CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Dilema Kereta Cepat: Sampai Bandung 46 Menit, Tapi Cuma di Pinggiran
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6170fb7c6b6e7d7699250861/dilema-kereta-cepat-sampai-bandung-46-menit-tapi-cuma-di-pinggiran

Dilema Kereta Cepat: Sampai Bandung 46 Menit, Tapi Cuma di Pinggiran

JAKARTA, KOMPAS.com - Proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung menuai hujan kritik. Ini karena pemerintah menginzinkan proyek kerja sama dengan China ini didanai APBN.

Diketahui, sejumlah BUMN yang terlibat dalam proyek tersebut kondisi keuangannya tengah terpuruk dan dililit utang. Sehingga pemerintah dirasa perlu menyelamatkan proyek ini dengan uang APBN.

Wacana penggunaan uang rakyat untuk Kereta Cepat Jakarta Bandung dianggap kurang relevan. Karena dengan harga tiketnya, kereta ini dianggap hanya bisa diakses oleh segelintir kalangan.

Pengamat transportasi, Djoko Setijowarno, menilai proyek ini terbilang nanggung lantaran trase yang dilewatinya tak sampai ke Kota Bandung. Sehingga penumpang masih harus berganti moda transportasi untuk menuju ke tengah kota.

Baca juga: Beda dari Jokowi, Malaysia Pilih Batalkan Proyek Kereta Cepat meski Merugi

Stasiun pemberhentian terakhir kereta cepat berada di Tegalluar yang berada di Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Belakangan, stasiunnya bertambah, yakni di Padalarang yang masuk Kabupaten Bandung Barat.

Memang, waktu tempuh Jakarta-Bandung dipersingkat hanya 46 menit. Namun letak stasiun akhir yang berada di pinggiran, kata Djoko, malah nantinya akan merepotkan penumpang yang akan melanjutkan perjalanan ke Kota Bandung.


"Kereta Cepat Jakarta-Bandung proyek yang nanggung, karena apa? Stasiun terakhirnya ada di pinggiran keramaian di Tegalluar, bukan di Kota Bandung," ujar Djoko seperti dikutip pada Senin (11/10/2021).

Apalagi, hingga saat ini, belum ada transportasi publik yang cepat dan memadai bagi penumpang untuk melanjutkan perjalanan ke tengah kota usai keluar dari stasiun kereta cepat di Tegalluar.

Macet-macetan ke Kota Bandung

Pembangunan transportasi publik di Bandung sampai sejauh ini juga masih dalam tahap perencanaan dan studi.

"Bandung sendiri sampai sekarang belum kelihatan fisiknya untuk transportasi publik, terutama akses ke stasiun kereta cepat. Sampai sekarang belum terlihat transportasi publik atasi macet di Bandung," ucap Djoko.

Lanjut Djoko, kereta cepat yang menghubungkan Jakarta-Bandung yang digadang-gadang hanya butuh waktu 36 menit, akan percuma jika akses ke tengah kota masih macet.


"Ibaratnya lucu, dia kereta cepat sekitar 30 menit dari Jakarta ke Bandung, tapi cuma sampai Tegalluar. Keluar dari Stasiun Tegalluar terus mau ngapain kalau ujungnya tengah Kota (Bandung) macet-macetan berjam-jam," ujarnya.

Kondisi ini tentu berbeda dengan ketika masyarakat menggunakan kereta reguler Argo Parahyangan. Meski waktu tempuhnya sekitar 3 jam, namun penumpang bisa turun di jantung Kota Bandung, harga tiketnya pun jauh lebih murah ketimbang kereta cepat.

"Artinya jika membangun, ya jangan separuh. Ketika ada kereta cepat, bagaimana dengan transportasi publik di Bandung. Ini saja belum terkoneksi (antar moda)," ungkap Djoko.

Hal yang sama hampir serupa juga terjadi di Jakarta. Keuntungan kereta Argo Parahyangan stasiunnya berada di Gambir yang berada di jantung keramaian dengan akses trasportasi publik yang sudah tertata.

Bandingkan apabila menggunakan kereta cepat, stasiun keberangkatan dari Jakarta berada di Halim Perdanakusuma.

Dikutip dari laman resmi KCIC, Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan menggunakan generasi terbaru CR400AF. Kereta ini memiliki panjang trase 142,3 km yang terbentang dari Jakarta hingga Bandung.


Kereta Cepat Jakarta-Bandung memiliki empat stasiun pemberhentian Halim, Karawang, Walini, Tegalluar dengan satu depo yang berlokasi di Tegalluar, plus Padalarang.

Dari total panjang trase kereta cepat, lebih dari 80 km di antaranya memiliki struktur elevated sedangkan sisanya berupa 13 tunnel dan subgrade.

Beberapa fasilitas sementara seperti Batching Plant dan Casting Yard dibangun di beberapa titik kritis untuk mendukung percepatan proses pembangunan.

