CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Bosan Dengan Menu Makan Yang Itu-itu Saja? Coba Pilih Menu Olahan Jengkol Ini Gansis!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6164fbb7aadbe1343166f3ea/bosan-dengan-menu-makan-yang-itu-itu-saja-coba-pilih-menu-olahan-jengkol-ini-gansis

Bosan Dengan Menu Makan Yang Itu-itu Saja? Coba Pilih Menu Olahan Jengkol Ini Gansis!

Aneka olahan jengkol

Bosan Dengan Menu Makan Yang Itu-itu Saja? Coba Pilih Menu Olahan Jengkol Ini Gansis!

Assalamualaikum sahabat kaskus ...
Jumpa lagi dengan emak-emak pecinta dunia kuliner. Jangan bosan pantengin terus thread-thread yang menggoda lidah dan mata😁.

Menu harian terkadang membuat kita pusing tujuh keliling. Sudah lelah memasak penghuni rumah tidak selera mencicipi.


Quote:


Deretan olahan jengkol super lezat:


1. Jengkol sambal bawang

Bosan Dengan Menu Makan Yang Itu-itu Saja? Coba Pilih Menu Olahan Jengkol Ini Gansis!

Olahan jengkol yang satu ini sederhana dengan metode direbus Lalu ditumis dengan bumbu sambal bawang yang terdiri dari ulekan cabe merah dan cabe rawit ditambah bawang merah lalu ditambah bumbu halus seperti garam, kaldu dan gula merah.

Warna merah yang merona menggoda lidah kan gansis!

2. Rendang jengkol

Bosan Dengan Menu Makan Yang Itu-itu Saja? Coba Pilih Menu Olahan Jengkol Ini Gansis!

Siapa yang tak kenal dengan kuliner yang mendunia yakni rendang. Kuliner khas Padang ini sebenarnya tingkatan dalam memasak yang berkuah santan dan bumbu cabai yang kental. Kekentalan dan kematangan santan tingkat tinggi ini disebut randang atau rendang.

Salah satu bahan masakan yang bisa dibuat rendang adalah jengkol. Memasak jengkol dengan bumbu rendang tentu menaikkan citarasa dan juga penampilan yang menarik.

Bau khas jengkol berpadu bumbu rendang yang kaya akan rempah dan gurih dari santan. Agan sista wajib mencoba nih!

3. Jengkol cabe ijo

Bosan Dengan Menu Makan Yang Itu-itu Saja? Coba Pilih Menu Olahan Jengkol Ini Gansis!

Kuliner dengan bumbu ulekan cabe kriting atau lombok hijau ini memang menghasilkan sensasi rasa yang unik. Pedas, beraroma dan segar.

Jengkol yang sudah direbus bisa diolah menjadi jengkol bumbu cabe ijo. Jengkol rebus yang telah direndam air beras biasanya bisa berkurang baunya.

Jengkol cabe ijo bisa dimasak bersama terong ungu atau teri daging. Rasanya super endul.

4. Sambalado jengkol

Bosan Dengan Menu Makan Yang Itu-itu Saja? Coba Pilih Menu Olahan Jengkol Ini Gansis!

Masakan dari olahan jengkol yang satu ini termasuk paling populer karena rasanya yang enak. Menu yang dikenal dengan bumbu pedas khas padang ini adalah perpaduan cabe rawit dan cabe keriting yang diulek kasar bersama bawang merah dan bawang putih.

Harum aroma bawang dan pedas cabe beradu dengan lembutnya jengkol yang sudah digeprek. Cocok banget dinikmati bersama keluarga besar.

Jengkol ternyata banyak manfaatnya untuk tubuh kita gansis. Kandungan antioksidan tinggi bisa membantu menangkal virus yang menyerang tubuh.

Jengkol pun menghasilkan hormon insulin jika dikonsumsi dalam batas normal. Sehingga baik untuk penderita diabetes.

Kandungan zat besi pada jengkol bisa membantu mencegah anemia. Juga meminimalisir gangguan maagh.

Nah itulah deretan olahan menu jengkol yang bisa gansis pilih sebagai menu selingan di kala bosan dengan menu harian yang menjemukan.

Catatan: jangan mengonsumsi terlalu banyak alias berlebihan karena jengkol mengandung zat kristal asam jengkolat yang menggangu ginjal.

Pada dasarnya mengonsumsi makanan tetap harus dalam tahap wajar, karena apapun yang berlebihan itu tidak baik ya gansis 😁.

Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di thread yang berikutnya. Jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar🥰

Opini pribadi
Gambar: klik
Referensi: hellosehat.com

profile-picture
profile-picture
profile-picture
delfaag dan 11 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Pejwan
profile-picture
profile-picture
seojoon dan trifatoyah memberi reputasi
Olahan menu jengkol
profile-picture
profile-picture
seojoon dan trifatoyah memberi reputasi
Jengkol lezat
profile-picture
profile-picture
seojoon dan trifatoyah memberi reputasi
Sama masak jengkolemoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
seojoon dan zatilmutie memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Yang namanya jengkol mah nggak ada bosennya nih.....dimasak pake sambel uadah menghabiskan nasi .
profile-picture
profile-picture
seojoon dan zatilmutie memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
aduh jengkol rendang enak ni kedoyanan ane emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
seojoon dan zatilmutie memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
masing2 1 ya kak @5rb... pake gosend...
profile-picture
profile-picture
seojoon dan zatilmutie memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wahhh
Aku belum pernah makan jengkol, enak ya?
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ampe sekarang gw gak paham di mana enaknya jengkol tu... emoticon-Big Grin emoticon-Busa
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
Diubah oleh BMAGLY
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ane suka jengkol, apalagi yang bumbu merah macem disambal atau balado. kalau semur atau rendang jengkol suka juga, tapi tetap lebih enak bumbu cabe merah buat ane. jengkol yang enak bagi ane pun yang tua. kalau jengkol muda atau mentah ane nggak suka.

udah gitu ane jauh lebih suka jengkol, dibanding pete. secara tekstur dan rasa, ane nggak suka pete.
Pengen nyobain rendang jengkol jadinya wkwk
profile-picture
profile-picture
alfimuh23 dan rifaldhirio76 memberi reputasi
Jengkol sambal bawang belom pernah nyobainn:{
profile-picture
profile-picture
alfimuh23 dan rifaldhirio76 memberi reputasi
Mau diapain aja yg namanya jengkol mah sedep bener
profile-picture
alfimuh23 memberi reputasi
Rendong jengkol yg paling enak buat ane
Nasib gasuka jengkol, padahal pengen bgt nyobainn
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Lama nggak makan jengkol
Sayangnya ga doyan jengkol emoticon-Mewek
Yang namanya jengkol emang bikin ngiler.....apalagi di mask pedes....
Mohon masukkan dong, jengkol itu enak nggak sih?
Mohon masukkan dong, jengkol itu rasanya seperti apa ya?
Mohon masukan dong, jengkol itu keras atau empuk ya?

Maklum belum pernah makan sama sekali seumur hidup..
Mohon dimaafkan ya Gan Sis
Halaman 1 dari 2


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di