CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Lantak, Balung Kethek, Manggleng, Satu Cemilan yang terbuat dari Singkong.
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6173d385c7e18a436547ac5d/lantak-balung-kethek-manggleng-satu-cemilan-yang-terbuat-dari-singkong

Lantak, Balung Kethek, Manggleng, Satu Cemilan yang terbuat dari Singkong.

Lantak, Balung Kethek, Manggleng, Satu Cemilan yang terbuat dari Singkong.


Assalamu'alaikum wr.wb

Apa kabar Agan Sista semuanya, semoga hari ini Agan Sista semuanya di manapun berada tetap dalam keadaan sehat dan tetap semangat.

Berbicara tentang cemilan yang terbuat dari singkong memang tidak ada matinya, makanan yang identik dengan Wong Ndeso atau orang desa, karena pohon singkong ini biasanya terdapat di desa-desa, Jangan salah biarpun terkesan Ndeso singkong ini bisa diolah menjadi berbagai macam cemilan yang enak, bisa dibuat lemet, bongko, lengko, gethuk lindri, gethuk serundeng, gethuk blundu, cimplung dan masih banyak lagi olahan dari singkong yang kekinian.

Lantak, Balung Kethek, Manggleng, Satu Cemilan yang terbuat dari Singkong.


Lantak, Balung Kethek, Manggleng, Satu Cemilan yang terbuat dari Singkong.


Balung Kethek 🐒

Waktu pertama kali jejalan ke Pasar Gede Solo, tetiba ada bapak-bapak teriak,"balung kethek...balung kethek!" Sembari bawa setumpuk cemilan ini.

Aku yang pas berada disebelah beliau, auto lihat pemandangan enak di depan mata. Cuz ngeces, gaess...

Lagi nggak pengen bahas nama, eh ternyata enak rasanya, lo!

Singkong berbalut manis gula merah lebur dengan pedesnya lombok. Menghasilkan kolaborasi yang bikin mulut nggak mau berhenti ngunyah!

Sibuk gooling sana sini, ternyata sentra produksinya ada di Simo Boyolali.

Dasar aku kurang kerjaan, buat sendiri dongse!

Sini-sini yang pengen ngicipin balung kethek made by me, kita mojok bareng, yukkk 💖 Ulfa Handayani



Lantak, Balung Kethek, Manggleng, Satu Cemilan yang terbuat dari Singkong.


Penyebutan dari cemilan yang kalau di sini, di tempat saya namanya adalah lantak, ternyata di daerah lain ada yang menyebut nya balung kethek, ada yang menyebutnya manggleng.

Kalau di tempat Agan Sista menyebutnya dengan nama apa ya? Atau mungkin dengan nama yang berbeda. Biarpun namanya berbeda tapi cemilan ini asli enak.

Lantak, Balung Kethek, Manggleng, Satu Cemilan yang terbuat dari Singkong.


Kalau di tempat saya dulu, membuat cemilan lantak ini karena ada sisa singkong rebus, biasanya merebus singkong terus tidak habis dimakan maka dibuatlah cemilan lantak ini wah ternyata orang jaman dulu kreatif juga ya Gan Sis , bisa menggunakan singkong rebus, tapi lebih mudah menggunakan singkong kukus. Soal rasa jangan ditanya, ada yang gurih, pedas dan netral juga. Karena waktu jaman dulu kalau ngukus singkong itu satu dandang, maklum singkongnya gak beli, alias tinggal ngambil di kebun.

Lantak, Balung Kethek, Manggleng, Satu Cemilan yang terbuat dari Singkong.


Lantak, Balung Kethek, Manggleng, Satu Cemilan yang terbuat dari Singkong.


Gimana sih cara membuat Lantak atau balung kethek atau Manggleng ini? Bahannya itu simpel banget, cara membuatnya pun mudah banget, rasanya juga enak kok

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat lantak adalah sebagai berikut:

Singkong, cabe, garam, gula dan minyak goreng.

Cara membuat nya:

Singkong dikukus, iris tipis-tipis kemudian digoreng diminyak yang cukup banyak, sampai kuning kecoklatan. Terus diangkat tiriskan.

Untuk yang suka pedes bisa ditambahkan cabe bubuk, atau olahan cabe dan gula yang dibuat karamel terlebih dahulu dan singkong goreng tipis atau lantak bisa dimasukkan aduk-aduk rata siap jadi cemilan untuk keluarga.

Sekian Thread dari saya, semoga bermanfaat sampai jumpa di Thread selanjutnya tetap bahagia bersama keluarga dan orang-orang tercinta.

Lantak, Balung Kethek, Manggleng, Satu Cemilan yang terbuat dari Singkong.



Opini pribadi
Sumber gambar
Dokpri dan FB Ulfa Handayani
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cheria021 dan 21 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh trifatoyah
Halaman 1 dari 2
Reserved
profile-picture
makola memberi reputasi
Aku suka inihemoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 19 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 19 balasan
Enak nih cemilannya, kyk kripik kress cuma pakek singkong rebus emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
cemilan kesukaan ane nih..
pokoknya yg serba pohong ( singkong) ane syukakkk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Kek Krecek tapi cuma ditambahin rasa.
profile-picture
profile-picture
makola dan trifatoyah memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Kalo dapet yg renyah enak bgt..apesnya kalo dpt yg keras ama paitemoticon-Ngakak
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
aku suka manggleng yang cenderung gurih, pedas tapi rasa manisnya dikit aja dan nggak mendominasi.

ngomong-ngomong kok sekarang tulisannya nggak diakhiri banner "kumpul bareng yuk sis"

apakah udah pindah komunitas ke "kalong resurrection"? kayanya kalau ada postingan yang banner kalong resurrection, sis trifatoyah sering ada di rombongan mention.
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Gigi rontok semua kl gk kuat
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Loncis di sini bunda namanya
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Modelnya kyk Karupuak sanjai yaa..🤔
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan trifatoyah memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Nampaknya maknyus ni
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Balung kethek udah susah di sini, padahal enak tuh rasanya, keras2 campur rasa bumbu balado emoticon-Ngakak
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Quote:

Lumayan hehehehe
Quote:


Di sini masih ada
Berarti tulang nyemot dongs artinyaemoticon-cih
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 21 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 21 balasan
doyanaane bocah 😁
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Keripik enak nih, apalagi kalo dapet yg kekes, apes nya kalo dapet yg pait sama alot wkkw
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
"kripik pohong manis" ...
dsini skarang ada varian pedas manis ...

profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Mantaf...

Coba bikin ah....
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Manggleng kebanyakan pahit rasanya
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Enak ini,
manis pedes
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di