CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Buat Kamu yang Malu Soal Masa Lalu, Bodo Amatin Aja Gaes
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/616cab1737f7123cd87e313b/buat-kamu-yang-malu-soal-masa-lalu-bodo-amatin-aja-gaes

Buat Kamu yang Malu Soal Masa Lalu, Bodo Amatin Aja Gaes

Buat Kamu yang Malu Soal Masa Lalu, Bodo Amatin Aja Gaes
Buat Kamu yang Malu Soal Masa Lalu, Bodo Amatin Aja Gaes

Halo gansis ketemu lagi sama ane, dan hari ini ane bakal bahas mengenai kesalahan-kesalahan yang kita lakukan di masa muda, masa remaja kita dan bagaimana kita melihatnya setelah menjadi dewasa. Banyak diantara kita yang merasa malu aja gitu kalau misalkan kita melihat masa lalu apalagi yang memalukan. Buat gansis sekarang yang udah dewasa 20 tahun keatas gitu coba lihat postingan sosial media ente 10 tahun lalu. Pasti kayak ngerasa "anjir kenapa gue dulu gini ya" haha.

Buat kalian yang sudah dewasa tapi masih kepikiran soal kelucuan-kelucuan dan kebodohan kebodohan yang memalukan dulu atau bagi yang masih terus kerasa kayak kenapa orang-orang nggak ngerti aku kenapa aku salah sih dimata orang-orang dewasa kayak orang tua dan keluarga. Oke deh baca sampai habis ya supaya bisa ngerti.

Quote:


Oke langsung aja ane mau bilang mengenai apa aja yang berbeda antara kita yang sekarang dengan kita yang nanti, dengan kita yang dulu gitu ya. Perbedaan yang pertama adalah perbedaan pengetahuan. Mungkin kalian zaman dulu pas remaja itu pernah posting status ke Twitter atau Facebook, sok-sokan pakai bahasa Inggris padahal pengetahuan paper nya masih berantakan. sekarang baca lagi deh, atau ente sok sokan beropini soal sistem ekonomi atau politik gitu.

Atau apa gitu lah itu kan simpel ya masalahnya adalah karena dulu pengetahuannya belum cukup aja. Sekarang ente tahu bahwa hal itu tidak normal. Padahal kan manusia akan belajar. Zaman ente SD pasti gak ngerti kan pelajaran SMP? Pas SMP gak tau kan pelajaran SMA? Dan pas SMA pasti gak tau kan banyak hal-hal di luar sana? ya orang dewasa udah tahu itu sesuatu yang normal dulu tidak tahu sekarang tahu itu normal.

Malu akan hal itu nggak apa-apa itu wajar tapi nambah pengetahuan dan sadar yang dulu salah itu namanya lu harus belajar dari rasa yang dulu aku kan bodoh. Artinya pengetahuan pertama kali sampai sekarang masih merasa sedikit. Ane yakin pas remaja semua yang kita lakuin menurut kita keren. Padahal bisa aja salah. Makanya pas udah dewasa, udah gak relete, ya diperbaiki aja. Yang dulu malu ya biarlah berlalu.

Quote:


Yang kedua adalah karakter orang-orang tuh macam-macam gitu. Ente bisa mulai ngomongin dari value hidup gitu. Apa yang penting bagaimana cara menyikapi sebuah hal. Misalnya dulu pas remaja sukanya nongkrong sama orang-orang yang golongan kiri. Maksudnya yang suka mabuk-mabukkan dan lain sebagainya. Pas beda waktu ngumpul sama yang vibesnya positif pasti berpikir wah pergaulan ku sama anak-anak yang kemaren salah nih. Pasti gitu.

Kembali lagi ke soal malu. Bahwa malu sama bersalah itu beda tipis. Karena ketika emosi kita pelajari, kita melakukan sebuah hal di masa lalu kemudian kita mendapatkan efek buruk dari hal tersebut, dari situ kita akan belajar sebaiknya tidak dilakukan lagi. Terus otak kita jadi menyimpan memori yang mana "aku nggak boleh lakuin itu lagi kalau aku lakuin lagi akan dapatkan hal buruk".

Soal malu sama aja tapi emosinya lebih ke gak bakal lakuin lagi karena udah dilihat orang banyak dan pasti udah di judge aneh lah, bodoh lah, salah lah, ini lah itu lah pokoknya yang bikin ente akhirnya tau kalau hal itu gak akan ente lakuin lagi. Tapi itu nggak papa artinya adalah ente orang yang sudah mengalami sebuah pengalaman yang mengajarkan sesuatu oh yang dulu aku lakukan ternyata salah jadi sekarang aku nggak mau lah gitu lagi.

Tapi yang jadi masalah kadang-kadang orang belajar salah, tapi efeknya ekstrem. Dalam artian implikasinya terlalu berlebihan. contohnya pas lagi remaja, pacaran terus patah hati, itu anjir ternyata semua cowok brengsek. Terus jadi enggak mau pacaran sama cowok lagi itu adalah contoh belajar yang salah ya.

