CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Militer dan Kepolisian /
[UPDATE] Semakin Sangar, AC-130J Ghostrider Akan Dipasangi Senjata Laser
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/616504cc237df863663d56e5/update-semakin-sangar-ac-130j-ghostrider-akan-dipasangi-senjata-laser

[UPDATE] Semakin Sangar, AC-130J Ghostrider Akan Dipasangi Senjata Laser

Kembali lagi di segmen update yang akan menghilangkan kegabutan agan dan sista, kali ini ada kabar terbaru dari dunia militer yang cukup menarik menurut TS. Mengutip artikel TheDrive.com, dikabarkan bahwa mulai tahun 2022 Lockheed Martin akan melakukan uji coba pemasangan senjata laser yang memiliki kekuatan 60 kilowatt pada pesawat AC-130 Ghostrider.

Menurut artikel yang baru-baru ini dirilis Lockheed Martin disebutkan bahwa, Lockheed Martin telah mengirimkan unit senjata yang diberi nama Airborne High Energy Laser (AHEL) ke Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) untuk persiapan pengujian darat dan pengujian udara di atas AC-130J Ghostrider. Sebelum dikirimkan ke USAF, sistem senjata AHEL telah menjalani pengujian di fasilitas Lockheed pada 6 Oktober 2021.

Fase uji coba AHEL didasarkan pada kontrak yang diberikan oleh USAF kepada Lockheed pada bulan Januari 2019 untuk mengintegrasikan, menguji, serta mendemonstrasikan sistem senjata laser di atas AC-130J Ghostrider. Meski sistem sedang menjalani pengujian operasional dan fungsional pada AC-130J, Lockheed Martin menyebut bahwa teknologi tersebut sudah siap untuk digunakan. Selain USAF, US Navy juga tertarik dengan sistem AHEL ini. Lockheed mendapat kontrak senikai US$ 12 juta dari Naval Surface Warfare Center Dahlgren Division (NSWC Dahlgren) untuk layanan teknis, integrasi, uji coba, dan demonstrasi senjata laser.


Quote:



Sampai saat ini Lockheed Martin tidak memberi spesifikasi detail dari AHEL, tetapi diperkirakan sistem tersebut punya kesamaan dengan High Energy Laser dan Integrated Optical-dazzler with Surveillance (HELIOS) yang saat ini juga sedang dikembangkan oleh Lockheed Martin di kapal destroyer Kelas Arleigh Burke Angkatan Laut Amerika. Sementara iu pihak SOCOM (United States Special Operations Command) pernah menyebutkan bahwa sistem AHEL yang dipakai Ghostrider akan berada di kelas 60 kilowatt. Hal tersebut sesuai pernyataan Lockheed Martin, bahwa senjata yang akan diintegrasikan pada AC-130J Ghostrider berada di “kelas yang sama” dengan senjata laser HELIOS yang nantinya akan dikirim ke Angkatan Laut AS.

Menurut indomiliter.com, eksperimen terhadap senjata laser oleh USAF sudah dilakukan sejak dekade 1990-an dan 2000-an. Senjata eksperimen tersebut menunjukkan nilai potensial dari penambahan sistem senjata laser di AC-130. Sejumlah tes tembakan langsung sempat dilakukan, hal itu dikenal sebagai Advanced Tactical Laser (ATL) yang dilakukan dengan menggunakan pesawat uji C-130 Hercules. Pasa perkembangannya berbagai masalah teknis pun muncul, salah satunya adalah ukuran dan berat senjata chemical oxygen-iodine laser (COIL) di kelas 100 kilowatt. Proyek tersebut pada akhirnya belum bisa berjalan sesuai rencana pada waktu itu.

Senjata laser beroperasi dalam spektrum electromagnetic, sehingga tidak dapat dilihat secara langsung arah lintasan cahayanya. Senjata laser juga tidak bersuara, alias benar-benar senyap. Keunggulan lainnya adalah tingkat presisi yang tinggi, US Navy menyebut dengan memakai senjata laser bisa menghindari korban yang tak perlu (collateral damage) dalam perang.

Memiliki kemampuan bergerak di kecepatan cahaya, senjata laser dirancang agar bisa menangkal ancaman dari udara dan permukaan. Meski disebut-sebut memiliki banyak keunggulan, perlu diketahui bahwa pemasangan senjata laser membutuhkan pasokan energi yang sangat besar dalam proses penembakannya. Pasokan energi inilah yang masih menjadi kendala untuk integrasi senjata tersebut pada pesawat dan kapal milik militer AS.


