KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Tech / Electronics /
Mau Beli Earphone TWS? Simak Dulu Tips Ini Biar Nggak Salah Pilih!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/616a5519efcb3b5cd41eb981/mau-beli-earphone-tws-simak-dulu-tips-ini-biar-nggak-salah-pilih

Mau Beli Earphone TWS? Simak Dulu Tips Ini Biar Nggak Salah Pilih!

Mau Beli Earphone TWS? Simak Dulu Tips Ini Biar Nggak Salah Pilih!

Earphone TWS yang ergonomis dan banyak fitur penting untuk dipilih  (Dok: JETE Indonesia)

Earphone TWS saat ini menjadi trending dan ramai dibicarakan. Hal itu karena TWS memiliki desain yang ringkas dan ada beragam fitur pilihan bagi penggunanya. Bagi Agan yang ingin beli TWS, sebaiknya jangan terburu-buru dulu. Ada baiknya untuk menyimak beberapa tipsnya berikut ini.

1. Perhatikan Desain dan Bentuknya

Tips memilih earphone TWS pertama adalah dari segi desainnya dulu. Mengapa? Karena desain akan menentukan kenyamanan penggunaan. Hampir semua earphone TWS berbentuk earbuds untuk kenyamanan di telinga.

Pilih juga TWS dengan bahan yang kokoh dan punya fitur ketahanan air dan debu. Lalu, bobotnya pun ringan saat digunakan. Termasuk dilengkapi dengan fitur touch control untuk penggunaan yang lebih mudah.

2. Frekuensi yang Responsif

Selanjutnya, perhatikan tingkat responsivitas terhadap frekuensi. Bisa diartikan respon frekuensi ialah kemampuan sebuah driver menghasilkan frekuensi pada rentang tertentu. Idealnya, frekuensi yang bisa didengar oleh manusia adalah 20Hz sampai 20.000 kHz. Oleh karena itu, Agan bisa memilih TWS dengan frekuensi ini.

3. Ketahanan Baterai

Mau Beli Earphone TWS? Simak Dulu Tips Ini Biar Nggak Salah Pilih!
Casing TWS juga bisa berfungsi sebagai charger  (Dok: JETE Indonesia)



Poin ini bisa dibilang cukup krusial saat Agan mau beli earphone TWS. TWS memiliki ketahanan baterai yang ideal untuk mendengarkan musik terus menerus hingga 8 jam. Kemudian, yang nggak kalah pentingnya adalah casing-nya bisa digunakan charger. Maka, ada baiknya Agan pilih TWS dengan fitur fast charging untuk pengisian daya cepat.

Di mana fitur tersebut dapat mengisi daya baterai lebih cepat full. Misalnya saja 80% dalam waktu selama 30 menit saja. Namun, mesti diingat saat melakukan pengisian daya sebaiknya Agan jangan sambil menggunakannya melakukan panggilan maupun mendengarkan musik.

4. Earphone TWS Punya Fitur Active Noise Cancelling

Hari gini beli TWS tanpa fitur ANC rasanya sangat jarang. Mengapa demikian? Ya, karena semua TWS dilengkapi dengan fitur ini dan menjadi keunggulan dibanding headset atau earphone wireless lainnya.

Secara umum, Active Noise Cancelling dapat diartikan sebagai ‘pemblokir’ suara bising. Jadi, suara yang masuk akan menjadi netral dan Agan bisa lebih leluasa mendengarkan musik favorit tanpa gangguan. Termasuk ketika menerima telepon.

5. Pastikan Kompatibel dengan Perangkat

Perhatikan juga apakah TWS yang akan Agan pilih sudah sesuai dengan perangkt pendukungnya. Misalnya kompatibel dengan smartphone dan lainnya. Tentu Agan nggak mau kalau setelah membelinya ternyata tidak cocok dengan perangkat.

Memang, meskipun dapat dioperasikan namun kurang optimal. Seperti output suaranya yang terasa tidak maksimal. Mengatasinya, Agan bisa cek pengaturan codec maupun pembaruan di software untuk perangkat tertentu.

6. Usahakan Pilih yang Memiliki Latency Rendah

Mau Beli Earphone TWS? Simak Dulu Tips Ini Biar Nggak Salah Pilih!
TWS berlatency rendah mampu untuk mengurangi keterlambatan output suara (Dok: Pexels.com)


Terakhir, Agan perlu perhatikan tingkat latency pada earphone TWS. Latency yang rendah atau no delay akan menghasilkan output suara yang diterima tanpa mengalami hambatan maupun keterlambatan. Contohnya, saat main game macam PUBG atau Call of Duty.


Idealnya, latency rendah yang ideal pada TWS adalah yang di bawah 100 milisecond (ms). Bila tingkat delay atau latency tinggi di atas 100 ms, misalnya di kisaran 240 ms hingga 800 ms akan mengganggu performa. Tingkat latency rendah biasanya juga didukung dengan fitur Bluetooth 5.0 dan ke atas.
 
Nah, bagaimana Gan? Sudah siap buat beli earphone TWS terbarumu sekarang? Selamat mencoba dan kalau ada yang kurang dari tips di atas Agan semua bisa corat-coret di kolom komentar, ya!


Source pendukung:


Post ini telah dihapus


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di