CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Games / ... / Console & Handheld Games /
Belajar Bahasa Inggris dari Game Persona 4 (ternyata seru gila!)
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/616676ef0f822a74b03bd381/belajar-bahasa-inggris-dari-game-persona-4-ternyata-seru-gila

Belajar Bahasa Inggris dari Game Persona 4 (ternyata seru gila!)

Buat yang gak tahu, Persona 4 itu game yang awalnya dirilis di konsol PS2. Cuma dibuat lagi di PSVITA dengan nama Persona 4 Golden dan ada tambahan konten di versi PSVITA. Kalau gak salah sekarang P4G juga dijual di Steam. Singkatnya game-nya itu tentang kehidupan anak SMA tapi juga ada berantem - berantemnya melawan para monster. Lebih detailnya, yuk simak cerita saya berikut ini.



Belajar Bahasa Inggris dari Game Persona 4 (ternyata seru gila!)

Cover Kaset - gamicus.fandom.com




Intermezzo

Pertama kali kenal game ini pas SMP kelas 3, masa - masa dimana saya udah malas maen game online (PB dan kawan - kawan) dan masa - masa dimana saya sedang mencari jati diri dan cinta.

Karena malas keluar rumah ngabisin duit untuk main game online yang mainnya gitu - gitu doang, akhirnya saya putuskan untuk searching di Google mengenai game PS2 yang seru, kebetulan ada PS2 nganggur di rumah. Ketemulah beberapa game, banyak yang menyebutkan Final Fantasy, tapi uniknya Persona 4 dan Persona 3 juga masuk ke dalam daftar game yang banyak direkomendasikan untuk dimainkan.

Pas di toko kaset game dan lihat gameplay dari Persona 4 ini awalnya gak tertarik karena terlalu banyak dialognya (omong - omongnya). Kan biasanya bocah suka yang action, berantem, pokoknya yang heboh lah. Jauh berbeda dengan game yang satu ini, akhirnya saya putuskan untuk gak membelinya dan malah membeli game yang lain (waktu itu lupa beli kaset apa).

Beberapa hari setelah bosan dengan game yang udah dibeli, akhirnya saya nekat untuk beli P4 ini, dengan memantapkan niat untuk memahami seluruh percakapan di dalam game yang ada banyak.

Awalnya agak bingung dengan nomor 4 di belakang kata "Persona". Game ini merupakan game seri atau gak? Apa harus main Persona 1, 2, dan 3 dulu untuk mainin P4? Ternyata setelah saya cari tahu di Google enggak perlu! Cerita dari game P4 dan P3 berdiri sendiri, gak harus main P3 untuk mainin P4. Kalau P1 dan P2 kurang tahu.



Ceritanya

Kalau kamu gak terlalu suka sama spoiler, sorry nih. Saya harus ceritakan cerita awal dari game ini untuk menjelaskan keseruannya. Cuma cerita awal aja kok, supaya kamu tahu misi utama dari game ini.

Ceritanya mengenai seorang anak SMA yang pas masuk ke kelas 2 SMA harus pindah sekolah karena pekerjaan orangtuanya. Nama tokoh utama dari game ini bisa kita tulis bebas. Kalau di anime-nya dia bernama Yu Narukami. Yu yang pendiam diajak berkenalan dengan teman kelasnya yang bernama Yosuke Hanamura dan Chie Satonaka. Mereka bertiga hangout atau nongkrong untuk membahas mengenai rumor yang sedang beredar di desa kecil mereka yaitu desa Inaba.

Spoiler for Mengenai Tokoh Utama dan Budaya Jepang:


Konon katanya jika kita menatap layar televisi yang sedang mati dan kebetulan sedang hujan, dan... persis pada tengah malam, kita bisa melihat soulmate atau jodoh kita. Nah menurut saya, dari sini aja ceritanya udah bikin penasaran, tapi gak cukup sampai disitu, ada yang lebih bikin penasaran. Si Narukami dan teman - temannya akhirnya nyobain tengah malam nonton televisi yang di tengah hujan dan sedang dalam kondisi mati. Mereka menyebut rumor ini dengan sebutan Mayonaka TV, atau dalam bahasa Inggris berarti Midnight Channel.

Spoiler for Dialog di Game:


Coba tonton video cuplikan berikut ini di menit ke 12:51, disitu ditunjukkin si Narukami mencoba mengecek si Midnight Channel, apakah rumor tersebut beneran atau enggak. Cuplikan video ini sebenarnya dari P4G, tapi gapapa, kurang lebih ceritanya sama kok, dan saya rasa gameplay pada saat awal - awal ini masih sama persis dengan P4 di PS2.




Pas di scene itu entah kenapa saya merasa takjub, mungkin karena baru menemui cerita game seperti itu. Nah disitu terjadi kejadian aneh yang menimpa Narukami, dimana ketika dirinya mencoba menonton Midnight Channel, ternyata dia bisa masuk ke dalam televisi. Narukami merasa seolah - olah kaya ada godaan untuk mencoba memegang dan masuk ke dalam TV tersebut. Kejadian aneh itu akhirnya diceritakan ke Chie dan Yosuke.

Mereka bertiga bercerita kalau memang mereka bertiga melihat seseorang di Midnight Channel (padahal TV dalam keadaan mati). Apakah orang itu soulmate mereka? Gak tentu, itu karena gambar dari Midnight Channel pada saat itu kurang jelas.

Singkat cerita Chie dan Yosuke gak percaya kalau Narukami bisa masuk ke dalam televisi, mereka akhirnya iseng pergi ke supermarket Junes untuk mencoba membuktikan perkataan Narukami, yaitu masuk ke dalam televisi (di sana ada jualan TV, TV-nya gede - gede, jadi cocok untuk percobaan).

GIF
Beneran masuk TV - tenor.com


Perkataan Narukami terbukti benar, gak tahu kenapa Narukami bisa punya kekuatan untuk masuk ke dalam TV. Gak hanya itu, Chie dan Yosuke juga bisa masuk ke dalam TV, mungkin karena terbawa oleh kekuatan si Narukami.

Spoiler for Asal Kekuatan Narukami:


Belajar Bahasa Inggris dari Game Persona 4 (ternyata seru gila!)
Dunia di dalam TV - megamitensei.fandom.com


Ketika masuk ke dalam dunia TV, Chie, Yosuke, dan Narukami terkejut dengan dunia yang ada di dalam televisi. Ternyata televisi yang tipis yang ada di mall Junes, bisa dimasuki dan di dalamnya ada ruang yang luas seolah - olah dunia lain. Jadi bisa dibilang, televisi di game ini, entah dimanapun letaknya, bisa dimasuki oleh orang - orang tertentu yang punya kekuatan misterius tersebut. TV di dalam dunia ini seolah - olah seperti portal gitulah, untuk masuk ke dunia lain (kita sebutnya dunia TV aja ya).

Spoiler for Battle system:


Singkat cerita Narukami dan kawan - kawan ketakutan dan memutuskan untuk kembali ke dunia nyata (keluar dari dunia TV) dengan bantuan seekor beruang.

Belajar Bahasa Inggris dari Game Persona 4 (ternyata seru gila!)
Teddie - megamitensei.fandom.com


Secara misterius di dalam dunia TV ini ada seekor atau seorang boneka beruang bernama Teddie yang baik dan jadi pemandu kita selama berkelana di dunia TV (melawan para monster dan menyelamatkan orang - orang). Gak diketahui Teddie ini makhluk apa, asalnya darimana, untuk saat ini belum jelas. Manusia bukan, binatang bukan, anggap saja Teddie ini sebagai tukang ngelucu dan pemandu di dalam game.

Hal yang bikin penasaran gak cukup sampai disitu, kejadian gak terduga terjadi dimana ada seorang siswi di SMA tempat dimana Narukami dan kawan - kawannya bersekolah (SMA Yasogami), meninggal. Meninggalnya ini gak wajar, almarhum ditemukan nyangkut di atas tiang listrik bergelantungan gitu. Ini bukan kejadian pertama, sebelumnya udah pernah ada satu kasus serupa yaitu seorang pembawa berita wanita yang ditemukan tewas di kondisi yang serupa (digantung di tempat - tempat tinggi).

