CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Berciuman di Tempat Umum Wajar Gak Sih?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/617374a2d140e114c3627dc1/berciuman-di-tempat-umum-wajar-gak-sih

Berciuman di Tempat Umum Wajar Gak Sih?

Sepasang suami istri berciuman adalah wajar. Salah satu bentuk aksi untuk menyatakan kasih sayang. Namun bagaimana jika dilakukan di tempat umum dilihat orang-orang? Nah ini yang akan kita ulas.

Sebagai contoh kejadian, tahun 2017 silam netizen sempat dihebohkan dengan aksi sejumlah PNS yang melakukan ciuman massal di muka umum disaksikan teman-teman sekantornya. Katanya sih dalam rangka merayakan hari berkasih sayang valentine. Kabar baiknya ini dilakukan oleh suami istri.

Berciuman di Tempat Umum Wajar Gak Sih?
Menurut TS aksi berciuman di tempat umum bagi negara lain bisa jadi wajar dan biasa saja, tetapi bagi budaya kita orang timur hal ini tidaklah wajar. Mengapa? Karena identitas bangsa kita adalah menjunjung tinggi sopan santun dan tata krama di muka publik. Berciuman di tempat umum adalah hal tabu dan orang yang melakukannya akan dicap gak punya malu.

Namun sayang, lama kelamaan budaya timur ini memudar beriring berganti zaman dan masuknya era digital. Arus informasi yang deras dari samudera internet membuat orang-orang kita terhanyut dalam globalisasi. Melihat, menonton dan meniru budaya-budaya luar dari cara berpakaian hingga cara berprilaku. Lihatlah hasilnya muda mudi merayakan valantine dengan berbuat mesum. 

Mari kita tinjau ulang kata 'wajar'.  Kewajaran itu timbul dari sekumpulan orang yang melakukan suatu hal berulang-ulang. Semakin banyak orang yang melakukan suatu hal itu maka timbullah apa yang dinamakan wajar atau kebiasaan. Timbul kesepakatan universal yang tidak tertulis pada mereka yang melakukannya.

Contoh sederhananya seperti ini : bagi keluarga A perang kentut adalah hal wajar, malah sebagai ajang lucu-lucuan seru-seruan, bikin suasana rumah meriah dan akrab. Nah kebiasaan perang kentut ini akhirnya menginspirasi tetangga sebelah rumah, keluarga B. Eh tetangga sebelahnya juga melihat kayaknya seru deh, keluarga C pun juga ikut-ikutan. Sampai satu blok itu punya budaya perang kentut. Menular merembet hingga jadi satu RT, RW sampai kelurahan. Di tingkat selanjutnya para warga ini saat acara kemerdekaan membuat perlombaan kentut ternyaring. Semua tertawa bahagia. Kenapa? Karena meraka semua membentuk kesepakatan bersama sehingga menjadi kewajaran.

Makanya jangan heran kalau lihat budaya dari negara lain ada yang aneh-aneh, seperti berlarian dikejar banteng, meluncur berjamaah dengan gelondongan kayu besar, memanjangkan leher, menari bersama mayat, menutup lubang hidung dengan kayu,  memasang piring di mulut sampai bikin ndower parah, dan masih banyak lagi hal-hal yang menurut kita di sini unfaedah, berbahaya dan konyol tetapi bagi mereka itu wajar. 

Dikarenakan manusia suka bikin kesepakatan seenak jidat, maka bisa jadi inilah yang menyebabkan Tuhan menurunkan agama, agar manusia tidak seperti binatang yang gak kenal aturan. Agar kita manusia punya batasan dalam bertindak. Tahu baik dan buruk. Ada yang diperbolehkan dan ada yang dilarang. Agar kita punya rasa malu. Terkait berciuman di tempat umum itu tanda orang yang gak punya malu. Dan rasa malu itu bagian dari keimanan.

Ada yang punya pendapat lain?

Sumber  informasi dan Ilustrasi
sumber referensi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 8 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Aneh2 aja deh...
emoticon-Cape d...
Berciuman di Tempat Umum Wajar Gak Sih?
profile-picture
mataduniawi memberi reputasi
Post ini telah dihapus
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kebenaran didunia itu terbatas ruang dan waktu
Pertanyaaannya.. apa tanggapan atheis?
Klo mrk menganggab agama hanya akal2an manusia... artinya hidup ini pada dasarnya tak ada aturan.

Seperti kata TS.. "Dikarenakan manusia suka bikin kesepakatan seenak jidat, maka bisa jadi inilah yang menyebabkan Tuhan menurunkan agama, agar manusia tidak seperti binatang yang gak kenal aturan".

