CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Innalillahi, 11 Siswa MTs di Ciamis Tewas Tenggelam ketika Susur Sungai
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6169b6c90ae77622d4144cdc/innalillahi-11-siswa-mts-di-ciamis-tewas-tenggelam-ketika-susur-sungai

Innalillahi, 11 Siswa MTs di Ciamis Tewas Tenggelam ketika Susur Sungai

Innalillahi, 11 Siswa MTs di Ciamis Tewas Tenggelam ketika Susur SungaiSuaraJabar.id - Sebanyak 11 siswa MTs Harapan Baru Cijantung Ciamis meninggal dunia akibat tenggelam ketika mengikuti kegiatan kepanduan Pramuka di Sungai Cileueur, Jumat (15/10/2021).

Dari 11 korban meninggal, 8 di antaranya merupakan laki-laki dan 3 perempuan.

Dikutip dari HR Online-jejaring Suara.com, kegiatan tersebut diikuti sekitar 150 siswa. Sementara itu, mereka berasal dari kelas 7 dan 8.

Pengurus Pesantren Cijantung, Dandeu Rifai, menjelaskan, kejadian tersebut bermula saat kegiatan susur sungai Cileueur yang berada di Dusun Wetan, Desa Utama, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis.

Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya mengatakan, berdasarkan dari keterangan pihak sekolah, saat kegiatan ada 150 peserta yang mengikuti agenda rutin Pramuka itu.

Namun, dari 150 itu yang kembali hanya 139 orang. Kemudian 2 siswa mengalami kritis dan mendapatkan perawatan di rumah sakit.

“Ada 11 orang yang meninggal, 8 laki-laki dan 3 perempuan,” ujarnya kepada awak media.

Ia mengatakan, saat kejadian ada 2 orang Guru yang mencoba menyelamatkan para siswa itu. Namun keduanya masih pingsan. Ia harap dalam keadaan selamat.

Dalam musibah ini, Pemkab Ciamis turut berduka cita atas peristiwa ini. Pihaknya mengharapkan tidak ada lagi korban jiwa.

“Kami atas nama Pemerintah menyampaikan duka yang mendalam atas kejadian ini dalam kegiatan kepanduan Pramuka yang memang rutin dari pihak sekolah,” imbuhnya.

Herdiat pun mengungkapkan, kondisi air Sungai Cileueur sebenarnya cukup tenang. Namun karena di lokasi tersebut merupakan pertemuan dua aliran sungai. Sehingga ada perputaran air di dalamnya.

“Semua siswa yang meninggal tenggelam itu ditemukannya di sana. Nanti info terbarunya akan kami sampaikan lagi,” pungkasnya.

https://jabar.suara.com/read/2021/10...-sungai?page=2

Ikut berduka kepada keluarga korban emoticon-Turut Berduka

Ini kejadian ke dua kalinya yg ane baca berita.
Yg jadi pertanyaan mereka semua ini, bagaimana cara mengawasinya oleh senior dan para guru.emoticon-Cape deeehh
Setiap kegiatan di alam bebas itu butuh safety juga.
Jgn sok tau dan takabur.
Ane ambil contoh semasa ane dulu aktif di Pencinta alam.
Ketika ada pelatihan anggota baru.
Kami rapat mengenai medan yg akan di tempuh dan resikonya apa saja.
Sebelum pelaksanaannya, kami mengirim beberapa anggota tuk surpey di sana sekali lagi.
Bila itu daerah rawan alias ada resikonya, maka kami mendirikan pos jaga disana demi keselamatan dan tindakan cepat apabila ada accident disana.
Tentu jalur safetynya telah kami buat hingga mereka tdk akan keluar jalur.
emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zenzeiokta dan 12 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Turut berdukacita utk korban. Ini harus ada yang bertanggung jawab.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
apiijo dan 6 lainnya memberi reputasi
Masya Allah, ga kebayang perasaan keluarga yg ditinggalkan. Pastilah sangat terpukul
Apakah pihak panitia menganggap enteng kegiatan tersebut karena udah sering dilakukan?
Bencana terjadi dlm hitungan detik, dan jika sudah terjadi maka tidak bisa ditarik lagi
emoticon-Turut Berduka:

emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
profile-picture
apiijo dan 5 lainnya memberi reputasi
astagfirullah emoticon-Kagets
profile-picture
profile-picture
serapionIeo dan gabener.edan memberi reputasi
Turut berdukaemoticon-norose

Gimana sih ini guru ama seniornyaemoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Udahlah, kegiatan diganti petualangan yg kekinian + bermanfaat aja.
Misal susur kota pake map/gps ponsel.
Jauh lebih berguna, biarpun keliatan sepele, tapi banyak yg engga bisa.

