CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Perlu Ga Sih Pendidikan Hingga Sarjana Di Indonesia?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/616cdc6da4b93b536f7659b7/perlu-ga-sih-pendidikan-hingga-sarjana-di-indonesia

Perlu Ga Sih Pendidikan Hingga Sarjana Di Indonesia?



Perlu Ga Sih Pendidikan Hingga Sarjana Di Indonesia?

Pendidikan sangat penting untuk menunjang SDM yang berkualitas, namun ada banyak cerita di Indonesia dimana lulusan Sarjana pusing mencari pekerjaan, lulusan Sarjana hanya menjadi penarik becak, ojol, jualan sempol dan banyak hal lainnya cerita-cerita tentang lulusan sarjana yang gagal bersaing di dunia pekerjaan.

Maka akan ada pertanyaan dibenak orang awam,

Perlu Ga Sih Pendidikan Hingga Sarjana Di Indonesia?


Perlu Ga Sih Pendidikan Hingga Sarjana Di Indonesia?

Pendidikan itu perlu, namun untuk mencapai tingkat Sarjana diperlukan kemauan, tekad, serta ekonomi yang cukup kuat lalu plan masa depanmu ingin jadi apa! Itu yang perlu dilakukan, jangan sampai gelar mahasiswa hanya kedok untuk open BO menaikan tarif kencan bagi om hidung belang kelas kakap, jadi niat ingin menjadi sarjana ini yang perlu diluruskan.

Kalau kita mau berkata jujur, terhadap mereka yang meneruskan kuliah hingga menjadi sarjana ketika ditanyakan "Untuk apa kamu kuliah? Apa tujuanmu kuliah?" Yakin sebagian besar tak bisa menjawab dengan pasti, alasannya tentu beragam, ada yang ikut teman, ada yang disuruh orang tua untuk kuliah, ada yang memang niatnya ingin menjadi seorang yang ahli di dalam bidang tertentu dan profesional dalam berkarir dimasa depan namun jawaban ini hanya dilakukan segelintir orang.

Perlu Ga Sih Pendidikan Hingga Sarjana Di Indonesia?

Seperti cerita usang kawan-kawan tentang lulusan Sarjana Pertanian yang bekerja menjadi administrasi di perusahaan, itupun ada koneksi orang dalam. Maka pendidikan menjadi sarjana di Indonesia tidak bekerja sesuai bidang ilmunya, banyak kaum pelajar tak mengerti tujuan mereka setelah lulus kuliah dan belajar itu untuk apa?

Seharusnya sebelum kuliah calon mahasiswa harus sudah ada tujuan dalam mengarungi langkahnya dimasa depan, setelah lulus kuliah ingin jadi apa? Mau kerja dimana? Sebagai apa? Jadi bisa dikatakan setelah lulus kamu harus menjadi professional, keahlian lulusan sarjana bisa dibilang menjadi berkualitas karena memang menyukai jurusan yang ditawarkan oleh Universitas tersebut baik PTN maupun PTS.

Perlu Ga Sih Pendidikan Hingga Sarjana Di Indonesia?

Karena kalau tak memikirkan tujuanmu setelah kuliah hendak kemana, maka bisa dikatakan gelar sarjana hanyalah sekedar gaya dan sia-sia. Maka gelar itu tak diperlukan, karena banyak mahasiswa salah kaprah ketika mendapatkan gelar sarjana akan mudah mencari pekerjaan!

Faktanya lowongan kerja terbatas, belum lagi banyak calon pekerja yang bergelar Sarjana tak memenuhi kompetensi yang diharapkan oleh perusahaan, jadi banyak yang lulusan sarjana bisa dikatakan kualitasnya buruk, karena tidak memiliki kompetensi yang cukup.

Perlu Ga Sih Pendidikan Hingga Sarjana Di Indonesia?

Kuliah juga harus ditunjang dengan skill primer lainnya seperti bahasa asing, maka tak heran mereka yang punya uang lebih senang kuliah di negara asing dibandingkan di negeri sendiri. Karena bahasa asing yang dikuasai akan lebih mudah dipelajari bila bertemu dengan mahasiswa lain.

Tak jarang kualitas lulusan SMA bisa lebih kompetensi dengan yang lulusan sarjana, bahkan bisa lebih berprestasi karena mereka fokus dengan tujuannya menjadi sosok yang ahli.

Perlu Ga Sih Pendidikan Hingga Sarjana Di Indonesia?

