CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Dampak Perang Yaman: Penggundulan Hutan Dan Ancaman Penggurunan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/616a85d0ff1a0207c77ce4dd/dampak-perang-yaman-penggundulan-hutan-dan-ancaman-penggurunan

Dampak Perang Yaman: Penggundulan Hutan Dan Ancaman Penggurunan

.
Selain perang, penggundulan hutan (deforestasi) adalah ancaman lebih lanjut bagi keberlangsungan kehidupan di Yaman.

Sebanyak 80 persen daerah negara itu dilanda perang selama lebih dari enam tahun sehingga menyebabkan Yaman mengalami kekacauan, kelaparan dan kekurangan sumber energi dan harus bergantung pada bantuan dunia luar. Blokade ekonomi, termasuk energi, pada daerah-daerah yang dikuasai Houthi mendorong penduduk menebangi pohon-pohon untuk menghasilkan kayu bayar sebagai sumber energi pengganti diesel dan gas.

Tulisan ini secara utama didasarkan pada laporan Independent, 29 Agustus 2021.


Dampak Perang Yaman: Penggundulan Hutan Dan Ancaman PenggurunanSeorang penjual membawa kayu di pasar kayu bakar di Sana'a, ibukota Yaman.


Gambar di atas menunjukkan pemandangan di Sana'a, ibukota Yaman, di satu pasar kayu bakar di mana penduduk kota itu membeli dan menggunakan kayu bakar untuk kebutuhan energi sehari-harinya, utamanya untuk memasak. Kayu bakar dipasok dari daerah sekitarnya, terutama dari Al-Maweet yang masih memiliki hutan berpohon.


Quote:


Keruntuhan ekonomi akibat perang telah menghapus banyak pekerjaan dan  kekurangan energi di Yaman sehingga mendorong banyak orang pindah ke daerah-daerah yang masih kaya dengan hutan pohon dan menebanginya untuk bertahan hidup sekaligus menggerakkan ekonomi makro Yaman.

Keadaan diperparah dengan semakin ketatnya pasukan Koalisi dukungan Arab Saudi melakukan blokade ekonomi pada daerah-daerah yang dikuasai oleh milisi Houthi dan mendorong terjadinya kelaparan hebat.

Diperkirakan sebanyak 400,000 anak-anak Yaman dalam resiko mati kelaparan pada 2021 ini. Demikian menurut Dr. Ahlam Obadi Aljahmi, seorang dokter spesialis anak di Rumah Sakit Al-Sadaqa, Kota Aden,  pada VICE. Kelaparan, penyakit cholera, kemiskinan dan pengangguran menjadi pemandangan biasa di Yaman, khususnya di daerah-daerah yang dikuasai oleh Houthi.


Perang saudara Yaman dan blokade ekonomi yang memicu penebangan pepohonan

Selama 6 - 7 tahun sejak akhir 2104, perang antara Pemerintah Yaman yang sah dan didukung oleh koalisi pimpinan Arab Saudi melawan pemberontak Houthi, yang bersekutu dengan Iran, telah menewaskan puluhan ribu orang dan menyebabkan 80 persen penduduk Yaman bergantung pada bantuan kemanusiaan dari PBB dan dunia internasional.

Selama perang berlangsung, Koalisi dukungan Arab Saudi melakukan blokade  ekonomi untuk memperlemah Houthi, termasuk untuk mengagalkan aliran senjata kepada milisi Houthi. Sejak perang fisik mulai mereda pada 2020, Koalisi dukungan Arab Saudi semakin meningkatkan perang ekonomi sehingga membuat para penduduk di daerah-daerah yang dikuasai Houthi semakin kesulitan mendapatkan bahan bakar diesel dan gas dan akibatnya semakin intesif menebangi pepohonan.

Penduduk di Hodeidah, pelabuhan utama yang dikuasai oleh Houthi sebagai pintu masuk minyak bumi hasil penyulingan (bensin dan diesel) ke seluruh daerah yang dikuasainya, juga harus bergantung pada ketersediaan kayu sebagai sumber energinya.

Quote:


Meskipun sejumlah pembatasan telah dilonggarkan oleh pihak koalisi dan Pemerintah Yaman, distribusi minyak bakar ke negara itu tetap diawasi dengan ketat. Penduduk di daerah yang dikuasai oleh Houthi memperoleh minyak bakar dari pasar gelap bagi yang mampu dengan harga yang ditetapkan oleh Houthi. Namun, lebih banyak yang mencoba untuk hidup tanpa itu dan bergantung pada kayu bakar menggantikan diesel dan gas.