Jadi udah ada 2 korban tewas secara misterius, nah siswa SMA Yasogami yang meninggal bernama Saki Konishi, ditemukan di daerah desa Inaba. Saki Konishi adalah senpai (kakak kelas) pujaan hati si Yosuke. Sudah pasti Yosuke sedih banget.

Dalam kondisi sedih, ternyata Yosuke malah mengeluarkan pernyataan mengejutkan. Yosuke berkata, sebelum mayat Konishi senpai ditemukan, ia menonton Midnight Channel dan pernah melihat Saki Konishi di TV. Yosuke berasumsi kalau orang yang tayang atau ditayangkan di Midnight Channel, adalah orang yang akan mati dalam waktu dekat.

Matinya karena apa? Apakah dibunuh? Dibunuh siapa? Misteri itu yang harus dipecahkan oleh Narukami dan teman - temannya. Inilah konflik utama dari game ini.

Yosuke membujuk Narukami untuk datang ke dunia TV sekali lagi untuk menyelidiki dunia TV tersebut. Yosuke merasa, kematian Konishi ada hubungannya dengan dunia TV tersebut dan Midnight Channel. Dengan bantuan Teddie mereka berdua akhirnya sepakat menyelidikinya dan disinilah pertempuran melawan para monster Shadow dimulai. Di dunia TV, Narukami, Yosuke dan Teddie bertemu dengan para Shadow dan harus bertempur melawan mereka.

Spoiler for Bentuk Shadow:


Pertempuran ini gak hanya dengan tangan fisik atau kekuatan fisik saja, tapi ternyata Narukami punya kekuatan misterius yang bernama Persona.



Cuplikan video summon Persona


Spoiler for Apa itu Persona?:


Spoiler for Bentuk Persona:


Boss pertama yang harus dilawan oleh Narukami adalah Shadow Yosuke. Singkat cerita Yosuke dan Narukami, dibantu oleh penjelasan Teddie menyimpulkan bahwa Saki Konishi meninggal gara - gara dilempar ke dalam dunia TV dan gak mampu menghadapi Shadow-nya sendiri. Nah setelah Shadow Yosuke dikalahkan, dan Yosuke mau mengakui bahwa Shadow Yosuke itu merupakan bagian dari dirinya, maka Yosuke sekarang punya Persona juga.

Narukami dan Yosuke jadi teman satu tim untuk mengungkap misteri dunia TV ini.

Nah kedepannya bakalan ada beberapa orang lagi yang akan dilempar ke dalam TV. Tanda bahwa orang akan dibunuh dengan cara dilempar ke TV adalah Midnight Channel. Nantinya timnya Narukami akan menjadi semakin besar seiring dengan beberapa orang yang berhasil diselamatkan (dikalahkan Shadow-nya). Ok, sekarang kamu sudah tahu gambaran ceritanya dan konflik utama yang harus diselesaikan oleh sang tokoh utama.



Belajar Bahasa Inggris

Dari cerita di atas kita menyadari bahwa banyak percakapan di dalam game. Kita harus paham betul karena ini penting untuk mengungkap misteri pembunuhan di desa Inaba.

Nah selain kita harus mengalahkan para Shadow untuk naik level, kita juga perlu menjalin hubungan yang baik dengan orang - orang di sekitar desa Inaba. Contohnya teman sekolah, keluarga di rumah, dan lain - lain. Kenapa harus menjalin hubungan? Karena di game ini ada sistem namanya Social Link. Jika Social Link kita semakin kuat, maka Persona kita akan lebih bervariasi (lebih banyak) dan cepat naik level.

Untuk memahami cerita, menjalin hubungan yang baik, dan mengungkap kasus pembunuhan di game ini, maka kita perlu memahami setiap percakapan bahasa Inggris di game ini.