Quote:



Sekilas tentang AC-130J Ghostrider, varian pesawat yang akan dipasangi senjata laser ini dikembangkan dari basis pesawat C-130 Hercules. Varian tersebut dikenal sebagai AC-130, perannya adalah untuk memberi dukunhan tembakan dari udara. Pesawat ini dikembangkan sejak tahun 1966, dan saat ini sudah hadir dalam berbagai varian. Varian Ghostrider adalah versi yang paling baru, rencananya USAF akan memiliki 37 pesawat ini. Ghostrider pertama kali masuk dalam kedinasan tahun 2017 bersama Skadron Operasi Khusus ke-73. Skadron ini menjadi skadron pengguna AC-130J pertama, pesawat terakhir rencananya akan dikirim pada akhir tahun 2021. Beberapa varian lain dari AC-130 adalah AC-130 Spectre serta AC-130 Spooky.

AC-130 Ghostrider melakukan misi tempur pertama di Afghanistan sejak Juni 2019. Ghostrider mengambil alih tugas AC-130 Spooky II yang telah mendukung pasukan operasi khusus AS dan koalisi dan mitra Afghanistan mereka di negara itu. Sebenarnya tanpa pemasangan senjata laser, AC-130J sudah dibekali persenjataan yang sangar. Persenjataan tersebut antara lain meriam 30 mm dan howtizer 105 mm.

Yang membedakan AC-130J dengan varian yang lain adalah pesawat ini mampu membawa senjata lain berupa amunisi berpemandu presisi, mulai dari bom GBU-39/GBU-69, rudal AGM-114 Hellfire, serta rudal AGM-176 Griffin. Dengan bekal senjara tersebut pesawat ini mendapat label ground attack and heavily armed gunship.

Nah, demikian sedikit update berita kali ini, semoga bisa bermnafaat untuk agan dan sista. Sampai jumpa emoticon-Angkat Beer




Referensi Tulisan: TheDrive.com& Lockheed Martin, & indomiliter.com
Ilustrasi Foto: USAF, SOCOM, Lockheed Martin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aramina dan 30 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Halaman 1 dari 3
[UPDATE] Semakin Sangar, AC-130J Ghostrider Akan Dipasangi Senjata Laser

Paman Sam udah mainan laser aja nih emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mgkn, sebaik nya.... di masa2 mndatang.....USAF butuh pesawat ac130 yg berbahan bakar nuklir tuk bs pasang senjata laser 100kw, drpd senjata laser 60kw, gan......

Btw..... Jk usaf jd pasang ac 130 dgn laser 60kw..... Akan seberapa besar daya kerusakan nya yg akan di timbulkan ama laser 60kw itu, gan....

Trus, apa ac 130 itu hny tuk di pasangi laser 60kw saja, ato tetap di pasangkan dgn meriam2 lain nya yg biasa di pasang ke ac 130.... Ato gimana tuh, gan....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Yang C-130 Spooky aja sudah keren & ini mau dijadikan Ghostrider yang pake laser.
Future weapon semakin didepan mata emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Bentar laser ini emg udah jadi standard weaponry yah? Kalau dulu cuma sempet denger2 cuma jadi senjata eksperimental dengan menembak cahaya dengan penghantar superpanas yang bisa meledakkan/overheat target atau kalau bahasa simpelnya blowtorch yang dikonsentrasikan.

Bagaimana kabar railgun, apakah itu nanti jadi senjata sekelas laser atau cuma jadi mass driver?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Semakin canggih.. macam adegan filem robot voltus di tepe er i.
Perang tanpa peluru emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Nggak pake laser pun AGM nya udah cukup mumpuni.

Mantap.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 7 lainnya memberi reputasi
Udah kaya pilem kartun pake laser emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Bkny sblmny udh ada y laser