Quote:


Kehidupan penduduk diperparah dengan tindakan Houthi yang membatasi bantuan pangan ke daerah-daerah yang dikuasainya dan melarang peredaran uang kertas baru yang dicetak oleh Bank Sentral Yaman di Aden.


Ancaman penggurunan akibat penggundulan hutan

Setelah gas ditemukan di wilayah Marib pada 1980-an, pemotongan kayu menjadi terbatas pada daerah terpencil, tetapi perang telah membuat output energi Yaman - berupa: minyak bumi, minyak sulingan dan gas - merosot drastis. Sebelumnya, negara itu sudah sangat bergantung pada impor energi dan sekarang pada potongan kayu-kayu dari pohon untuk memenuhi kebutuhan energinya sekaligus menggerakkan ekonomi di daerah-daerah yang dikuasai oleh Houthi.

Yaman memiliki beberapa hutan yang tidak seberapa luasnya, tetapi keragaman tumbuhannya relatif kaya untuk kawasan Semenanjung Arab yang umumnya berupa gurun. Hutan di Al-Mahweet dikenal dengan kerimbunan pohon-pohon (kanopi)-nya yang tebal, namun beberapa jenis akasia, cedar dan cemara telah menghilang.

Dengan melonjaknya permintaan kayu bakar karena kekurangan diesel dan gas, menimbulkan kekhawatiran bahwa krisis kemanusiaan di negara itu - dengan jutaan orang menghadapi kelaparan - telah menambah risiko penggundulan hutan (deforestasi) yang mengancam lingkungan hidup Yaman sendiri dan harapan mata pencaharian jangka panjang bagi orang-orang seperti Emadi di atas.

"Sekitar 886.000 pohon ditebang setiap tahun untuk menghidupkan toko roti dan restoran di ibukota Sana'a saja," kata Abdullah Abul-Futuh, kepala Keanekaragaman Hayati dan Cagar Alam di Otoritas Perlindungan Lingkungan Yaman di kota itu, yang dijalankan oleh otoritas Houthi bersama dengan sebagian besar Yaman utara.

"Sekitar 5 juta pohon telah ditebang selama tiga tahun terakhir di utara (Yaman) atau setara dengan 213 km persegi (21.3 Ribu ha) hutan. Sementara, hanya 3.3% (18.31 Juta km2) dari total wilayah Yaman (555 Juta km2) yang diklasifikasikan sebagai hutan, " kata Abul-Futuh.

Otoritas tidak dapat memberikan angka komparatif, namun mengatakan bahwa hal itu adalah fenomena baru-baru ini.


Dampak Perang Yaman: Penggundulan Hutan Dan Ancaman PenggurunanSeorang perempuan membimbing ternak lembunya meliintasi satu aliran air bawah tanah (spring lake) di Khamis Banisaad, Provinsi Al-Mahweet. Terlihat tanah gundul berdampingan dengan tanah yang masih diselimuti tumbuhan atau pepohonan.


Hutan sebagian besar dimiliki secara pribadi.Keluarga-keluarga miskin secara tradisional diizinkan untuk memotong kayu, berupa cabang atau ranting, dan menjaga batang utamanya agar pohon dapat terus tumbuh dengan baik.. Namun, perang selam enam tahun lebih itu telah menyebabkan penggundulan hutan dan mengancam terjadinya penggurunan pada daerah-daerah yang semula hijau, khususnya di Yaman utara yang dikuasai oleh milisi Houthi.

Quote:



Dampak Perang Yaman: Penggundulan Hutan Dan Ancaman PenggurunanSebaran daerah yang ditutupi oleh tumbuhan, termasuk pepohonan. Dari Kota Sana'a ke arah Laut Merah, adalah Al-Mahweet dan sekitarnya yang terlihat sangat hijau dibandingkan semua daerah lain di Yaman. Kayu bakar dipasok dari Al-Mahweet ke Sana'a hingga Pelabuhan Laut Hadeidah.  Sumber


Para penduduk bukannya tidak menyadari ancaman penggurunan dan kerusakan lingkungan hidup yang lebih luas jika pohon-pohon terus-menerus ditebangi. Mereka tidak punya pilihan lain.

Quote:



Hingga saat ini, belum ada tanda-tanda bahwa Yaman akan menuju perdamaian, sebaliknya menuju perpecahan sebagai ajang pertarungan sejumlah negara, sedikitnya yaitu: Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, AS, United Kingdom dan Iran. Teroris, semacam Al-Qaeda, juga turut meramaikan peperangan sebagai pion bagi satu atau lebih negara yang disebut di atas tadi.