Target awal, Kereta Cepat Jakarta Bandung mulai dioperasikan pada tahun 2021. Progres pembangunan proyek ini sudah mencapai 44 persen.

Untuk harga tiket, hitungan sementara yang dilakukan KCIC, harga rute Jakarta-Bandung diperkirakan di atas Rp 300.000.

Ini karena selain lebih cepat, kereta cepat ini menawarkan pelayanan yang berbeda dibandingkan KA Argo Parahyangan.

Proyek kereta cepat sempat terhenti karena belum selesainya pembebasan lahan. Beberapa waktu lalu, proyek ini juga sempat dihentikan sementara setelah memicu kebakaran pipa minyak milik Pertamina di Cimahi.


kompas news


Target pasar kereta cepat ini golongan menengah dan keatas. Orang-orang yang gamau repot dan cukup smart.

Nah kalau orang seperti ini disuruh rempong lagi ganti moda transportasi dan kena macet hampir 2 jam ke pusat kota dan Lembang ya surem masa depan lo. Pemberhentian kereta elit malah ditaro di pemukiman warga marginal emoticon-Leh Uga

Pantas si Jonan ga setuju sama trasenya dan ngambek ga hadir saat peresmian mulai proyeknya emoticon-Big Grin

Dilema Kereta Cepat: Sampai Bandung 46 Menit, Tapi Cuma di Pinggiran
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hantupuskom dan 6 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Keluar stasiun, nunggu mobil travel malah kena copet nanti emoticon-Hammer
Apalagi klo akhir pekan, tau sendiri gimana Bandung.

Tpi gpp kok....semua demi memuaskan nafsu

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 5 lainnya memberi reputasi
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Tenang....
nanti dibuatkan hyperloop ke pusat kota

emoticon-Leh Uga
Ibarat bikin Holycow di panti sosial. Keren sih, tapi gada yang beli emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
....tmn ane di bojongsoang...klo mau ke pusat kota...muacet bgt..bisa 3 jam lebih ampe ke pusat kota bdg.....padalarang sama muacet polll.....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
Kadrun bikin isue kereta cepat Mulu ente belum makan siang heh... Bikin emosi jiwa emoticon-Mad (S)
penempatan stasiun itu berdampak penyebaran penduduk...skr coba kita liat iklan2 perumahan pasti menawarkan akses dkt stasiun..klo stasiun hanya lgs ke pusat kota utk apa, ga akan berdampak besar secara ekonomi...toh malahan membuat kepadatah disitu2 aja..

profile-picture
profile-picture
profile-picture
hantupuskom dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ANDIIRAWAN79
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Jarak tempuh cuma 46menit, tapi ngantri sana sini + macet bisa 2jam emoticon-Hammer (S)

Mendingan pake mobil pribadi emoticon-Hammer (S)























































emoticon-Ngacir Tubrukan
profile-picture
odjay05 memberi reputasi
Itu pintu tol Buah Batu - Kopo gile macetnya dah, apalagi klo weekend.
emoticon-Ngakak

Klo gw sih lebih milih full double track JKT-BDG dah daripada bikin kereta cepat. Kenapa? Klo kereta kan turunnya bener2 di Bandung.
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Yang penting para pencebok mengleng bisa cuan mah bodoh amat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
japrapetroz dan 2 lainnya memberi reputasi
gw liat di map stasiunnya deket sama jalur utama kereta api bandung jakarta
kemungkinan nanti ada kereta kommuter pengumpan kereta cepat
profile-picture
profile-picture
banteng.budug dan pilotugal2an541 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Makanya Jonan tidak mau ikutan.
Hebat bener Jonan, orang yang punya prinsip.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hantupuskom dan 6 lainnya memberi reputasi
untung rumah temen gua di bojongsoang emoticon-Ngakak
Gw naik mobil aja dah 600k udah bisa pp, full satu keluarga emoticon-Cendol Gan
profile-picture
maroonia memberi reputasi
Post ini telah dihapus
Tenang tenang..
Buat yg Ga suka kalo stasiun kereta cepat di pinggiran kota..
Nanti akan di buatkan buat ente semua kereta yg langsung sampai depan rumah.,
,
,
,
,
,
,
,
,
,
,
,
,
,
,
,
,
,
,

Kereta jenazah.

emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
Diubah oleh bimoseptian
si jenius emg top
gue ingetin hambalang stop kerugian negara di 680 miliar
ini kereta bakal makan apbn triliunan per tahun

di tempat pemberhentian
jalan sempit, macet dan jauh pula

kaum menengah mana yg mau
habis turun cari lagi transportasi
enakan bawa mobil sendiri atau pp kereta
dibdg sewa mobil..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hantupuskom dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh music9000
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
yg penting jadi
bikin bangga cebi
klo sepi
ya tinggal kasih alibi

yg penting dah bagi2 cuanemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
japrapetroz dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan


Ribut Lagi

Bikin portal seperti youtube diatas saja

Bayangan nya sampai Bandung dalam waktu 1 detik
Post ini telah dihapus
Halaman 1 dari 3


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di