CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Penjelasan Golongan Obat Narkotika Lengkap
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61678baa18a433342a04b7e5/penjelasan-golongan-obat-narkotika-lengkap

Penjelasan Golongan Obat Narkotika Lengkap

Penjelasan Golongan Obat Narkotika Lengkap

Tahu kah anda jika narkotika adalah bahan atau obat yang umum dimanfaatkan dalam bidang pelayanan kesehatan dan pengembangan ilmu pengetahuan? Namun sayangnya, selain pemanfaatan yang positif ini, juga terjadi penyalahgunaan sehingga membawa dampak buruk bagi kesehatan masyarakat. Hal ini mendorong pemerintah untuk membuat golongan obat narkotika.

Menurut pemanfaatan dan potensi terjadinya ketergantungan, terdapat tiga golongan obat narkotika, Anda. . Penggolongan ini tercatat dalam dalam Undang-Undang No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.50 Tahun 2018 tentang Perubahan Penggolongan Narkotika. Unit pelayanan kesehatan, seperti rumah sakit, serta badan yang bertugas dalam mengembangan ilmu pengatahuan wajib mengikuti undang-undang dan peraturan dalam pemanfaatan narkotika tersebut.

Anda, simak berikut ini penjelasan dan contoh-contohnya.

Golongan Narkotika 1
Golongan 1 sangat terbatas penggunaannya, yaitu hanya untuk kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan. Misalnya dalam bentuk terapi untuk kesehatan, Anda tidak boleh mengkonsumsinya. Narkotika yang masuk dalam golongan ini memiliki potensi sangat tinggi untuk dapat menimbulkan ketergantungan. Sangat jelas dari resiko yang mengiringi, narkotika golongan ini adalah yang paling terlarang.

Beberapa contoh narkotika golongan 1 adalah tanaman Papaver Somniferum L, Opium, Tanaman Koka, Kokain, Tanaman Ganja, serta lebih dari 150 jenis lainnya. Mengonsumsi, terlebih melakukan pengedaran bisa terjerat pasal hukuman yang berat, Anda.

Golongan Narkotika 2
Golongan Kedua lebih luas penggunaannya jika membandingkan dengan golongan 1. Obat narkotika yang masuk golongan ini dapat Anda manfaatkan untuk kesehatan tapi sebagai pilihan terakhir. Mengenai kemungkinan resiko ketergantungan, narkotika golongan 2 juga memiliki potensi tinggi. Inilah sebabnya pemanfaatannya di bidang pelayanan kesehatan sangat terbatas.

Beberapa contoh narkotika golongan 2 adalah Morfin, Alfentanil, Benzeditin, Betamethadol, serta lebih dari 80 jenis lainnya.

Golongan Narkotika 3
Narkotika golongan 3 adalah obat yang memiliki potensi ringan untuk dapat menyebabkan kecanduan. Oleh karenanya, jenis ini cukup mudah Anda temukan dalam pelayanan kesehatan serta pengembangan ilmu pengetahuan. Meskipun begitu, penggunaan obat-obatan ini harus dengan resep dokter yah, Anda! Penggunaan tanpa resep dokter malah bisa membahayakan diri.

Beberapa contoh narkotika golongan 3 adalah Etilmorfina, Kodeina, Propiram, Buprenorfina, dan beberapa jenis lainnya. Apakah Anda pernah mendengar salah satunya?

Obat-Obatan dan Apotek
Pemahaman dasar tentang obat-obatan tentu penting untuk Anda kuasai. Seperti pemahaman tentang golongan obat narkotika di atas, yang tidak hanya memperluas wawasan tetapi juga untuk melindungi diri dan orang-orang disekitar dari resiko penyalahgunaan dan ketergantungan.

Jangan Lupa Share Thread ini pada rekan dan kerabat agar semakin banyak orang yang tahu.

emoticon-Cendol Ganemoticon-Jempol

Sumber : Golongan Obat Narkotika
Kecubung golongan berapa hayo?
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Lem aibon gol 1 bree.
mantap bener gan threadnya emoticon-Blue Guy Cendol (L)
seru banget gan pembahasannya menarikk emoticon-rose
mejeng ah ilmu baru soalnya emoticon-Frown
wah jadi nambah pintar baca beginian emoticon-Cek PM (S)
mau buat thread begini gan biar rame hehe emoticon-Stick Out Tongue
mau buat thread begini gan biar rame hehe :welcome


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di