Pas jaman SMP kelas 3, saya menemui banyak kosa kata bahasa Inggris baru yang saya gak tahu artinya. Karena game-nya seru, dan saya pengen namatin game ini, makanya saya main game ini sambil buka HP untuk Google Translate. Jadi setiap ada kosa kata baru yang saya gak ngerti artinya, bisa tanya mbah Google. Repot? Gak juga, gak akan terasa dengan cerita dari game-nya yang seru.

Dari game ini juga saya jadi terbiasa dengan cara orang luar negeri ngomong bahasa Inggris. Kebetulan translasi atau terjemahan bahasa Inggris di game ini juga cukup baik (bahasa aslinya game ini setahu saya adalah bahasa Jepang, kemudian supaya bisa dijual ke seluruh dunia, makanya dibikin bahasa Inggris-nya).
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hikarinosenshi dan 14 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mx667
Halaman 1 dari 2
True Ending, 2nd Playthrough, dan Secret Boss

Untuk mendapatkan True Ending di game P4 ini menurut saya hampir mustahil kalau gak lihat walkthrough. Kenapa? Karena kita harus memilih dialog yang tepat pada saat ending atau ketika game-nya mau berakhir. Cuma menurut saya gak perlu khawatir. Mainin dulu aja sampai ending sebisanya. Dapat ending apapun gak masalah. Baru setelah merasakan sendiri dan gagal memilih rute ending yang tepat, kamu bisa lihat walkthrough.

Second playthrough itu artinya kita mainin game-nya untuk kedua kali, atau berusaha namatin game-nya untuk kedua kali. Untuk apa sih namatin lebih dari 1x? Kan kita udah menyelesaikan game-nya? Nah inilah uniknya dari game P4 begitu juga dengan P3. Ada beberapa konten tambahan kalau misalkan kita main di 2nd playthrough. Misalnya seperti senjata khusus, boss rahasia, dan Persona atau summon-nan baru.

Untuk melawan secret boss perlu cara khusus, untuk detailnya nanti saja dicari tahu kalau kamu sudah menyelesaikan 1st playthrough. Kalau dicari tahu sekarang pasti banyak spoiler.



Pacar

Uniknya game ini, kita bisa pacaran juga, bahkan bisa punya lebih dari satu pacar. Walaupun kalau punya lebih dari satu pacar ini gak terlalu kelihatan di game ini. Gak ada adegan bakalan kepergok atau ketahuan selingkuh (P4G sepertinya ada). Pacar bisa didapat kalau Social Link dari si cewek udah tinggi dan nanti bakalan ada momen khusus dimana kita bisa manfaatkan itu untuk nembak.

GIF
Pacar - pacaran - tenor.com


GIF
Diajak ke kamar - tenor.com


GIF
Ke festival - makeagif.com




Keseruan Anak SMA (Liburan dan Event Sekolah)

Hal seru lain dari game ini adalah ada berbagai event seru dan lucu baik itu dari sekolah maupun event lainnya. Karena tema dari game ini adalah kehidupan anak SMA, makanya pasti bakalan ada acara kaya ujian sekolah, liburan, camping, dan sebagainya.

GIF
Gameplay - tenor.com


GIF
Acara di sekolah - makeagif.com




Persona 3, Persona 4 Golden dan Persona 5

Setelah main P4, saya sempat main P3 dan P3FES. Menurut saya P4 lebih bagus dari P3 dari segi gambar maupun dari segi cerita, walaupun saya lihat banyak yang menganggap P3 lebih bagus. Apasih perbedaan P4 dan P4G? Sebenarnya cerita utama masih sama, cuma ada tambahan karakter, event, waktu, dan Persona saja, serta P4G ini ada berbagai kegiatan tambahan yang bisa dikerjakan pemain atau player. Cuma dari segi grafis atau gambar, P4G lebih baik.

