CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Apa Gunanya Tanjakan Kosong Di Samping Jalan?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/616556e2a56e0758a43dd701/apa-gunanya-tanjakan-kosong-di-samping-jalan

Apa Gunanya Tanjakan Kosong Di Samping Jalan?

Hola Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis semuanya. Kali ini, ane bakalan bahas seputar guna dari tanjakan kosong di samping jalan nih.

Apa Gunanya Tanjakan Kosong Di Samping Jalan?


Ketika melewati jalan tol terutama saat di turunan, mungkin Gansis akan sadar bahwa ada lajur yang menanjak di sebelah kanan, biasanya diisi dengan kerikil atau pasir.

Mungkin Gansis bertanya-tanya, buat apa sih jalur tersebut? Kenapa tidak ditiadakan saja? Apakah penting? Nah, kali ini ane akan membahas hal tersebut di thread yang satu ini nih Gansis.

Apa Gunanya Tanjakan Kosong Di Samping Jalan?

Jalur kosong yang menanjak tersebut biasa disebut jalur darurat atau jalur penyelamat. Jalur penyelamat sendiri biasa dibangun di lajur yang menurun, di daerah yang cukup rawan. Di jalan tol yang menurun banyak sekali jalur penyelamat seperti ini, di jalan raya juga ada lumayan banyak meski tidak sebanyak di jalur tol. 

Fungsi dari jalur penyelamat sangatlah krusial, karena sangat berfungsi untuk memperlambat kendaraan yang mengalami rem blong, sehingga penting untuk menyelamatkan nyawa.

Apa Gunanya Tanjakan Kosong Di Samping Jalan?


Jalur penyelamat sendiri biasa dibuat menanjak yang isi jalurnya merupakan pasir, batu kerikil, dan kadang dipadu dengan ban bekas untuk mempermudah saat memperlambat kendaraan.

Kenapa tidak ditiadakan? Karena sekali lagi, ini sangat amat penting untuk menyelamatkan nyawa. Mencegah kecelakaan yang sangat membahayakan nyawa baik yang didalam kendaraan dengan gangguan teknis ataupun yang diluar.

Apa Gunanya Tanjakan Kosong Di Samping Jalan?

Biasanya, di tanah air jalur penyelamat hanya memiliki satu lajur untuk digunakan satu kendaraan yang rem blong, lalu dievakuasi. Setelah evakuasi, barulah jalur penyelamat bisa digunakan lagi. Lebarnya sendiri 10 meter dengan panjang 50 meter (bisa lebih panjang lagi). dan elevasi 15 persen, serta didesain untuk kendaraan yang berkecepatan 120-140kpj dengan bobot 15 ton.

Bukan hanya di tanah air, jalur penyelamat ini juga ada di hampir semua negara, tentunya dengan fungsi yang sama walau memang memiliki teknologi yang lebih advanced, seperti lajur yang berjumlah dua, bahan yang digunakan maupun teknologi lain.

Apa Gunanya Tanjakan Kosong Di Samping Jalan?

Tentunya, jalur penyelamat bukanlah jalur yang bisa digunakan untuk bersantai atau berkumpul, apalagi parkir. Karena, kalau tiba-tiba ada truk rem blong, ada kemungkinan besar benda yang berada di tengah jalur penyelamat akan tertabrak, bahkan bisa menghilangkan nyawa orang yang ada di tengah jalur penyelamat. 

Perlu dicatat juga bahwa jalur penyelamat tidak boleh digunakan untuk kendaraan yang masih bisa berhenti dengan aman dan normal, karena akan sangat sia-sia dan memakan waktu evakuasi yang tidak sedikit.

Apa Gunanya Tanjakan Kosong Di Samping Jalan?

Nah, itulah isi thread ane yang membahas seputar kegunaan jalur penyelamat. Jadi, gimana pendapat Gansis tentang thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ane yang salah!

Sumber: 1
Pic: Terlampir
Narasi: Opini Pribadi
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk menjatuhkan maupun mempromosikan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star

profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 62 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
PR bagi pemerintah, masih banyak jalur penyelamat yang tidak memenuhi standar. Tolong dong, diperbaiki dan direvitalisasi juga agar lebih layak...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Ane sukak pengetahuan...
emoticon-Ultah
Apa Gunanya Tanjakan Kosong Di Samping Jalan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alexander.pixar dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Nice thread Gan
Rate dan cendol sent emoticon-shakehand

*btw itu yang nongkrong bahaya banget tuh
emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
dulu kirain untuk dibikin jalan lagi emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Blm pernah ngeliat langsung di daerah ane ngga ada emoticon-Berduka (S)
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Lama2 juga jadi tempat istht bre kyk rest area GIF
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
klo ada orang nongkrong di jalur penyelamat terus ditabrak truk yg remnya blong, orang2 yg ditabrak itu bisa dituntut gak
profile-picture
profile-picture
mubafirs dan MUF0REVER memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Jalur penyelamat buat nongkrong, itu baru menyalahi aturan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Di Gekbrong cianjur udah ada, sayangnya posisinya terlalu kejauhan, rata rata belom sampe penyelamat udah keburu nubruk / terguling bbrp km sebelum titik tsb.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 4 lainnya memberi reputasi
Nice trit gan, baru tau ane malah fungsinya. Kirain jalur ga rampung yg dananya entah kemana emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Di endonesyah pasti dibuat parkir & nongkrong
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Yg nongkrong sama parkir disitu fitur tambahan untuk lebih mengurangi laju kendaraan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Bahh malah dipake nongkrong emoticon-Hammer2
Buset itu orang-orang pada ngapain disitu?
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
lumayan buat jualan juga bisa ituemoticon-Kaskus Banget
Oon yg nongkrong disitu.
Buat nubruk klu rem blon
Baru tau ane....mantap info nya
gua kira buat mobil yg mau lepas landas trus terbang emoticon-Betty (S)
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan SunDaimond memberi reputasi
Post ini telah dihapus
Halaman 1 dari 5


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di