CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
Pro Kontra Menitipkan Orang Tua Di Panti Jompo
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61667b68823f4f78136c7b08/pro-kontra-menitipkan-orang-tua-di-panti-jompo

Pro Kontra Menitipkan Orang Tua Di Panti Jompo

Pro Kontra menitipkan orangtua di panti jompo

Pro kontra menitipkan orang tua di panti jompo seakan tak habis pembahasannya sebab bila membahas kebahagiaan orang tua yang sudah lansia sangat banyak pertimbangan yang kadang menjadi boomerang akibat nyinyiran orang lain

Pro Kontra Menitipkan Orang Tua Di Panti Jompo
Foto: gambar orang tua

Salam sehat gansis, tetap semangat walau cuaca agak hot dan bikin rasa haus tiada akhir. Bagaimana cuaca di tempat kalian gansis?

Orang tua yang sudah lanjut usia memang kerap menjadi akar permasalahan dalam keluarga. Ironis sekali, orang tua dijadikan alasan oleh anak-anaknya yang harus menanggung kehidupan keluarga masing-masing. Tak jarang, anak-anaknya menelantarkan orang tua begitu saja namun kadang hal tersebut terjadi akibat masalah ekonomi juga. Lain hal dengan lansia yang ditinggal mati oleh pasangan atau anaknya. Kembali lagi salah satu penyebab menelantarkan orang tua adalah faktor ekonomi.
Padahal orang tua mana yang mau memaksa anaknya untuk mengurusnya.
Masa kecil kita, orang tua tak pernah kompromi akan kebahagiaan kita.

Pro Kontra Menitipkan Orang Tua Di Panti Jompo

Itu makanya ada pernyataan, 1 orang tua sanggup mengurus 5 anaknya, 5 anak tidak sanggup mengurus 1 orang tua.

Bagaimana kalau yang tidak memiliki anak dan jauh dari sanak saudara bahkan saudaranya pun acuh?
Banyak sekali kasus lansia terlantar dan harapannya pemerintah setempat memperhatikan masalah tersebut.

Seharusnya hal ini bisa menjadi tolak ukur keluarga yang memiliki orangtua lansia.

Namun kenyataannya banyak anak yang durhaka pada orang tuanya. Mungkin saat ini kehidupan sukses seperti yang diharapakan namun balasan untuk anak durhaka adalah akhir zaman yang menyiksa.

Lain pula dengan keluarga yang menitipkan orang tua lansia di panti jompo.

Ada yang alasannya, orang tua sudah menjaga kita dari kecil hingga menikahkan anaknya yang butuh biaya besar, tak pantas menitipkan orang tua ke panti jompo. Sebagai balasannya, anak secara totalitas harus menjaga orang tua di masa tuanya.

Ada pula beralasan, si anak bekerja di luar kota hingga dengan terpaksa menitipkan orang tua di panti jompo. Ditanya kabar sebisa mungkin setiap hari dan sebisa mungkin pantinya dekat dengan tempat tinggal si anak.

Ada lagi beralasan, si anak sibuk kurang waktu mengurus lansia, dan sangat kasihan orang tua juga perlu bercengkrama dengan teman seusianya di panti,dari pada di rumah tidak ada teman berbicara dikarenakan kesibukan anaknya.


Kembali ke keadaan masing-masing keluarga, jikalau memang ada hambatan karena melanjutkan kehidupan yang memaksa harus jauh dari orang tua ya sah-sah saja menitipkan orang tua di panti jompo dengan syarat memilih panti yang lisensi benar-benar memiliki ijin operasional yang legal. Misalnya pun ada pelayanan panti jompo secara gratis, pastikan standar pelayanannya sesuai dengan kriteria yang kita inginkan dan pastikan juga bila ada hal yang tidak diinginkan, masing-masing pihak harus bertanggungjawab.

Bila anak masih sanggup dan sebisa mungkin berkorban untuk orangtua maka pahalanya akan besar. Semoga kita semua bisa ya gansis 👍✌.

Pro Kontra Menitipkan Orang Tua Di Panti Jompo

Bila ada nyinyiran orang lain yang tidak setuju dengan cara kita menitipkan orang tua di panti, abaikan saja karena menempatkan diri sendiri di posisi terendah orang lainsulit itu sangat sulit.

Yang penting orang tua kita selalu bahagia dan selalu mengusahakan yang terbaik bagi mereka.

Semoga orang tua kita sehat dan selalu bahagia di masa tua mereka ya gansis. Aamiin.

Terimakasih atensinya gansis, sundul cendol dan rate 5 nya ya gansis ☺

Sumber: opri, dokumen pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
delfaag dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh sintara85
Pro Kontra memang selalu ada dlm kehidupan
Tinggal bagaimana kita menyikapinya.
Nice thread
Rate and cendol sent.
Kalau bisa reply yang menarik di kaskuser ditaruh di post #1. Caranya klik titik 3 pada postingan, terus pilih add to thread (khusus buat ts)
profile-picture
sintara85 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tergantung dari sudut pandang masing-masing
Sebenarnya ane dari dulu mikir panti jompo ini di pake untuk orang lansia yang dah gak punya keluarga atau yg gak pernah di urus sama keluarganya (alias anak durhaka) emoticon-Hammer (S)
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Panti jompo yang bagus itu muahal dijeh.......yang gratis dan murah menurut gw ga usah dibahas...antara slot terbatas dan ada syarat ketentuannya itu....emoticon-Ngacir
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Hi agan,
Disini ane ga akan nanggepin pro dan kontranya.
Ane hanya ingin membagi pengalaman saja.

