CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Respect, Nenek Berusia 78 Tahun ini Ahli bertarung Kalaripayattu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/617226e3ab9fff03470236fc/respect-nenek-berusia-78-tahun-ini-ahli-bertarung-kalaripayattu

Respect, Nenek Berusia 78 Tahun ini Ahli bertarung Kalaripayattu

Respect, Nenek Berusia 78 Tahun ini Ahli bertarung Kalaripayattu
Foto Meenakshi Amma berlatar belakang peralatan tempur | france24.com


Seorang nenek menjadi perbincangan di dunia seni bela diri karena di usianya yang sudah lanjut usia ia tetap semangat berlatih dan mengajari muridnya seni bela diri "Kalaripayattu" sebuah teknik bertarung tradisional di India. Nenek tersebut bernama "Meenakshi Amma" yang saat ini berusia 78 tahun, ia tinggal di Kerala, India.

Meenakshi Amma adalah master Kalaripayattu atau sering disebut kalari, seni bela diri tradisional India. Banyak sejarah mencatat, jika kalari adalah salah satu seni bela diri tertua yang masih ada di dunia. Kalari diklaim cikal bakal dari kungfu Shaolin yang berasal dari Tiongkok.

Sajeev Kumar yang merupakan anak lelaki dari Meenakshi Amma juga mewarisi bakat ibunya dalam menguasai seni bela diri kalari. Sajeev juga ikut membantu ibunya untuk mengajari murid-murid yang tertarik dengan seni bela diri kalari.

Respect, Nenek Berusia 78 Tahun ini Ahli bertarung Kalaripayattu
Foto Meenakshi Amma menggunakan tombak| thebetterindia.com


Menurut catatan sejarah yang di publikasikan di "Wikipedia", seni bela diri Kalari ini diklaim sudah ada sejak abad ke-3 SM, dan dianggap sebagai ibu dari semua seni bela diri yang ada saat ini.

Seni bela diri kalari ini sangat mirip dengan bela diri Shaolin, dimana kalari dapat bertarung menggunakan berbagai macam senjata baik itu tajam dan runcing (tombak). Untuk dapat menguasai berbagai macam senjata, butuh latihan dan pelatihan bertahun-tahun dan Meenakshi mengatakan, jika ingin serba bisa menggunakan senjata biasanya memiliki talenta bertarung dan latihan yang sungguh-sunguh.

Pada awal abad ke-20, dimana saat itu India masih menjadi jajahan Inggris. Kemudian pemerintah Inggris melarang keras seni bela diri ini di India jika ketahuan maka mereka akan mendapatkan hukuman dari pemerintah Inggris. Jadi, orang yang ingin memberontak pemerintahan ini diam-diam belajar seni bela diri Kalari ada yang belajar di tengah hutan dan ada di gua tersembunyi.

Respect, Nenek Berusia 78 Tahun ini Ahli bertarung Kalaripayattu
Foto Meenakshi Amma | sportskeeda.com

Meenakshi mengatakan sejarah Kalari, jika seni bela diri ini sebenarnya dulu hanya untuk pria saja. Namun, seiring berjalannya waktu, wanita juga bisa mempelajarinya. Tujuannya adalah agar wanita bisa seni bela diri untuk memerangi pemerkosaan dan penindasan.

Pahlawan perempuan India, Ratu Jhansi juga menggunakan seni bela diri Kalari untuk melawan penjajah Inggris. Pada tahun 2017, Meenakshi Amma menerima gelar mulia "Padma Shri" dari pemerintah India karena mempromosikan dan mengembangkan kalari.



Penulis: Sambelterasi052
Referensi: ndtv.com - Meet Kerala's Sword-Fighting Great-Grandmother Keeping Martial Art Alive
Gabung Yuk di Komunitas: Toba Ethos
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sposolo dan 24 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Mantap nek
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan kakekane.cell memberi reputasi
Mantap mbah emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
simbah-simbah sangar nih berani senggol bacok emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gta007 dan 3 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus
pasti jago elmu KamaSutera yee jon emoticon-Sundul Up
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gta007 dan 2 lainnya memberi reputasi
Sangar gan
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan kakekane.cell memberi reputasi
Mantep nek...
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan kakekane.cell memberi reputasi
See! Age is just number!

Sory to say, manula disini cuman jadi pesakitan & beban anak cucu aja. Gue kenal dicircle terdekat ada beberapa manula mandiri, sehat, badan tegap, jalan cepet & pemikiran yang ga kolot. Gue salut yang begitu. Tapi lebih banyak juga yang pesakitan & beban. Itulah alasan gue menerapkan hidup sehat. Gue percaya tubuh ini seharusnya diolah raganya bukan dipuaskan mulut & perutnya. Ga harus kayak binaragawan tapi terutama sehat. Banyak temen bahkan saudara sendiri usia 30an, uda jadi pabrik garam & pabrik gula. Udah penyakitan baru hidup sehat?! It's too late.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
masfuad2015 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Time... Space... Realty
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan kakekane.cell memberi reputasi
Butuh kalsium byk tuhemoticon-Kagets
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan kakekane.cell memberi reputasi
Makan nasi biryani terus buRespect, Nenek Berusia 78 Tahun ini Ahli bertarung Kalaripayattu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Nenekku.... okem.... emoticon-Kaskus Radio
profile-picture
profile-picture
profile-picture
6349191 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Mbahnya Bahubali ini emoticon-Matabelo
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
Kelihatan perkasa walaupun seorang wanita
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
pendekaremoticon-Swiss
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
nenek kereeenn emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan sagutumbuk memberi reputasi
Gk kebayang pas masih mudanya emoticon-Cool
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
Emak2 indo : akhirnya! A worthy opponent!
profile-picture
profile-picture
abi_kerimit dan eyefirst2 memberi reputasi
Ada yg macem2 sikat aja mak
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
mantap pisan. bukti usia gak membatasi seseorang untuk terus mengembangkan diri.
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di