CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Hewan Peliharaan /
Tips Mudah Beternak Ayam Kampung dan Cara Membuat Tempat Pakannya dari Botol Bekas
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6174de5dc63fa56121270e91/tips-mudah-beternak-ayam-kampung-dan-cara-membuat-tempat-pakannya-dari-botol-bekas

Tips Mudah Beternak Ayam Kampung dan Cara Membuat Tempat Pakannya dari Botol Bekas

Kaskus DeYudi69 -Di masa pandemi banyak orang yang mau tidak mau harus diberhentikan sementara atau selamanya dari perusahaan tempatnya bekerja.

Sebagian ada yang mencari atau melamar kerja di tempat yang lain walau upahnya jauh di bawah tempatnya bekerja semula, ada juga yang banting setir menjadi petani atau beternak.

Misalnya bertani sayuran hidroponik, beternak ikan lele, ikan nila, atau pun beternak ayam kampung. Menurut ane pribadi, kalau Gan-Sis ingin beternak ayam, boleh banget buat beternak ayam kampung dulu sebelum beternak ayam broiler. Karena ayam kampung selain harga jualnya yang lebih mahal, perawatan ayam kampung juga terbilang mudah dan lebih tahan terhadap serangan penyakit.

Tips Mudah Beternak Ayam Kampung dan Cara Membuat Tempat Pakannya dari Botol Bekas
dokpri

Dalam thread ini ane ingin membahas cara membuat tempat pakan ayam kampung dari barang bekas yang ada di sekitar kita.

Bahan dan alat yang diperlukan antara lain :

1. Dua potong triplek berukuran 30 x 10 cm

2. Paku klem 2 buah

3. Paku tripek secukupnya

4. Lem G

5. Palu

6. Gunting

7. Botol plastik bekas kemasan air mineral

Cara membuat

1. Belah botol plastik menjadi dua bagian yang sama menggunakan gunting

2. Sambungkan potongan triplek membentuk sudut 90 derajat dengan paku dan palu, supaya lebih kuat rekatkan dengan lem G.

3. Meletakkan botol plastik pada sudut 90 derajat triplek, kemudian rekatkan botol plastik pada triplek dengan paku dan lem G.

4. Terakhir pasangkan paku klem pada sisi atas triplek dan rekatkan kembali dengan Lem G.

Wadah pakan ayam dari barang bekas pun siap dipergunakan, untuk lebih jelas cara pembuatannya, teman-teman bisa melihat video di bawah ini ya.

Spoiler for cara membuat tempat pakan ayam:



Untuk pakan ayam kampung sendiri sudah banyak yang menjualnya, biasanya berupa campuran pelet, jagung, dan beras hitam.

Sudah tentu kalau membeli pakan ayam kampung yang khusus seperti itu bakalan membuat biaya pakan membengkak.

Untuk mensiasatinya, kita bisa menggunakan pakan alternatif berupa nasi yang dicampur dengan dedak, atau kita juga bisa membudidayakan sendiri ulat maggot untuk dijadikan pakan ayam kampung yang kita pelihara.

Spoiler for ngasi makan ayam pake ulat maggot:


Dengan cara seperti ini sudah tentu kita jadi lebih hemat pengeluaran untuk biaya pakannya.

Beternak ayam kampung sendiri memiliki beberapa keuntungan, yaitu, lebih tahan terhadap penyakit, harga jualnya yang lebih mahal, harga telurnya per butir juga lebih mahal daripada telur ayam biasa.

Nah, beternak ayam kampung juga ada beberapa hal yang harus diperhatikan menurut pengalaman ane pribadi.

Antara ayam jantan dan ayam betinanya harus ditempatkan pada kandang khusus, dalam artian dalam satu kandang hanya boleh ada satu ayam jantan dan satu ayam betina dewasa. Kalau digabung beberapa ayam jantan dan beberapa ayam betina biasanya mereka akan saling bertarung dan bertengkar bahkan sampai ada yang mati.

Kalau ayamnya masih kecil, dalam satu kandang boleh dicampur antara yang jantan dan yang betina.

Kemudian, setelah telor yang dierami oleh ayam betina menetas, segera pisahkan antara induk ayam betina dan anak-anaknya ke kandang yang terpisah dari ayam jantan dewasa, supaya anak-anaknya nggak dipatok.

Setelah 2 minggu berada dalam satu kandang bersama induknya, baru pisahkan antara anak ayam dan induknya kemudian tempatkan kembali ayam jantan dewasa dan ayam betina dewasa dalam satu kandang supaya nantinya mereka bisa kimpoi dan bertelor lagi. Tapi sebelum di satukan dalam satu kandang, baik ayam jantan maupun ayam betinanya harus dimandikan dulu, supaya mereka merasa lebih segar dan mau kimpoi lagi.