Istri ane kebetulan perawat panti jompo di Belanda. Dah belasan tahun.
Dari cerita dia dan bbrp kali ane ikut datang kesana, ternyata suasananya ga sebagaimana yang ane pikir selama ini.
Pointnya adalah suasananya ya, bukan fasilitasnya.

Ternyata mereka, para lansia itu malah lebih suka di panti jompo. Karena ngumpul seumuran. Kegiatannya pun sesuai dengan kondisi mereka. Tentu didukung dengan fasilitas yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Misal kalau sehari2 musti pake kursi roda. Atau alat pendukung lain.

Ane jadi dikit membandingkan dengan ortu di kampung. Emang tinggal di rumah sih, tp malah lebih banyak dapat tugas momong cucu kl ditinggal kerja. Belum lagi bantu masak, kalau pas ndak sempat. Juga kadang bantu beres2 rumah.

Belum lagi konflik2 yang sebeenrnya ndak perlu sama menantu. Cucu dan anaknya sendiri.

Dipantai jompo di Belanda, para kakek dan nenek itu setiap waktu bercengkrama sesama mereka, berbagi cerita. Ga direcokin sm cucu, ga cape musti momong. Rata2 pada seneng dan bahagia deh. Bahkan ada yang sampe pacaran emoticon-Smilie

Ini asli lho, berdasar pengalaman, hasil ngobrol2 dengan mereka.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rosepetalbackd7 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
𝑲𝒂𝒍𝒂𝒖 𝒎𝒂𝒔𝒊𝒉 𝒂𝒅𝒂 𝒌𝒆𝒍𝒖𝒂𝒓𝒈𝒂, 𝒕𝒆𝒓𝒖𝒕𝒂𝒎𝒂 𝒂𝒏𝒂𝒌, 𝒌𝒏𝒑 𝒉𝒂𝒓𝒖𝒔 𝒉𝒊𝒅𝒖𝒑 𝒅𝒊 𝒑𝒂𝒏𝒕𝒊 𝒋𝒐𝒎𝒑𝒐. 𝑨𝒑𝒂𝒌𝒂𝒉 𝒔𝒆𝒐𝒓𝒂𝒏𝒈 𝒂𝒏𝒂𝒌 𝒕𝒆𝒈𝒂 𝒃𝒆𝒓𝒃𝒖𝒂𝒕 𝒔𝒆𝒑𝒆𝒓𝒕𝒊 𝒊𝒕𝒖 𝒕𝒉𝒅 𝒐𝒓𝒕𝒖𝒏𝒚𝒂.
anak durhaka, mustinya begitu lahir dititipkan di panti asuhan, biar ada teman bercengkrama sesama bayi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Semua ada Karma nya kok. Tenang aja. emoticon-Smilie
Kalo gw ma istri udah sepakat ntar kalo dah tua, sekiranya anak/mantu keberatan ngurus kami, kami lebih memilih ngontrak di panti jompo. Itung2 bulan madu terakhir kami. Bisa ngumpul ma temen2 sebaya. Dan diurusin oleh perawat yg lebih muda. Siapa tau saya bisa mengikuti jejak kakek sugiono.
emoticon-Malu
Diusahain sebisa mungkin jangan lah, tp memang kadang ada kondisi yg ngga memungkinkan & mau ga mau dititipkan di panti jompo drpd terlantar malah tambah dosa emoticon-Embarrassment
Berapa orang diantara agan2 disini yang pernah ke panti jompo?

Jangan2 yang pro dan kontra ini belum pernah melihatnya. Hanya berdasar katanya
Diusahakan jangan, jika tidak bisa kenapa tidak? Jadi opsional tergantung nnt ortu maunya bagaimana
Haiya

Lu gak mau punya anak... nanti tua siapa yang urus???



Ya kalau lu hidup sampe tua

Ya kalau anak elu mau urus elu..

Anak gak mau urus elu? Lapor polisi? Gak bakal diurus...Pro Kontra Menitipkan Orang Tua Di Panti Jompo


Gua bilang gt ke bapak mertua gua... dia diam saja...
Diubah oleh penthouse.3
Tergantung keadaan ekonomi dan lingkungan juga kekeluargaan

Yg miskin pasti gak ada kepikiran jompo/ditelantarkan bagi yg durhaka

Yg sedang2 juga enggak/ditelantarkan bagi yg durhaka

Yg kaya tinggal hati nurani aja karna di jompo indonesia isinya mengeneaskan apalagi ortu masih sehat karna rata2 isinya pesakitan janankan kongkow2 menikmati napas aja susah

Ane gak mengutuk aksi menitipkan ortu ke jompo tapi lebih bagus bagi yg kaya agar gaji perawat dirumah

Yg masalah biasanya ekonomi sedang yg suami istri kerja, ortunya jadi korban bisa2 jadi pembantu yg bersih2 rumah dan momong anak
kalau ane nanti dah jompo masih sanggup biayain diri sendiri, okelah di panti jompo.
kalau yang biayain anak yah tergantung gede mana biayanya , di panti atau mandiri.
Ane cr pahalanya sih... Malah ane n adek ane rebutan nawarin bokap n nyokap tinggal bareng kita kalo udah tua... Untungnya suami ngedukung... Anw kalopun mertua ikutan jg, ane jg ga masalah sih... emoticon-Big Grin
tergantung situasi dan kondisi si ortu..... kadang ad yg lebih milih di panti karena ada teman ngobrol yg ibaratnya "sebaya"..... namanya sudah tua sudah kehilangan banyak kawan wajar ya, akhirnya tempat berkumpul di panti itu dapat teman sebaya

karena ngobrol dengan yg lebih muda belum tentu juga asik ya karena kadang malah bisa jatohnya kayak kasih nasehat mlu.......


emoticon-Ngacir


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di