CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sarjana Agama Pentingkah Di Indonesia?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/616f6a39c0de634e910d512d/sarjana-agama-pentingkah-di-indonesia

Sarjana Agama Pentingkah Di Indonesia?



Sarjana Agama Pentingkah Di Indonesia?

Membaca thread ini pemikiran jangan sempit, jangan juga menghina orang yang beragama karena tujuan thread ini hanya untuk memberikan fakta yang sering kita temui di dunia yang fana ini.

Ketika pendidikan itu penting maka belajar hal-hal yang merupakan ilmu dari Agama pun bisa dibilang sangat penting. Terlebih keyakinan yang dianut manusia ini banyak sekali ilmu yang bisa dipelajari, hingga menjadi seorang ahli tentu dibutuhkan belajar.

Sarjana Agama Pentingkah Di Indonesia?

Namun ketika pendidikan agama yang sudah dipelajari di sekolah umum baik dari SD hingga SMA, terutama untuk agama mayoritas di Indonesia yang mendapatkan porsi tambahan dalam dunia pendidikan. Apakah bisa mengubah bangsa ini lebih mencintai agamanya?

Sekolah-sekolah berbasis agama di Indonesia memang banyak, bahkan masalah kedisiplinan mereka lebih baik daripada sekolah umum yang ada di Indonesia.

Sarjana Agama Pentingkah Di Indonesia?

Basis Sekolah Tinggi yang berlandaskan agama pun juga banyak beredar di nusantara tercinta ini contohnya, Universitas Kristen seperti Petra, Cipta Wacana, Immanuel dan lainya. Kemudian ada Universitas Katolik seperti Atmajaya, Tarumanegara, Parahyangan, dan lainnya lalu ada juga Sekolah Tinggi Buddha seperti Raden Wijaya, Sriwijaya, Nalanda dan lainnya tak ketinggalan ada juga Universitas Hindu seperti Gusti Bagus Sugriwa, Gde Pudja, Tampung Penyang dan lainnya. Yang paling banyak adalah Universitas Islam seperti Syarif Hidayatullah, Gunung Djati, Sunan Ampel, Sultan Syarif Kasim, Maulana Malik Ibrahim dan lainnya.

Universitas berbasis agama ini tentu mempunyai jurusan atau fakultas yang sama dengan universitas umum lainnya, hanya saja pendidikan agama lebih dikedepankan untuk siswanya.

Sarjana Agama Pentingkah Di Indonesia?

Tentu tujuan Universitas berbasis agama ini agar masyarakat Indonesia, terutama mereka yang lulus sebagai mahasiswa dan masuk ke dalam banyaknya profesi pekerjaan di dunia agar selalu ingat kepada Tuhan, menjadi manusia lebih beradab, dan lebih terbuka wawasannya hingga takut untuk bertindak menyalahi hukum, seperti korupsi, kriminal, tipu menipu dan banyak hal bisa saja terjadi kalau iman mereka lemah.

Kalau di atas adalah Universitas berbasis agama lantas bagaimana dengan Sarjana Agama? Ingat Sarjana Agama ini bisa dari pendidikan Agama Islam, Kristen Buddha dan Hindu atau yang lainnya. Di zaman serba kapitalis ini, lulusan Sarjana Agama akan bekerja dimana? Apakah semua harus menjadi misionaris atau pendakwah? Atau semua menjadi guru atau dosen, bahkan masuk di pemerintahan lewat Departemen Agama.



Atau lulusan Sarjana Agama sangat sulit mendapatkan pekerjaan seperti video diatas?

Lantas kita berfikir kritis dengan kenyataan yang ada saat ini, bagaimana sekarang tentu semakin banyak para ahli Agama karena lulus dari sekolah tinggi ternyata tidak membuat perubahan pada sistem yang ada di Indonesia, tidak membuat masyarakat menjadi takut dengan Tuhan.

Terlebih banyak Sarjana Agama yang sulit bertarung dalam dunia kerja, persaingan yang begitu bebas dan terbuka memang menjadi salah satu faktor banyak Sarjana pada umumnya menganggur.

Sarjana Agama Pentingkah Di Indonesia?

Umumnya Sarjana Agama banyak mempelajari tentang kajian kepustakaan, baik berupa teori, sejarah, bahasa, dan sastra. Bisa dibilang hanya sekedar teori dan normatif, kemampuan mereka ini kita sebut saja softskill sedikit sekali tentang Hardskill karena pada dasarnya teori dan di lapangan jelas berbeda.

Pemikiran-pemikiran kontemporer juga banyak di cekoki di dalam kampus, seperti Apakah Tuhan ada? Jika Tuhan ada, lalu di mana Tuhan? pertanyaan yang selalu memberikan diskusi yang menarik, hingga debat tak berujung namun kesimpulannya hanya sepakat atau tidak sepakat.

Sarjana Agama Pentingkah Di Indonesia?

Lalu kajian-kajian yang bersifat filsafat seperti Ontologi, epistemologi, aksiologi, bahkan ada juga yang dicekoki ilmu cocoklogi.

Namun tidak sampai disitu saja, perdebatan teoritis selalu dipikirkan hingga akhirnya mulai memasuki tahap yang kritis pemikiran para orientalis dan pemikiran kiri bersifat kontroversial mulai dilahap juga. Tak jarang pemikiran ini membawa lulusan Sarjana Agama ketingkat skeptis.

Sarjana Agama Pentingkah Di Indonesia?

