CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Muhammadiyah: Speaker Azan Jangan Keras-keras, Jangan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/616f48a00ca4c650632f525c/muhammadiyah-speaker-azan-jangan-keras-keras-jangan

Muhammadiyah: Speaker Azan Jangan Keras-keras, Jangan

Muhammadiyah: Speaker Azan Jangan Keras-keras, Jangan


Jakarta - Media internasional menyoroti lantangnya pengeras suara masjid-masjid di Indonesia, alat elektronik yang sering dipakai untuk menyuarakan azan serta hal lainnya. Muhammadiyah mengimbau agar pengeras suara itu digunakan dengan bijaksana.

"Jangan keras-keras, suaranya jangan tumpang tindih bersahutan, dan jangan menghadap ke rumah orang," kata Ketua PP Muhammadiyah, Profesor Syafiq Mughni, kepada wartawan menanggapi pemberitaan media internasional itu, Senin (18/10/2021).

Corong pengeras suara yang diarahkan langsung lurus menghadap ke rumah orang tentu bisa mempengaruhi kondisi penghuni rumah. Terlepas dari alat pengeras suaranya yang disorot dunia, azan sendiri adalah pertanda masuk waktu salat. Suaranya perlu merdu agar bisa dinikmati dengan penghayatan. Azan tidak perlu berisik, terlebih sekarang banyak masjid di Indonesia, bahkan posisinya tidak terlalu jauh satu sama lain. Suara azan adalah panggilan untuk salat, bukan untuk menyebarkan agama.

Sehingga hanya menjadi pertanda salat tapi tidak memberi syiar agama. Dalam menysiarkan agama perlu estetika," kata Syafiq Mughni.

Syafiq mengamati, speaker atau sering disebut sebagai toa masjid sering dipakai untuk menyuarakan hal-hal selain azan. Kadang, dia mengakui, suara itu cenderung berisik.

"Di luar soal azan seringkali dijumpai keberisikan yang lebih mengganggu, seperti suara musik yang Cumiakkan telinga ketika ada hajatan di kampung-kampung. Untuk mengatasi ini perlu penyadaran kepada semua lapisan masyarakat untuk tidak mengganggu ketenangan umum," kata Syafiq.

Dahulu kala pada zaman Nabi, azan tidak mengganggu orang lantaran tidak menggunakan pengeras suara. Saat ini, teknologi sudah semakin maju. Banyak orang sudah mempunyai alarm, baik dalam bentuk jam maupun di ponsel masing-masing.


Muhammadiyah: Speaker Azan Jangan Keras-keras, Jangan

"Sekarang hampir semua orang punya alarm, jadi tidak perlu suara keras. Zaman Nabi tidak mengganggu karena belum pakai pengeras suara. Mengganggu tetangga atau orang lain termasuk perbuatan yang dilarang agama dan bahkan pelakunya disebut tidak beriman," kata Syafiq.

Sorotan media internasional

Media internasional asal Prancis, AFP, menyoroti lantangnya suara azan di Indonesia, khususnya Jakarta. Langkah komplain terhadap suara azan bisa berujung pada ancaman keselamatan si pengaju komplain.

AFP merilis laporan yang bertajuk 'Piety or noise nuisance? Indonesia tackles call to prayer volume backlash'. Dalam laporan ini disebut salah satu warga Jakarta, Rina, bukan nama sebenarnya, bangun tiap pukul 03.00 pagi karena pengeras suara yang begitu keras dari masjid di pinggiran Jakarta saat azan berkumandang.

Dia mengalami gangguan kecemasan. Rina sering tak bisa tidur, mual saat makan, tetapi takut saat akan menyampaikan keluhannya. Sebab, ia khawatir jika mengatakannya akan dipenjara atau diserang.

Pada 2018, perempuan Buddha di Tanjung Balai Sumatera Utara, Meiliana, dipenjara gara-gara menyebut suara azan 'bikin sakit telinga saya'. Awal tahun ini, ada selebritis Zaskia Mecca dikecam secara online gara-gara mengkritik suara pengeras suara saat Ramadhan.

Pada 2012, Wakil Presiden RI ke-11, Boediono pernah menuai kecaman ketika dia menyarankan agar volume azan dibatasi

Mei lalu, gerombolan orang marah menggeruduk perumahan mewah di Jakarta setelah seorang warga meminta masjid lokal mengarahkan pengeras suaranya menjauh dari rumahnya. Polisi dan tentara mengamankan situasi, seorang pria meminta maaf via media sosial untuk memadamkan kemarahan.