Artinya atheis adalah binatang yg tak kenal aturan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samatronz dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh TERA.SERVO
Lihat 33 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 33 balasan
Pada hakikatnya hukum itu adalah resultante atau kesepakatan bersama. Mana yang dinyatakan baik & mana yang dinyatakan jelek.
Terkait ciuman (french kiss) ditempat umum bagi budaya barat adalah hal biasa namun untuk sebagain besar budaya timur adalah hal yang tabu.
Kl ane....pokoknya sosor aja selama ceweknya mau dimanapun tempatnya emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
kalau suami-isteri yang sah sebenarnya tidak masalah. cuma, jika dilihat anak-anak yang belum masanya untuk melakukan itu, bisa jadi contoh yang buruk terutama di ruang publik.

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
jiresh dan mataduniawi memberi reputasi
Kalau di Indonesia si pasti haram itu, halal untuk di penggal kepalanya emoticon-Cool

Soalnya Indonesia menganut faham hyper extreme primordialisme

Primordialisme sendiri adalah hal negatif, karena merasa kelompok sendiri yang paling benar

ditambah lg faham ini sudah di tingkat hyper, yang mana karena terlalu percaya bahwa kelompok sendiri yang paling benar, warga Indonesia sudah mencapai titik dimana tidak diperlukan lagi untuk mencari Informasi lebih jauh terhadap hal diluar kelompoknya
Contoh :
Jika kita ingin membandingkan mana yang lebih enak antara coklat A atau coklat B, kita harus mencoba kedua coklat baru kita bisa menyimpulkan
tapi faktanya di Indonesia sendiri, cukup mencoba coklat A langsung menyimpukan coklat B itu beracun dan memiliki efek yang sangat negatif


dan sayangnya, tidak sampai di situ, kondisi di Indonesia sudah masuk ke kategori extreme,
yang mana karena perbandingan rasa bangga dengan wawasan yang dimiliki sangat tidak seimbang, membuat warga Indonesia bahkan lupa dengan apa yang sebenarnya mereka banggakan
Contoh:
Ada suatu kelompok besar yang memiliki sebuah buku sebagai pedoman kelompok besar ini.
Karena isi buku ini sangat banyak dan detail, dan 99% orang di kelompok ini malas membaca, jadi kelompok ini membutuhkan seorang penerjemah untuk membacakan isi buku tersebut kepada mereka.
sayang nya oleh si penerjemah tersebut, yang dibacakan tidak sesuai dengan isi buku
dan sayangnya, karena wawasan yang sangat kurang tetapi rasa cinta yang sangat tinggi, kelompok tersebut sangat percaya dengan omongan si penerjemah tanpa berfikir dua kali

dan yang paling parah, saat ada seseorang mengingatkan bahwa yang dikatakan penerjemah tersebut tidak sesuai buku, orang ini malah di anggap sesat hingga akhirnya dianiaya oleh kelompok tersebut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
Ciuman u/ sepasang insan atau suami istri, menurut saya sih wajar saja, karena itu mengartikan cinta, beda kalau sdh pakai france kiss ditempat umum 😊
Yg ndak wajar itu mas mas atletis dan mau saling cipokan...


































emoticon-Ngakak
profile-picture
SP4DE memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Biarin aja sih, mulut mulut mereka emoticon-Blue Guy Smile (S)
Toh gak melanggar hukum emoticon-Blue Guy Smile (S)

Masalah wajar gak wajar, ini cuma masalah sudut pandang. emoticon-Blue Guy Smile (S)


































































emoticon-Ngacir
profile-picture
noshveratu memberi reputasi
Dulu pernah liat d mall
Sebelum zaman pakai masker
Klo sekarang harus lepas masker dulu. Hihihi
Menurut ane kurang etika,
Kek berak dijalan
profile-picture
profile-picture
bos.kutang dan SP4DE memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Tergantung budaya nya negara masing2 sih gan... emoticon-Malu emoticon-Big Grin
Kalo kek dibandara gue sih memaklumi. Ya mungkin udah bertahun tahun nggak ketemu.
Post ini telah dihapus
kalo dinilai dengan budaya kita sih, sebenernya ga cocok ya gan,
tapi colongan kiss tipis2 boleh lah ya hehehe

emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S)
Ane sih cuekBerciuman di Tempat Umum Wajar Gak Sih?Berciuman di Tempat Umum Wajar Gak Sih?Berciuman di Tempat Umum Wajar Gak Sih?
profile-picture
profile-picture
Cucigosok dan L0ST memberi reputasi
mantab
Ane kalau di bandara mau berangkat peluk sun pipi kanan kiri sama jidat aja gak sampe cium bibir.
Ya pahami norma saja, dimana bumi dipijak disitu langit di junjung. emoticon-Cool
profile-picture
mataduniawi memberi reputasi
Wajar banget kalau lo ciumannya ga sambil pamer...alias ada di tempat yang agak jauh dari orang lain alias jaga jarak biarpun umum...selama orang lain sebodo ya itu hak lo sama pasangan...

Tapi berhubung ini Indonesia di mana ada aja orang2 yang fanatik sama tradisi padang pasir, penduduk zaman purba dsb...ya lo hati2 aja kecuali bapak lo mafia...baru lo labrak itu yang ganggu urusan pribadi lo emoticon-Wakaka
profile-picture
bhucho memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di