- Beranda
- Komunitas
- Automotive
- Otomotif
Ini Dia 3 Faktor Utama Mengapa Banyak Truk Gagal Menanjak


TS
ulungrinjani
Ini Dia 3 Faktor Utama Mengapa Banyak Truk Gagal Menanjak
Hola Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar 3 faktor utama mengapa banyak truk gagal menanjak.
Mungkin Gansis yang sering mengupdate berita akan sering menemui berita yang isinya tentang truk, dimana truk tersebut mengalami kegagalan dalam menanjak di sebuah jalan, yang bisa berujung macam-macam hal.
Nah, kali ini, di thread ini ane bakal bahas nih 3 faktor utama kenapa banyak truk gagal menanjak, mulai dari kemungkinan satu hingga kemungkinan tiga, empat dan lainnya.
Hal ini juga sering menjadi faktor mengapa truk gagal menanjak. Muatan overlaod akan membuat bobot truk menjadi sangat berat melebihi batas maksimalnya, dan akan sangat membahayakan di tanjakan.
Perlu dicatat bahwa truk dirancang untuk beroperasi secara optimal dengan muatan atau total bobot yang tidak melebihi batas maksimal. Misalnya, batas muatan 5 ton, kalau dimuati 10 ton tentu akan sangat tidak optimal.
Mesin akan sangat terbebani, transmisi serta drivetrain lainnya juga, karena perlu memutar ban di truk dengan bobot overload. Ujung-ujungnya, mesin akan tidak kuat menanjak dan terjadilah gagal menanjak.
Tentunya, sebuah truk tidak bisa terlalu dipaksakan untuk menanjak curam. Misalnya, sebuah truk medium duty dengan muatan penuh dipaksa menanjak dengan elevasi 15-25% padahal tanjakan tersebut sangat disarankan hanya untuk truk medium duty tanpa muatan atau light duty dengan setengah muatan.
Apakah yang akan terjadi kalau terlalu dipaksakan? Sama seperti diatas, mesin akan sangat terbebani, ban, transmisi, gardan dan lain-lain, untuk menanjak. Meski tidak overload, bisa saja truk gagal menanjak.
Nah, itulah isi thread ane seputar 3 faktor utama kenapa banyak truk yang gagal menanjak. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ane? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ane yang salah!
Sumber: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Narasi: Opini Pribadi
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk mempromosikan maupun menjatuhkan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani



Mungkin Gansis yang sering mengupdate berita akan sering menemui berita yang isinya tentang truk, dimana truk tersebut mengalami kegagalan dalam menanjak di sebuah jalan, yang bisa berujung macam-macam hal.
Nah, kali ini, di thread ini ane bakal bahas nih 3 faktor utama kenapa banyak truk gagal menanjak, mulai dari kemungkinan satu hingga kemungkinan tiga, empat dan lainnya.
1. Telat Oper Gigi
Disaat mengemudi sebuah kendaraan, sangat disarankan untuk mengoper gigi dari bawah tanjakan, bukan di pinggangnya, mulai dari sepeda, mobil hingga truk pun begitu pula. Hal ini disarankan agar kendaraan tetap kuat menanjak tanpa hambatan.
Jika telat mengoper gigi, akibatnya kendaraan terutama truk yang bermuatan berat akan berpotensi untuk gagal menanjak karena memang akan sangat sulit untuk memasukkan gigi.
Jika telat mengoper gigi, akibatnya kendaraan terutama truk yang bermuatan berat akan berpotensi untuk gagal menanjak karena memang akan sangat sulit untuk memasukkan gigi.
2. Muatan Overload
Hal ini juga sering menjadi faktor mengapa truk gagal menanjak. Muatan overlaod akan membuat bobot truk menjadi sangat berat melebihi batas maksimalnya, dan akan sangat membahayakan di tanjakan.
Perlu dicatat bahwa truk dirancang untuk beroperasi secara optimal dengan muatan atau total bobot yang tidak melebihi batas maksimal. Misalnya, batas muatan 5 ton, kalau dimuati 10 ton tentu akan sangat tidak optimal.
Mesin akan sangat terbebani, transmisi serta drivetrain lainnya juga, karena perlu memutar ban di truk dengan bobot overload. Ujung-ujungnya, mesin akan tidak kuat menanjak dan terjadilah gagal menanjak.
3. Terlalu Dipaksakan
Tentunya, sebuah truk tidak bisa terlalu dipaksakan untuk menanjak curam. Misalnya, sebuah truk medium duty dengan muatan penuh dipaksa menanjak dengan elevasi 15-25% padahal tanjakan tersebut sangat disarankan hanya untuk truk medium duty tanpa muatan atau light duty dengan setengah muatan.
Apakah yang akan terjadi kalau terlalu dipaksakan? Sama seperti diatas, mesin akan sangat terbebani, ban, transmisi, gardan dan lain-lain, untuk menanjak. Meski tidak overload, bisa saja truk gagal menanjak.
Nah, itulah isi thread ane seputar 3 faktor utama kenapa banyak truk yang gagal menanjak. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ane? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ane yang salah!
Sumber: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Narasi: Opini Pribadi
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk mempromosikan maupun menjatuhkan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani









koi7 dan 22 lainnya memberi reputasi
21
6.5K
81


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan