CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Seandainya Lo Ketangkep Polisi Padahal Gak Berdosa, Ini yang Harus Lo Lakuin!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/617326a7fbe57c1681576990/seandainya-lo-ketangkep-polisi-padahal-gak-berdosa-ini-yang-harus-lo-lakuin

Seandainya Lo Ketangkep Polisi Padahal Gak Berdosa, Ini yang Harus Lo Lakuin!

Seandainya Lo Ketangkep Polisi Padahal Gak Berdosa, Ini yang Harus Lo Lakuin!

Halo alam semesta hari ini,

Seperi biasa ketemu lagi dengan ane di forum kaskus ini, tempat tongkrongan orang –orang senang. Nah di kesempatan kali ini ane bakal berbagi wawasan tentang tindak penangkapan polisi bray. Karena ane yakin tidak semua paham tenang prosedur ini dan hak-hak kita.

Amit-amit berurusan dengan polisi karena tindak pidana atau bisa jadi lo jadi korban salah tangkep, gak tahu apa-apa tiba-tiba ada oknum polisi yang semena-mena dengan kita, ini yang merepotkan.

Jadi buat ente atau siapapun lah yang di tangkap sebener nya berhak menanyakan apakah prosedur-prosedur penangkapan sesuai aturan yang berlaku tidak, jika tidak lo berhak menolak untuk di tangkap karena jelas polisi tidak boleh semena-mena tanpa dasar hukum yang jelas.

Apa lagi kasus yang kemarin viral, masak polisi di banding kan dengan satpam. Ya emang bener sih fakta nya satpam BCA lebih ramah. Dan seharus polisi juga gak kalah ramah, seharusnya ya…lha kemana lagi kalau masyarakat mendapat keluhan hukum, jika polisi saja gak bisa mengayomi masyarakat.

Nah langgsung saja berikut ane diuraikan beberapa hal yang harus lo pahami jika suatu saat ditangkap polisi karena tidak melkukan pelanggaran apapun:

1. Paham syarat seseorang bisa di tangkap

Seandainya Lo Ketangkep Polisi Padahal Gak Berdosa, Ini yang Harus Lo Lakuin!


Penting untuk di pahami karena tak jarang oknum penegak hukum untuk bertindak sewenang-wenang (asal tangkap, asal tahan). Jadi hal pertama syarat orang akan di tangkap di Namun tak usah khawatir, ukuran alat bukti yang bisa digunakan adalah minimal dua alat bukti yang sah sebagaimana diatur dalam Pasal 184 ayat 1 KUHAP, yaitu keterangan saksi, keterangan ahli, surat, petunjuk, dan keterangan terdakwa.

Jadi inti nya lo harus berani membantah dan menolak ditangkap bray jika penangkapan tersebut dilakukan tanpa ada dasar bukti yang cukup (dua alat bukti), jadi gak usah merasa panas dingin.

2. Tidak semua polisi berhak menangkap

Seandainya Lo Ketangkep Polisi Padahal Gak Berdosa, Ini yang Harus Lo Lakuin!

Nah yang kedua ini yang harus lo pahami bray, gak semua polisi itu berhak nangkap orang, karena semua ada tugas-tugas masing masing. Polisi yang berhak menangkap ada 3 katogori.

Katagori pertama: penyidik minimal berpangkat Ipda (pangkat balok satu I),  Katogori kedua: polisi perpangkat minimal Brigadir dua,  Katogori ketiga: Penyelidik (setiap pejabat polisi negara RI) atas perintah penyidik.

Ingat selain polisi di atas tidak ada wewenang menangkap atau pun memeriksa lo,

3. Jika seadainya lo di tangkap dengan polisi pangkat demikian

Seandainya Lo Ketangkep Polisi Padahal Gak Berdosa, Ini yang Harus Lo Lakuin!

Nah ini penting harus lo pahami selanjut nya jika lo ketangkap polisi, entah lo itu berasalah atau tidak adalah, Pertama: minta surat tugas tetang penangkapan lo. Kedua: minta surat perintah penangkapan, semisal gak ada kedua surat tersebut jangan mau di tangkep.

Pokok nya jangan percaya dengan oknum polisi yang gak  bisa menunjukin surat-surat di atas. Dan jangan mau ikuti instruksi apapun darinya juga bray .

karena Biasanya lo akan dibujuk untuk ikut ke kantor polisi dengan mengatakan akan membawa lo ke kantor polisi sebentar saja guna dimintai keterangan. Padahal begitu sampai di kantor polisi, lo langsung ditangkap bahkan ditahan dan tidak diizinkan pulang kembali.

