CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
3 Fakta Dibalik Arti Kata "CINA" Yang Jarang Diketahui Banyak Orang
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61676aea16ae5b22305f425d/3-fakta-dibalik-arti-kata-quotcinaquot-yang-jarang-diketahui-banyak-orang

3 Fakta Dibalik Arti Kata "CINA" Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Apa sebenarnya arti kata Cina? Mengapa orang-orang keturunan cina di berbagai negara tidak suka dipanggil "Cina". Lalu apa arti kata cina sebenarnya dan mengapa kata itu menjadi sangat sulit diterima? Lalu bagaimana pula dengan kata Tiongkok, Tionghoa dan Mandarin yang sering digunakan untuk menyebut negara, bangsa dan bahasa cina. Dari mana asal-usul kata tersebut, ane mencoba mengumpulkan data-data untuk memberikan informasi mengenai hal itu..

1. Asal kata Cina
Quote:
sumber
Sebenarnya nama Cina sendiri sudah dikenal oleh orang barat sebelum Marcopolo masuk ke tiongkok. Kata cina sendiri diperkirakan berasal dari bahasa serapan barat untuk menyebut negara Qin, pada era reunifikasi cina, negara Qin menyatukan seluruh cina daratan dalam satu aturan, satu ukuran, satu negara, satu bahasa dan satu tulisan. Tulisan chin ini menjadi dasar bagi tulisan cina hingga sekarang, oleh orang arab chin disebut sebagai Shin, kita ingat ada salah satu pepatah arab yang mengatakan Utlubul ‘ilma walau bisshin atau tuntutlah ilmu sampai ke negeri cina, di sini cina dituliskan dalam bahasa arab shin kemudian besar ini lalu diparafrasekan menjadi sino. Dari sini mungkin nama sino lalu dibawa ke eropa dan diserap dalam dialek jermani shin, ini karena sebagian bahasa Inggris terpengaruh juga oleh serapan dari bahasa perancis selain dari induk bahasa jermani.


2. Asal kata Tiongkok dan Tionghoa
Quote:
sumber
Tiongkok berasal dari kata cungkok yang diartikan sebagai negara pusat atau dataran pusat, ada juga yang berpendapat tiongkok berasal dari dua kata Hok Tian, tiong yang berarti tengah atau pusat dan kok yang berarti negara atau kerajaan. Sementara itu tionghoa berasal dari kata jung-hwan atau yang berarti segala sesuatu mengenai dataran atau negara pusat, tiongkok dipakai untuk menyebut seluruh wilayah nasional cina, sementara tionghoa menunjukkan hal kebangsaan. Menyebut tiongkok dan tionghoa sama saja seperti menyebut great britain dan british, karena itu kita tidak menyebut negara tionghoa melainkan negara tiongkok juga tidak menyebut bahasa tiongkok tapi bahasa tionghoa.


3. Asal kata Mandarin
Quote:
sumber
Mandarin sendiri sebenarnya berasal dari kata mentri atau dalam bahasa melayu berarti magistrek, ini berasosiasi dengan kata mentri yang kemudian diartikan sebagai Menteri, ini diperkirakan untuk menyebut perwalian dari dinasti ming di tiongkok atas wilayah-wilayah koloni di sekitar nanhai atau laut cina Selatan antara lain Cham Papura, Tumasik, Malaya, Majapahit, Cha-li-fo-che, dan Annam. Mengapa Cina berkonotasi negatif? Mengapa mereka tidak mau dipanggil cina tetapi tidak keberatan Kalau dipanggil dengan sebutan Chinese atau tionghoa? sepertinya kata Cina memiliki konotasi negative. Berdasarkan beberapa sumber yang ane cari, ane menemukan beberapa alasan mengapa kata cina terkesan tidak enak didengar, yaitu menurut para ahli etimologi atau ahli asal kata yang menyusun kamus bahasa Inggris oxford, kata cina kemungkinan besar mengacu pada dinasti chin yang menguasai tiongkok pada abad ke-3 sebelum masehi, artinya kurang lebih adalah orang-orang dari dinasti chin, ada juga yang berpendapat istilah cina digunakan oleh jepang karena, kata itu bermakna daerah ujung atau daerah pinggiran alias orang udik. Dengan artian demikian, sebutan cina untuk penduduk RRC oleh fasis jepang tentu dimaksudkan sebagai sebuah ejekan atau makian. Konotasi negatif itu begitu membekas sehingga sampai sekarang pun orang-orang keturunan cina tidak ingin dipanggil dengan sebutan cina sehingga dapat dipahami alasan dibalik kata cina.