Apapun hal itu bila kamu fokus dalam belajar dan menggali potensi dalam diri akan ada yang namanya kesuksesan, misal kamu punya keahlian membuat kue dan fokus tanpa harus kuliah namun hal tersebut kamu tekuni dengan sungguh-sungguh dapat dipastikan kamu menjadi ahli pembuat kue, ujungnya usaha kuemu juga bisa berakhir dengan kesuksesan.

Kuliah itu adalah penunjang agar keahlianmu lebih meningkat dan bisa dilirik oleh perusahaan besar, bahkan bukan hanya sebagai gelar dan meningkatkan bayaran gaji saja namun sebagai ahli yang berkualitas. Jadi perlu sekali kuliah namun harus menjadi mahasiswa yang berkualitas.

Perlu Ga Sih Pendidikan Hingga Sarjana Di Indonesia?

Contoh mudah Jesselyn Lauwreen dan Nadya adalah finalis MasterChef Indonesia (MCI) Season 8 keduanya adalah lulusan sekolah kuliner Le Cordon Bleu, namun berbeda negara jika Nadya lulus dari Le Cordon Bleu Australia, Jesselyn lulus dari Le Cordon Bleu Paris. Namun lihat saat ini Lord Adi petani cabai yang tidak sekolah kuliner menjadi sosok pembeda diantara kedua finalis tersebut, bahkan walau tidak juara kompetisi Lord Adi punya program tersendiri di televisi dengan style cooking comedy. Tapi pemenang kompetisi tetap mereka yang sekolah kuliner, jadi apa tandanya? Lulusan sarjana memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan belajar secara otodidak, bukan secara skill tapi secara gelar maka lebih di prioritaskan karena MCI 8 ada yang bilang isunya disetting pemenangnya, entah hal ini benar atau tidak, karena Lord Adi sebagai pemenang challange terbanyak terpeleset di 3 besar dan gagal juara dengan yang sekolah kuliner.

Itu salah satu contoh sekolah itu perlu, namun tujuan setelah lulus itu mau kemana? Itu yang harus difikirkan dengan matang, karena banyak gelar sarjana sekarang ini hanya menjadi penghias dinding ruangan saja, karena salah tujuan, salah mengambil jurusan.



Lor Adi tidak ada titel lulusan sekolah kuliner mampu menembus dunia entertaint

Apa tanggapanmu dengan hal ini guys?

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia

Perlu Ga Sih Pendidikan Hingga Sarjana Di Indonesia?

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2021
referensi : klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Perlu Ga Sih Pendidikan Hingga Sarjana Di Indonesia?



profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 26 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh c4punk1950...
Halaman 1 dari 6
Menurut ane perlu gan, kalo dimari (ga tau deh kalo diLN sono)...
Walopun ketika kita bekerja menggunakan "orang dalam (atau istilah halusnya " nge-link)", pada akhirnya kudu kuliah-kuliah juga...
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Perlu dan perlu pake banget.

Melihat di pergaulan gw sendiri, mereka yg lulus sarjana, umumnya lebih nyambung & enak buat diskusi.
Kalian tau kan isu2 yg agak sensitif seperti politik atau agama, kalo ngajak diskusi mereka, umumnya engga pada nyolot atau tiba2 ngutuk.

Orang2 yg bener2 lulus sarjana juga umumnya lebih terukur dalam bertindak.




profile-picture
profile-picture
profile-picture
p.a.c.o.l dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 20 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 20 balasan
Yes perlu! Kalau gw bisa ngebiayain malah gw biayain dah. Contoh aja ya, ketika pembentukan rencana anggaran lebih enak dan mulus ngomong sama yg sarjana (khususnya yang sarjana ekonomi)... bukan berarti yang dibawahnya atau yang lain bidang tidak bisa yah tapi karena mereka biasanya berdasarkan pengalaman jadi suka kaku dalam membahas, membentuk atau melihat paradigma baru.
profile-picture
profile-picture
apawaal dan c4punk1950... memberi reputasi
Tetap perlu sih gan, yg penting proses dan tempat ngambil gelar sarjananya harus yang berkualitas. Kalau salah satunya miss ya hasilnya juga gx bakal sesuai ekspetasi.

Karena nanti kita juga bakal ketemu dengan orang-orang yang tidak sekolah tinggi atau tidak lulus tapi pemikirannya bisa setara sarjana. Dan ada juga sarjana dengan pola pikir orang tidak sekolah..

That's a real life emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
thegodking dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
klo di kantor ane ga terlalu masalah kuliah apa ga..tapi yang ga kuliah ya ga akan dapet sampingan gede..sama klo proyek, yg kuliah namanya bisa dipake emoticon-Angkat Beer
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Kalau fokusnya terkait pendidikan, 'nggak juga ...
Pendidikan itu berlangsung selama kita hidup, selagi kita punya niat untuk belajar.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
caurboy dan 3 lainnya memberi reputasi
Gak perlu sarjana, sekalian gak perlu sekolah atau kuliah..
Monggo silahkan dicoba emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
gantarIDWS dan c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Perlu lah, kecuali sarjana agama (apapun).
karena ga ada gunanya didunia kerja.

kecualo klo pendakwah adlh pekerjaan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
apawaal dan 3 lainnya memberi reputasi
Tanpa mengecilkan orang2 yang tidak kuliah, kuliah perlu atau tidak tergantung pandangan seseorang dalam melihat hidup ini. Untuk saya pribadi kuliah itu perlu jika biaya dan kesempatan ada, karena kuliah membentuk pola pikir dan attitude/sikap, serta mengajarkan mengambil keputusan secara kritis dan memiliki nalar yang baik.

Dengan kuliah karakterisitk seseorang diharapkan bisa menjadi pribadi yang lebih "maju" dibanding sebelum kuliah emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Perlu banget kalau tujuan akhir lo professor atau phd dan sebagai2nya di bidang iptek yang butuh gelar s1.........alias pendidikan tingkat lanjut......kalau tujuan lo jadi orang kaya? ya buka usaha lah bos! emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KetuaBesar dan 2 lainnya memberi reputasi
tetap perlu untuk mendongkrak karir. atau juga belum ilmu manajemen.

emoticon-2 Jempol
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Di sini sangat perlu gan, ya mungkin karna masih banyak perusahaan yang ngeliat jenjang pendidikan dibanding skill
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Yg ga perlu itu sekolah online..
Ya masa anak gw ga ngerjain tugas 3 hari berturut" bisa di kasih nilai 100..
Kocak bener
profile-picture
profile-picture
profile-picture
leonard21 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Kalau mau jadi karyawan dengan jenjang karir yg bagus, lebih baik lulusan sarjana.
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
pertanyaan TS ini sudah mainstream,

Coba buat thread lagi apakah pendidikan Agama penting ??
baru deh ane komentar hehehe emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
pribumi.melarat dan c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Perlu dong.....buat ngangkat derajat keluarga anaknya kuliah sampai punya titel sarjanaemoticon-Big Grin
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
tergantung
kalau cita citanya mau pengen kerja di perusahaan besar, jadi PNS, Insinyur, arsitek, Ilmuwan, akademisi dll atau hanya ingin punya kehidupan stabil
yup Sarjana itu wajib untuk orang orang yg seperti itu

tapi kalau punya impian jadi entrepreneur, suka kerja yg penuh tantangan, perkerjaan lapangan dll
Sarjana tidak wajib tapi sertfikasi dari sekolah/akademi etc yg mengajarkan skill skill yg diperlukan yg lebih wajib diperoleh

khusus entrepreneur kuliah itu lebih penting cari relasi dan koneksi yg banyak dari pada Ijasah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ardhian66 dan 2 lainnya memberi reputasi
Perlu ga sih pendidikan hingga sarjana di indonesia?

Kagak, mo nyari jabatan plus gaji gede modal nya 2

1 : Orang dalem
2 : Sogokan.

Dah itu aja, beres..

Jangkrik boss
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Perlu lha

Karyawan gw pada s1
Ob gw smp-sma
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Jawaban perlu nggak perlu itu ya tergantung tujuan hidup. Kalau mau kerja kantoran dkk maka kebanyakan perusahaan sekarang butuh kualifikasi sarjana.

Contohnya begini: ada sebuah lowongan kerja dan ada seribu pendaftar. Tak mungkin rasanya memeriksa semua satu persatu jadi mau nggak mau sebagian harus dieliminasi. Eliminasinya dari apa? Ya yang paling gampang eliminasi dari jenjang pendidikan. Dari seribu ya diambillah 10 orang yang sarjana lulusan harvard dan kesepuluh itulah yang akan lolos tes berikutnya.

Tapibanyak kok kerjaan yang nggak butuh title sarjana, contohnya wiraswasta. Emang sih ada yang nganggap kerjaan sarjana lebih berkelas tapi semua itu kembali ke diri sendiri. Hidup hidupmu, putuskan jalanmu sendiri.
profile-picture
profile-picture
gantarIDWS dan c4punk1950... memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di