Lagian kalo ada perang, udah bukan waktunya perang hutan, tapi perang kota, pasukan harus bisa cepat menguasai fasilitas kota yg vital, mencari jalur yg cepat untuk pengungsian, jalur logistik dsb.

Jangan lagi susur hutan & sungai.
Banyak ular & gendruwo.
emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chevelle16 dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
dan terjadi lagiemoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Dulu kayanya pernah ada juga, di jogja bukan ya? Itu pun guru pendamping takabur, apa yg ini sama?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Kejadian kedua yg ane tau masup berita soal kecelakaan susur sungai emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
turut berduka untuk para korban..emoticon-Turut Berduka


tolong kegiatan semacam ini bisa dgnti dengan yg lbih safety
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Hus yang penting pinter, kan yang lain ga kenape2, cuma 11 yang mampus, masih banyak yang lain sehat2 aja tuh, tinggal suruh orangtua korbannya bikin lagi di ranjang emoticon-Mad



*Jadi lanjut lah, taun depan muncul lagi berita ginian kok! emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
qavir dan serapionIeo memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
dulu pernah kejadian di daerah mana ya? pernah bacaemoticon-Turut Berduka

tanggung jawab ditangan pembina

layak di pancung emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
baikl dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
pembina guoblok!!! mesti dipenjara itu
profile-picture
serapionIeo memberi reputasi
Terjadi lagi

Kegiatan ga guna
Masih aja dipertahanin emoticon-DP
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Adit.m.n dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Turut berduka
Mungkin d hapus aja kegiatan seperti ini
Di ganti sam jurig malam
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
serapionIeo dan gabener.edan memberi reputasi
terulang lagi kejadian begini emoticon-Big Grin

gak ada gunanya susur sungai bagi siswa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Terjadi lagi. Ga belajar dari pengalaman. Ganti kek kegiatannya jadi susur gorong2 sambil membersihkan sampah.

Terbukti aman & bermanfaat.
emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh widya poetra
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kegiatan pecinta alam boleh, tapi semestinya perlu pengamanan sesuai SOP..
menyusur sungai apalagi tengah malam bisa hypotermia bre..
kram otot dan otak bisa gagal nafas..
apalagi tu bocah2 gak dipakaikan vest...
turut berduka, semoga gak terulang lagi..
emoticon-Cendol Gan emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
Dan terjadi lagi.. gak kapok sama bbrp tahun lalu yang susur sungai juga.

Pramuka itu bagus sebenarnya cuman ya mikir-mikir juga soal kegiatannya dan itu tak perlu lah diwajibkan cukup jadiin bagi yg mau saja.

wa aja seumur hidup cuman sekali ikut pramuka pas kelas 5 SD itupun pas guru sekolah datengin toko emak dipasar ngadu kalau anaknya gak pernah turun pramuka, pas masuk ya planga plango terlebih sama sorak-sorakan dan apa itu namanya semacam pancasila dalam pramuka kurang mudeng juga ma itu.

Dan yg wa ingat dan sukai cuman satu yakni susu pembina ceweknya nyeplak, soalnya kan panas-panasan jam tiga dia buka kancing tu keliatan kutang dia, dan wa beneran cuman ingat itu doang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chevelle16 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ngapain coba susur susur kali kek gini

Perasaan dulu gw ikut pramuka isinya cuman baris berbaris, main tongkat, main tali, kemah sabtu minggu, terus paling prestige ya ikut jambore. Udah itu doang gak pake aneh2 nyusur kali segala emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka

terlalu mengentengkan sop.
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan serapionIeo memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di