CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Ragam Bentuk Setir Truk, Lebih Suka Yang Mana?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/616e92f0a710fc1b0a193dc1/ragam-bentuk-setir-truk-lebih-suka-yang-mana

Ragam Bentuk Setir Truk, Lebih Suka Yang Mana?

Hola Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar ragam bentuk setir truk nih.


Sebuah kendaraan beroda empat, terutama truk, hampir semua pasti punya setir. Setir sendiri fungsinya sangatlah vital karena benda ini yang dibutuhkan untuk membuat kendaraan berbelok.

Tentunya, setir mempunyai bentuk yang berbeda-beda tergantung kendaraan dan produsen serta seri kendaraannya apa. Tak terkecuali truk yang merek serta tipenya lumayan banyak, seperti bus.

1. Mitsubishi Canter



Canter, semenjak 2007 memang sudah menggunakan setir yang berbentuk seperti ini. Hampir tidak ada perubahan, walau memang KTB sudah mengubah instrument cluster Canter beberapa kali.

Setir Canter memang terlihat sedikit modern dan juga sederhana. Hanya berbentuk 2 palang dengan geometri mirip setir Panther kotak zaman dulu, namun lebih modern, dengan tombol klakson ditengah serta tentunya logo tiga berlian di tengah pula. Setrir ini dipakai di semua seri Canter yang dijual secara resmi di Indonesia.

2. Mitsubishi Fuso (model lama)



Fuso model lama memiliki setir yang tetap setiap digunakan sejak tahun 1980an, sejak generasi Fuso berlampu kotak diluncurkan oleh KTB untuk dijual di Indonesia, dimana generasi ini masih terus dijual hingga sekarang.

Setir Fuso ini sangat sederhana, sekilas mirip setir Mitsubishi L300 namun bentuknya jauh lebih besar serta memiliki tombol klakson yang diletakkan di tengah setir, dengan pengaturan stir tilt dan teleskopik pada versi-versi baru (CMIIW). 

3. Mitsubishi Fuso Fighter (model baru)



Model baru dari Fuso yang dinamakan Fuso Fighter  ini memiliki setir 4 palang yang jauh lebih modern dibanding generasi sebelumnya. Baru saja digunakan sekitar beberapa bulan lalu, dan hingga sekarang masih digunakan.

Cukup sederhana tetapi modern, tidak ada audio steering switch, tetapi sudah menganut sistem pengaturan setir tilt dan teleskopik dengan bentuk 4 palang yang sekilas mirip Mercedes-Benz.

4. Hino 500



Setir ini sudah digunakan sejak 2003 ketika Hino meluncurkan generasi terbaru dari Hino 500, hingga sekarang masih digunakan di hampir semua truk Hino 500 yang dijual resmi di Indonesia. Setir model seperti ini digunakan juga di bus Hino RK dan RN dengan perubahan di bentuk yang lebih bulat.

Setir ini sangat sederhana namun sudah membulat bentuknya walau masih ada bagian-bagian kotaknya, dengan logo "H" di tengah (ingat ini Hino bukan Honda), disertakan dengan tombol klakson ditengah layaknya mobil-mobil zaman sekarang.

5. Hino 300 (+Dyna)



Hino Dutro dan Toyota Dyna sudah menggunakan setir model seperti ini sejak belasan tahun lalu. Semua varian Dutro dan Dyna yang dijual di Indonesia generasi terbarunya menggunakan setir ini termasuk busnya juga.

Memang, sekilas mirip dengan setir Hino 500, sama-sama dua palang, namun setir ini tergolong lebih mini ukurannya, bentuknya jauh lebih mengotak dan juga lebih simpel dan tidak rumit.

6. Isuzu Giga & Elf



Semenjak Isuzu memperkenalkan generasi terbaru Giga dan Elf yang menggunakan headlamp kotak yang lebih gagah, Isuzu menggunakan setir model begini, yang mencakup 2 palang.

Bentuknya memang mirip juga dengan Hino 500 dengan 2 palang layaknya rata-rata setir truk di Indonesia, namun ada beberapa perbedaan, seperti logo, bentuk yang lebih mengotak, palang yang lebih kecil dan pendek, dan lain-lain.

7. Mercedes Actros/Arocs



Nah, stir model ini adalah pengganti stir 4 palang Mercedes yang lebih lawas. Daimler AG baru menerapkan setir ini tidak terlalu lama di truk-truk Mercedes, baru beberapa tahun saja.

Daimler membuat setir 4 palang Actros dan Arocs terbaru ini dengan pengaturan tilt/teleskopik yang cukup lengkap, dengan tentunya steering switch yang lengkap pula, dilengkapi dengan bluetooth telephony, audio steering switch, dan masih banyak lagi.

8. Scania (Old)



Setir Scania, yang model lawas sudah digunakan cukup lama, sekitar belasan tahun lalu mulai digunakan. Semua lini truk dan bus Scania, yang lama (kalau yang baru, sudah banyak yang diperbaharui) menggunakan setir model seperti ini, mulai dari R560, K360IB, dan lain-lain.

Bentuknya sudah modern dengan 4 palang dan bentuk yang membulat, tentunya dengan fitur yang banyak, dengan tombol-tombol steering switch, aksen kayu pada beberapa varian, dan lain sebagainya.


Nah, itulah isi thread ane yang membahas seputar bentuk setir truk di Indonesia. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabika Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah!

Sumber: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Narasi: Opini Pribadi
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk menjatuhkan atau mempromosikan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mollyeva dan 18 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Kalau Fuso FJ, Fuso FA hingga Fuso FZ di indonesia ternyata pernah memakai setir mercy zaman now di truk ini

Spoiler for Setir 4 spoke dari Daimler Ag dipakai oleh 3 pabrikan lain:


Kalau canter bisa pakai setir mercy zaman now dikasih logo mitsubishi menurut @ulungrinjani
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane suka yg model gini gan

Ragam Bentuk Setir Truk, Lebih Suka Yang Mana?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tama05 dan 3 lainnya memberi reputasi
Palang 4 Scania punya emang ga ada obat sihemoticon-Cool
Yg merek Jepang setirnya polos beda sama setir merek eropa
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
Arocs keren emoticon-Jempol
Yang pertama terlihat kokoh dan lingkarannya gak terlalu besar juga.....
Mercy / volvo nyaman posisinya dan juga enak jok nya.
Jepang yg baru2 juga udah mulai mengutamakan kenyamanan sih

emoticon-2 Jempol
Quote:


Jadi pengen maen game euro truck simulator 2 emoticon-Ngacir2
mendingan seperti fuso lama,ga rame
mantaappp
Ragam Bentuk Setir Truk, Lebih Suka Yang Mana?
Kembali ke selera sih,kalo gue suka yang palang 4 😁
vote Scania emoticon-Rate 5 Star
Milih stir quester aja lah ane emoticon-Leh Uga
scania yg baru keren gan
Scania paling keren banyak tombol2nya emoticon-2 Jempol
Ane tau model2 setir trcuk gitu
cuma dari game Euro Truck Simulator doang gan
emoticon-Hammer2

gak pernah lihat langsung di dalemnya.
selanjutnya ane nunggu trit soal bahan, kualitas, fungsi tambahan dan cara pembuatan dari sebuat roda stir.
scania merci engkap gans tombolna, lebih bagus juga tentunya untuk urusan fasilitas. yg lain mah lewat gans, masih sederhana semua lainnya
Halaman 1 dari 2


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di