P4 udah saya tamatin sampai 5x dulu, karena mungkin sebagai bocah, saya gak ada kerjaan di rumah. P3 udah tamat 2x. P4G dan P5 baru tamat sekali. P4G waktu itu saya mainnya di PSVITA punya teman, dan kebetulan main pas magang kerja pas SMK. Gak enak minjem terus terlalu lama sampai dibawa pulang ke rumah, hehehe. P5 untuk saat ini saya gak ada niat untuk namatin 2x karena saya pengen langsung ngerasain P5R (Persona 5 Royal) saja yang dikabarkan punya cerita lebih bagus ketimbang P5.

Dari segi cerita, gameplay, dan gambar, P5 yang paling bagus menurut saya. Saya rasa saya harus sabar nunggu untuk dapetin PS4 demi mainin P5R, hahaha. P5 pun saya hanya bisa main karena kebetulan ada PS3 di kantor.

P3 dan P5 memang gak kalah seru, tapi P4 lah yang paling berkesan buat saya karena pertama kali kenal Persona series dari P4. Sejak saat itu juga kenal anime.



Persona 4 The Animation

Pas tahu bahwa game ini juga diadaptasi ke anime, saya langsung nonton animenya. Waktu itu masih ingat saya nonton di YouTube lewat HP Blackberry. Gak tahu kenapa ada yang ngebajak anime-nya tapi gak di-takedown dan ada di YouTube pada saat itu. Cuma memang harus pakai trik khusus sih untuk bisa nonton si videonya ini. Saya sarankan untuk teman - teman mainin game-nya dulu sebelum nonton anime-nya. Ini supaya terasa lebih seru.

Nanti pas nonton anime pasti bakalan bilang "oh ini yang ini", "oh ini Shadow yang ini", "Persona yang ini", "cerita yang ini".

GIF
Anime - gfycat.com




Kunci Utama

Kunci utama dalam memainkan game ini menurut saya bukan dengan jago tembak - tembakan, bukan jago berantem, bukan cuma dengan level tinggi. Perlu kecerdikan dan ketelitian. Seperti yang sudah saya bilang, kita gak cuma gebukin monster doang, tapi kita juga perlu menangkap pembunuh yang sebenarnya.

Selain itu kita harus bisa jadi teman curhat untuk banyak orang karena sistem Social Link tadi. Satu hal lagi yang gak kalah seru adalah mengkombinasikan skill para Persona pada saat fusion atau penggabungan Persona. Supaya Persona kita jadi makin kuat dengan stat dan skill yang cocok.



Penutup

Gimana menurutmu, seru gak nih ceritanya? Menurut saya Persona series sejauh ini adalah game konsol terbaik untuk saya. Baik itu yang ada di PSP, PS2, PSVITA, PS3, dan PS4. Dari segi cerita, soundtrack, background music, gameplay dan tingkat kesulitannya.

Kehadirannya akan selalu saya nantikan. Semoga Persona 6 dan seterusnya bisa mengambil tokoh utama yang seorang anak kuliahan, pekerja kantoran atau orang dewasa kaya saya karena mengikuti umur gan, haha. Bosan kalau tokoh utamanya anak SMA terus.
profile-picture
profile-picture
kotasintangk499 dan phyu.03 memberi reputasi
Diubah oleh mx667
reserved
profile-picture
phyu.03 memberi reputasi
game jadul dulu yg gua pernah punya tapi gk pernah mainin emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
kotasintangk499 dan mx667 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Wah masuk nih
profile-picture
mx667 memberi reputasi
Masih Populer Final Fantasy series untuk genre ini, gw aja tau ini Game dari internet padahal gw dah lama punya PS2 dan gw belum pernah mainin ini gameemoticon-Ngakak
profile-picture
mx667 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
cuma pernah main yang persona di psp sama ps4. sebenernya pengen banget main persona 4, cuma ngak punya konsolnya. giliran keluar buat pc, pc saya ngak kuat wkwk
profile-picture
mx667 memberi reputasi
kalo menurut ane, the true Persona game itu Persona 2 EP (Eternal Punishment) dan Persona 2 IS (Innocent Sin)

Karena feels-nya itu bener2 misteri, dark, alur ceritanya juga keren abis.

