Tanpa adanya kemiskinan, maka dunia akan kembali ke jaman 1.0 waktu kita masih tinggal di goa.

Tanpa ada yang berkuasa dan menguasai, hidup di bawah anarki.
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
looks like quote inspiratif yang famous from mister Bill Gates,

"If you are born poor, it's not your mistake but, if you die poor, it's your mistake."

kudu direvisyen, kudu di-redefinisyen lagi

profile-picture
Kepala.Jenggot memberi reputasi
Diubah oleh cacarakan
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Banyak org berfikir kalau menjadi kaya itu seperti lulus Ujian Nasional

Kalau bekerja mencapai nilai minimal, maka semua peserta akan naik kelas.

Salah

Menjadi kaya itu seperti main squid game

Anda tidak bekerja mencapai nilai tertentu, ANDA BEKERJA UNTUK MENYINGKIRKAN PESERTA LAIN
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bujang13 dan 4 lainnya memberi reputasi
Ngaco...

Kalo kaya itu rejeki dari (partai) allah .

Kalo miskin itu gara2 amerika, china, rezim jokowi, yahudi emoticon-shakehand
profile-picture
profile-picture
profile-picture
b.omat dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kerja seumur hidup ga bakal cukup kl kepengen nambah terusemoticon-Traveller
orang miskin ternak anak, krn gak ada duit buat nyari hiburan selain ngntd sama bininya. akhirnya selamanya terjebak di lingkaran kemiskinan.
profile-picture
profile-picture
b.omat dan giphytralala memberi reputasi
Biarlah miskin di dunia, yg penting kaya di akhirat emoticon-Imlek








krik..krik..krik emoticon-Betty (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akumidtorc dan 2 lainnya memberi reputasi
Buat apa kaya tp g msup sorgah..

ttd: kadrun
profile-picture
profile-picture
b.omat dan bujang13 memberi reputasi
Problem : Miskin
Solutions : Perbanyak anak

emoticon-Ngakak
profile-picture
b.omat memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 3


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di