CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Buka Opsi Pailit, Kementerian BUMN Siapkan Pelita Air Gantikan Garuda
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/616cfe4a069fa06503384264/buka-opsi-pailit-kementerian-bumn-siapkan-pelita-air-gantikan-garuda

Buka Opsi Pailit, Kementerian BUMN Siapkan Pelita Air Gantikan Garuda

Buka Opsi Pailit, Kementerian BUMN Siapkan Pelita Air Gantikan Garuda

 Kementerian Negara BUMN membuka opsi memailitkan Garuda Indonesia (GIAA) yang merugi USD 2,44 miliar. Tindakan tersebut dilakukan bila proses restrukturisasi utang dengan kreditur menemui jalan buntu.

Menurut Wakil Menteri II BUMN Kartika Wirjoatmodjo, negosiasi restrukturisasi utang GIAA dilakukan dengan seluruh lender, lessor pesawat, hingga pemegang sukuk global. Negosiasi moratorium utang dan restrukturisasi kredit dilakukan tiga konsultan yang ditunjuk Kementerian Negara BUMN. "Kalau mentok ya kita tutup, tidak mungkin kita berikan penyertaan modal negara karena nilai utangnya terlalu besar,” kata Tiko, sapaan akrabnya.

Sebelas kreditur dalam negeri telah mencapai kesepakatan restrukturisasi utang pada September lalu. Meski demikian, negosiasi dengan kreditur dan lessor masih alot dan membutuhkan waktu yang panjang. Salah satu alasannya, pesawat yang digunakan Garuda dimiliki puluhan lessor. ’’Peluang 50:50,’’ ungkap Tiko, dalam diskusi dengan sejumlah pemimpin redaksi.


Tiko menilai opsi penutupan Garuda tetap terbuka meski berstatus sebagai maskapai flag carrier. Alasannya, saat ini sudah lazim sebuah negara tidak memiliki maskapai yang melayani penerbangan internasional. Untuk melayani penerbangan internasional, maskapai asing akan digandeng sebagai partner maskapai domestik.

Tiko menyebut satu maskapai telah tertarik untuk menjadi partner maskapai internasional dengan kompensasi penerbangan umrah dan haji. Untuk mengantisipasi jika opsi penutupan Garuda dilakukan, Kementerian BUMN telah menyiapkan transformasi maskapai Pelita Air dari air charter sebagai maskapai full service domestik. ’’Pelita disiapkan menggantikan Garuda karena seluruh sahamnya dimiliki Pertamina,’’ terangnya.


Jika restrukturisasi utang Garuda ternyata berhasil, Pelita Air tetap bakal dioperasikan sebagai maskapai full service domestik. Tiko mengungkapkan, masalah utama Garuda adalah biaya leasing yang melebihi kewajaran dan jenis pesawat yang digunakan terlalu banyak.

Garuda


Apa iya mau dipailitkan atau  bisa juga dijual ke swasta.  

Daripada setiap tahun  disuntik dana terus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 6 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
berita bagus untuk oposisi

di masa jokowo, garuda rontok















padahal rata rata maskapai dunia juga banyak yang rontok karena pandemi.
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kranevitter dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
Swasta mana yg mo nanggung kerugian 2,2 m dollar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kranevitter dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Maskapai nasional pailit. emoticon-Leh Uga

Itu karena swasta masuk, ga bisa bersaing dengan swasta.

Tolong dong sekalian PT listrik dan PT minyak dibuka opsi swastanya.
Paling 5-10 tahun kolaps.
Bocornya udah kebangetan.
Monopoli kok merugi?? emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 22 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 22 balasan
memang sudah harusnya BUMN dihapus, ganti dengan SWF.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Kalau dibangkrutkan, yang bayar utang kreditur siapa ?
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Nanti abis joko pensiun..
Pertamina dan PLN juga akan dibilang mau bangkrut.

Lalu sahamnya dijual2in..

profile-picture
profile-picture
profile-picture
zelfrizk dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Quote:


Jadi kalau restrukturisasi utang berhasil, cuma untuk mengulur jadwal waktu bayar utang.
Sedangkan Garuda tetap akan terus merugi dan utang akan semakin banyak. emoticon-Ngakak

Mendingan langsung pailitin aja sekalian.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
dijaman meroket garuda nyungsep?
gk masalah
yg penting kpk sudah bersih
dan anies bisa ditangkap gara2 pormula e dan kasus lebih bayar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jexjonn dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Di 2007 waktu ane pake I'd "priato" , ane pernah kok ulas ini, skenario pembangkrutan burung biru. Tar kalo pailit, aset strategis anak perusahaan dijual murah, Dan dibeli, oleh jaringan yg bikin maskapai ini bankrupt emoticon-Embarrassment

profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan pamansengkuni memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
diluar bumn prioritasnya sudah pada minim, gantinya SWF seperti di qatar, kuwait dan UAE, seharusnya fokus negara ke SWF bukan ke BUMN ogah rugi ogah pailit lagi, laporan keuangannya berdarah-darah tapi dirutnya sibuk main gundik perawan sampai berdarah, kan kontowl namanya kalau begitu !
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Gimana kabar yang sangkut GIAA?
emoticon-Leh Uga
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Edan.. Padahal jaman jonan garuda jadi maskapai yang sehat.
Malah gabung ama skyteam
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan jerrystreamer1 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
harus nya sejak awal dipailitkan, mempertahankan "penyakit" yg berujung "menular" kemana2 itu aneh sekali, apalagi cuma dengan alasan gengsi karena maskapai negara
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
tanda-tanda indonesia bubar, udah mulai bangkrut dan berjatuhan satu-persatu, tinggal menunggu waktu saja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zelfrizk dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
saham CT bakal gosong dong emoticon-Ngakak
nasib merapat ke sibeye
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kranevitter dan 2 lainnya memberi reputasi
Garuda digantiin Pelita? gak salah, dua-duanya sama bobroknya, Pelita masih untung gak kolaps karena nature bisnisnya itu pesawat charter dan kontrak base, jadi badai pandemi gak terlalu pengaruh karena layanan servisnya banyakan untuk industri strategis termasuk Pertamina.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan jerrystreamer1 memberi reputasi
Banyak maskapai yang lagi susah putar otak kaya jual gorengan, jual kambing, sampai buka penerbangan tanpa tujuan. Garuda?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Terlalu sombong.

Maskapai luar banyak yang mencoba bertahan di era pandemia, dengan jualan macem2.


Garuda punya daging mentah kualitas unggul, kenapa cuma disajikan ke pejabat dan komisaris saja?

Dijual ke masyarakat umum aja kenapa, untuk menyelamatkan keuangan perusahaan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kranevitter dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
BUMN yang hanya jadi bancakan pejabat2 nya
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
Kesan nya buang yg lama.gk ti yg merk.baru.gitu kan ya.tp peswat tetap punya garuda
Bener gk sih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di