AFP mengutip pandangan pengamat dari UIN Syarif Hidayatullah, Ali Munhanif. Warga Indonesia biasanya marah terhadap komplain soal pengeras suara masjid yang biasa dipakai untuk azan. Soalnya, mereka salah paham, mereka mengira pengumuman via speaker masjid adalah syarat keagamaan ketimbang ekspresi budaya.

https://news.detik.com/berita/d-5772...-rumah-orang/2

Lho siapa tuh yg adzan jam 3 pagi, mungkin maksudnya yg bisa mengganggu itu suara pembacaan ayat suci kali seperti yasinan, sholawatan, pengajian, majlis ta'lim, ceramah, bangunin sahur..dll
profile-picture
profile-picture
profile-picture
septyanto dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh deniswise
Halaman 1 dari 3
perlu adanya sertifikasi tukang adzan, wajib itu, kayak dukun bayi dpt pelatihan, sertifikat, terdaftar di kemenkes
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Perlu aturan, yg keluar cukup azan saja..
Durasinya kan gak lama..
Kalau disertai ngaji2 sebelum dan sesudah subuh itu yg gak boleh..cukup buat didalam masjid saja.
Di komplek gw begini soalnya.. mau komplain ntar dimusuhin DKM..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kentutz dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Menurut ane sebagai muslim, lbh baik menuruti sprt diatas, yah volume nya bisa dikecilkan... sebagai tanda rasa "tenggang rasa" .... selama itu baik untuk bersama.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Makati2019 dan 3 lainnya memberi reputasi
Itu agama ato hama, selalu bikin ribut emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kentutz dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Bukan cuma adzan.. tahlilan org meninggal 7 hari berturut turut juga pake toa, pengajian rutin bapak atau ibu2 juga pakai toa siang malam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Makati2019 dan 2 lainnya memberi reputasi
seperti biasa, 'pemain bek' mencoba memainkan perannya.

tafi ya itu, tidak ada yang dilakukan, hanya sebatas himbauan.

dan suara cempreng tetap berlanjut dan semakin keras ! emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kentutz dan 20 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Anwar Abbas: Kuministik sekuleristik ateistik islamofobik bistik
emoticon-Blue Guy Bata (L)



emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kranevitter dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
untung yg protes asing
langsung mangut2
emang mental inferior
kalo lokal yg protes ntah gmana nasibnya bre
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kentutz dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Udah ada aturannya tinggal di jalankan aja...
profile-picture
profile-picture
Makati2019 dan daimond25 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Kalo komplain ginian ke masyarakat ngeri bre
Pasukannya dah ky zombie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kentutz dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Cuma lip service...

Sesama warga MHD aja ga kompak soal seruan adzan...

emoticon-Big Grin

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kepala.Jenggot dan 4 lainnya memberi reputasi
Ok lah pake toa, tapi before dan after nya jangan kalo tinggal di kawasan perumahan yg banyak non muslim nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 2 lainnya memberi reputasi
Apakah pake toa keras2 sesuai ajaran nabi? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kentutz dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Subonolo emoticon-EEK!k
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lastcar bisa marah nih! emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ucapan ini hanya sebagai pemanis saja. Ujung ujungnya ya sama saja.
Sebentar ngomong ini dan sebentar ngomong itu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
daimond25 dan 3 lainnya memberi reputasi
Kalau azan masih mending (bagi kaum mendang mending), ini pas acara tahlilan, maulid, zikir, haul dll yang berisik banget plus nutup jalan. Mungkin kearifan lokal islam nusantara kali
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
gue hampir terharu.
tapi untungnya cepat tersadar bahwa ini cuma retorika.
pemanis kamuflase, manis-manis bibir doang praktek mah nggak.
akido taqqiya.emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kepala.Jenggot dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Astaghfirullah wal adzim emoticon-Kagets

Seluler atau kuminiskah yang bilang begitu? Apa perlu kita bakar rumah ibadahnya??emoticon-Shutup
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan b.omat memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Azan mah mah baik, juga bisa buat pengingat waktu.

Yang ane ga seneng tuh ada yg baca quran pke speker masjid.

Ganggu banged, ga bisa konsen, ga bisa tidur.
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di