Karena belajar dari pengalaman yang salah atau memalukan itu justru cari solusinya gimana. Jadi solusinya adalah bukan ente jadi ya udah nggak mau pacaran sama cowok lagi. Tapi harusnya jadi lebih tau mana yang cowok brengsek mana yang tulus.

Nah pembelajaran-pembelajaran salah kayak gitu itu tuh bisa panjang efeknya ke masa depan kenapa? karena kita jadi membatasi diri kita padahal sebetulnya itu kan kita lakukan salah aja gitu. Kita tahu kita mengalami hal buruk kita nggak mau ngulang lagi ya udah tapi cara kita tidak mengulanginya itu yang kadang ekstrem.

Yang ketiga kenapa itu bisa terjadi salah satu alasan lainnya adalah karena memang secara biologi secara fisik manusia berbeda-beda. Sejak zaman lahir sampai meninggal atau pas sudah tua beda sama pas bayi. Anak-anak aja gak punya self control. Jadi lebih labil dan gak nisa mengontrol emosinya. Kalau udah dewasa harusnya lebih bisa self control. Karena tau implikasi nya apa kalau sampai salah ambil langkah.

Quote:


Nah kembali lagi ke soal malu. Sebenarnya wajar dan manusiawi malu itu. Tapi kalau objek dan subjek malu nya aja udah lewat beberapa masa, udah terjadi beberapa tahun yang lalu, terus masih keingatan ya jangan sampai kayak gitu lah. Gak perlu lagi permasalahin hal memalukan yang udah jadi masa lalu. Yang terpenting belajar dari itu lalu berpikir ke depannya jadi lebih baik lagi dan gak malu-maluin lagi hehe.

Oke segitu dulu untuk thread ane kali ini, thread ini sifatnya entertainment yang bersumber dari keresahan ane dilingkungan sosial ya gan. Emang paling enak jadi tanaman kaktus aja ya gan biar gak ketemu kayak ginian di dunia per-acting-an wkwk. kalau kurang informatif ya tolong dimaklumi. Kalau menyinggung ya mohon maaf. Terimakasih udah baca. Jumpa lagi di thread ane selanjutnya.


Buat Kamu yang Malu Soal Masa Lalu, Bodo Amatin Aja Gaes
Referensi: Opini & Pengalaman Pribadi
Sumber gambar: Tertera
@abdulqadirz©2021
profile-picture
profile-picture
profile-picture
garpupatah dan 14 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Pertamax milik TS
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Malu gak papa asal jangan malu-maluin hehe
Setelah kepala 3 gw udah paham pentingnya sikap masa bdo yang sebenarnya. Lol teman kerja musuhin elu? bodo amat. Ada drama di kantor atau lingkungan komplek? bodo amat. Orang-orang ngomongin dibelkang? masa bodo. LOL
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MafTrack dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Jangan malu berbuat baik
profile-picture
SuperABLU memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
klo ane sih gak pernah malu, tapi banyak hal yg cukup ane sesali di masa lampau. wish i can get there undo and fix it emoticon-Sorry
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan Gailham memberi reputasi
Ngapain malu sama masa lalu kita sendiri? semua orang tentu akan punya masa lalunya sendiri-sendiri, tidak usah mau yang penting bagaimana sekarang dan kedepannya saja gans
Yg penting bisa buat diambil jadi pelajaran di masa depan gan, jadi gx diulang lagi kalau itu bener2 bikin malu & kapok. Kalau gx kapok ya d ulang2 aja ampe kapok emoticon-Ngakak
ya setiap orang punya masa lalu. yang penting masa sekarang dan akan datang. jadikan masa lalu sebagai media belajar untuk lebih baik di masa sekarang dan akan datang. jangan terjebak ke masa lalu.

waktu terus berputar dan gerak ke depan lho.

emoticon-Ngakak
Kalo ane, pinter amat.
emoticon-Cool
inget kalimat kakek ane gan, "yang sudah ya sudah"
Ya...... Yg lalu biar lah berlalu.... Gone with wind aja, gan....... IMHO....... emoticon-Big Grin
Diubah oleh yoseful
Kalo ane sering bayangin sendiri jd pemain bokep, telanjang aja gapernah malu, lah ane berusaha melakukan kebaikan ngapain malu emoticon-Cool
profile-picture
davidsmit memberi reputasi
Lalu berlalu begitu saja, bodo amat.
Hanya kuli bngunan dan tukang yang malu gan..
Tapi jejak genital amatlah kejam bre
hmmm ...kayaknya yg dimaksud TS malu level berat ni sperti nyangkut kehormatan &sejenisnya...

kalo mang sperti tiu yg dimaksud ,sya stuju di "bodoamatin aja" untuk awal ...
cuman lebih tepat klo menurut sya ...
"kalo g ada noda g blajar"...kalimat ini terdengan ringan jika dlm bentuk kata "kerja" ,diartikan untuk orang yg sedang progress mengerjakan sesuatu ...tp sangat dalam jika dalam bentuk kata "sifat"...

Post ini telah dihapus
Muka ane tenggelam ke dalam bantal
Cukup jadiin pelajaran saja breh
ane ga malu sama masa lalu, ane mah cuek aja
Halaman 1 dari 3


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di