Trus kyk energi beam d film TF itu real or not y emoticon-Amazed
profile-picture
profile-picture
jlamp dan si.matamalaikat memberi reputasi
Diubah oleh redemption878
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
jadi kaya game2 2D yg pesawat nembak2 meteorit pake laser emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
jlamp dan si.matamalaikat memberi reputasi
Makin canggih teknologi perang maka makin besar kehancuran akibat perang nanti, sudah pasti kan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 2 lainnya memberi reputasi
Walaupun Advanced Tactical Laser / ATL telah dikembangkan oleh DARPA sejak thn 90 an dan diuji oleh USAF dengan menggunakan Lockheed Martin C 130 sebagai test bed, tetapi sampai hari ini masih terkendala dengan dimensi yang besar, bobot berat serta konsumsi sumber daya yang juga besar.
Penggunaan laser gun di masa depan memang menjanjikan terutama karena tingkat akurasinya, sulit dideteksi karena pancaran sinar laser yang tidak terlihat dan dapat digunakan sebagai senjata lethal atau non lethal dengan mengatur tingkat kekuatan pancaran sinar lasernya untuk menyesuaikan kebutuhan eksekusi soft n hard target sehingga dapat meminimalkan korban dan kerusakan yang tidak perlu.
Sampai saat ini laser gun tidak dimaksudkan sebagai pengganti senjata kinetik konvensional tetapi lebih sebagai pelengkap pilihan senjata bagi misi misi khusus.
The USAF Special Operations Command / SOCOM sendiri sebagai operator armada pesawat khusus Lockheed Martin C 130J Ghostrider yang akan dilengkapi dengan laser gun lebih menekankan penggunaannya sebagai senjata non lethal untuk melumpuhkan mesin atau sistem pada wahana darat laut udara berkecepatan rendah, pertahanan darat laut udara serta target strategis lainnya dari jarak jauh secara diam diam agar tidak mampu mendeteksi dan bereaksi ketika armada penyerang datang menyerbu dan menguasai wilayah tersebut.
Dengan kombinasi senjata kinetik dan laser gun tsb tentunya akan menambah daya gempur yang membuat C 130J Ghostrider semakin spesial, panjang usia operasionalnya serta kompleks tugasnya di masa yang akan datang. Unik memang dan pantas saja C 130 akan tetap menjadi salah satu legenda pesawat kargo berkemampuan serbu yang belum bisa digantikan oleh pesawat sejenis.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dafiqi17 dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh gonugraha76
Perlu fusi nuklir biar senjata laser optimal kemampuanny.. masalahnya fusi nuklir perlu cangkang pelindung yg kuat utk menahan kekuatanny n menjaga fusi tetap stabil... kyaknya senjata laser lebih cocok di kapal induk dah... klo di pesawat gunship, bs saja diletakkan... tp bakal ada yg dikorbankan.. kemungkinan kanon 105 mm dilepas... 😅
profile-picture
profile-picture
jlamp dan si.matamalaikat memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
[UPDATE] Semakin Sangar, AC-130J Ghostrider Akan Dipasangi Senjata Laser

Jaman dulu pernah baca di Majalah Angkasa kalo USAF lagi uji coba senjata laser yang dipasang di Boeing 747. Eh, ternyata sekarang dipasang di Herky gunship

Hati-hati senjata laser nya jangan di online kan ntar bisa dipakai Skynet untuk menyerang umat manusia emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Kita masih maen santet teluh aja,, paman sam udah laser2ran,, andaikan ada paranormal RI yg punya energi sekelas100kilonya laser om sam hehehe,,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
n.y.a dan 3 lainnya memberi reputasi
Laser...cuyemoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


pesawat nuklir ? kayaknya susah itu gan, dan beresiko juga emoticon-Hammer (S)

daya kerusakannya tentu hanya bisa diketahui saat uji coba kelak gan

dan sampai saat inibelum ada konfirmasi lanjutan, apakah senjata bawaannya akan tetap dipasang/tidak. usaf hanya mengkonfirmasi jadwal uji cobanya tahun depan emoticon-Ngacir


Quote:


jalannya masih panjang gan emoticon-Ngacir



Quote:


standard ? emoticon-Bingung (S)

gak kok gan, ini baru sebatas uji coba, seperti yang ane tulis di atas, laser butuh sumber tenaga yang besar. untuk jadi senjata standar tentu gak akan semudah itu. statusnya masih senjata eksperimental sama seperti railgun.

bicara soal railgun, senjata ini pun masih dalam tahap pengembangan, sama2 rumitnya dengan laser emoticon-Ngacir


Quote:


mari sambut masa depan yang penuh adegan sci fi pak emoticon-Cendol (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


bisa jadi opsi senjata pelengkap yang menarik kedepannya gan emoticon-Cendol (S)



Quote:


teknologi terus berkembang gan emoticon-Cendol (S)


Quote:


kalau di film ane rasa gak nyata gan, cmiiw emoticon-Ngacir



Quote:


jalan senjata laser masih panjang gan emoticon-Big Grin




Quote:


terimakasih tambahannya om emoticon-Nyepi

ini jawaban yang dicari oleh agan2 yang komen di atas emoticon-Cendol (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


mungkin kedepannya bakal dibuat pesawat khusus dengan hanya senjata laser saja gan, cmiiw.

dipasang di kapal induk bisa jadi pilihan juga, mengingat ruang yang dimiliki luas. selain kapal induk, kapal destroyer sepertinya juga bisa menurut ane. cmiiw



Quote:


jangan panik dulu gan, uji cobanya saja masih setahun lagi emoticon-Hammer (S)


Quote:


Mbah Mijan mungkin bisa gan emoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
69banditos dan jlamp memberi reputasi
Wah, AC ada lasernya
Kira2 itu AC brp PK ya bre? emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
69banditos dan jlamp memberi reputasi
emoticon-Leh Uga
Jadi ingat dulu pas ada aksi apa gitu (lupa aksi #2019gantipresiden atau aksi lain nya) di Jakarta, ada pesawat Hercules TNI muter muter di langit aja pada ketakutan coba kalau TNI punya gunship pasti lebih serem...
emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
jlamp dan pulaukapok memberi reputasi
Diubah oleh ora.w4r45
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di