CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Lagi-lagi Soal Pengemis, Perlukah Meminta-minta Pakai Adab Sopan Santun?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61676efab652804b197605bb/lagi-lagi-soal-pengemis-perlukah-meminta-minta-pakai-adab-sopan-santun

Lagi-lagi Soal Pengemis, Perlukah Meminta-minta Pakai Adab Sopan Santun?

Lagi-lagi Soal Pengemis, Perlukah Meminta-minta Pakai Adab Sopan Santun?
Pernah mendapati pengemis kurang ajar?
Ingat, adab dan sopan santun penting dilakukan oleh semua orang termasuk pengemis!


Pengemis, seperti yang telah ane jelaskan pada thread sebelumnya mereka merupakan orang yang memanfaatkan belas kasihan orang lain dengan meminta-minta. Kekurangan fisik, usia, dan lain sebagainya dijadikan sebagai alasan agar orang lain memiliki belas kasihan kepada mereka dan memberikan sejumlah uang untuk sedekah atau membantu.

Ane pribadi tidak ingin mengatakan bahwa tindakan mengemis adalah tindakan yang salah, sebab semua itu adalah pilihan dan setiap pilihan memiliki resiko masing-masing begitupun dengan resiko mengemis.

Namun apakah Agan dan Sista pernah melihat atau mengalami secara langsung dimana pengemis galak lebih galak dari orang yang dimintai sedekah?

Bukan lagi menjadi rahasia, saat ini banyak sekali pengemis yang berani bersikap kasar dan memaksa-maksa untuk diberi sedekah.

Lalu apakah pengemis juga perlu adab dan sopan santun?


Lagi-lagi Soal Pengemis, Perlukah Meminta-minta Pakai Adab Sopan Santun?


Jawaban dari pertanyaan apakah pengemis memerlukan adab dan sopan santun, tentu saja iya GanSis.
Manusia menjadi berharga sekaya atau semiskin apapun jika mereka memiliki adab dan sopan santun terhadap orang lain.

Pengemis akan terlihat lebih hina saat mereka memaksa orang lain untuk memberi, sedangkan memberi sedekah kepada pengemis adalah sunah.

Pernah Nabi didatangi seorang pengemis, Nabi Muhammad tidak memberikan uang kepada pengemis secara cuma-cuma. Beliau membeli cangkir dari sang pengemis dan memberikan nasihat kepada pengemis untuk menggunakan uang tersebut dengan bijak, belikan makanan dan kapak untuk mencari kayu.

Apa yang terjadi kemudian?
Sang pengemis kembali datang dengan membawa uang yang lebih banyak dari pemberian Nabi Muhammad dari penjualan kayu.

Nabi Muhammad pun bersabda, "Hal ini lebih baik bagi kamu, karena meminta-meminta hanya akan membuat noda di wajahmu ketika di akhirat nanti. Tidak layak bagi seseorang meminta-minta kecuali dalam tiga hal;  fakir miskin yang benar-benar tidak mempunyai sesuatu, utang yang tidak bisa terbayar, dan penyakit yang membuat sesorang tidak bisa berusaha" (hadist riwayat Abu Daud).


Lagi-lagi Soal Pengemis, Perlukah Meminta-minta Pakai Adab Sopan Santun?


Nah melihat fakta dan riwayat tersebut tentu adab dan sopan santun itu penting ya GanSis. Tidak hanya bagi pengemis tapi bagi semua orang yang masih hidup di dunia.

Saat Agan dan Sista bersikap sopan dan santun, meskipun GanSis kekurangan harta pasti akan dihargai oleh orang lain.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat, terima kasih telah singgah dan sampai jumpa di thread ane yang lain.


Lagi-lagi Soal Pengemis, Perlukah Meminta-minta Pakai Adab Sopan Santun?
sumber gambar

Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
profile-picture
profile-picture
delfaag dan Papa.T.Bob memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Sebaik-baik pekerjaan adalah tidak meminta-minta ya gaes emoticon-Matabelo
profile-picture
roizen45 memberi reputasi
emoticon-Cape d... jangan ngemis tapi kalau gak dikasih ngeludahin
profile-picture
profile-picture
roizen45 dan anazmanteman032 memberi reputasi
bukanya ngasih uang pengemis melanggar aturan gan
emoticon-Bingung
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
gan @masnukho ngetrit, nature is healing emoticon-Belo



pejwan adalah lubuk hati
emoticon-Cool
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Diubah oleh Papa.T.Bob
Harusnya mereka jd tanggungan negara
Klo pajak kita tidak di...ahsudahlah

emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Setahu ane di DKI ada larangan mungkin Perda kali dilarang memberi pengemis
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:

emoticon-Matabelo iya gan kalau di tempat kita

Quote:

emoticon-Ngakak iya gan, nulis nyari bahagia

Quote:

emoticon-Ngakak habis uang negara buat ngurusin pengemis, semua jadi pengemis entar

Quote:

emoticon-Matabelo di Palembang juga gan
profile-picture
Papa.T.Bob memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
smua org perlu sopan santun..nda cuma pengemis...tapi skarang org2 pengemis,asongan dan pengamen kalo minta duit uda sama dg preman.malakin doank
Spoiler for ...:


antri yang sopan yaa
jangan berebut
emoticon-Cool
profile-picture
kornn memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Hutan di Arab ada di bagian mana?
Buat pengemis yang penting mereka dapat duit, mereka ga ngurus soal moral atau adab, kalau dengan sopan santun ataupun melototin orang pake muka kusam dapet hasil ya mereka lanjut aja emoticon-Ngacir
Yang namanya meminta baik itu pengemis atau bukan sebaiknya memang dengan sopan. sepertinya kesopanan memang harus dijaga .
Harus diakui semua tergantung mood juga bro

Kalo lagi dapat bad day , mending lewatin aja. Gak usah mencela atau kita permalukan , mereka juga minta2 udah malu. Gak tau deh kalo ada yang bangga minta2 , mungkin ada tapi gak banyak.

Kalo ngasih pun juga
Gak usahlah dibikin konten
Gak tau ama yang lain , kalo Aye sih jijik ama eneg ya. Sekalipun yang dikasih juta2an.
Pengemis = penipu ulung emoticon-Ngakak
Hati hati aja emoticon-Ngakak
Jaman sekarang ngemis dijalan dah gk musim, yang ada malah dihina2
Giliran yang ngemis online, modal tinggal nempelin barcode saw*ria dan bacot depan kamera, malah digandrungi dan dipuja2
Yeah kalau baca sejarah khalifah Umar ra itu dilarang berpangku tangan, meski tua renta
klo tau adab pengemis jumlahnya sedikit......


ya klo mau bantu diberdayakan....... org sini taunya kasih duit ya udah semasa bodo selanjutnya....... yg ada malah nambah ngemis...... sampe akhirnya jadi sebuah pekerjaan toh mengemis......

klo diberdayakan jg belum tentu mau orangny, karena ud ngerasain enaknya ngemis dpt duit lebih banyak....


emoticon-Ngacir
profile-picture
Rinka17 memberi reputasi
Kalo loe lahir miskin bukan salah lo, kalo lo mati miskin ya jelas itu salh lo. Mnrt Bill Gates
Selama masih ada yg ngasih berarti bisnis ngemis itu menguntungkan #pengemis itu profesi
Pasti thread ini dibuat berdsrk si suhud dan si baim
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di