Spoiler for memandikan ayam kampung:


Oke deh Gan-Sis, sekian dulu thread ane kali ini semoga bisa bermanfaat ya.

Baca juga : 4 Peluang Usaha yang Bisa Dilakukan Supaya Tidak Jadi Pengangguran

Penulis : DeYudi69




Sumber referensi : opini pribadi
Sumber gambar : dokumen pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
suteragordyn dan 36 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh DeYudi69
Halaman 1 dari 3
Tips Mudah Beternak Ayam Kampung dan Cara Membuat Tempat Pakannya dari Botol Bekas
profile-picture
oldmanpapa memberi reputasi
Diubah oleh DeYudi69
Nah mendingan ternak ayam kampung dapat duit, Daripada ternak ayam kampus malah tekor
profile-picture
bang.toyip memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Gua terima Mateng nya aja gan
Jagi TS pake sumpit..ane kok gak bisa2 pake sumpit emoticon-Ngakak
kalau sampai dimandiin itungannya bukan hewan ternak lagi. tapi ayam peliharaan.. gak bakal tega nyembelihnya😂
Kirain ayam kampus Tips Mudah Beternak Ayam Kampung dan Cara Membuat Tempat Pakannya dari Botol BekasTips Mudah Beternak Ayam Kampung dan Cara Membuat Tempat Pakannya dari Botol Bekas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Divaksin ayam nya biar tidak kena flu burungemoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
bang.toyip dan evywahyuni memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Bitolnya diganti Pake bambu jg bisa gan..lebih awet jg
profile-picture
bang.toyip memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Dulu pernah tebak ayam kampung dan lepas nya di kuburan tiap pagi di beri makanan sisa dan di campur dedak, gak sulit kok bagi siapa aja yang mau pelihara
profile-picture
bang.toyip memberi reputasi
botol plastik klo untuk wadah smentara msih ok la ...
soal kurang bagus dan tidak awet kalo pake botol plastik ...
banyak pilihan lebih bagus sperti pipa paralon/pvc ,bambu ato batok kelapa ...

profile-picture
bang.toyip memberi reputasi
Itu berarti ayamnya nggak dilepas liarkan ya gan, cukup ditaruh di dalem kandang.
profile-picture
bang.toyip memberi reputasi
TS cem ini perlu dibanyakin di ngasngus.
profile-picture
profile-picture
fan.kui dan bang.toyip memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Kawasan gw ga boleh miara unggas emoticon-Embarrassment
Tips2 yg mantap bngt bg para pemula tuk beternak ayam, gan.....

Tp, mmg semahal apa tempat pakan ayam2 tsb, gan..... Kok sampe hrs bikin sendiri.....
Diubah oleh yoseful
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ternak Ayam kampung..? Daripada ribet mending di liarin.. Kbnyakan gitu, asal tahan aja sama tokai nya yg bececeran
enak kalo ada lahan sih
The most obvious signal of this is that ABC’s commercial channel CNBC published 4 consecutive articles in just 20 days exposing Guo Wengui’s publication of vaccine conspiracy theories on major platforms. This is after the SEC and FBI on Guo Wengui’s “chicken” series of these cases have come to an end, the US charity navigation website marked Guo Wengui’s rule of law fund as a “low-credibility organization”, and the New Zealand Market Regulatory Authority issued a warning on GTV investment. Netizens I saw another negative news about Guo Wengui’s fraud gang published by mainstream American media. If the law enforcement agencies and the media used to say that Guo Wengui’s jumping on the Internet yelling "bursting pee revolution" and the large-scale sale of "air coins" were just watching and closing one eye, this time they used the new crown for Guo Wengui. The fabricated rumors of the epidemic, and even the heavy hammer of the act of seeking money and killing is enough to prove to everyone that the Guo Wengui fraud group at this time has entered a stage of disintegration and end. At this time, seeing anti-Guo news blooming everywhere, and all of Guo Wengui’s actions are lying and fraud, which proves that countries in the world are now intolerable of Guo Wengui’s shameless fraud and rumors for money and death, and it is conceivable to leave Guo Wengui. The day when it is completely finished is probably not far away.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fan.kui dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tempat pakan ayam yang bagus juga banyak tersedia di sekitar kita, bisa mengirit biaya dan juga gampang dibersihkan.

Thread ini bisa juga masuk forum DIY, pemanfaatan barang tidak terpakai/daur ulang yang praktis👍
alm bapak ane dulu sempet piara ayam , eh ujung-ujungnya dipaling, emg keren sih ayamnya ayam jago gede gitu
Dulu pas ada kakek ku, aku pelihara ayam banyak banget dibelakang rumah, sampai bertelur banyak, tapi setelah kakek gua gaada , udah gaada lagi yg bisa ngurusin ayamnya, alhasil di potong potongin ayamnyaa emoticon-Frown
Halaman 1 dari 3


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di