Nah itulah dibalik kata cina semoga thread ini bisa menambah wawasan kita, INGAT ya selalu hargai dan hormati sesama, karena pada dasarnya kita semua adalah bersaudara. Apabila mereka tidak ingin disebut demikian berarti kita harus menghormati dan jangan sampai berkata demikian, karena apabila kita diejek akan hal yang kita tidak suka pastilah kita juga akan marah. Thread ini ane buat hanya untuk menambah wawasan kita saja ya gansis, apabila ada kesalahan kata mohon dimaafkan dan dikoreksi. Semoga bermanfaat, sampai jumpaa..

profile-picture
profile-picture
profile-picture
garpupatah dan 32 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Si.jonii
Halaman 1 dari 3
Ti artinya dari
Tiongkok berarti dariongkok
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kotasintangk499 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
penasaran apakah ada negara selain di Indonesia yang menggunakan kata Tiongkok? btw suka kasian sama org yang dikatain "dasar cina, cina lu" padahal aseli WNI lahir di sini emoticon-Nohope tbh kita semua terhubung dan memliki relasi secara lsg/tdk lsg dengan pengaruh tiongkok, waktu awal2 cek keluarga besar aja kaget ternyata masih ada keturunan tionghoa emoticon-Wkwkwk jadinya love and hate relationship
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gayungbesambut dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
lil jin ping
profile-picture
raperinoa memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Seiring jaman disini kata "cina" jd semakin sensitif, apalagi pasca tragedi 98
profile-picture
bdgkotakembang memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
bntar lagi ahyan bakal mampir dimari
Kalo cokin itu artinya apa sih ? Cari2 google kog simpang siur emoticon-Hammer2
profile-picture
penthouse.3 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Kemanapun gw pergi ke banyak negara bahkan dikota kecil sekalipun gw ga akan kuatir soal makanan.Cari aja chinese resto pasti ada,pas harga maupun porsinya....cocok di lidah gw.....hehehe.
Menu makanan barat gw jg suka sih,tp kl kelamaan pasti kangen cari nasi.
profile-picture
kentutz memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Bedanya bahasa kanton sama mandarin apa bre
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Post ini telah dihapus
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Cina.... Ngakak ngakak ngakak
Owh bgtu yak
bukan orang tionghoa, tapi ane juga suka budayanya
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Dulu ada film yang judulnya "Jangan panggil aku China"
Ti artinya tidak
jadi jangan harap kamu yang biasa aja bisa dapetin cici cici gemes yah hihi
Jeruk juga mandarin 3 Fakta Dibalik Arti Kata "CINA" Yang Jarang Diketahui Banyak Orang3 Fakta Dibalik Arti Kata "CINA" Yang Jarang Diketahui Banyak Orang3 Fakta Dibalik Arti Kata "CINA" Yang Jarang Diketahui Banyak Orang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tomolavin dan 2 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus
Klo panlok gmn gan?
profile-picture
MemoryExpress memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Hmm... apalah arti sebuah label, yang penting isi nya menurut ane

Demokrasi vs Komunis

rrc
Rusia
Korea ngalor


Malah lebih sering dibahas dunia akhir akhir ini


Sama satu lagi yg sedang rame


Syariat afganistan
profile-picture
raperinoa memberi reputasi
Aseng...
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di