Ujungnya akan ada pemikiran agama yang bercabang dan menciptakan cara beragama sendiri, seperti pemikiran meninggalkan Shalat dalam agama Islam karena inti Shalat mengingat Tuhan, jadi kalau mereka khusuk mengingat Tuhan tanpa Shalat itu dianggap tidak apa-apa.

Contoh nyatanya adalah,

Quote:


Sarjana Agama Pentingkah Di Indonesia?

Jadi pada dasarnya apakah Sarjana Agama masih penting di Indonesia? Karena pemikiran lulusan Sarjana Agama ini bisa saja out of the box walau tidak semuanya.

Atau memang penting karena bisa menjadi calon menantu idaman karena ada embel-embel Sarjana Agama pasti orang baik, dan takut terhadap Tuhan! Apalagi bila pintar berdakwah maka profesi itu bisa mendatangkan kemakmuran dari segi keuangan, karena berdakwah di zaman sekarang mendapatkan bayaran bahkan ada beberapa pendakwah yang memakai management tentu derajatnya sama seperti selebritis yang banyak penggemarnya, tak heran ada yang menjadi bintang iklan.

Sarjana Agama Pentingkah Di Indonesia?

Apa pendapatmu tentang hal ini gan?

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia

Sarjana Agama Pentingkah Di Indonesia?

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2021
referensi : klik, klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Sarjana Agama Pentingkah Di Indonesia?



profile-picture
profile-picture
profile-picture
politon21 dan 32 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh c4punk1950...
Halaman 1 dari 6
Nanti bakalan ngaku yang paling beragama gak tuh om?
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
freedomjustice dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 19 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 19 balasan
Nanti berasa yg paling punya kunci sorge...

____________emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kodokuper dan 5 lainnya memberi reputasi
Penting, buat ngelurusin yg suka belok2 n ngaku2 punya kunci surga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
me5.. dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Seandainya waktu bisak diputer... Dijilat... Dicelupin...
emoticon-Mewek
Sarjana Agama Pentingkah Di Indonesia?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
prasty.95 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh adolfsbasthian
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
Post ini telah dihapus
Kalau menurut gw semua bidang itu penting. Selama agama masih dijunjung tinggi di negara ini ya pasti masih ada peluang untuk mengembangkan diri di bidang agama. Bagaimana masing2 bisa inovasi dan kreatif untuk cari cuan dari keahlian dan passionnya masing2.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diyra4 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Lebih bagus lagi kalo kehidupannya mencerminkan level pendidikannya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
prasty.95 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Untuk apa?Sarjana Agama Pentingkah Di Indonesia? Sarjana Agama Pentingkah Di Indonesia?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Delusi orang zaman dulu aja mesti diadakan jenjang sarjananya, gimana mau maju mental bangsa ini?
Wong waktu pandemi ini aja pada kemana, pada bisa apa para pemuka agama?
Katanya corona gak masuk Indo karena doa qunut kiai.
Katanya corona itu tentara Allah buat melindungi muslim uighur.
Terbukti setelah masuk mereka semua pada ngumpet gak ada yg mampu ataupun berani ngedatangi para pasien utk didoakan supaya diangkat penyakitnya oleh Tuhan.
emoticon-Tai:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Jeffraid dan 25 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Karena mental Indonesia yang penting gelar sarjana terserah mau sarjana apa aja.

Macam anggota dewan jarang yg lulusan SH ataupun SIP, kalo g SAG ya Spd yg banyak.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mastakawaja dan 2 lainnya memberi reputasi
gak penting sih, kejam tp fakta dilapangan emang gitu
mw dipake dimana ijazahnya
bahkan dr yg mayoritas seperti islam jg bakal kalah sama modal mualap, yg jago ceramah jelekin agama lain, atau yg dapat momen viral
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rarebali dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Di salatiga juga ada tuh kampus teologì, lupa nama kampusnya emoticon-Hammer2
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
sarjana agama & kementerian agama dihapus saja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
goal481 dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jago bacot di mimbar kah ..
Mending sarjana budi pekerti n etika lah ..
emoticon-Imlekemoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
J4cqu3s dan 2 lainnya memberi reputasi
sudah jelas gakpenting la ....
jelas2 agama tu ga da urusan ma yg sifatnya duniawi ...

profile-picture
profile-picture
profile-picture
pamancik09 dan 4 lainnya memberi reputasi
gak penting

nambah nambahin orang GUBLOK yg suka menghayal dan berdongen tentang bidadari dan sorga emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
goal481 dan 5 lainnya memberi reputasi
Selama nggk mengganggu pancasila & nkri ky kadrun biadap, silkn aja.. mo sarjana kek mo doktor kek.. g ngaruh .
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Jeffraid dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh giphytralala
Jika yang boleh mengajar di rumah ibadah hanya orang2 lulusan sarjana agama, apakah bisa mengurangi dampak lahirnya kadrun?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Jeffraid dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Bayanganku klo sekolah agama itu lulusnya jadi pemuka agama...
klo ga jadi pemuka agama, rugi menurutku.
krn gelar sarjananya akan sama dengan sarjana lain yg biasanya di rulis S1 SEGALA JURUSAN

di Era skg ini, jurusan S1 apapun itu ga penting2 amat, yg penting ada kerjaan, kamu bs kerjakan, trs gajian

jgn lupa cari pekerjaan tambahan buat tabungan masa depan dan prepare kemungkinan terburuk klo di PHK...

kit aharus krja cerdas. bkn kerja keras.........

SEMANGAT GAES......
JGN LUPA DOA
profile-picture
profile-picture
profile-picture
goal481 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 6


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di