Dampak Perang Yaman: Penggundulan Hutan Dan Ancaman Penggurunan
Perkembangan terakhir pertikaian saudara di Yaman hingga Semester I 2021. Terdapat tiga pihak yang saling bertikai. Pemerintah Yaman bersama Koalisi Arab Saudi; Houthi yang didukung oleh Iran dan Qatar; dan Southern Transitional Council (STC) yang didukung oleh Uni Emirat Arab. Sumber


Sangat menyedihkan jika hutan-hutan Yaman yang sangat sedikit itu harus hilang karena itu sangat penting bagi kelangsung hidup mereka sendiri untuk: persediaan air, terciptanya suhu lokal yang sejuk, pembentukan awan dan hujan hingga dukungan bagi pertanian dan peternakan, selain tingginya keanekaragaman hayati yang dimiliki hutan-hutan tersebut dibanding keanekaragaman hayati hutan-hutan lain di Semanjung Arab.

Sekali satu kawasan berubah menjadi gurun, maka keadaan semula hampir mustahil dapat dipulihkan.

Mungkin mereka akan berhenti berperang setelah tidak ada lagi pohon yang tersisa untuk ditebang atau jumlah rakyatnya merosot tajam karena mati kelaparan atau mati karena bertikai satu sama lain untuk memperebutkan sisa-sisa makanan.

emoticon-Cool



Tulisan dirangkum dari:

Spoiler for spoiler:


Semua gambar, kecuali peta, diambil dari:

Spoiler for spoiler:


profile-picture
profile-picture
profile-picture
prabas dan 20 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh gagal.jadi.nabi
Halaman 1 dari 3
Pdhl yg lg perang bertujuan ambil bahan bakar minyak
Rakyatnya ngambil bahan bakar kayu

Manusia suka kocak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
benche87 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 4 lainnya memberi reputasi
Tapi nyumbang nya ke pallywood...

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mamarnr dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
selama us masih dukung saudi di yaman ya susah. kecuali us tarik dukungan pasti saudi jg bakal mundur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 17 balasan
Dasar penghuni padang pasir, kembali ke habitatnya itu sudah alamiah ternyata dalam darah emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
37sanchi dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Boed yaman tuh boed, perlu normalisasi ato naturalisasi menurut ente??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mamarnr dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 19 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 19 balasan
Negara yg konon adalah tempat lahirnya generasi ulama dan keluarga Nabi Muhammad

Tapi yah sudahlah, agama Islam gak menjamin kedamaian klo manusianya sendiri masih nafsu urusan duniawi.

Mending jadi negara Kafir
emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mamarnr dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 48 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 48 balasan
Abud harus turun tangan benahi negeri leluhur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
gembel jamban yaman di sini kagak pernah ngelirik tragedi kemanusiaan di kampung bossnya sebagai tragedi, hanya sebuah effect dari kekejaman kajian internal.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 5 lainnya memberi reputasi
Lari kesini ntar jadi Ustadz, ada yg berhasil jadi Gubernur malahan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
gak ada yg peduli, perangnya bukan dgn kapir atau chinese
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
asatajeem..
nebang pohon
yaman yg di mari juga nebangin pohon di monas
mungkin buat kayu bakar dapur binik nya

emoticon-Wow
profile-picture
profile-picture
profile-picture
37sanchi dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Yaman perang saudara.koalisi Saudi dan uea membantu pemerintah Yaman.vs milisi Houthi dukungan Iran
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
btw kapan yah kita bisa belajar kaya gitu emoticon-fuck2
Minggat aja mereka, urus kampung nenek moyang nya di yaman.
Udah pendatang, bikin gaduh di Indonesia.
Yang bela mereka, FIX kacung arap yaman emoticon-Marah

Dampak Perang Yaman: Penggundulan Hutan Dan Ancaman Penggurunan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mamarnr dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh apawaal
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Timur Tengah itu tempat nya orang stresss.
Bukan berdampak terhadap manusia saja tetapi alam semesta termasuk tumbuhan pun terkena dampak perang

profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
mudah2an ada nabi turun
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
selain hutan gundul, rakyat yaman juga dihadapkan dengan ancaman bencana kelaparan berskala besar.

mantep ga tuh derita rakyat sipil di sana?
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Wow emejing!
Halaman 1 dari 3


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di