Pas maen di PS2, Persona 3 dan 4. Terlalu colorful, keliatan lebih kekanak-kanakan dan khusus Persona 3, bener2 "sempit" dunia permainannya, malah condong mirip Digimon World 2 hehehe
profile-picture
mx667 memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Post ini telah dihapus
Ane jg penggemar P4. Ane beli yg di steam dan namatinnya. P3 FES jg seru sih. Cuman terlalu gelap. Cara pemanggilan nya itu ngeri. Menggunakan evoker utk mensimulasikan near death experience. Dan jg penggunaan obat2an. Kalo P4 lebih ceria. Karakternya kocak2. Termasuk Naoto yg paling serius di dalam tim. Game turunannya jg bagus2 ceritanya.
profile-picture
mx667 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Memang belajar bhs itu dr game Belajar Bahasa Inggris dari Game Persona 4 (ternyata seru gila!)
Main game sambil belajar Englishemoticon-2 Jempol
profile-picture
mx667 memberi reputasi
Baca tritnya sdh kebayang serunya nih game, sygnya wktu ane trllu bnyak trbuang2 hnya ut sbuah gameemoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
71disini dan mx667 memberi reputasi
Sejak kapan ada PS2 pake kaset?
Belajar Bahasa Inggris dari Game Persona 4 (ternyata seru gila!)
Terus kaset ini dimasukin kemana?

TS ngaco nih...
profile-picture
mx667 memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Gak ada waktu main game rpg lagi, sibuk kerja dan istirahat. Sekarang lebih ngarah game action aja.
profile-picture
mx667 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane belajar bahasa Inggris dr game football manager emoticon-Cool
profile-picture
mx667 memberi reputasi
mau maen males ngomong mlu soalnya....... malah dkit maenny......


klo ud bs cek ke internet sih enak ya translate gtu aja.......


klo pas gen ps1 itu waduh, basic b ing ga ada sama sekali, internet sudahlah.... rpg bejibun..... mau ga mau ya maen aje ud try and error....

tp kok paham sendiri seiring berjalan waktu...... gua kaga ngerti tuh knp bs gtu, liat kamus juga engga..... lv b ing jd setingkat lebih tinggi 1 level diatas kawan di kelas.......


emoticon-Ngacir
profile-picture
mx667 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Dari serunya mainin persona 3, saya langsung nunggu persona 4. Sekalinya Persona 4 masuk Indonesia dulu, langsung saya beli (bajakannya emoticon-Ngakak). Haha... dulu susah nyari game original ps2 dan susah juga nyari duit buat beli game original emoticon-Leh Uga

Selain bahasa Inggris, di kampus saya ma tmen2 ngerasa game persona ini pas banget dgn jurusan di kampus yaitu Psikologi.

Kepribadian tiap karakter beda. Klo mrka punya masalah cara responnya juga beda2 tiap karakter. Respon yg salah gk mperburuk situasi c, tp klo responnya bner kan mkin cepet kuat hubungan antar karakternya emoticon-Shakehand2

Nilai plus lainnya. Kita bs belajar mitologi2 dr summon2 di Persona. Lumayan lah nambah2 bahan ngbrol antar gamer RPG.

Smga P5 jg masuk steam emoticon-2 Jempol
profile-picture
mx667 memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan


Cerita P4 itu beberapa tahun setelah P3 dan di Persona Q Labirinth karakter P3 ketemu karakter P4 kalo gak salah
profile-picture
mx667 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Pertama maen Persona series itu di PS Vita, langsung maen P4 Golden, maen mpe true ending

terus nonton animenya 2x, karena ada 2 versi

varu tahu di era2 masa kini kalau Persona Series itu spin offnya Shin Megami Tensei Series, yg mana sepertinya gw jg pernah maen serinya tapi lup judulnya yg mana dan di platform apa

tapi gw memang penggemar game-game Atlus sejak zaman GBA sih, RPG2nya out of the box soalnya
profile-picture
mx667 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
dulu pernah ada quote "persona adalah game yg mempersona"
itu bukan quote kaleng2
profile-picture
mx667 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di