Itu semua sudah di atur dalam (Pasal 18 ayat 3 KUHAP) yang berbunyi “Penangkapan, panahanan, penggeledahan dan penyitaan hanya dilakukan berdasarkan perintah tertulis oleh pejabat yang diberi wewenang oleh undang-undang dan hanya dalam hal dan dengan cara yang diatur dengan undang-undang”.

Itu adalah dasar dasar pemahaman ketika lo gak bersalah dan merasa gak punya dosa, tiba-tiba ada polisi yang datangi lo entah lo lagi asik push rank, ngopi, lagi nonton barenag doi atau dalam keadaan tidur cantik.

Nah sekian dalu semoga thread ini bermanfaat buat lo yang gak paham hukum-hukum yang ada, padahal sebenernya pemahaman dasar hukum kayak begini penting bray. Lo udah tahu lah orang –orang yang udah tahu bersalah malah bisa bebas itu ya krena mereka paham2 hukum. Yang kurang lebih seperti itu bray.

Penulis: millenie

Sumberlinklink 2

profile-picture
profile-picture
profile-picture
MemoryExpress dan 60 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh millenie
Halaman 1 dari 7
banyak koruptor bisa lolos karena paham hukum buat melawan hukum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pucuy19 dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
semoga bermanfaat buat kalian bray
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zeenanju18 dan 2 lainnya memberi reputasi
korban salah tangkap
profile-picture
profile-picture
zeenanju18 dan kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Polisi jahat ada, polisi baik juga banyak.


Polisi tiduk baik tp ada juga polisi tidur yg mencelakai.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
july00artha dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
mantap info nya kebanyakan orang yang di tangkap cuma nurut aja, mungkin karena gak ngeh apa yang mesti di lakukan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
july00artha dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
ilmu dasar yang penting bagi kaum awam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reep1000 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
nice gan
profile-picture
millenie memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Nice share buat kami yg tak paham aturan penangkapan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
july00artha dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Klo misalnya Polisi sudah sesuai prosedur semuanya, sampai ada surat penangkapan...
Apa yang harus dilakukan bray?
🥺🥺🥺
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 26 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 26 balasan
Kalau yg di 86 gmn tuh gan, gak ada surat2 kyknya, langsung cus aja bawa.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pein666 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Ada juga polkis yang kejar target.
Biar dapet catatan "kasus", mereka menggunakan modus "membuat kasus".
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pein666 dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
nice info ngab
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan millenie memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pointnya cuma satu "SURAT TUGAS DAN SURAT PENANGKAPAN.
klo udah ada itu.. Ga bisa ngeles...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pein666 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Waaah... Ane sukak trit pengetahuan kek bijini...
emoticon-Ultah
Seandainya Lo Ketangkep Polisi Padahal Gak Berdosa, Ini yang Harus Lo Lakuin!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
july00artha dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
minimal dua alat bukti yang sah sebagaimana diatur dalam Pasal 184 ayat 1 KUHAP, yaitu keterangan saksi, keterangan ahli, surat, petunjuk, dan keterangan terdakwa.

teorinya sih gitu kenyataan dilapangan mah mereka kadang suka naro barang bukti sendiri ngejebak emoticon-Nohope ditahan pun pas introgasi disiksa habis2an dipaksa ngaku emoticon-Nohope g usah heran orang sini klo nemu begal dsb bakal bar2 dibakar idup sampe mati emoticon-linux2 percuma kasih polkis ogah2an ngurusnya apalagi klo dari suku/marga yg sama awto pengertian emoticon-Nohope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pein666 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
kasih foto dan keterangan pangkatnya biar lengkap infonya......


emoticon-Ngacir
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Biasa kan salah tangkap atau dikorbankan emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan millenie memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Waw waw

Apa rame karena pak Ambarita kemarin ya?

Agan bantu isi survey donk...

Kami sekelompok peneliti, memiliki beberapa pertanyaan untuk melengkapi penelitian kami mengenai perilaku untuk melakukan transaksi online terkait hobi. Adapun partisipan yang terpilih mengikuti survey ini akan mendapatkan saldo Ovo/GoPay. Link nya : https://bit.ly/303q0TP
profile-picture
millenie memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
yg banyak biasanya narkoboy, banyak tuh yg terjebak
profile-picture
millenie memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 7


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di